manajemen adalah

Manajemen adalah salah satu hal penting yang mengatur segala sesuatu, baik di perusahaan, startup atau instansi dan lembaga pemerintahan. Peran dan fungsi manajemen adalah hal yang vital, yang menentukan setiap visi dan misi dari suatu badan dapat mencapai tujuannya.

Bukan hanya itu, manajemen adalah hal penting bagi diri manusia. Dengan menguasai manajemen diri, setiap manusia bisa mencapai segala hal yang diinginkannya. Lantas apa sebenarnya pengertian dari manajemen? Sedulur bisa simak ulasan lengkapnya di sini!

BACA JUGA: Telemarketing: Pengertian, Tugas, Karir & Skill yang Dibutuhkan

Apa itu manajemen?

manajemen adalah
Kredit Pintar

Secara etimologi, manajemen adalah seni mengatur. Hal ini berkaitan dengan pengorganisasian, seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Manajemen merupakan suatu proses yang sistematis dalam pengorganisasian sehingga dapat dilakukan pengendalian dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu.

-->

Selain itu, manajemen adalah proses perencanaan yang bertujuan agar tercapainya segala hal sesuai yang telah disusun. Baik untuk tujuan pribadi atau tujuan organisasi, manajemen sangat dibutuhkan. Bukan hanya itu, manajemen juga dibutuhkan agar efisiensi dan efektivitas kinerja dapat terwujud.

Pengertian di atas adalah pengertian secara umum, secara spesifik para ahli memberikan pandangannya dan ikut mendefinisikan manajemen. Sedulur bisa simak penjelasannya di bawah.

Pengertian manajemen menurut para ahli

Brilio

Pengertian di atas adalah pengertian secara keseluruhan. Lebih spesifik lagi, para ahli memberikan definisinya untuk manajemen. Manajemen adalah menurut para ahli, bisa Sedulur simak di bawah ini.

  • George R. Terry: Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Henry Fayol: Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan efektif dan efisien.
  • Oey Liang Lee: Manajemen adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengoordinasi, serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.
  • Ricky W. Griffin: Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, serta proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.
  • Mary Parker Foleot: Manajemen adalah sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini dapat diartikan sebagai fungsi seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Akan tetapi, pengertian manajemen ini bisa salah penafsiran karena ada orang lain yang tujuannya membantu untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Federick Winslow Taylor: Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.
  • Koontz dan Weihrich: Manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu bekerja sama dalam kelompok secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.

Jika menyimak pengertian dan definisi dari manajemen, hal tersebut membuat Sedulur sadar betapa manajemen sangat penting sekaligus sangat dibutuhkan. Tidak heran jika di setiap universitas, jurusan manajeman adalah jurusan yang paling banyak diminati dan paling potensial mendapatkan pekerjaan.

Bukan hanya itu, secara keilmuan manajemen juga memiliki beberapa jenis. Mulai dari manajemen strategi, administrasi, organisasi, pemasaran, produksi, waktu, sumber daya manusia, risiko, dan lain sebagainya. Bahkan kegiatan kecil seperti melakukan aktivitas di rumah juga tak jauh dari penerapan ilmu manajemen ini. Jadi, sadar atau tidak, siapa pun pasti pernah menerapkan ilmu manajemen dalam hidupnya.

Tujuan manajemen

manajemen adalah
Quipper

Selain sebagai sebuah seni dalam mengatur sesuatu, manajemen adalah ilmu yang jelas. Dengan begitu, sebagaimana ilmu lainnya, kehadirannya memiliki tujuan. Tujuan dari manajemen adalah sebagai berikut.

  • Bisa menentukan suatu strategi efektif serta efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Melakukan sebuah evaluasi kerja dan mengkaji ulang akan situasi yang akan terjadi bertujuan untuk melakukan penyesuaian strategi jika terjadi hal-hal di luar strategi.
  • Mengatur dan menjaga kesehatan emosi (personal), keuangan, dan semua sektor pada suatu perusahaan supaya perusahaan tersebut bisa mencapai profit yang maksimal.
  • Mengevaluasi dan meninjau kembali suatu kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang maupun ancaman yang ada, dan sebagainya.

Jika secara umum tujuan manajemen dikaitkan dengan sebuah organisasi, lantas seperti apa penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari? Sedulur menyadari atau tidak, setiap dari kita pasti melakukan kegiatan manajemen setiap harinya. Salah satu hal yang paling jelas adalah cara mengatur keuangan dan cara mengatur waktu sehari-hari.

Dalam mengatur keuangan misalnya, Sedulur harus mengelola pemasukan dan pengeluaran seimbang. Tidak besar pasak daripada tiang, sehingga akan membebani keuangan Sedulur. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa setiap hari Sedulur senantiasa menerapkan ilmu manajemen.

Tidak melulu soal uang, mengatur waktu juga merupakan bentuk penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari. Waktu dalam satu hari sangat terbatas, bagaimana Sedulur melakukan pengaturan waktu agar setiap kegiatan bisa dilakukan dengan benar.

Seperti misalnya dalam 24 jam, Sedulur harus mengatur waktu untuk bekerja, bersantai, istirahat, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar setiap kegiatan bisa dilakukan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Secara sederhana, manajemen merupakan cara agar kita bisa bertanggung jawab terhadap kegiatan dan bagaimana kita bisa menuntaskan apa yang menjadi kewajiban.

Selain tujuan, bagian yang tidak kalah penting adalah fungsi dari manajemen. Fungsi manajemen adalah peran yang diberikan atau dampak dari penerapan manajemen itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari manajemen.

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

1. Perencanaan

Kelas Pintar

Fungsi dari manajeman adalah perencanaan. Ini mencakup dengan pemilihan atau penetapan tujuan organisasi yang dapat menentukan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Dengan perencanaan, akan dapat dilakukan penilaian alternatif dalam setiap pengambilan keputusan. Bukan hanya terkait penentuan strategi, tapi juga mencakup pada strategi penempatan bagi SDM dalam sebuah organisasi, yang juga akan berpengaruh besar pada organisasi tersebut.

2. Pengorganisasian

manajemen adalah
Majoo

Kedua, fungsi organisasi adalah untuk mengorganisasi atau pengorganisasian. Kegiatan ini merupakan rangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai tujuan perusahaan. Tujuannya jelas, agar organisasi dapat berjalan dengan teratur dan sesuai rencana.

3. Pengarahan

Intipesan

Fungsi dari manajemen selanjutnya adalah pengarahan. Merupakan sebuah upaya atau tindakan yang bertujuan agar semua SDM dapat berusaha meraih tujuan yang sesuai dengan rencana manajerial serta usaha. Fungsi ini bertujuan mengarahkan atau mengendalikan agar pekerjaan makin efektif dan efisien.

4. Pengawasan

manajemen adalah
Lifepal

Fungsi dari manajemen adalah pengawasan, fungsi ini merupakan fungsi terakhir, yang juga berperan sebagai evaluasi untuk menilai kinerja SDM dan kinerja organisasi itu sendiri. Fungsi pengawasan sangat penting dilakukan karena fungsi ini untuk menentukan kualitas layanan maupun produk yang dihasilkan perusahaan dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Unsur-unsur dalam manajemen

Pelayanan Publik

Unsur-unsur dalam manajemen adalah hal-hal yang meliputi manajemen itu sendiri. Berikut ini beberapa hal yang menjadi unsur yang terdapat dalam manajemen.

  • Manusia (human): Faktor yang paling utama dalam manajemen adalah manusia. Manusia membuat tujuan dan melakukan proses pencapaian tujuan tersebut. Dengan kata lain, proses kerja tidak akan terjadi bila tidak terdapat unsur manusia di dalamnya.
  • Uang (money): Selain manusia, uang juga merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar di suatu perusahaan. Adanya uang bisa menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional.
  • Bahan (materials): Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa material, perusahaan tidak bisa mengolah sesuatu untuk dijual. Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber daya manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.
  • Mesin (machines): Mesin sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil dan keuntungan serta membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien. Selain efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalkan. Namun, dibutuhkan sumber daya yang andal dan bahan baku berkualitas untuk memperoleh hasil maksimal.
  • Metode (methods): Kerja dapat berjalan efektif dan efisien bila dilakukan dengan metode yang tepat. Suatu metode kerja harus mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Selain itu, metode yang tepat dan baik juga harus dipahami oleh manusia yang menjalankannya.
  • Pasar (market): Konsumen atau pasar merupakan elemen yang sangat penting. Tanpa adanya pemasaran, barang tidak akan laku terjual. Hal itu dikarenakan tidak adanya permintaan, yang bisa membuat produksi akan terhenti. Aktivitas perusahaan juga bisa vakum.

Sebagaimana yang dapat Sedulur baca di atas, bahwa manajemen adalah hal penting. Manajemen merupakan sebuah seni dalam mengatur sesuatu. Oleh karena itu, manajemen dibutuhkan dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan usaha dan berbisnis. Hal ini ditujukan agar dapat mencapai kesuksesan dengan cara dan tahapan yang sesuai.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!