prospek kerja teknik kimia

Ada beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya yang perlu Sedulur diketahui. Peluang cukup menjanjikan karena dibutuhkan di banyak industri. Jadi, jangan bingung lulusan teknik kimia kerja apa? Berikut prospek kerja bagi lulusan teknik kimia, yuk mari kita simak penjelasan dan prospeknya di bawah ini!

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

1. Ahli kimia

Thought Co

Seorang ahli kimia memiliki tugas dalam melakukan analisis atau eksperimen kimia kualitatif dan kuantitatif di laboratorium untuk pengontrolan kualitas atau proses, atau untuk mengembangkan suatu produk atau pengetahuan baru.

Biasanya prospek kerja teknik kimia tersebut biasanya dibutuhkan di berbagai industri farmasi dan laboratorium baik milik pemerintah maupun swasta. Adapun besaran gaji seorang ahli kimia berpotensi mencapai sekitar Rp84 juta per tahun untuk level awal, atau rata-rata pendapatan gaji sekitar Rp4,8 juta – Rp 6.6 juta per bulan. 

-->

2. Spesialis kimia

Forbes

Seorang spesialis kimia memiliki tugas melakukan uji laboratorium kimia dan fisika untuk membantu para ilmuwan dalam membuat analisa kualitatif dan kuantitatif dari zat padat, cair, dan gas.

Untuk besaran gaji prospek kerja teknik kimia bidang spesialis kimia berpotensi mencapai Rp96 juta per tahun untuk level awal dengan jenjang pendidikan minimal Sarjana, atau rata-rata pendapatannya sekitar Rp8 juta per bulan.

3. Ahli teknik kimia

Praxilab

Prospek kerja teknik kimia dalam profesi ini memiliki tugas untuk merancang peralatan pabrik kimia dan proses perangkat untuk pembuatan bahan kimia dan produk, seperti bensis, karet sintetis, plastic, deterjen, semen, dan lainnya, dengan menerapkan prinsip-prinsip dan teknologi kimia, fisika dan teknik.

Secara sederhana salah satu tugas yang diembannya yaitu memecahkan masalah pada proses manufaktur kimia. Besaran gaji yang akan didapatkannya berpotensi mencapai Rp108 juta per tahun, atau rata-rata pendapatannya mencapai Rp9 juta per bulan.

4. Quality control

Del Lago

Tugas dari seorang yang menduduki jabatan quality control yaitu akan berperan dalam menentukan standar dan kriteria yang harus dipenuhi ketika pengujian produk, serta merancang pengujian kualitas.  Apabila terjadi masalah pada produk, maka bagian quality control yang akan berperan memperbaikinya sesuai SOP yang berlaku.

Sehingga sebagai lulusan jurusan teknik kimia yang tertarik bekerja sebagai quality control sebaiknya memiliki ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Untuk pendapatan dalam bidang ini berpotensi mencapai Rp84 juta per tahun, atau rata-rata per bulan Rp7 juta, sesuai kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki Sedulur.

5. Staff pengendali mutu produk 

Thought Co

Tugas dari seorang staff pengendali mutu produk yaitu harus memastikan seluruh proses dari mulai proses produksi hingga barang sampai ke konsumen bisa berjalan dengan baik. Jika memantau proses produksi, maka seorang pengendali mutu harus memastikan dari mulai kualitas bahan baku yang digunakan, karena penggunaan bahan baku yang berkualitas menentukan kualitas barang yang dihasilkan juga.  

Adapun prospek kerja teknik kimia ini, untuk level awal berpotensi memiliki besaran gaji mencapai Rp54 juta per tahun dengan jenjang pendidikan minimal ahli madya atau sederajat, jika di rata-rata pendapatannya sekitar Rp4,5 juta per bulan.

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

6. Staf research and development

Daily Sabah

Prospek kerja teknik kimia selanjutnya, dapat bergabung juga ke berbagai perusahaan untuk mengisi posisi staf research and development. Biasanya, profesi ini berkecimpung dalam berbagai kegiatan penelitian untuk memperoleh hasil yang kredibel bagi kebutuhan perusahaan.

Pendapatan yang dihasilkan oleh orang yang menduduki posisi ini sekitar Rp55 juta per tahun, atau rata-rata gaji per bulan mencapai Rp4,5 juta, jumlah besaran pendapatan tersebut tentu menyesuaikan tingkatan serta pengalaman yang dimiliki.

7. Teknisi laboratorium

University of Potomac

Bagian terpenting dari sebuah laboratorium yaitu harus mempunyai seorang teknisi yang andal. Tentu ini menjadi prospek kerja teknik kimia yang pada umumnya dipegang oleh para lulusan teknik kimia.

Prospek kerja teknik kimia bidang teknisi laboratorium, dapat bekerja seperti rumah sakit milik pemerintah atau swasta, klinik bahkan laboratorium khusus, dengan potensi besaran gaji sekitar Rp60 juta per tahun atau rata-rata pendapatan Rp5 juta per bulan.

8. Food scientist

Career Girl

Bagi Sedulur lulusan teknik kimia, prospek kerja teknik kimia pun bisa memiliki pekerjaan di industri pangan. Karena proses pengolahan makanan atau minuman di industri pangan pun tidak terlepas dari peranan penting lulusan teknik kimia.

Nantinya, Sedulur akan bertindak sebagai tim analis untuk menentukan sekaligus meneliti kandungan nutrisi dari bahan makanan atau minuman sebelum proses produksi tersebut dilakukan. Terkait pendapatan yang dihasilkan untuk profesi ini berpotensi mencapai Rp976 juta per tahun, atau rata-rata gaji yang dapat diterima per bulan mencapai Rp.81 juta.

9. Developer produk bioteknologi

Northeastern University

Prospek kerja teknik kimia selanjutnya, yaitu berkarir di bagian perencanaan, pengembangan, dan penelitian produk bioteknologi. Dalam bidang ini, Sedulur tidak sekedar melakukan research, tetapi bisa juga melakukan seluruh pekerjaan dari hulu hingga hilir serta bekerja secara tim. Potensi pendapatan dari pekerjaan ini mencapai Rp84 juta per tahun, atau rata-rata Rp7 juta dalam setiap bulannya dapat diterima oleh Sedulur yang berminat bekerja dalam profesi ini.

10. Industri pertambangan dan perminyakan

Mining Journal

Industri pertambangan dan perminyakan selalu menjadi prospek kerja teknik kimia. Dalam profesi ini, nantinya Sedulur bisa ditempatkan di darat atau laut sesuai kebutuhan perusahaan. Prospek kerja teknik kimia bidang pertambangan atau perminyakan dinilai menjanjikan karena peluang membangun masa depan cerah.

Besaran gajinya bisa mencapai Rp1.3 miliar per tahun. Besarnya gaji tersebut tentu akan sebanding dengan risiko dan beban pekerjaan yang harus Sedulur hadapi.

Jadi apakah Sedulur masih kebingungan setelah melihat prospek kerja teknik kimia diatas? Berbagai prospek kerja teknik kimia, kualifikasi, serta besaran pendapatan gaji diatas bisa menjadi tolak ukur bagi Sedulur, untuk mempersiapkan diri agar lebih baik lagi sebagai bekal mencari pekerjaan setelah lulus kuliah teknik kimia nantinya!