cara menghilangkan minyak di wajah

Keberadaan minyak di wajah memang penting untuk menjaga kelembapan kulit. Namun minyak yang terlalu banyak juga dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya lebih mudah berjerawat. Oleh karena itu, penting diketahui apa saja cara menghilangkan minyak di wajah agar penampilan tetap menarik.

Tak harus datang ke klinik kecantikan terkenal, Sedulur bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi dan menghilangkan minyak di wajah. Bila dilakukan secara tepat dan konsisten, hasil tidak akan pernah menghianati proses yang sudah Sedulur lalui. Untuk itu, simak beberapa cara berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah, bahkan menghilangkannya. Berikut adalah ulasan singkatnya.

-->

1. Mencuci muka dua kali sehari

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Cara pertama adalah dengan mencuci muka dua kali sehari dengan produk sabun pembersih wajah. Gunakan produk yang memiliki bahan lembut dan hindari mencuci muka dengan menggosok kulit terlalu keras. Hal tersebut akan membuat kulit terluka dan mengalami iritasi.

Sebaiknya, cuci muka pada pagi dan malam hari, atau pada saat kulit wajah sedang mengeluarkan banyak minyak. Pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur adalah waktu yang optimal untuk mengurangi minyak di wajah. 

2. Rutin double cleansing

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Selain mencuci muka, hal lain yang perlu Sedulur lakukan adalah rutin melakukan double cleansing. Ini merupakan serangkaian metode pembersihan wajah menggunakan make up remover atau micellar water, sebelum mencuci muka menggunakan facial wash atau facial foam. Pastikan untuk menggunakan produk yang lembut di wajah dan sesuai dengan tipe kulit untuk hasil yang optimal.

3. Memilih produk perawatan kulit wajah dengan cermat

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Berikutnya adalah memiliki produk perawatan kulit wajah dengan teliti dan cermat sebelum membelinya. Sedulur bisa memilih produk dengan bahan dasar air yang tidak mengandung minyak ataupun alkohol. Produk-produk tersebut biasanya diberikan label “oil free” atau “noncomedogenic”. 

Sebaliknya, Sedulur harus mulai menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung salicylic acid, glycolic acid, dan tretinoin. Hal ini karena bahan-bahan tersebut mampu mengangkat minyak berlebih, membantu mengatasi jerawat, dan mengecilkan pori-pori wajah. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk berbahan tretinoin tidak boleh digunakan oleh wanita hamil atau yang berencana akan hamil di beberapa bulan ke depan. 

BACA JUGA: Rekomendasi Outfit Kemeja Hitam Pria Bikin Kamu Makin Keren

4. Menggunakan pelembap secara rutin

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Meskipun minyak berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, namun orang dengan kulit berminyak masih tetap membutuhkan produk pelembap untuk merawat kulitnya. Sedulur yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan pelembap ini pada area yang berminyak dan cukup menggunakannya beberapa kali dalam seminggu. Pilih pelembap yang “oil free” agar pori-pori tidak semakin tersumbat.

5. Menggunakan tabir surya

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu produk skincare dengan segudang manfaat. Tak hanya digunakan pada saat berada di luar ruangan, tabir surya juga dianjurkan untuk digunakan setiap hari sebelum menjalani aktivitas. 

Produk ini akan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari berlebih yang bisa menyebabkan kanker kulit, penuaan dini, dan kulit keriput. Agar tetap aman, Sedulur bisa memilih produk sunscreen yang tidak mengandung minyak atau “noncomedogenic” agar tidak memicu produksi minyak berlebih.

6. Menempelkan kertas minyak

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Cara lain yang bisa Sedulur lakukan adalah menempelkan kertas minyak pada area yang berminyak. Kertas ini berguna untuk mengangkat minyak berlebih sehingga wajah tidak terlihat terlalu mengkilap. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan cara ini adalah tidak perlu menggosokkan kertas minyak ke kulit karena akan menyebarkan minyak ke daerah lain.

BACA JUGA: 6 Jenis-Jenis Sepatu yang Banyak Digunakan Pria dan Wanita

7. Aplikasikan toner

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Setelah mencuci muka, Sedulur juga perlu mengaplikasikan toner untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Ini merupakan rangkaian skincare yang penting dan jangan sampai terlewatkan. 

Agar hasilnya semakin optimal, Sedulur dapat memilih toner yang bebas minyak, dengan kandungan seperti witch hazel, AHA, BHA, dan bahan aktif lain yang terbukti cocok untuk kulit berminyak. 

8. Lakukan terapi es batu

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Cara menghilangkan minyak di wajah berikutnya adalah melakukan terapi es batu. Tak hanya menyegarkan kulit, es batu juga mampu mengurangi minyak pada wajah dengan cara mengencangkan dan memperkecil pori-pori kulit. 

Caranya juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu menyiapkan satu potong es batu dan mengusapkannya secara perlahan ke permukaan kulit wajah. Lakukan cara ini setelah mencuci muka agar kulit ada dalam kondisi yang bersih. 

9. Batasi pemakaian scrub

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Agar produksi minyak berlebih pada wajah bisa berkurang, Sedulur juga perlu membatasi pemakaian scrub. Hal ini karena scrub memiliki sifat yang cukup keras, sehingga dapat menyebabkan kulit kering. Kulit yang terlalu kering akan mudah mengalami iritasi, sehingga memicu kulit untuk memproduksi minyak yang berlebihan. Cukup gunakan scrub setiap satu sampai dua kali dalam seminggu. 

BACA JUGA: Terbongkar! 10 Mitos Dunia Skincare yang Tak Perlu Dipecaya!

10. Gunakan skincare berbahan dasar clay

cara menghilangkan minyak di wajah
iStock

Sebagai solusinya, Sedulur dapat menggunakan skincare dengan bahan dasar clay. Bahan ini dinilai lebih efektif untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah, karena mampu membersihkan kulit sampai ke lapisan terdalam. Clay juga mampu mengangkat sel kulit mati secara efektif.  

Demikian informasi terkait cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa Sedulur coba sendiri di rumah. Selain lebih murah, hasil pemakaian cara-cara tersebut juga tidak kalah dengan hasil klinik kecantikan di luaran sana bila dilakukan dengan tepat dan konsisten.

Nah, biar makin murah lagi, Sedulur bisa membeli produk-produk skincare untuk perawatan diri tersebut di Aplikasi Super. Ada banyak promo dan cashback menarik yang bisa Sedulur dapatkan setiap transaksi pembelian. Ada pula gratis ongkir tanpa minimal pembelian yang akan membuat belanja bulanan makin hemat. Download aplikasinya di PlayStore sekarang, yuk!