WordPress dan blogger masih menjadi platform yang paling banyak digunakan pada saat ini. Salah satu alasannya adalah kedua platform ini memiliki berbagai pilihan template blogger yang bisa digunakan baik secara gratis ataupun premium

Akan tetapi, pemilihannya memang gampang-gampang susah. Sedulur perlu menemukan tema yang bagus dan sesuai keinginan. Tak hanya itu saja, Sedulur juga harus memilih tema yang SEO friendly supaya memiliki banyak pengunjung. Agar tidak bingung lagi, yuk disimak berbagai rekomendasi template blogger yang SEO friendly dan pastinya keren berikut ini.

BACA JUGA: Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog & Web Terbaru 2022

1. Button

template blogger
Blogger Templates

Salah satu kriteria sebuah situs yang SEO friendly adalah ketika pengunjung bisa dengan mudah menemukan konten yang ingin dibaca. Salah satu template blogger yang memenuhi kriteria tersebut adalah Button. Tema ini memungkinkan Sedulur untuk mengatur pembagian konten yang didasari dari kategori. Sehingga, mudah dipahami oleh para pembaca.

Tema ini memiliki tampilan yang minimalis dengan dua kolom, jadi layak untuk dijadikan pilihan. Button memiliki tampilan yang segar dan bisa digunakan untuk situs yang bertemakan dekorasi rumah, pribadi, parenting, bahkan dunia fashion.

Teman ini juga sudah menyediakan drop-down menu agar tampilannya semakin ringkas. Pada bagian atas juga bisa ditemukan berbagai macam ikon media sosial. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengunjung berbagi konten misalnya artikel yang disukai kepada teman-teman mereka.

Selain itu, tema ini juga sudah mendukung Google Font dengan beragam pilihan jenis huruf yang bisa dipilih. Hal yang paling disayangkan adalah versi gratis dari tema ini belum mendukung SEO. Akan tetapi, Sedulur bisa menggunakannya pada banyak domain dan masih tetap bisa mendapatkan pembaruan seumur hidup.

2. Pilvia

template blogger
Digital NP

Rekomendasi template blogger keren gratis selanjutnya adalah Pilvia. Tema yang satu ini bersifat responsif dan dibuat dengan menggunakan Bootstrap. Dengan menggunakan framework ini, maka tampilan yang dimiliki dari tema sangat cantik dan menarik. Tak lupa, Pilvia juga bisa diakses dengan mudah baik di desktop maupun ponsel. 

Biasanya, tema ini banyak digunakan untuk blog berisi portfolio Sedulur. Akan tetapi, jangan khawatir, sebenarnya Pilvia merupakan tema yang serbaguna. Artinya, tema ini bisa digunakan untuk semua jenis konsep, termasuk pribadi dan bisnis.

Apabila Sedulur sudah menggunakan Adsense, maka Pilvia bisa menjadi pilihan yang tepat. Tema ini sudah teroptimasi untuk Adsense. Tak hanya itu, Pilvia juga ramah SEO serta mempunyai berbagai macam custom widget yang bisa membuat penampilan semakin elegan dan istimewa.

3. Folio

template blogger
Gooyabi Templates

Jika Sedulur tertarik untuk mendesain single page situs yang terlihat bagus dan mempesona, maka pilihan terbaiknya jatuh pada Folio. Tema yang satu ini memiliki gambar layar yang penuh, animasi typing effect, serta ikon media sosial sebagai header. Tentunya, pemilik situs akan memiliki tampilan yang elegan dan tidak pernah gagal untuk memikat para pembaca dan pengunjungnya.

Secara khusus, Folio dirancang untuk situs portfolio. Maka dari itu, terdapat banyak fungsi yang spesial seperti area untuk menuliskan informasi diri, pengalaman, keahlian, testimoni, produk atau jasa yang ditawarkan, kontak, serta berbagai macam fitur lainnya yang bisa memudahkan Sedulur untuk mempromosikan diri dengan cara yang tidak monoton serta unik.

BACA JUGA: 10 Blogger Indonesia Terbaik & Paling Mengispirasi, Sudah Tahu?

4. Lexel

template blogger
Blogger Templates

Kriteria dari tema yang SEO friendly selain kemudahan pembaca dalam menemukan konten yang ingin dibaca adalah kompatibel untuk semua perangkat. Tak hanya itu saja, tema juga harus kompatibel untuk semua peramban internet. Ini didukung oleh preferensi pengunjung blog dari peramban yang beragam. Sehingga, Sedulur harus bisa memberikan mereka akomodasi yang mudah dengan cara menggunakan tema yang kompatibel untuk semua peramban.

Salah satu template blogger yang memenuhi kriteria tersebut adalah Lexel. Tema ini menawarkan berbagai fitur yang istimewa serta tidak banyak dimiliki oleh yang lainnya. Misalnya adalah retina ready dan grid based design. Fitur yang pertama adalah teknologi retina yang bisa membantu Sedulur untuk menampilkan konten visual dengan warna dan resolusi yang sangat baik. Sehingga, bisa diakses dengan baik dan sempurna oleh para pengguna. Termasuk mereka yang menggunakan retina devices atau layar perangkat yang memiliki jumlah resolusi dan kerapatan piksel yang sangat tinggi. 

Tak sampai situ saja, desain konten yang disediakan oleh tema ini adalah grid. Ini bisa membuat tampilan dari situs Sedulur menjadi lebih rapi dan bersih. Kemudian, tema ini juga memiliki fitur social sharing dan Whatsapp sharing, sehingga bisa memudahkan Sedulur untuk lebih luas lagi menjangkau pengguna.

5. Sora Travels

template blogger
Blogger Templates

Apakah Sedulur memiliki hobi jalan-jalan sekaligus menulis? Maka tema yang satu ini bisa dipilih karena akan menghasilkan blog seputar jalan-jalan. Tema ini cocok digunakan untuk niche traveling. Tentu saja, Sora Travels ini ramah untuk SEO, responsif, dan bisa menyesuaikan dengan desain di berbagai macam gadget.

Tak cuma itu saja, Sora Travels juga mendukung foto yang memiliki resolusi tinggi dengan jenis lanskap untuk bagian headline. Headline ini akan secara otomatis bergeser ke kanan. Definisi yang cocok untuk tema yang satu ini adalah membangkitkan suasana. Jika Sedulur tertarik, bisa langsung download template blogger gratis ini sekarang.

6. Ratio

template blogger
Niagahoster

Apabila berbagai macam pilihan foto yang menarik menjadi andalan Sedulur untuk menarik pengunjung, maka template blogger yang tepat adalah Ratio. Tema ini memiliki sifat responsif dan tampil minimalis. Warna dominannya adalah merah yang elegan dan modern. Bukan hal yang sulit untuk bisa berpindah antar halaman, berkat adanya dropdown menu yang turut hadir di bagian atas tema ini.

Selain itu, penggunaan jenis huruf dalam tema ini enak untuk dibaca. Sehingga, pengunjung akan menjadi semakin nyaman dan betah ketika sedang berada di situs milik Sedulur. Tak lupa, Ratio juga ramah untuk SEO jadi bisa memudahkan pengguna internet untuk menemukan situs.

BACA JUGA:  Apa Itu Blogger? Ini Penjelasan dan Tips Sukses Memulainya

7. Studio Press

template blogger
StudioPress

Apakah Sedulur adalah seorang fotografer atau web designer? Apapun jenis pekerjaannya, StudioPress adalah template blogger yang dikreasikan untuk pelaku industri kreatif. Maka dari itu, menggunakannya sebagai blog portfolio atau bisnis sungguh menjadi pilihan yang tepat. StudioPress memiliki tampilan yang sederhana dan bersih, sehingga menunjukkan kesan profesional.

Apapun peramban yang digunakan pengunjung dari Sedulur, itu semua bukanlah suatu masalah. StudioPress sudah teruji di hampir semua peramban dengan kecepatan yang optimal. Keunggulan utama dari tema ini adalah animasi lazy loading yang menakjubkan. Bahkan, fitur yang ditawarkan dari tema ini bisa melakukan perubahan warna tema dengan gampang.

8. Flamingo

template blogger
OddThemes

Flamingo adalah jawaban jika Sedulur sedang mencari template blogger dengan desain yang minimalis. Tema yang satu ini memang menyenangkan hati pecinta desain bersih dan minimalis. Tidak ada desain lain yang bermacam-macam, jadi hanya didominasi dengan warna putih dan tulisan warna hitam. Walaupun sederhana, tema ini tetap menyenangkan untuk dilihat.

Jika situs menggunakan foto pendukung yang minimalis, maka Flamingo bisa dijadikan sebagai utama. Pembaca dan pengunjung akan tertarik dengan foto minimalis yang dibuat dengan desainnya yang tak kalah menawan. Selain itu, fitur yang disediakan pun juga cukup banyak, seperti sticky menu, form kontak, ramah SEO, widget di bagian sisi bar, dan kolom iklan yang telah disediakan. Ada juga tombol untuk membagikan konten ke media sosial yang cukup berpengaruh untuk kunjungan situs.

9. Sanai

template blogger
Pinterest

Kecepatan akses merupakan salah satu kriteria dan hal penting dalam memilih template blogger. Hal ini karena jika situs memiliki akses yang cukup lama, maka Google akan memberikan nilai yang buruk untuknya. Ada pula hal buruk yang mungkin terjadi, yaitu situs yang dimiliki akan susah untuk muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

Kriteria tersebut didapatkan oleh Sanai, yang memiliki kelebihan kecepatan akses. Sanai merupakan tema yang tepat untuk dipilih karena memiliki sisi kecepatan yang baik dan sudah teroptimasi. Jika Sedulur melihat tema ini secara sekilas, maka mungkin akan langsung teringat situs Grammarly. Yups, nuansa yang berhasil dibangun antara keduanya sekilas sama. Tema ini bisa digunakan untuk konsep apapun, karena sifatnya multipurpose

Tema yang satu ini juga memiliki tampilan yang tak kalah elegan dari yang lainnya, dengan keseimbangan antara pemilihan jenis huruf yang enak untuk dibaca serta ukuran gambar yang pas, tidak kebesaran maupun kekecilan. Selain itu, Sanai juga telah dilengkapi dengan Subscribe Box. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin selalu ingin tahu konten terbaru dari situs Sedulur.

BACA JUGA: Pengertian Blog: Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

10. Heather

template blogger
Blogger Templates

Heather merupakan sebuah tema yang cocok untuk blog pribadi yang menceritakan mengenai kehidupan, wisata, makanan, serta fashion. Yang membuat tema ini menjadi unik dan berbeda dari lainnya adalah memiliki full width block yang sekaligus merupakan featured post atau postingan terkini yang paling baik dari situs yang dimiliki Sedulur. 

Tak hanya itu saja, cara install template blogger yang satu ini juga sangat mudah dipahami. Sedulur hanya perlu mengunduh temanya kemudian extract tema pada halaman situs Sedulur. Jika sudah dijalankan, bisa dilihat bahwa tema ini memiliki desain postingan yang grid serta tetap disertai dengan judul, foto, dan deskripsi. Sehingga, Sedulur bisa menarik perhatian dan minat pembaca lewat hal tersebut. Fitur yang tak kalah menarik lainnya adalah tersedianya berbagai macam pilihan untuk menyisipkan widget. Selain itu, Heather juga memiliki desain yang responsif. Jadi, pembaca tetap nyaman melihatnya dari berbagai perangkat.

11. VideoPlay

template blogger
OddThemes

Meskipun judulnya blog, Sedulur tetap bisa memasukkan konten lain seperti video ke dalam situs. Apalagi, saat ini tren video sedang berkembang pesat dan populer. Jika Sedulur lebih banyak membuat konten seputar video dan ingin memiliki template blogger yang cocok, maka bisa memilih VideoPlay.

Tema yang satu ini bisa membuat video yang ditampilkan menjadi lebih ditemukan oleh mesin pencari, serta menarik untuk dilihat pengunjung. Adapun fitur utama dari tema ini adalah multi author template, widget media sosial, unlimited sidebar widgets, tombol back on top, layout area pada homepage, dan yang pasti ramah terhadap SEO.

12. Ubook

template blogger
Sora Templates

Jika Sedulur terinspirasi untuk mengikuti jejak para blogger terkenal seperti Sulis dan Stefanie Sugian, maka Ubook merupakan template blogger responsive yang bisa dipilih. Kedua wanita itu merupakan pemilik situs yang isinya tentang ulasan berbagai macam buku. Ubook memiliki tampilan yang sederhana dan penataan gambar untuk menyisipkan sampul buku yang sangat proporsional dan rapi.

Hal ini juga didukung dengan jenis huruf yang mudah untuk dibaca. Dengan demikian, situs yang dimiliki oleh Sedulur bisa menjadi surga untuk para pecinta buku. Hal ini karena mereka pasti akan mencari ulasan mengenai buku yang disukai sebelum akhirnya membelinya. 

Ada berbagai macam fitur penting yang disematkan dalam tema ini. Contohnya adalah social sharing yang bisa membuat pengunjung berbagi informasi melalui akun media sosial yang dimiliki. Selain itu, tema ini juga sudah Ads Ready bagi Sedulur yang memiliki keinginan untuk menampilkan iklan supaya bisa menambah penghasilan. 

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Gratis yang Dapat Menghasilkan Uang

13. Instaset

template blogger
Sora Templates

Selain Sanai, ada pula pilihan template blogger yang memiliki sifat multi purpose atau serbaguna. Sedulur bisa menggunakan tema yang satu ini untuk situs dengan tema bisnis, gaya hidup, fashion, parenting, dan lain sebagainya. 

Tampilannya juga responsif, sehingga pengguna bisa mengaksesnya pada perangkat apapun, baik di laptop, ponsel, tablet, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka pengunjung bisa membuka situs yang dimiliki Sedulur dimanapun tanpa berkurang kualitasnya.

Tema ini juga memiliki penampilan yang cukup profesional dengan mengandalkan slider yang berisi empat foto portrait yang disusun secara simetris dan berjajar. Tampilan juga akan menjadi tambah elegan karena adanya dominasi warna hitam dan putih yang terlihat.

Tak hanya responsif, tema ini juga sudah terintegrasi dengan media sosial. Sehingga, pembaca tidak kesulitan jika ingin membagikan konten pada situs ke media sosial yang dimiliki mereka. Instaset juga Ads Ready untuk Sedulur yang memiliki rencana mendapatkan penghasilan melalui situs.

14. Sora Films

template blogger
Meniya

Ada berbagai konten yang bisa diisi oleh situs yang dimiliki Sedulur, tentunya untuk menarik perhatian para pengunjung. Jika ingin mengisinya dengan film yang disukai atau yang sudah pernah ditonton, maka desain dari template blogger perlu ditunjang. Sekarang, Sedulur bisa menggunakan Sora Films untuk membantu pembuatan ulasan film menjadi lebih baik dan menarik lagi. Tema ini menggunakan poster film yang dipadukan dengan judul tulisan yang serasi. 

Fitur yang dimiliki dari Sora Films bermacam-macam, seperti mobile friendly, kolom iklan yang tersedia, Google testing tool validator, slider, dan SEO friendly. Bukan itu saja, tema ini juga bisa menunjang Sedulur untuk bisa memberikan informasi lebih banyak hal tentang film yang tidak kalah penting dan mudah untuk diubah sesuai dengan keinginan.

15. Rosemary

ThemeXpose

Ketika pertama melihat template blogger yang satu ini, kesan yang ditampilkan adalah mewah dan elegan. Rosemary merupakan salah satu pilihan tema yang terbaik dan bisa membantu situs yang dimiliki Sedulur tampil berbeda dan unik. 

Meskipun tema ini cocok untuk digunakan semua jenis blog, Rosemary lebih pas jika digunakan untuk hal yang berkaitan dengan kecantikan dan fashion. Alasannya, tema ini didesain untuk menampilkan foto yang estetik dan cantik. Jadi, berbagai foto produk bisnis atau kecantikan yang akan diulas oleh Sedulur akan terlihat lebih menonjol. 

Tema ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur yang bisa menjadikan situs menjadi lebih dikenal melalui ikon media sosial yang lengkap. Ada pula admin layout yang bisa memudahkan Sedulur untuk menata layout. Ada pula fitur auto author image yang membuatnya semakin mudah untuk menampilkan foto.

BACA JUGA: Cara Daftar Google Adsense & Mengaktifkannya untuk Pemula

16. Edward Stella

Blogger Templates

Untuk Sedulur yang mempunyai bisnis wedding organizer, blog adalah salah satu hal yang bisa mendukung bisnis. Lantas, template blogger apa yang tepat untuk hal tersebut? Jawabannya adalah Edward Stella. Tema yang satu ini dikhususkan untuk situs mengenai pernikahan.

Sedulur bisa memajang foto pernikahan yang paling bagus dari klien sekaligus dalam rangka mengenalkan kemampuan sebagai wedding organizer. 

Bukan hanya itu saja, Sedulur juga bisa berbagai informasi mengenai kiat sukses berbisnis pada situs yang dimiliki. Kesan romantis yang dibangun akan semakin kuat karena adanya pilihan ikon, tema warna, dan jenis huruf yang digunakan. Tema ini hadir dengan berbagai tipe tata letak dan halaman, baik kotak maupun lebar. Yang terpenting adalah tema ini sudah teroptimasi dengan mesin pencari dan responsif.

17. SEO Rocket

Blogger Templates

Sejak 21 April 2015, Google menetapkan bahwa situs yang bisa tampil baik di perangkat seluler akan mendapat prioritas ranking pada mesin pencari. Jadi, jika Sedulur tidak mengikuti aturan ini, maka situs yang dimiliki tidak akan bisa tampil dan berada di mesin pencarian halaman pertama. Walaupun konten yang dimiliki berkualitas, itu tidak akan direkomendasikan oleh Google jika sifatnya menyulitkan pengguna seluler untuk mengaksesnya. 

Untuk menghindari hal tersebut, caranya adalah dengan memilih tema yang SEO friendly. Salah satu rekomendasi template blogger keren dan ringan yang bisa dipilih adalah SEO Rocket. Ketika pertama kali melihat tema ini, maka kesan yang akan didapatkan adalah ramai. Yups, tema ini memang didesain untuk situs pribadi, bisnis, dan majalah.

Tak hanya memiliki penampilan yang modern dan elegan, SEO Rocket juga memiliki keistimewaan yang terletak pada fitur yang dimiliki. Fitur itu adalah SEOBoost yang memastikan coding tema ini bisa dijalankan dengan baik. Hasilnya adalah kecepatan akses pada halaman cuma membutuhkan 350 milisekon saja.

Selain itu, berdasarkan pengecekan pada Google Insight Usability Test, hasil yang didapatkan adalah 100/100. Ini berarti tampilan tema akan terlihat sangat optimal dan menarik pada semua layar perangkat seperti ponsel, laptop, tablet, dan lain sebagainya.

18. Nivan

Free Blogger Templates

Sekilas, Nivan akan mengingatkan Sedulur pada situs HelpScout. Situs ini merupakan sebuah platform untuk layanan pelanggan. Yang membedakannya adalah Nivan didominasi oleh warna hijau dan mempunyai right sidebar

Tema ini cocok digunakan untuk para pekerja kreatif untuk menampilkan hasil karya mereka di situs. Apabila Sedulur merupakan seorang desainer grafis, fotografer, dan illustrator, maka tema ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk portofolio.

Berbagai fitur bisa Sedulur dapatkan dalam versi gratis template blogger ini, antara lain sleek footer yang bisa membuat tampilan menjadi lebih minimalis dan Google Font Ready yang bisa memberikan pilihan untuk mengganti jenis huruf sesuai keinginan.

BACA JUGA: Metode Penalaran Deduktif: Pengertian, Manfaat & Contohnya

19. Conversion

Templatelib

Template blogger rekomendasi selanjutnya adalah Conversion yang serbaguna. Tema ini bisa digunakan untuk bisnis maupun pribadi, karena mampu menampilkan desain yang menarik dan profesional.

Fitur dari tema ini antara lain slider yang terletak di bagian atas dengan enam featured post. Pada bagian body konten, desain yang sederhana dengan konsep clean design membuatnya layak untuk dicoba. Tak lupa, pilihan huruf yang digunakan juga menunjang kenyamanan membaca pada berbagai ukuran layar. Fitur lain yang dimiliki oleh tema ini adalah Ads Ready, integrated social share button untuk memudahkan membagi artikel melalui media sosial, dan kompatibel dengan peramban populer.

20. Creative

OddThemes

Sesuai dengan namanya, Creative ditujukan untuk membangun sebuah situs yang memiliki tema utama kreatif. Contohnya adalah fashion, kerajinan, fotografi, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan. Template blogger ini memiliki dua jenis tema yang bisa dipilih oleh Sedulur sesuai dengan desain yang ingin diterapkan. Tak hanya memiliki layout yang berbeda, pilihan slider yang ditawarkan pun juga tidak kalah menarik.

Selain itu, fitur yang dimiliki dari tema ini sangat lengkap dan responsif. Salah satu fiturnya yang bisa memudahkan pengunjung untuk menjelajahi konten terbaik yang dimiliki dengan mudah adalah infinite scrolling. Fitur ini bisa dihidupkan dan dimatikan sesuai dengan keinginan. Agar pengalaman pengunjung secara keseluruhan menjadi menyenangkan, terdapat animasi hover effect yang memanjakan mata.

21. Fooddy Blog

Bloggers Templates

Rekomendasi template blogger premium gratis yang bisa dipilih selanjutnya adalah Fooddy Blog. Sesuai dengan namanya, ini merupakan salah satu yang terbaik untuk Sedulur yang memiliki konten utama seputar memasak.

Dengan menggunakan tema ini, maka Sedulur bisa menampilkan hasil kreasi kuliner dengan baik dan tertata. Tak hanya memiliki desain yang elegan, momen berbagi resep pun akan menjadi lebih mudah. Hal ini karena integrated share button yang terdapat di setiap postingan dengan menampilkan animasi yang menarik. Tampilan dari tema ini sangat sederhana dengan boxed-style dua kolom. Selain itu, tema ini juga sudah mendukung SEO dan 100% mobile-responsive. 

BACA JUGA: Cara Cek Plagiarisme Turnitin & Cara Benar Membacanya

22. Alpha

Pinterest

Berikutnya, rekomendasi template blogger keren yang bisa dipilih adalah Alpha. Alpha memiliki sifat yang responsif dan mengusung konsep yang sederhana. Tema ini juga mempunyai tampilan featured image slider yang cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam konsep mulai dari majalah, blog pribadi, dan portfolio yang baik. Disarankan untuk menggunakan foto terbaik untuk menghindari blur atau kabur.

Juga, pastikan ukuran yang diunggah tidak terlalu besar agar performa tidak terkorbankan. Fitur dari tema Alpha ini antara lain hadirnya numbered page, customized widget, super admin panel, dan mega menu. Jika ingin melakukan pemilihan sendiri untuk beberapa menu, cobalah untuk membeli versi premium.

23. Learner

BeginDot

Berbagai lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi, sekolah, dan yang lainnya pada saat ini sudah banyak yang memiliki kehadiran secara online untuk bisa berinteraksi dan berkomunikasi terkait informasi yang terkait.

Karena permintaan untuk membuat situs website pendidikan yang dirancang secara profesional terus meningkat, maka banyak situs yang disediakan untuk mereka yang ingin membuat kehadiran secara online serta informasi yang berkaitan lainnya. Terdapat banyak template blogger sekolah yang bisa dipilih, salah satunya adalah Learner.

Tema gratis yang satu ini dirancang secara khusus untuk situs web pendidikan, sesuai dengan namanya. Tata letak yang dimiliki oleh tema ini diambil dari WordPress serta dilengkapi dengan dua kolom di sidebar kiri, kanan, kolom footer, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang berguna.

Tema ini juga menyediakan opsi ikon bookmark sosial, gambar mini posting serta menu tarik-turun, bersama dengan banyak elemen vektor. Dengan memiliki berbagai kombinasi dari elemen, maka membuat situs web menjadi lebih profesional. Sehingga, cocok dipakai oleh situs berkonsep pendidikan.

24. Base

Colorlib

Base merupakan salah satu contoh template blogger yang bisa digunakan ketika Sedulur ingin membangun situs fotografi seperti Feature Shoot. Dengan desain dua kolom yang memiliki tampilan konten dalam boxed style, tema ini bisa membantu situs menjadi terlihat unik dan berbeda. Tak hanya itu, adanya slider pada bagian atas akan bisa menarik perhatian pengunjung akan featured post Sedulur.

Hasil foto yang telah diunggah akan ditampilkan secara rapi dan menawan oleh tema yang satu ini. Akan tetapi, Base bukanlah untuk situs bertema fotografi saja. Sedulur bisa menggunakan tema ramah SEO ini untuk gaya hidup, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Template CV Menarik yang Disukai HRD dan Cara Membuatnya

25. Couture

OddThemes

Satu lagi rekomendasi template blogger yang bisa Sedulur pilih, yaitu Couture. Ini merupakan tema yang serbaguna dan memiliki tampilan featured box yang cantik untuk menampilkan konten favorit Sedulur. Terdapat pula fitur smooth scroll yang digunakan untuk membuat pengalaman membaca menjadi lebih nyaman. 

Nah, itu dia berbagai macam template blogger yang keren dan SEO friendly yang bisa dipilih untuk mendesain ulang situs yang dimiliki Sedulur. Pada saat pemilihannya, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan konsep yang diusung, ya. 

Misalnya, jika memiliki blog dengan konsep wisata, maka pilih tema yang memiliki tampilan serupa. Dengan demikian, maka secara fitur dan tampilan akan sejalan dengan situs Sedulur. Selain itu, memilih tema yang SEO friendly juga akan lebih mudah menjangkau lebih banyak orang. Jadi, Sedulur pilih tema yang mana, nih?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.