serum wajah pria terbaik

Nggak cuma wanita, kini para pria juga mulai memperhatikan penampilan mereka. Tak hanya lewat pakaian atau model rambut saja, tetapi juga kesehatan wajah. Salah satu yang mulai dilirik adalah serum wajah pria terbaik, yang bisa menjadi jawaban bagi banyak masalah kulit kusam pada pria.

Untuk itu, Sedulur bisa mempertimbangkan serum wajah pria seperti suplemen tambahan, tapi pemakaiannya secara topikal atau dioleskan ke wajah langsung. Penasaran apa saja serum wajah terbaik yang direkomendasikan? Simak di bawah ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Rambut Anti Rontok Terbaik 2023

Fungsi Serum pada Wajah Pria

Unsplash/Brigith Roosipuu

Pada dasarnya, kulit pria dan wanita berbeda dari ketebalan dan teksturnya. Selain itu, kepatuhan atau compliance penggunaan produk perawatan kulit pada pria biasanya relatif lebih rendah dibandingkan pada wanita. Pria cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dan kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan wanita. 

Oleh sebab itu, fungsi serum wajah pria biasanya lebih ditekankan untuk mengontrol minyak, merawat pori, dan mencegah jerawat. Selain itu, serum juga dapat berfungsi sebagai anti aging dan perlindungan antioksidan.

Sebelum memakai serum, periksa juga penggunaan basic skincare Sedulur. Apabila penggunaan basic skincare-nya sudah bagus, Sedulur boleh menambahkan skincare yang lebih advance, seperti toner, serum, atau masker. Adapun basic skincare yang paling penting itu ada 3, yakni:

  • Cleanser (pembersih wajah)
  • Moisturizer (pelembap)
  • Sunscreen (tabir surya)

Untuk sunscreen, selain melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen juga merupakan anti-aging yang efektif dan aman.

Cara Memilih Serum Wajah Pria

Unsplash/Enecta Cannabis

Dari penjelasan di atas, Sedulur bisa mengetahui lebih dalam tentang fungsi serum untuk pria. Simak beberapa poin penting yang membantu Sedulur dalam menemukan serum sesuai dengan kebutuhan. Simak tips-tipsnya di bawah ini!

  • Untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat, utamakan serum yang teksturnya cair, mengandung bahan eksfoliasi dan anti-inflamasi, serta non-comedogenic
  • Cek adanya AHA, BHA, niacinamide, dan tea tree oil sebagai bahan eksfoliasi dan anti-inflamasi, karena dapat merawat kulit berminyak dan berjerawat secara komprehensif.
  • Untuk Sedulur yang ingin mencerahkan wajah kusam, pilih serum dengan kandungan vitamin C, niacinamide, atau kojic acid.
  • Bagi Sedulur yang ingin mencegah penuaan, pertimbangkan serum dengan kandungan anti-aging, seperti retinol, bakuchiol, dan peptide.
  • Jika kulit Sedulur cenderung sensitif, cari serum dengan formula menenangkan dan hindari yang mengandung bahan iritan seperti parfum atau pewarna.
  • Carilah serum yang mengandung soothing agent untuk membantu meredakan kemerahan, peradangan, dan rasa gatal pada kulit. Hindari juga bahan yang memicu iritasi pada kulit sensitif. 
  • Untuk efek soothing pada kulit, carilah serum yang mengandung Aloe vera, Centella asiatica, hyaluronic acid, dan ceramide.
  • Lebih baik hindari serum yang mengandung parfum, pewarna, emulsifier, enhancer, dan alkohol berbasis ethanol karena sering kali dapat menjadi pemicu iritasi kulit. 

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Serum Acne Terbaik, Ampuh, dan Terjangkau

Rekomendasi Serum Wajah Pria Terbaik

serum wajah pria terbaik
Unsplash/Christin Hume

Serum wajah adalah produk perawatan wajah yang sangat terkonsentrasi, yang menjanjikan hasil yang inginkan dari produk perawatan kulit dengan lebih cepat dan efektif.

Konsentrat cair berbasis air pada serum wajah ini biasanya menargetkan masalah tertentu. Misalnya, untuk mengurangi kerutan, mencerahkan kulit, melawan jerawat hingga meningkatkan hidrasi kulit.

Serum ini termasuk ke dalam salah satu jenis skincare pria yang bisa membantu mengatasi banyak masalah kulit. Di pasaran juga banyak sekali pilihan serum wajah pria terbaik untuk dicoba. Kalau Sedulur bingung, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Garnier Men Turbo Bright 5x Vitamin C Super Serum Gel

Rekomendasi serum pria pertama yang bisa dicoba adalah Garnier Men Turbo Bright 5x Vitamin C Super Serum Gel. Berbentuk gel, serum ini memiliki tekstur yang ringan, mudah menyerap, dan terasa dingin untuk membuat wajah tampak lebih cerah.

Garnier Men Turbo Bright 5x Vitamin C Super Serum Gel diperkaya dengan 5x Natural Origin Vitamin C yang mampu menghidrasi sampai ke 10 lapisan kulit. Juga, bisa mencerahkan kulit 5x lebih cepat.

Garnier Men Turbo Bright 5x Vitamin C Super Serum Gel cocok untuk semua jenis kulit pria, tidak menyumbat pori-pori, tidak menyebabkan wajah berminyak, teruji secara dermatologi, halal, dan terbukti cruelty free. 

2. MS Glow For Men Power Serum

Rekomendasi serum pria kedua yang bisa dicoba adalah MS Glow For Men Power Serum. Serum ini mengandung enam jenis Acid untuk membantu merawat kulit pria dengan maksimal.

Enam jenis Acid dalam MS Glow For Men Power Serum terdiri ini dari Glycolic Acid untuk melawan tanda penuaan dan meremajakan kulit, Malic Acid untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran, serta Tartaric Acid untuk memperbaiki tekstur kulit dan menjaga kekencangan kulit.

Ada juga Salicylic Acid untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, Lactic Acid untuk mencerahkan kulit, serta Citric Acid untuk menyamarkan bekas jerawat dan noda gelap pada wajah. MS Glow For Men Power Serum mampu membantu melembabkan semua jenis kulit pria termasuk kulit yang tergolong sensitif. 

3. Kiehl’s Age Defender Power Serum

Untuk Sedulur yang mulai khawatir akan penampilan wajah yang sudah mulai banyak muncul kerutan, maka produk dari Kiehl’s ini cocok untuk Sedulur gunakan. Serum wajah pria ini akan memberikan perawatan ekstra dalam memberikan pertahanan terhadap efek penuaan kulit.

Produk ini diformulasikan dengan Cypress Extract yang berfungsi sebagai “Age Defender” dengan konsentrasi yang ringan dan dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit. Alhasil, ia akan membantu mengencangkan kulit kendur dan menyamarkan garis halus untuk penampilan yang lebih muda.

4. Hanasui Men Bright Active Serum

Hanasui Men Bright Active Serum memiliki kemampuan mencegah timbulnya jerawat dan menyamarkan bekas luka akibat jerawat. Ini adalah serum yang tepat untuk para pria yang memiliki bekas jerawat di wajah.

Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap sehingga nyaman dipakai untuk kulit wajah. Selain itu, serum wajah untuk pria berjerawat ini juga dilengkapi fungsi unggulan, yaitu PolluSTOP. Serum ini akan melindungi wajah Sedulur dari efek buruk polusi udara, radikal bebas, dan sinar UV.

Kandungan utama dalam Hanasui Men Bright Active Serum meliputi 5% Pollustop untuk melindungi wajah dari polusi dan sinar UV, 2% Niacinamide untuk mencerahkan wajah dan mengontrol minyak berlebih, Vitamin C untuk mencegah jerawat dan menyamarkan bekas jerawat, serta Glycerin untuk melembabkan kulit.

Hanasui Men Bright Active Serum cocok untuk kulit pria dengan tipe normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Formulanya yang ringan dan cepat meresap menjadikan serum ini nyaman untuk digunakan sehari-hari. 

5. Kahf Brightening and Texture Refining Face Serum

Kahf Brightening and Texture Refining Face Serum adalah serum wajah merek lokal yang dirancang khusus untuk kulit pria. Diperkaya dengan alpha arbutin dan niacinamide, produk ini efektif mencerahkan wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Kandungan peptide dan arctic algae-nya membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, sambil menjadikan kulit lebih halus. Serum ini adalah pilihan ideal bagi pria yang ingin kulit wajah cerah dan sehat. Dengan Kahf Brightening and Texture Refining Face Serum, dapatkan hasil optimal untuk penampilan kulit yang lebih baik.

6. The Originote Hyalu-C Serum

The Originote Hyalu-C Serum adalah serum wajah pria inovatif yang dirancang untuk memberikan manfaat beragam pada kulit. Kandungan hyaluronic acid dan vitamin C, memberikan kelembapan, membantu meratakan warna kulit, serta membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Dengan penggunaan teratur, produk ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan. Jika Sedulur merasa memiliki kulit kusam, coba saja masukkan produk ini dalam skincare rutin sehari-hari.

7. LUCKYMEN Serum Moonlight

LUCKYMEN Serum Moonlight adalah serum wajah pria yang mengandung ekstrak propolis dan niacinamide. Propolis membantu mengatasi peradangan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Sementara niacinamide membantu meratakan warna kulit dan mengurangi noda hitam. 

Namun, perlu diingat bahwa produk ini mengandung alkohol denat dan fragrance yang berpotensi mengiritasi kulit sensitif. Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati saat menggunakan serum ini.

Bagi mereka dengan kulit yang toleran, LUCKYMEN Serum Moonlight dapat menjadi pilihan untuk merawat kulit sehari-hari. Kandungan propolis dalam Luckymen Serum Moonlight bermanfaat untuk melembabkan kulit, melawan bakteri penyebab jerawat, dan memperbaiki kulit pasca-jerawat.

Serum ini juga teruji mampu untuk mengurangi iritasi akibat jerawat atau paparan sinar matahari. Sementara kandungan niacinamide yang menawarkan efek mencerahkan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi dan menyamarkan noda pada kulit wajah. 

8. Benton Snail Bee High Content Essence

Sedulur bisa menggunakan produk perawatan Benton Snail Bee High Content Essence ini bisa sebagai serum wajah pria. Terlebih bagi pria yang memiliki kulit sensitif, produk ini sangat cocok karena menggunakan bahan-bahan terbaik dan tanpa pewangi kimia.

Sesuai dengan namanya, serum wajah pria ini kaya akan ekstrak siput dan racun lebah. Namun, racun lebah ini tidak akan bikin kulit jadi bengkak seperti sedang tersengat lebah. Ia malah bermanfaat untuk membunuh kuman yang menyebabkan kemunculan jerawat.

Racun lebah sendiri diketahui kaya akan antioksidan, anti peradangan, dan anti bakteri alami. Sementara itu, ekstrak siput bisa bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kulit menyerap air dalam lapisan epidermis. Bahkan kerutan wajah bisa turun drastis jika Sedulur pakai lendir siput secara rutin.

9. Pratista Retinol Renewal Serum

Dapatkan kulit bebas komedo dengan Pratista Retinol Renewal Serum! Dirancang khusus untuk mengatasi keluhan komedo, serum ini mengandung bahan retinol yang efektif membantu membersihkan pori-pori secara mendalam. Tak hanya itu, produk ini juga dapat merangsang regenerasi kulit. 

Dengan penggunaan teratur, kulit terlihat lebih halus, tekstur pori-pori terlihat menyempit, dan tampilan wajah makin bersinar. Serum ini cocok digunakan oleh Sedulur yang ingin mengatasi komedo dan mencapai kulit yang lebih bersih dan sehat.

Sedulur juga bisa tambahkan Pratista Retinol Renewal Serum ke dalam rutinitas skincare Sedulur dan lihat hasil yang menakjubkan!

10. Lab Series Future Rescue Repair Serum

Serum wajah pria ini dibuat untuk semua jenis kulit, dan Lab Series Future Rescue Repair Serum ini dijamin memiliki kandungan yang sangat aman dan berkualitas tinggi. Produk ini diperkaya olah kandungan ekstrak alga, ekstrak akar mulberry, dan glycol yang berfungsi sebagai anti-aging.

Jadi tak heran jika produk ini mampu menjaga kelembapan kulit, serta sangat aman buat dipakai sehari-hari, karena terhindar dari berbagai macam kandungan berbahaya. Serum dari Lab Series memiliki tekstur yang encer sehingga membuatnya menjadi lebih mudah untuk digunakan secara merata pada wajah.

11. Clorismen Brightening Serum

Rekomendasi serum pria selanjutnya yang bisa dicoba adalah Clorismen Brightening Serum. Serum ini diperkaya dengan 5 zat aktif sekaligus untuk merawat kulit wajah pria. 

Clorismen Brightening Serum mengandung senyawa aktif Allantoin, Niacinamide, Tranexamic Acid, Alpha Arbutin, dan Gluthatione yang berkhasiat untuk mencerahkan, melindungi kulit dari radikal bebas, melembabkan, serta mengecilkan pori-pori agar terhindar dari penumpukan kotoran penyebab komedo maupun jerawat.

Clorismen Brightening Serum memiliki formula yang cepat menyerap dan tidak lengket. Serum ini bisa Sedulur gunakan 1-2 kali sehari pada pagi hari dan sebelum tidur untuk hasil maksimal. 

12. Aesop Parsley Seed Anti-Oxidant Serum

Aesop adalah salah satu brand perawatan kulit dan wajah dari Australia yang memiliki reputasi sangat baik. Jika Sedulur ingin mencoba menggunakan brand ini, maka Parsley Seed Antioxidant Serum adalah salah satu pilihan yang tepat. Serum ini terbuat dari minyak biji peterseli yang merupakan antioksidan yang hebat.

Selain itu, serum ini juga memberikan perlindungan antibakteri dan antijamur sehingga menjadikannya cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit berjerawat untuk digunakan sehari-hari. Produk ini mengklaim dapat memberikan kelembaban untuk jenis kulit kering, kombinasi, dan sensitif.

Produk ini juga diklaim sebagai alternatif pelembab krim atau hydrator berbasis minyak. Sesuai dengan namanya, produk ini juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan menghindari kerusakan sel kulit. Pada dasarnya ini berguna untuk membantu memperlambat proses penuaan.

Produk ini memiliki konsentrasi yang mirip gel. Jika Sedulur menggosoknya terlalu keras akan menghasilkan konsistensi yang hampir berbusa. Meskipun konsistensinya kental, ia bisa terserap dengan baik ke dalam kulit. Setelah beberapa bulan pemakaian, Sedulur bisa merasakan kulit menjadi lebih sehat dan kenyal.

BACA JUGA: Rekomendasi 10 Body Serum Terbaik untuk Mencerahkan Kulit

Cara Menggunakan Serum Wajah Pria

serum wajah pria terbaik
Unsplash/No Revisions

Jika Sedulur belum familiar dengan serum wajah, produk ini digunakan setelah mencuci muka, tetapi sebelum menggunakan pelembab. Serum cenderung memiliki konsistensi yang sedikit lengket, meskipun relatif cepat kering, karena terdiri dari molekul yang lebih kecil.

Molekul yang lebih kecil ini memudahkan kulit menyerap vitamin dan makanan lain yang dimasukkan ke dalam setiap botol. Bahkan seperti halnya serum wajah wanita, serum wajah pria juga ada yang diformulasikan khusus untuk dipakai saat malam hari, sehingga Sedulur bisa mengoleskannya untuk hasil yang maksimal di pagi hari.

Begitu mulai terbiasa menggunakan serum, Sedulur mungkin tidak bisa membayangkan hidup tanpanya. Pasalnya, produk skincare pria ini mampu memberi kenyamanan yang berlebih. Sedulur juga akan merasa lebih rileks karena kulit Sedulur lebih sehat dan bersih. Untuk itu, berikut ini cara memakainya yang benar.

  • Keluarkan serum secukupnya ke telapak tangan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada di kemasan. Nggak perlu banyak-banyak karena serum punya konsentrasi bahan aktif yang tinggi sehingga sedikit saja sudah cukup.
  • Ratakan serum di telapak tangan dengan cara menempelkan kedua telapak tangan lalu digosokkan perlahan. Panas yang dihasilkan dari menggosok kedua telapak tangan akan membuat serum mudah diserap oleh kulit wajah.
  • Tepuk-tepukkan kedua telapak tangan di wajah sambil sedikit ditekan. Agar hasilnya merata, maka mulailah dengan menepukkan kedua telapak tangan di dahi, lalu turun ke pelipis, lanjut ke pipi dan bergerak ke arah tengah wajah. Setelahnya, lanjutkan ke arah dagu dan rahang. 
  • Sedulur bisa ulang menepuk-nepuk lembut wajah agar penyerap serum wajah lebih optimal. Setelahnya, biarkan serum menyerap dulu sekitar 1-2 menit, baru Sedulur lanjutkan pakai pelembab.

Itulah tadi beberapa rekomendasi serum wajah pria terbaik yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Tentu masih banyak lagi produk serum untuk pria yang ada di pasaran. Semuanya tentu punya kegunaan atau manfaat yang berbeda-beda.

Jadi, penting untuk Sedulur menggunakan serum yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Jangan sampai Sedulur salah pilih hingga menimbulkan iritasi. Sedulur bisa menemukan produk-produk skincare dengan mudah di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.