Membuat resume atau CV yang menarik bukan perkara mudah. Menarik sendiri sekarang bukan hanya tentang visual, tetapi apa yang kamu bisa tawarkan pada calon perekrut secara profesional. Banyak template CV kosong dan gratis yang bisa kamu pakai, tetapi membuat CV bukan hanya perkara desain visual lalu mengisi data diri dan daftar pengalaman kerjamu.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu catat untuk membuat CV atau resume Sedulur tak cuma dilirik, tetapi dibaca dan bisa meningkatkan peluangmu mendapat pekerjaan impian. 

BACA JUGA: 6 Fungsi Manajemen dan Penjelasan Lengkap Untuk Perusahaan

1. Format CV yang benar dan rapi 

 

-->
unsplash.com

Sebelumnya mari kita urutkan hal apa saja yang perlu kamu cantumkan dalam CV 

  • Biodata penting berupa nama, kontak yang bisa dihubungi baik nomor telepon dan email, situs pribadi atau situs portofolio jika ada. 
  • Lanjut dengan ringkasan tentang dirimu. Tekankan pada keterampilan yang kamu kuasai dan beberapa pencapaian. Cukup satu paragraf singkat.
  • Cantumkan riwayat edukasi terakhirmu dengan lengkap. 
  • Setelah itu, baru pengalaman kerja, proyek yang pernah kamu garap, organisasi, kompetisi yang pernah kamu ikuti.
  • Terakhir, keterampilan tambahan yang jadi nilai lebih di mata HRD. Bisa public speaking, bahasa asing, desain, penulisan kreatif, coding, dan lain sebagainya. Untuk bagian ini pastikan kamu berkata sejujurnya.

Untuk format ini kamu bisa membuat kolom-kolom sendiri atau mencoba mengunduh template CV gratis Word atau aplikasi lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan pula. Jika kamu butuh template untuk mendaftar visa atau beasiswa, biasanya perekrut memiliki template khusus yang mereka sediakan sesuai dengan persyaratan mereka dan bisa diunduh gratis. 

2. Tips mengisi CV yang disukai HRD

unsplash.com

Setelah membuat kolom-kolom sesuai format di atas, saatnya kamu melakukan pengisian. Berikut tips mengisi template CV download dengan baik dan tepat. 

  • Jangan sampai ada kesalahan eja pada penulisan biodata, terutama di bagian nama, kontak dan alamat email. Periksa dengan baik sebelum kamu pindah ke seksi berikutnya. 
  • Foto dan usia tidak wajib kamu cantumkan. Di beberapa negara mencantumkan foto dan usia justru tidak disarankan. 
  • Untuk ringkasan, kamu dilarang mengulang apa yang sudah kamu sebutkan di biodata seperti nama dan riwayat edukasi. Langsung pada poin tentang apa yang selama ini kamu lakukan. Jika kamu belum pernah memiliki pengalaman kerja alias lulusan baru, tak masalah untuk mencantumkan kata kunci fresh graduate pada ringkasan. Namun, imbangi dengan menawarkan karakter dan skill apa saja yang sudah kamu kuasai. 
  • Riwayat edukasi hanya yang terakhir saja, jika gelar terakhirmu SMA atau Sarjana. Tak perlu menulis riwayat edukasi dari SD dan SMP. Jika kamu sudah bergelar master, riwayat S1 tetap perlu dicantumkan. 
  • Di kolom pengalaman kerja, kamu wajib mencantumkan nama jabatan dan perusahaan yang pernah menaungimu. Nah, di bagian ini biasanya kita tergoda untuk menuliskan saja tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan. Padahal HRD lebih suka membaca apa saja yang sudah kita capai selama bekerja. Untuk membuat CV yang menarik, tekankan pada hasil atau pencapaian ketimbang deskripsi tugas, ya. 
  • Bila perlu buat versi CV yang berbeda-beda untuk tiap pekerjaan yang kamu lamar. Tujuannya untuk menekankan keterampilan dan pengalaman yang benar-benar relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tunjukan bahwa kamu mengenal benar-benar posisi yang kamu lamar. Pelajari apa saja tugas-tugas yang bakal kamu emban dan tunjukan dalam template CV menarikmu apa saja yang bisa kamu tawarkan atau pengalaman dan pencapaian apa yang kiranya sesuai dengan tugas-tugas tersebut. 
  • Perlihatkan dalam CV bahwa kamu berubah dan bertumbuh secara profesional. Lewat proyek dan pengalaman yang sudah kamu lakukan selama ini. Bisa lewat keterampilan baru yang mungkin tidak begitu relevan, tetapi bisa menunjukkan bahwa kamu giat belajar hal baru di luar pekerjaanmu. 
  • Gunakan kata-kata formal yang meyakinkan dan kreatif, seperti “inovatif”, “mudah beradaptasi”, “implementasi”, “antusias”, dan lain sebagainya. 
  • Di bagian keterampilan, tidak perlu menambahkan penilaian atas diri sendiri dengan grafik atau angka. Cukup sebutkan apa keterampilan yang kamu kuasai. 
  • Lakukan proofreading, yaitu pengecekan ejaan, tanda baca, huruf kapital, dan tata bahasa.

3. Panduan teknis menulis CV 

unsplash.com

Mari beralih pada sisi teknisnya. Meski isi lebih krusial dibandingkan tampilan visual, tetap penting untuk membuat template CV Word yang mudah dan nyaman dibaca. Berikut beberapa tipsnya. 

  • Menggunakan kolom-kolom sangat disarankan, tetapi tidak perlu berlebihan. Gunakan kolom sebagai panduan untuk memisahkan tiap seksi.   
  • Pakai font yang formal, mudah dibaca, dan tampak profesional. Hindari memakai font dekoratif yang berlebihan. Gunakan satu tipe font, tidak perlu membedakan antara isi dengan heading
  • Ukurannya masih di angka 11-12 pt untuk isi sehingga nyaman dibaca dan rapi. Sementara, untuk heading gunakan ukuran 14-18 pt. 
  • Pastikan margin rata kanan-kiri dan atas-bawah. 
  • CV yang menarik tidak perlu terlalu banyak warna. Konsisten dengan hitam di atas putih lebih baik. Jika ingin memberi warna sebenarnya tidak dilarang, tetapi pastikan tidak mendistraksi pembaca resume. 
  • Terakhir, simpan CV dalam bentuk PDF agar mudah dibaca dan tetap rapi meski dibuka di perangkat apapun selain milikmu. 

4. Template CV gratis 

instagram.com/cvstilosi

Ada banyak situs yang menyediakan template CV online dan kebanyakan bisa diunduh gratis. Berikut beberapa daftarnya. 

Canva 

Kamu bisa membuat CV dengan Canva. Akses situsnya, buat akun dan mulai cari template yang kamu suka. Isi sesuai petunjuk di atas dan unduh dalam format PDF. Jika ada pembaruan, kamu bisa mengakses kembali draft CV mu di akun yang sama. Canva CV template sangat beragam dan bisa kamu dapat secara gratis. Canva juga bisa diakses di ponsel, jadi bisa jadi jadi pengganti template CV Pixellab. 

Microsoft Word 

Jika memiliki Microsoft Word, kamu juga bisa mengakses beberapa template gratis. Memang tidak semeriah Canva, tetapi template CV Word standar dan sudah tampak profesional. Silakan lakukan penyesuaian di sana-sini agar resume buatanmu lebih menarik. 

Freepik 

Situs lain yang menyediakan template CV online adalah Freepik. Mulai dari yang gratis hingga berbayar semua bisa kamu dapat. Kelemahannya, kebanyakan file Freepik harus disunting dengan software desain seperti Adobe Illustrator atau Photoshop. 

Gunakan jasa situs gratis 

Selain melakukan personalisasi pada template CV yang sudah kamu unduh, Sedulur bisa coba beberapa jasa situs pembuat CV gratis seperti Zety dan CVMaker, kemudian isi data diri dan pengalaman kerja sesuai dengan formulir yang mereka sediakan. Resume akan langsung jadi sesuai dengan template yang sudah kamu pilih. 

Membuat CV memang bukan tugas yang mudah. Perlu waktu, ketekunan, dan kreativitas untuk membuat riwayat profesional yang menarik dan berpeluang dilirik HRD. Jangan terburu-buru dan asal-asalan saat membuatnya, Sedulur. 

Sedulur harus membuat CV yang menarik dan tak sempat keluar rumah untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Tenang, pasang juga Aplikasi Super untuk belanja sembako tanpa harus beranjak dari meja kerja.