cara mengembangkan potensi diri

Sedulur tentu ingin mengembakan potensi diri demi mampu bersaing di dunia kerja bukan? Tak bisa dipungkiri jika sekarang ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Untuk itu Sedulur harus mengetahui cara mengembangkan potensi diri agar semakin berprestasi.

Terdapat beberapa cara mengembangkan potensi diri yang dapat Sedulur lakukan. Mulai dari melakukan tes bakat dan minat hingga belajar dengan mentor. Nah, bagi Sedulur yang ingin mengembangkan potensi diri, simak caranya yang dapat Sedulur lakukan di bawah ini!

BACA JUGA : Fantastis! Daftar 16 Gaji Freelance Berdasarkan Jenisnya

Pengertian pengembangan diri

iStock

Sebelum beranjak ke pembahsan tentang cara pengembangan diri, alangkah baiknya Sedulur mengetahui apa yang dimaksud dengan pengembanan potensi diri. Pengembangan diri merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk membentuk potensi, bakat, sikap, perilaku, dan kepribadian seseorang demi memenuhi kebutuhan aktualisasi diri agar dapat berkompetisi dan memiliki kualitas yang lebih baik lagi.

-->

Pengembangan diri juga lebih dikenal dengan dengan personal development. Perlu Sedulur pahami bahwa pengembangan diri ini tidak didapatkan di bangku sekolah, akan tetapi didapatkan dari berbagai kegiatan yang dapat mengasah bakat dan keterampilan kamu atau juga kegiatan lainnya. 

Tujuan pengembangan diri

cara mengembangkan potensi diri
Freepik

Melakukan pengembangan diri tentu memiliki tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuan dari pengembangan diri yang perlu Sedulur ketahui.

  1. Memberikan kesempatan untuk mengembangankan dan mengekspresikan potensi diri.
  2. Meng-update kemampuan, skill keahlian, dan pengetahuan kita sesuai dengan perkembangan yang ada. 
  3. Meningkatkan produktivitas diri dalam bekerja.
  4. Membantu untuk menghadapi perubahan dalam dunia kerja yang cepat terjadi. 
  5. Membentuk diri menjadi individu yang profesional dalam bekerja.

BACA JUGA : Purchasing Staff: Tugas, Tanggung Jawab, Gaji, & Jenjang Karier

Cara mengembangkan potensi diri

Berikut cara untuk mengembangkan potensi diri yang dapat Sedulur lakukan. 

1. Tes bakat dan minat

cara mengembangkan potensi diri
Freepik

Langkah pertama untuk mengembangkan potensi diri alah dengan melakukan tes bakat minat. Tes ini bertujuan untuk menunjukkan kelebihan yang ada dalam diri Sedulur. Dengan melakukan tes bakat minat ini, Sedulur dapat lebih mengenal diri sendiri dan dapat dengan maksimal mengembangkan bakat yang Sedulur miliki.

Dengan mengenali diri sendiri, Sedulur dapat mengetahui tantangan dan tuntutan apa yang sebenarnya kamu hadapi demi kemajuan karier.  Misalnya, jika kamu ternyata memiliki kelemahan dalam pekerjaan, kamu bisa mencari tahu cara untuk mengatasinya misalnya dengan menambah waktu belajar setiap hari. 

2. Berdiskusi dengan orang-orang terdekat

cara mengembangkan potensi diri
Freepik

Salah satu cara yang dapat Sedulur lakukan untuk meningkatkan pengembangan diri adalah dengan berdiskusi dengan orang-orang terdekat. Dengan melakukan hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas, melatih kemampuan berbicara di depan umum, dan juga dapat mengembangkan pola pikir dan pengetahuan.

3. Menerima kritikan

cara mengembangkan potensi diri
Freepik

Tidak semua orang dapat menerima kritikan, akan tetapi jika Sedulur ingin meningkatkan potensi diri Sedulur harus mampu menerima kritikan dengan hati yang lapang. Menerima kritikan sangat bermanfaat untuk mengevaluasi diri agar lebih baik lagi dalam bersikap. Kritik yang diterima dengan baik juga untuk menghidari kesalahan yang lebih fatal. Jadi jika Sedulur ingin meningkatkan potensi diri, sebaiknya menerima kritikan dengan baik ya!

4. Keluar dari zona nyaman

cara mengembangkan potensi diri
iStock

Cara meningkatkan potensi diri yang selanjutnya adalah keluar dari zaman. Hal ini memang terbilang cukup susah, akan tetapi memiliki banyak manfaat. Biasanya orang yang berada di zona nyaman cenderung tidak takut dan khawatir karena ia tidak memiliki risiko apapun. Hal ini akan berdampak pada potensi yang tidak berkembang.

Akan tetapi, dengan berani keluar dari zona nyaman, Sedulur akan terdorong untuk menemukan banyak potensi yang ada pada diri Sedulur. Selain itu, keluar dari zona nyaman bermanfaat untuk memperluas wawasan, meningkatkan kepercayaan diri dan tidak takut untuk menghadapi tantangan. Jadi jangan takut untuk keluar dari zona nyaman ya Sedulur!

5. Berteman dengan orang yang beda usia

iStock

Berteman dengan siapa saja bahkan yang beda usia menjadi hal yang harus Sedulur perhatikan karena teman akan menentukan bagaimana nanti Sedulur mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Maka dari itu, Sedulur harus memiliki lingkungan pertemanan yang berintregitas sehingga baik dalam mendukung pengembangan potesi diri. Berteman dengan orang beda usia juga memiliki banyak manfaat, di antaraya yaitu mendapatkan pandangan baru, menghilangkan stereotip generasi dan dapat mengenak aktivitas serta hibi baru. Jadi, jika Sedulur ingin mengembangkan potensi diri, jangan ragu untuk berteman dengan orang yang beda usia ya!

BACA JUGA : 12 Contoh Pertanyaan Interview User dan Cara Menjawabnya

6. Selalu berpikir postif

iStock

Jika ingin mengembangkan potensi diri, pastikan Sedulur selau berpikir positif ya! Jauhkan pikiran negatif karena hal itu dapat menghambat upaya Sedulur untuk mengembangkan potensi diri. Dengan selalu mengaktifkan pikiran positif, Sedulur akan mendapat sekali manfaat. Di antanya yaitu mengurangi dan mencegah stress maupun depresi dan lebih kuat dalam menghadapi keadaan yang genting. Jangan biarkan pikiran negatif menganggu konsntrasi sehingga konsentrasi akan terhambat yang tentunya akan berpengaruh dalam setiap proses pengembangan diri yang Sedulur lakukan.

7. Selalu optimis

iStock

Segala sesuatu yang dilakukan tentu tidak akan selalu berjalan dengan baik atau sesuai dengan apa yang diiinginkan, akan ada saja hambatan yang di dapatkan selama berproses. Tak bisa dipungkiri bahwa sulit rasanya untuk mendapatkan jalan yang selalu mulus dalam hidup. Maka dari itu rasa optimis harus Sedulur tanamkan meski banyak hambatan dan rintangan yang akan terjadi.

Sikap optimis akan sangat membantu atau menunjang dalam evaluasi setiap kekurangan anda dan terus memperbaiki hingga berkembang seperti apa yang diinginkan. Optimis juga merupakan bentuk sikap percaya diri,yakin dan juga memiliki harapan positif terhadap proses yang sedang di jalani, dengan sikap yang optimis, maka Sedulur akan senantiasa berpikir positif dalam menyikapi segala perkara. Tidak mudah menyerah dan putus asa, tetap semangat.

8. Menerima kekurangan

iStock

Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, maka Sedulur harus memahami hal itu dengan baik agar dapat menerima kekurangan diri sendiri. Tidak perlu meminta orang lain untuk memahami diri , akan tetapi diri sendirilah yang harus mengerti akan kekurangan yang dimiliki.

Berputus asa hal yang wajar asal tidak sampai menyerah pada keadaan. Ketika Sedulur memutuskan untuk menyerah maka Sedulur sudah termaksud sebagai seorang pecudang. Sosok pecundang tidak akan pernah berhasil dalam hal apapun, termaksud dalam pengembangkan potensi dalam diri. Maka hendaknya Sedulur menyadari  kekurangan dan berusahalah untuk memperbaikinya selagi masih bisa.

9. Memotivasi diri sendiri

iStock

Untuk dapat mencapai titik yang tinggi maka harus memiliki motivasi yang kuat, sebab setiap proses akan memerlukan kerja keras yang maksimal untuk mencapai suatu tujuan dengan hasil yang maksimal. Motivasi tidak mesti kita dapatkan dari orang lain, namun motivasi yang paling berpengaruh adalah dari diri sendiri.

Dengan motivasi yang kuat, Sedulur akan semangat dalam menjalani setiap proses, sugesti diri sendiri bahwa apa yang di kerjakan dengan baik akan mendapatkan hasil yang baik pula, ingat hasil tidak akan menghianati proses. Lakukan dengan baik agar proses pengembangan potensi diri menghasilkan sesuatu yang optimal. 

BACA JUGA : Contoh Surat Paklaring yang Tepat dan Cara Membuatnya

10. Memaafkan diri

iStock

Dalam setiap proses yang dijalani pasti akan ada masalah dan penghambat yang menganggu proses mengembangkan potensi dalam diri yang terkadang membuat perasaaan menjadi marah,sedih bahkan kecewa pada diri sendiri. Hal ini sebenarnya bukanlah masalah besar jika Sedulur masih bisa memaafkan diri sendiri setelah apa yang sudah terjadi dalam proses yang dijalani. Maka dari itu penting untuk Sedulur pahami bahwa yang namanya berproses sudah pasti akan selalu ada masalah dan hambatan. Akan tetapi, hal yang paling penting adalah Sedulur dapat memaklumi semua itu dan menerima serta memaafkan diri. Jadi, jangan selalu menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi ya Sedulur!

11. Banyak belajar hal baru

cara mengembangkan potensi diri
Freepik

Sebagian orang mungkin cenderung memiliki pemikiran bahwa semua akan beres setelah mendapat pekerjaan. Padahal nyatanta, untuk mencapai kesuksesan, seseorang harus terus mengembangkan potensi diri dengan belajar tentang hal baru.  Lagipula sekarang ada banyak cara dan medium yang bisa Sedulur gunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan setiap saat. Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa terus belajar tentang hal baru ya Sedulur!

Pembelajaran berkelanjutan penting agar Sedulur dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan tuntutan pekerjaan dan zaman. Misalnya seperti dunia yang perlahan-lahan menjadi serba digital juga menuntut seseorang untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan digital agar mampu menyesuaikan kemampuan dengan kebutuhan yang ada. 

12. Temukan mentor

iStock

Cara mengembangkan potensi diri lainnya yang perlu Sedulur coba adalah dengan meminta bantuan pada mentor. Saat berada dalam sebuah perusahaan, atasan juga dapat bertindak layaknya mentor. Tanyakan kepada atasan bagaimana kekurangan Sedulur dalam bekerja dan cara yang tepat untuk dapat mengatasinya. Akan tetapi, perlu Sedulur ingat bahwa  atasan tidak menjadi satu-satunya orang yang dapat dijadikan mentor. Sedulur juga dapat menemukan sosok-sosok lainnya yang inspiratif  dan layak menjadi mentor bagi perkembangan karier. 

13. Selalu percaya pada kemampuan diri sendiri

iStock

Dalam proses mengembangkan potensi diri yang terpenting adalah bagaimana harus percaya pada diri sendiri. Seringkali orang merasa bahwa mereka tidak layak untuk mendapatkan promosi atau tidak siap untuk menerima tanggung jawab yang lebih dalam pekerjaan atau yang lainnya. Padahal dengan memiliki kepercayaan diri, Sedulur dapat mencapai lebih banyak hal , termasuk dalam mengembangkan karier dan mencapai kesuksesan seperti yang sudahdicita-citakan sebelumnya. Maka dari itu, Sedulur harus belajar percaya pada kemampuan diri sendiri ya!

Contoh pengembangan diri

iStock

1. Mengambil kursus atau Workshop

Mengambil kursus atau mengikuti workshop merupakan salah satu contoh pengembangan diri yang dapat Sedulur lakukan. Saat ini tidak susah untuk menemukan kursus atau workshop, ada berbagai platform yang menyediakannya bahkan secara online. Biayanya pun juga lebih terjangkau. Dengan mengikuti kursus sangat bermanfaat untuk mengasah  skill dan mengetahui keterampilan lain apa yang masih bisa dikembangkan untuk menunjang pekerjaan. Kursus juga melatih kemampuan seseorang  dalam berkomunikasi di depan banyak orang yang tidak dikenal.

2. Bergabung dengan Komunitas

Mengikuti komunitas sangat menguntungkan untuk mengembangkan potensi diri. Sedulur dapat membangun relasi dengan orang-orang yang ada dan belajar hal-hal baru dari mereka. Sedulur dapat bergabung dengan komunitas yang disukai, misalnya komunitas membaca, bersepeda, bahkan pecinta alam. Jadi, jangan ragu untuk bergabung ke komunitas ya Sedulur!

3. Cobalah mencari tantangan

Contoh pengembangan diri lainnya yaitu dengan mencari tantangan. Caranya adalah jangancepat berpuas diri. Tantang diri sendiri untuk bergerak lebih jauh dari hari ini. Buatlah target untuk menempa diri, hal ini akan membuat Sedulur merasa tertantang untuk melakukan segala hal. Tapi pastikan target ysng dibust terebut  realistis dan sesuai dengan kemampuan ya!  Jangan sampai memasang target yang di luar kemampuanmu, hal ini bukan membuat diri berkembang malah justru tersiksa. Apabila ingin meningkatkan target, coba lakukan bertahap seiring dengan kemampuan diri.

4. Meningkatkan kemampuan interpersonal 

Ini berkaitan dengan kemampuan yang ada dalam diri sendiri. Terdapat banyak kemampuan diri yang dapat diasah dan pertajam. Contohnya seperti  kepemimpinan, problem solving, juga pengetahun tentang karir yang digeluti. Kesadaran diri juga penting ditingkatkan, ini artinya Sedulur mengetahui dan pandai menilai kebutuhan dan masalah yang muncul.

BACA JUGA : 12 Contoh Surat Tugas Berbagai Jenis dan Cara Membuatnya

Manfaat

iStock

Dari beberapa cara mengembangkan potensi diri di atas yang Sedulur lakukan, Sedulur akan mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya yaitu sebagai berikut. 

1. Meningkatkan kesadaran diri

Melakukan pengembangan diri dapat mengarahkan seseorang untuk lebih mengenal dan memahami diri sendiri secara apa adanya. Dalam proses ini, tentunya faktor kesadaran diri sangat berperan penting  dan perlu dimiliki, agar bisa menemukan tujuan hidup secara lebih pasti lagi.

Memiliki kesadaran diri akan bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Sedulur akan menjadi lebih mengenali diri, bisa mengerti apa yang diinginkan dan apa yang sebaiknya dilakukan. 

2. Meningkatkan semangat dan motivasi

Melakukan pengembangan diri merupakan suatu hal yang harus dilakukan setiap harinya. Ketika Sedulur sudah mengerti dan memahami, serta menyadari bahwa pengembangan diri merupakan aspek penting dalam hidup ini, maka secara tidak langsng Sedulur akan berkomitmen dan konsisten untuk terus melakukannya.

Saat sudah mulai berkomitmen, maka Sedulur akan menghargai dan menikmati segala prosesnya. Ketika hal ini dilakukan, maka semangat dan motivasi dalam diri dapat semakin meningkat. Semangat dan motivasi adalah hal-hal yang sangat diperlukan untuk menggapai keberhasilan di masa depan.

3. Memperjelas tujuan hidup

Manfaat melakukan pengembangan potensi diri yang berikutnya adalah dapat membuat jalan hidup menjadi semakin terarah. Setelah memiliki kesadaran diri yang terus meningkat setiap hari, maka seiring berjalannya waktu Sedulur akan mendapatkan apa yang selama ini inginkan dalam hidup.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Sedulur sudah semakin terarahkan untuk menggapai kesuksesan sesuai dengan apa yang diimpikan. Jika hal itu sudah terjadi, saat dihadapkan oleh banyak pilihan, Sedulur tidak akan merasa kebingungan untuk menentukan atau memutuskan sebuah pilihan tersebut. Semakin Sedulur mengembangkan potensi diri, maka akan semakin terarahkan untuk melangkah menuju kesuksesan yang diinginkan.

Demikianlah rangkuman informasi tentang cara mengembangkan potensi diri, manfaat dan tujuannya. Jangan lupa untuk terus mengembangkan potensi diri agar mampu bersaing di dunia kerja ya Sedulur!