ceo adalah

CEO adalah kata yang sering kita dengar, terutama bagi Sedulur yang bekerja dan bergelut di sebuah perusahaan. CEO merupakan pimpinan tertinggi dalam sebuah perusahaan swasta. Sebagai pimpinan, terdapat beberapa tugas dan peran dari CEO yang menentukan nasib perusahaan itu sendiri.

Agar dapat mengetahui lebih jelas bahwa CEO adalah salah satu jabatan dan merupakan sebuah jenjang karir. Sedulur bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Karena dalam kesempatan kali ini, kita akan kupas tuntas segala hal terkait CEO itu sendiri.

BACA JUGA: Arsitek: Pengertian, Tanggung Jawab & Skill yang Dibutuhkan

Apa itu CEO?

ceo adalah
Jojonomic

CEO adalah singkatan dari Chief Execuive Officer, merupakan sebuah jabatan tertinggi dalam perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas keberhasilan dan pencapaian bisnis yang didapatkan. Di Indonesia, CEO biasanya sama dengan Direktur, Presiden Direktur atau Direktur Jendral.

-->

Biasanya, CEO dipilih oleh jajaran Dewan Direksi dan para pemegang saham. CEO dipercaya dalam mengelola keseluruhan perusahaan, membuat keputusan penting, serta bertindak sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi dan pemegang saham.

Karena vitalnya peran CEO, CEO adalah seseorang yang biasanya sering dimutasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Peran dari CEO berbeda tergantung ukuran perusahaan, struktur serta budaya yang diberlakukan. Pada perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal terkait pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Sementara itu, pada perusahaan kecil, CEO sering kali lebih aktif dan terlibat dengan fungsi sehari-hari. Misalnya, terlibat dalam perekrutan staff atau ikut membantu dalam proyek bisnis kecil.

BACA JUGA: Arsitek: Pengertian, Tanggung Jawab & Skill yang Dibutuhkan

Peran CEO dalam perusahaan

Kompas

Karena CEO adalah pimpinan tertinggi dalam perusahaan, maka peran dari CEO tidak bisa dianggap sepele. Perannya sangat besar menentukan arah perusahaan. Sebagaimana peran pimpinan lainnya, CEO wajib mengelola dan mengatur pengembangan dan pelaksanaan strategi jangka panjang. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai pemegang saham.

Di sisi lain, peranan dan tanggung jawab CEO pada masing-masing perusahaan tentu bermacam-macam. Hal ini didasarkan pada struktur organisasi dan ukuran perusahaan. Dalam perusahaan skala kecil, CEO umumnya mengambil lebih banyak peran. Seperti mengambil keputusan tingkat lebih rendah, misalnya memperkerjakan staf.

Sementara itu, pada perusahaan yang lebih besar peran CEO lebih kepada urusan perusahaan tingkat tinggi, yaitu berperan dalam pengambilan keputusan dalam skala besar. Sedangkan tugas-tugas lain yang lebih kecil biasanya dikerjakan pada manajer atau departemen bagian secara khusus.

Setelah menyimak penjelasa di atas, Sedulur akan lebih paham lagi peranan dari CEO dengan menyimak penjelasan di bawah ini tentang apa itu CEO dan tugasnya.

Tugas dan tanggung jawab CEO

ceo adalah
LinkHay

Tugas CEO adalah bagian yang paling sakral. Karena setiap keputusan yang diambil oleh CEO akan mempengaruhi perusahaan itu sendiri. Hal ini disebabkan karena CEO adalah pucuk pimpinan tertinggi dari perusahaan. Secara garis besar, CEO memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab, di antaranya yaitu:

  • Berkomunikasi atas nama perusahaan, dengan pemegang saham, pihak pemerintah, dan publik.
  • Memimpin pengembangan strategi jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.
  • Menciptakan dan mengimplementasikan visi dan misi perusahaan atau organisasi.
  • Mengevaluasi pekerjaan para pemimpin eksekutif lainnya di dalam perusahaan, termasuk direktur, wakil presiden, dan presiden.
  • Menjaga performa perusahaan terhadap situasi pasar yang kompetitif, peluang ekspansi, perkembangan industri, dan lain-lain.
  • Memastikan bahwa perusahaan mempertahankan tanggung jawab sosial yang tinggi di mana pun ia melakukan bisnis.
  • Menilai risiko terhadap perencanaan perusahaan dan memastikannya dipantau dengan baik.
  • Menetapkan tujuan strategis bisnis untuk jangka panjang.

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

Cara menjadi CEO

Darta Corporation

Agar dapat menjadi CEO, Sedulur perlu mengatahui bagaimana cara menjadi CEO. Selain terus berusaha dan belajar dengan baik. Sedulur juga harus mengetahui beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang CEO. Dengan mengetahui apa saja kemampuan yang harus dimiliki, bukan hal yang mustahil Sedulur bisa menjadi seorang CEO di sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa kemampuan yang dimaksud:

1. Memiliki kepemimipinan yang baik

Karena CEO adalah seorang pemimpin, maka jelas kemampuan yang penting untuk dimiliki jika ingin menjadi seorang CEO adalah kemampuan memimpin yang baik. Kepemimpinan juga merupakan kemampuan dasar dari seorang CEO. Dengan kepepimpinan yang baik, seorang CEO dapat mengarahkan setiap bawahannya untuk melakukan pekerjaan yang baik, sesuai dengan aturan dan mengejar tujuan yang ingin dicapai

2. Memiliki komunikasi yang baik

CEO adalah seorang pemimpin yang wajib memiliki cara komunikasi yang baik. Hal ini tidak terlepas dengan aktivitasnya yang akan sering bertemu dengan banyak orang. Komunikasi tersebut tidak semata-mata menyampaikan pesan dengan baik. Namun, seorang CEO harus dapat berkomunikasi sesuai dengan konteks dan lawan bicaranya.

3. Kreatif dan inovatif

Setiap keputusan yang baik dan cepat yang diambil oleh CEO telah melewati berbagai proses dalam pikiran CEO itu sendiri. Jika seorang CEO kreatif dan inovatif, akan dapat membuat keputusan yang menarik dan dapat menguntungkan perusahaan itu sendiri.

CEO harus berpikir kreatif dan menyambut ide-ide baru yang inovatif untuk menjaga bisnis mereka tetap relevan dan progresif. CEO yang menghargai perubahan dengan pikiran terbuka akan dengan mudah untuk menentukan arah bisnis kedepannya.

4. Memiliki etos kerja yang baik

Seorang CEO harus memiliki etos kerja yang baik. Dengan etos kerja yang baik, dapat menjadikan CEO sebagai teladan dan contoh bagi karyawannya. Memberikan perintah dan pelajaran terhadap bawahan lebih baik dengan mencontohkannya, karena hal ini lebih efektif ketimbang menegur secara langsung.

5. Bersedia untuk berkolaborasi

CEO tidak akan terlepas dengan yang namanya interaksi. Dalam mengelola sebuah perusahaan, nantinya CEO akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari manager, kepala departemen, dewan direksi, hingga dengan koleganya. Oleh sebab itu, seorang CEO harus memiliki berbagai perencanaan dan ide terbaik untuk memajukan perusahaan.

6. Pribadi yang transparan

CEO yang memilki pribadi yang transparan atau terbuka, dapat lebih dipercayai oleh karyawannya. Karena seorang pemimpin yang terbuka dapat memberikan pengaruh besar terhadap kepercayaan bawahannya. Sebaliknya, ketika seorang pemimpin tengah menyembunyikan sesuatu, hal tersebut hanya akan membuat bawahannya semakin tidak percaya. Kehilangan kepercayaan dari bawahan pertanda bahwa seorang pemimpin kehilangan kendalinya.

Seorang CEO harus tegas dan mampu mengambil keputusan

ceo adalah
Dir & Ge

Seorang CEO adalah decision maker, seorang pembuat keputusan yang menentukan. Agar mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat, seorang CEO harus tegas. Kemampuan wajib dikuasai. Kareena CEO akan dihadapkan dengan berbagai kondisi yang memerlukan keputusan diambil secara cepat dan tepat.

CEO dapat membuat keputusan lebih awal, lebih cepat, dan dengan keyakinan yang lebih besar. Seorang CEO juga harus melakukannya secara konsisten, bahkan di tengah ambiguitas, dengan informasi yang tidak lengkap, dan dalam lingkungan yang tidak dikenal. Selain itu, seorang CEO harus siap menerima risiko atas keputusannya. Maka dari itu seorang CEO harus memiliki keyakinan yang tinggi.

BACA JUGA: Otoriter Adalah: Karakteristik, Sikap, Ciri, Contoh & Dampaknya

Perbedaan CEO dan direktur utama

JobsGO

Pada dasarnya CEO adalah direktur utama. Namun di Indonesia berdasarkan undang-undang tidak menggunakan istilah CEO untuk menyebut seseorang dengan posisi tertinggi di perusahaan. Di dalam UU Nomor 40 tahun 2007, istilah yang digunakan untuk menyebut pihak yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan dan pengurusan sebuah perusahaan adalah direksi dengan direktur utama menduduki posisi tertinggi.

Namun demikian, di dalam sebuah peraturan menteri, yakni Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) Nomor 40 Tahun 2012 tentang Jabatan-jabatan Tertentu yang Dilarang Diduduki Tenaga Kerja Asing disebut istilah CEO.

Secara sederhana, bisa ditarik kesimpulan bahwa CEO adalah istilah dari Bahasa Inggris yang digunakan untuk mewakili istilah direktur utama atau presiden direktur atau posisi tertinggi dalam sebuah perusahaan.

CEO adalah pimpinan tertinggi dalam suatu perusahaan, sebagaimana yang dapat Sedulur simak dari penjelasan di atas. Semoga penjelasan di atas bisa memberi semangat dan motivasi bagi Sedulur Super sekalian, yang tengah berusaha dan mengejar cita-cita menjadi seorang CEO. Ingat, tidak ada usaha yang sia-sia, dan hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!