cara membuat google classroom

Pembelajaran daring kini makin populer sejak pandemi COVID-19. Bagi para guru, tentunya perlu menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran tersebut. Pada era digitalisasi saat ini, guru harus mulai mencari aplikasi maupun platform yang dapat menunjang sistem belajar online. Salah satu platform yang paling banyak dipakai adalah Google Classroom. Tahukah Sedulur cara membuat Google Classroom?

Tentunya, tidak sedikit guru yang masih kebingungan mengoperasikan layanan dari Google ini. Jangan khawatir, Sedulur bisa menyimak cara membuat Google Classroom sebagai guru di artikel ini. Baca pembahasannya sampai selesai, lalu praktikkan, ya!

BACA JUGA: Cara Membuat Google Form di Laptop & HP, Jelas & Mudah

Apa itu Google Classroom?

cara membuat google classroom
TeachHUB

Sebelum belajar bagaimana cara membuat Google Classroom, kenali terlebih dahulu pengertiannya. Google Classroom adalah salah satu layanan dari Google Suite for Education yang memberikan pelayanan pembelajaran. Layanan ini tercatat sebagai salah satu aplikasi nonprofit. Itu berarti Sedulur bisa mengakses setiap fitur yang tersedia di dalamnya secara gratis tanpa dipungut biaya apa pun.

-->

Platform ini makin menarik digunakan khususnya untuk pihak sekolah maupun perguruan tinggi yang ingin menyediakan media belajar online kreatif dan inovatif tanpa perlu terikat biaya. Walaupun hadir secara gratis, namun urusan fitur yang tersedia tidak boleh diremehkan. Fitur-fiturnya sangat bermanfaat untuk menunjang kelas online.

Cara menggunakan Google Classroom sangat mudah dan praktis. Apalagi, layanan ini sudah terintegrasi dengan fasilitas Google lainnya seperti Google Drive, Google Docs, Google Sheet, Google Form, Gmail, dan masih banyak lagi. Mulai dari proses pembuatan, penggunaan, hingga berbagi link makin cepat dan efektif.

Keunggulan Google Classroom

Unsplash

Aplikasi belajar online besutan Google ini kaya akan keunggulan. Ini menjadi nilai tambah karena pembelajaran dapat berjalan optimal didukung sarana yang memadai. Adapun yang termasuk ke dalam keunggulan Google Classroom adalah sebagai berikut.

Proses pengaturan mudah dan cepat

Tidak perlu diragukan lagi, Google selalu merancang produknya user friendly, termasuk Google Classroom ini. Terlihat dari proses pengaturan dan penggunaannya yang mudah dan cepat. Pengguna cukup membuka situs Google Classroom di peramban atau menginstal aplikasinya di HP. Kemudian mengikuti cara membuat Google Classroom di HP, melakukan pembukaan kelas, dan membagikan link kepada para murid. Kelas sudah bisa dimulai!

Penggunaannya mudah dipahami siapa saja, bahkan bagi pengajar yang belum pernah melakukan kegiatan pembelajaran daring. Melalui Google Classroom, kelas online maupun komunikasi dengan murid secara jarak jauh tidak akan mengalami kendala lagi.

Waktu lebih efisien

Karena pembelajaran dilakukan secara online, maka prosesnya dapat berjalan cepat. Pengajar bisa mendistribusikan tugas dengan cepat dan murid bisa langsung mengaksesnya tepat waktu setelah tugas diunggah ke kelas. Para pengajar pun dapat melihat hasil pekerjaan murid secara real time. Jadi, pengajar bisa tahu siapa saja yang sudah mengerjakan tugas dan siapa saja yang belum.

Hal ini tentu saja memberi efisiensi waktu, di mana setiap pembelajaran dapat berlangsung saat itu juga. Tidak perlu mengatur waktu khusus, pemberian materi di Google Classroom bisa dibagikan dan diakses kapan pun.

Penyimpanan data terorganisir

Tidak hanya membantu kelas online saja, Google Classroom juga dapat menyimpan data pembelajaran secara digital. Jadi, guru tidak perlu khawatir data pembelajaran hilang, terselip, atau rusak. Jika data dibagikan secara publik, maka siapa saja bisa menemukan data tersebut. Bila disimpan untuk diri sendiri, data akan mudah ditemukan setiap kali melakukan Google Classroom login.

Data yang tersimpan secara digital tentunya dijamin aman. Perihal keamanan data tidak perlu diragukan lagi. Semua data akan terorganisir dan aman, serta bisa diakses kapan saja, di mana saja. Selama ada koneksi internet yang bagus, proses pembelajaran daring dijamin berjalan lancar.

Mempermudah berkomunikasi

Salah satu keunggulan yang bisa dirasakan saat menggunakan Google Classroom adalah memudahkan komunikasi antara pengajar dan murid, baik guru dan siswa atau dosen dengan mahasiswa. Google Classroom mempermudah proses komunikasi meskipun terhalang oleh jarak dan waktu.

Pengajar maupun murid bisa melakukan diskusi pembelajaran dan memberikan umpan balik. Selama koneksi internet lancar, maka komunikasi melalui Google Classroom bisa berjalan efektif. Ketika komunikasi berjalan efektif, persoalan pembelajaran yang terjadi bisa diatasi dengan mudah, ‘kan?

Gratis

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Google Classroom bisa diakses secara gratis. Hanya perlu mengeluarkan anggaran untuk biaya internet, selebihnya semua fitur pembelajaran daring Google Classroom bisa diakses oleh pengajar dan murid.

Jika di aplikasi sejenis terdapat model premium berbayar untuk mendapatkan fitur tambahan, maka di Google Classroom tidak ada versi tersebut. Semua fitur bisa diakses secara terbuka oleh pengguna kapan saja dan di mana saja.

BACA JUGA: Panduan Akses Jurnal Google Scholar Gratis, Bisa Dicoba

Fitur-fiturnya

cara membuat google classroom
Google for Education

Sudah mengetahui keunggulannya, kini Sedulur pasti makin penasaran dengan fitur-fiturnya, ‘kan? Semua fitur yang tersedia di Google Classroom bertujuan memudahkan kelancaran pembelajaran daring. Ada banyak fitur yang tersedia. Mulai dari yang berfungsi untuk memberi tugas, mengatur sistem penilaian, hingga menggelar kelas online. Di bawah ini adalah fitur-fitur Google Classroom.

Penugasan

Fitur utama Google Classroom adalah assignment atau penugasan. Sesuai namanya, fitur ini berfungsi sebagai tempat pengajar membagikan materi kepada murid. Materinya dapat berupa teks, video, gambar, dan lain-lain. Bahkan, pengajar bisa mengambil materi dari Youtube, Google Docs, dan Google Drive. Di mana pun materi yang sudah disimpan akan terintegrasi langsung dengan Google Classroom.

Hal ini tentu saja memudahkan pengajar untuk tidak selalu memindahkan data-data pembelajaran. Cukup disimpan di satu tempat, lalu bagikan di Google Classroom. Fitur penugasan meminimalkan pengajar keliru dalam memberikan materi di kelas online.

Kelas online

Ini merupakan fitur baru Google Classroom. Guru bisa mengadakan kelas online untuk menyampaikan materi secara langsung. Fitur ini terintegrasi dengan Google Meet. Bahkan, guru juga bisa menambahkan 200 panggilan melalui Hangouts. Menariknya lagi, Google Classroom dapat menambahkan 100.000 peserta untuk mengikuti siaran langsung.

Tidak hanya menyelenggarakan kelas online, dengan kapasitas peserta sebanyak itu, Sedulur pun bisa menggelar konferensi online dalam jumlah besar. Tertarik mencoba? Semua fitur ini bebas diakses sesuai kebutuhan tanpa perlu melakukan pembaruan akun ke versi premium. Sebab, Google Classroom sifatnya gratis.

Single view

Fitur single view dimanfaatkan murid untuk menampilkan semua tugas yang diberikan pengajar. Selain itu, fitur ini juga bisa membuat pengajar melihat status yang sudah diberikan kepada murid. Jika ada tugas murid yang hilang atau perlu direvisi dan diberi nilai, single view berfungsi menampilkannya.

Jadi, perkembangan tugas para murid bisa dilihat progresnya setiap saat. Saat sudah ada yang mengerjakan tugas, bisa langsung melakukan koreksi. Penilaian kemudian diberikan sesaat setelah koreksi dilakukan.

Sistem penilaian

Dalam pembelajaran daring via Google Classroom, pengajar mendapatkan akses untuk memberi penilaian serta evaluasi pada tugas yang dikumpulkan murid. Ada banyak sistem penilaian yang tersedia, antara lain total poin, penilaian kategori, dan tanpa penilaian. Murid dapat melihat nilai yang diberikan.

Semua proses sistem penilaian Google Classroom ini bersifat real time. Artinya, pengajar tidak perlu menunggu waktu memberikan nilai sesaat setelah tugas dikumpulkan. Murid juga tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui nilai akhir yang didapatkan dari pengumpulan tugas daring.

Transfer dan integrasi kelas

Fitur transfer kelas berfungsi memindahkan kepemilikan kelas pengajar kepada pengajar lainnya tanpa harus membuat kelas baru. Pengajar baru pun bisa melihat aktivitas yang sudah terjadi sebelum beralih kepemilikan. Sementara itu, fitur integrasi kelas digunakan untuk mengintegrasikan sumber materi dengan aplikasi lain di luar Google, misalnya Edcite, Code.org, Quizizz, dan sebagainya.

Google Formulir

Fitur ini digunakan untuk mengimpor skor kuis murid sehingga pengajar bisa memberikan penilaian secara real time. Selain itu, pengajar juga dapat mengimpor penilaian tersebut ke dalam kelas. Adanya fitur ini membuat tidak ada lagi istilah pengajar lupa memberi penilaian. Setiap ada tugas yang dikumpulkan murid, maka akan ada notifikasi.

Jika sudah dikoreksi dan dinilai, muncul tanda khusus. Kalau tidak ada tanda khusus ini berarti tugas belum diperiksa. Secara berkala, pengajar bisa mengecek tugas mana yang belum atau sudah diperiksa.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

Cara membuat Google Classroom

Common Sense Media

Berbagai fitur dan keunggulan Google Classroom membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Lantas, bagaimana cara membuat Google Classroom sebagai guru? Ada tiga tahapan yang perlu Sedulur lalui untuk menggunakan platform ini. Tahapan pertama adalah mendaftar dan membuat kelas. Kemudian, undang murid ke kelas dan buat kelas.

Cara membuat Google Classroom di HP dan laptop kurang lebih prosesnya sama. Adapun cara lengkapnya silakan cek di bawah ini.

Daftar dan buat kelas

Hal yang membuat Google Classroom makin menarik yaitu pengajar bisa membuat banyak kelas dalam satu akun. Nantinya setiap kelas akan memiliki kode khusus untuk dibagikan ke para murid. Sebelum masuk ke situs atau aplikasinya, pastikan Sedulur memiliki akun Gmail.

Bagi para guru, sebaiknya menggunakan Google Suite. Pasalnya, Google Suite akan mempermudah guru untuk mengatur kontak para murid. Setelah menyiapkan akun Gmail dan Google Suite, ikuti cara daftar dan buat kelas di Google Classroom berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke situs Google Classroom. Jika menggunakan HP, bisa instal terlebih dahulu aplikasinya, lalu buka.
  2. Pilih akun yang digunakan, klik lanjutkan.
  3. Klik ikon panah di sudut kanan atas layar. Pilih buat kelas untuk membuat kelas yang baru.
  4. Akan muncul kolom persetujuan membuat kelas baru. Centang pada kolom yang disediakan, klik lanjutkan.
  5. Masukkan informasi kelas seperti nama kelas, deskripsi singkat, mata pelajaran, serta ruangan. Jika sudah diisi, klik buat.
  6. Tunggu sampai proses pembuatan kelas selesai. Kelas baru akan muncul otomatis dan menampilkan kode yang bisa diakses untuk mengundang murid.

Undang murid ke kelas

Setelah kelas sudah selesai dibuat, saatnya mengundang murid ke kelas. Cara termudah mengundang murid yaitu dengan membagikan kode khusus yang sudah didapat saat pembuatan kelas. Setiap kelas memiliki kode khususnya masing-masing. Untuk melihat kode khusus di kelas baru, Sedulur bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi atau situs Google Classroom.
  2. Pilih kelas yang diinginkan, klik ikon pengaturan.
  3. Klik tampilkan kode kelas.
  4. Pilih salin kode link undangan.
  5. Terakhir, bagikan kode tersebut kepada murid agar bisa bergabung.

Opsi lain mengundang murid ke kelas adalah mengetik satu per satu alamat email murid. Akan tetapi, cara ini jelas akan memakan waktu dan kurang efisien. Namun, jika Sedulur ingin mencobanya, berikut langkah-langkah mengundang murid via email.

  1. Buka Google Classroom. Pilih kelas di mana akan mengundang murid.
  2. Pilih anggota. Pada kolom siswa pilih ikon undang siswa.
  3. Masukkan alamat email para murid. Ulangi langkah tersebut sampai semua murid diundang.
  4. Klik opsi undang.
  5. Daftar kelas akan diperbarui secara otomatis dan menampilkan murid yang telah diundang.
  6. Murid yang diundang dapat klik gabung pada email atau kartu kelas.

Buat tugas pertama

Ketika membuat tugas untuk murid, pengajar bisa langsung membagikan, menyimpan, atau menjadwalkannya untuk diunggah pada waktu lain. Jenis tugas yang dibuat bisa bermacam-macam sesuai kebutuhan. Misalnya, tugas esai, kuis, pilihan ganda, dan lainnya. Lalu, di halaman mana Anda dapat membuat tugas baru untuk siswa di Google Classroom? Simak tahapan ini.

  1. Masuk ke aplikasi atau situs Google Classroom, lalu pilih kelas.
  2. Klik tugas kelas.
  3. Pilih ikon tambahkan, klik tugas.
  4. Pilih jenis tugas yang diinginkan. Masukkan judul beserta petunjuk tugas.
  5. Sesuaikan pengaturan lainnya seperti tugas dibagikan untuk murid tertentu atau semua murid. Poin yang diberikan, tenggat waktu pengumpulan tugas, topik, dan rubrik untuk penilaian.
  6. Tambahkan lampiran tugas bila ada dengan klik ikon lampiran. Lampiran bisa berasal dari Google Drive, link, dokumen, maupun rekaman langsung dari video.
  7. Jika semua informasi sudah disertakan, klik tanda panah ke bawah di samping opsi tugaskan.
  8. Pilih jenis penerbitan tugas, akan menerbitkan dengan jadwal tertentu, menyimpan draf, atau menghapus draf.
  9. Jika sudah selesai, klik tugaskan. Jangan lupa membuat pengumuman kepada murid terkait tugas tersebut.

Itu dia ulasan lengkap mengenai Google Classroom. Mulai dari pengertian, keunggulan, fitur yang ditawarkan, hingga cara membuatnya. Semoga dapat membantu Sedulur melakukan pembelajaran daring di rumah. Cara membuat Google Classroom sangat mudah, ‘kan? Tidak ada lagi kendala untuk pembelajaran jarak jauh secara online. Apalagi, banyak fitur Google Classroom yang bisa dimanfaatkan bersama pengajar dan murid.

Jika Sedulur mengalami kendala, kenapa google classroom tidak bisa dibuka di laptop? Mungkin Sedulur mencoba login menggunakan akun yang salah. Pastikan akun email terhubung dengan Google Classroom. Layanan Google Classroom login bisa melalui akun sekolah, akun pribadi, dan akun workspace. Jangan lupa untuk memastikan koneksi internet stabil agar proses login dan akses Google Classroom berjalan lancar. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.