Google scholar, pernahkah kamu mendengar platform satu ini? Sesuai namanya, platform ini merupakan keluaran dari Google yang diciptakan untuk akademisi atau scholars. Akademisi yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari pelajar, dosen, mahasiswa, hingga ilmuwan. Kelompok inilah yang disokong oleh keberadaan Google Scholars.

Meski sangat berguna, namun platform dari Google ini tidak sepopuler produk Google lainnya seperti Gmail, Google drive, atau Google docs. Terlebih Google scholar Indonesia tak banyak diketahui oleh para akademisi dalam negeri. Padahal jika sudah mampu menggunakannya dengan baik akan sangat membantu bagi proses riset Sedulur akademisi.

BACA JUGA: Cara Membuat Google Form di Laptop & HP, Jelas & Mudah

Mengenal scholar google

Photo by Caio from Pexels

Seperti sudah disebutkan di atas, google scholar atau google cendekia adalah platform yang diciptakan untuk membantu akademisi. Bagaimana caranya? Tentu dengan memberikan akses bagi akademisi ke jurnal-jurnal ilmiah berkualitas. Jurnal ilmiah ini adalah hasil penelitian atau jurnal yang diterbitkan langsung oleh penelitinya. Terdapat ribuan jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang bisa Sedulur unduh secara gratis dari platform satu ini.

-->

Cara kerja platform ini sebenarnya hampir sama dengan mesin perancah website google. Akan tetapi, melalui google scholar hasil yang muncul nantinya hanyalah jurnal ilmiah. Meski ada banyak platform jurnal ilmiah lainnya di internet, platform dari Google ini jadi sangat menguntungkan karena Sedulur bisa membaca jurnal berkualitas secara gratis. Terutama bagi Sedulur yang memang sedang menyusun penelitian untuk berbagai kepentingan.

BACA JUGA: Ini Dia 8 Fungsi Tersembunyi Google Drive yang Harus Kamu Tau

Panduan google scholar login

Photo by Pixabay from Pexels

Untuk dapat mengoperasikan platform satu ini dan mengunduh google scholar jurnal, pertama-tama Sedulur perlu untuk membuat akun. Berikut cara yang dapat Sedulur tempuh.

  1. Siapkan akun email google yang aktif dan dapat Sedulur gunakan. Jika Sedulur terafiliasi dengan organisasi tertentu, gunakan email workspace organisasi yang terdaftar.
  2. Buka situs Google Scholar dan pada pojok kanan atas, klik tombol “akun saya”
  3. Isi data sesuai yang diminta. Jika sudah, Sedulur bisa klik tombol “make my profile public”
  4. Setelahnya, Sedulur akan dialihkan ke halaman profil. Di sini Sedulur perlu melengkapi data profil Sedulur dan simpan.

Setelah membuat akun di platform Google Cendekia, kini Sedulur tinggal mencari dalam kolom pencarian, keyword yang sedang dicari. Jika sudah menemukannya, Sedulur bisa membuka link yang tertuju dan mengunduh jurnalnya secara utuh tanpa dipungut biaya.

BACA JUGA: Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Latin & Arabnya

Keuntungan bagi mahasiswa

Google scholar
Photo by Fox from Pexels

Google scholar mahasiswa akan sangat membantu dalam proses pengerjaan skripsi. Coba Sedulur bayangkan, mahasiswa tak perlu lagi repot-repot mencari jurnal ilmiah di perpustakaan. Bahkan, Sedulur mahasiswa bisa mendapatkan jurnal dari berbagai negara yang dapat menunjang penlitian Sedulur.

Hal lain yang menjadi poin pertimbangan utama bagi Mahasiswa adalah kemudahan penggunaannya dan harganya yang sangat murah atau bahkan gratis. Dengan platform google cendekia ini, mengerjakan skripsi pun jadi makin mudah!

BACA JUGA: Memasak dengan Air Fryer, Belajar Hidup Sehat & Lebih Hemat?

Google scholar metric

Google scholar
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Dalam platform Google satu ini, terdapat fitur metric yang sangat berguna. Fitur ini disediakan oleh Google bagi para penulis jurnal untuk menganalisa besar pengaruh karyanya. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah sitasi yang didapatkan oleh karya tulis miliknya. Hampir sama seperti insights analytic media sosial ‘kan?

Google cendekia mungkin tak seberapa populer di masyarakat. Banyak yang tak tahu keberadaan platform satu ini. Akan tetapi manfaatnya sangat besar bagi akademisi dalam negeri jika dapat digunakan dengan baik.  Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur mengenal lebih jauh apa itu google scholars nc dan panduan penggunaannya.