serum retinol terbaik

Sudahkah sedulur memilih serum retinol terbaik sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah sedulur? Tidak kalah dengan dengan produk impor, serum retinol lokal terbaik juga sudah banyak bermunculan. Alhasil, Sedulur bisa menentukan banyak pilihan untuk skincare-mu.

Retinol adalah bentuk vitamin A yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk membantu merangsang produksi kolagen, mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, serta meningkatkan tekstur kulit. Meski begitu, efek samping bahan ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap paparan sinar matahari, sehingga penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati.

Nah, agar Sedulur bisa memilih dan menentukan serum retinol yang aman dan bagus untuk tubuh sebaiknya mengikuti ulasan di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum untuk Remaja dan Tips Memilihnya

-->

1. For Skin’s Sake Retinol Serum

serum retinol lokal terbaik
FOR SKIN’S SAKE

Bagi para Sedulur yang baru memulai perawatan wajah dengan serum retinol, For Skin’s Sake Retinol Serum dapat menjadi pilihan yang tepat. Serum lokal ini memiliki kadar retinol yang rendah, hanya 0,1%. Meski begitu, serum ini tetap memberikan manfaat yang banyak bagi kulit.

Serum dengan kandungan retinol ini dapat meningkatkan tekstur kulit, mengatasi masalah pori-pori besar, dan membantu melawan tanda-tanda penuaan dini. Teksturnya cukup kental, tetapi cepat meresap ke dalam kulit.

2. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

serum retinol lokal terbaik
Avoskin Official

Varian serum retinol lokal terbaik dari Avoskin yang bernama Miraculous Retinol Ampoule, diketahui memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit yang luar biasa. Melalui penggunaan rutin, produk ini dapat membantu mengatasi masalah penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Kandungan 3% actosome retinol pada Avoskin Miraculous Retinol Ampoule memberikan efek yang efektif dalam memperbaiki kondisi kulit. Retinol sendiri terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit serta membantu memperbaiki masalah kulit seperti tekstur tidak merata dan hiperpigmentasi.

Dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dapat menjadi salah satu pilihan tepat. Produk ini dapat digunakan secara mandiri atau dikombinasikan dengan produk perawatan wajah lainnya untuk memperoleh hasil yang optimal.

3. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

serum retinol lokal terbaik
Somethinc

Jika Sedulur ingin mencoba serum retinol dengan hasil yang optimal, Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini menggunakan teknologi enkapsulasi yang membuat retinol lebih stabil dan efektif dalam bekerja, namun tetap lembut pada kulit.

Somethinc Retinol memiliki banyak manfaat yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti kerutan halus, kehilangan kekenyalan kulit, dan masalah penuaan dini lainnya.  Selain itu, produk ini juga dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Kandungan 4-t-Butylcyclohexanol pada Somethinc Retinol juga dapat meredakan gejala iritasi pada kulit, sehingga aman digunakan oleh semua jenis kulit. Dengan memilih Somethinc Retinol, sedulur dapat menikmati manfaat yang optimal dari retinol tanpa khawatir menimbulkan efek samping pada kulit.

4. Azarine Retinol Smooth Glowing Serum

serum retinol lokal terbaik
Azarine Retinol

Azarine adalah brand skincare lokal yang kian diminati di Indonesia akhir-akhir ini. Meskipun harganya terjangkau, skincare Azarine dipilih oleh berbagai kalangan, termasuk para pelajar.  Azarine memilih setiap bahan dalam produknya dengan cermat, berdasarkan masalah kulit yang sering dihadapi oleh wanita Indonesia.

Salah satu produk yang menjadi andalan dari Azarine adalah serum retinol mereka. Serum retinol ini merupakan hasil kolaborasi dengan Marvel, sehingga packaging-nya sangat menarik dan membuat penggunanya merasa seperti superhero. 

Meskipun hanya memiliki kandungan satu persen retinol, serum retinol Azarine mampu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, sekaligus membuat kulit terlihat lebih halus dan glowing. Selain itu, Azarine juga menawarkan berbagai produk lainnya yang cocok untuk jenis kulit yang berbeda-beda, seperti krim siang, krim malam, masker, dan toner. 

Produk-produk Azarine menggunakan bahan-bahan yang alami dan terjamin kualitasnya, seperti ekstrak bunga sakura, ekstrak lidah buaya, dan ekstrak biji anggur.

5. Elsheskin Retinol Rejuvenating Night Serum

serum retinol lokal terbaik
Watsons

Elshe Skin Retinol Rejuvenating Night Serum adalah serum retinol yang mengandung 1% encapsulated retinol dan multi-peptide complex. Serum ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit, terutama bagi mereka yang ingin meregenerasi dan meremajakan kulit wajah.

Dengan teknologi enkapsulasi, retinol dalam serum ini menjadi lebih stabil dan bekerja 2x lebih efektif dibandingkan retinol biasa, tetapi tetap aman dan gentle untuk kulit.  Selain itu, kandungan niacinamide, licorice extract, hyaluronic acid, dan gluconolactone dalam serum ini bekerja bersama-sama untuk memperkuat skin barrier, mencegah iritasi, dan memberikan kelembaban pada kulit.

Kombinasi bahan-bahan ini membantu menjaga kulit tetap sehat, lembut, dan halus. Dengan penggunaan rutin, serum retinol Elshe Skin Retinol Rejuvenating Night Serum dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, seperti garis-garis halus dan kerutan. 

Bagi Sedulur yang mengalami kulit yang kusam, serum ini juga dapat membantu memberikan efek glowing pada kulit wajah dan merupakan salah satu serum retinol lokal terbaik.

6. Bhumi HPR Retinol Serum

serum retinol lokal terbaik
Bhumi Official

Salah satu serum retinol lokal terbaik adalah Bhumi HPR Retinol Serum mengandung retinol dan HPR (Hydroxypinacolone Retinoate), dapat meningkatkan regenerasi sel kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan merangsang produksi kolagen untuk mengurangi kerutan dan garis halus. 

Selain itu, serum retinol ini juga mengandung berbagai bahan alami eksotis yang membantu meredakan kulit, seperti ekstrak biji anggur, ekstrak kaktus, dan minyak argan. Sementara itu, jika Sedulur memiliki masalah kulit berjerawat, Bhumi HPR Retinol Serum juga dapat membantu mengurangi jerawat dan komedo dengan mempercepat regenerasi sel kulit dan mengurangi peradangan. 

Kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki serum ini juga dapat membantu meredakan iritasi dan meningkatkan penampilan kulit yang sehat.

7. Erto’s Retinol Serum

Erto’s

Serum ini mengandung 0,5% retinol yang dikenal bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan kulit, serta membantu menyamarkan flek hitam dan meratakan warna kulit. 

Dengan rutin menggunakan serum ini, kulit sedulur akan terlihat lebih cerah dan sehat. Tak hanya itu, serum ini juga mengandung minyak kacang kedelai yang aman untuk kulit, sehingga memberikan perawatan yang lembut dan efektif. 

Racikan ini cocok untuk sedulur yang ingin menjaga kulit sehat dan tampak lebih muda dengan cara yang alami dan aman.

8. Votre Peau Retinol Barrier Cream

Beautynesia

Rekomendasi serum retinol terbaik selanjutnya datang dari merek lokal, yaitu Votre Peau Retinol Barrier Cream. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, serum retinol ini memiliki tekstur krim yang lembut dan nyaman di kulit.

Kandungan retinol yang terdapat di dalam produk ini tidak hanya membantu melawan tanda-tanda penuaan, namun juga didukung dengan campuran bahan alami seperti rumput laut yang aman untuk kulit Sedulur. 

Kandungan ini berperan sebagai penjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas. Produk serum retinol terbaik dari Votre Peau sebaiknya digunakan pada malam hari untuk memberikan waktu istirahat bagi kulit untuk meregenerasi dan meremajakan diri.

9. Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol

Dear me Beauty

Ketika mencari produk serum retinol, pemilik kulit sensitif mungkin perlu mempertimbangkan dengan ekstra hati-hati. Namun, Dear Me Beauty menawarkan serum retinol terbaik yang cocok untuk jenis kulit ini.

Serum retinol Dear Me Beauty diformulasikan menggunakan teknologi enkapsulasi yang memberikan efek lembut dan mudah meresap pada kulit. Produk ini juga dilengkapi dengan ekstrak blueberry dan lidah buaya untuk memberikan kelembaban tambahan pada kulit.

Dengan tambahan lidah buaya, serum ini dapat mengurangi efek iritasi yang mungkin terjadi akibat penggunaan retinol pada kulit sensitif. Produk ini juga telah lulus uji dermatologi sehingga dapat dipercaya untuk digunakan pada jenis kulit ini.

10. Granactive Retinoid Intensive Care Serum

Whitelab

Serum ini menggunakan granactive retinoid yang minim iritasi dan aman untuk digunakan setiap hari. Hal ini memungkinkan produk ini tidak menyebabkan efek samping seperti kemerahan atau pengelupasan pada kulit. Selain itu, produk ini juga mengandung peptide yang dapat meningkatkan kekencangan kulit dan beta glucan yang dapat memperkuat skin barrier.

Namun, ada satu kekurangan yang perlu diingat saat menggunakan produk ini. Serum Whitelab mengandung parfum yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan produk ini jika Sedulur memiliki kulit yang mudah teriritasi.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Retinol Pemula Terbaik 2023

11. Pratista Retinol Renewal Serum

Pratista

Salah satu kelebihan dari Pratista Retinol Renewal Serum adalah kemampuannya dalam mengempeskan jerawat sejak pemakaian pertama. Selain itu, teksturnya yang ringan dan tidak lengket membuatnya sangat mudah menyerap pada kulit. 

Produk ini tersedia dalam kemasan 10 ml, sehingga sangat cocok bagi pemula dan juga sangat travel friendly. Namun, seperti halnya produk retinol lainnya, Pratista Retinol Renewal Serum juga memiliki kekurangan yaitu dapat menyebabkan rasa perih saat digunakan. 

Namun, hal ini adalah hal yang wajar terjadi dan dapat diatasi dengan mengurangi jumlah produk yang digunakan atau dengan mengaplikasikan produk ini pada kulit yang telah dibersihkan dan dehidrasi dengan baik sebelumnya. Meskipun demikian, Pratista Retinol Renewal Serum tetap layak dicoba bagi Sedulur yang ingin memiliki kulit yang lebih sehat dan cantik.

12. Natasha by dr Fredi Setyawan Retinol White Night Serum

Natasha Skin

Sedulur mencari serum yang mampu memberikan hasil cepat dan efektif pada kulit, maka produk ini adalah solusinya karena merupakan salah satu serum retinol lokal terbaik.  Serum ini diformulasikan dengan teknologi nanosome yang membuat serum lebih mudah terserap dan bekerja secara tepat pada target kulit Sedulur.  Kombinasi retinol dan teknologi nanosome pada produk ini akan memberikan efek smoothing, glowing, dan whitening pada kulit Sedulur. 

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Namun, harus berhati-hati jika Sedulur memiliki kulit sensitif karena produk ini mengandung paraben dan cetyl alcohol yang sebaiknya dihindari. Meskipun begitu, efek cepat dan efektif yang diberikan oleh produk ini membuatnya sangat layak untuk dicoba oleh siapa saja yang ingin merasakan manfaat retinol pada kulit.

Nah, itulah daftar rekomendasi serum retinol terbaik dan terbaru yang bisa Sedulur beli dan gunakan untuk merawat wajah. Sudahkah Sedulur siap untuk memilih menghadang penuaan dengan serum retinol lokal terbaik? 

Sedulur juga bisa menemukan kebutuhan skincare di Aplikasi Super. Produknya beragam, mulai dari serum, suncream, dan yang lainnya. Cara belanjanya juga mudah dan nggak ribet,  cukup download Aplikasi Super di Google PlayStore dan semua barang kebutuhanmu akan langsung diantar.