cara membuat google form

Cara membuat google form sebenarnya sangat mudah dan bisa Sedulur praktikan sendiri tanpa harus meminta bantuan tim IT. Namun, Sedulur juga harus mengetahui mekanisme-mekanisme yang berlaku.

Google form biasanya dipakai oleh beberapa instansi untuk mendapatkan jawaban atau feedback dari peserta yang baru saja menjalani suatu acara. Tak hanya itu, salah satu fasilitas dari Google ini juga bisa untuk mengumpulkan jawaban atas survey yang dilakukan sesuai kebutuhan.

Nah, seperti apa langkah-langkah yang harus kamu lakukan dan bagaimana cara membuat google form yang mudah dan jelas? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA : 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

-->

1. Cara membuat google form dengan google drive

Cara Mudah dan Cepat Membuat Google Forms
suara

Google form biasanya dipakai mengumpulkan survei yang pertanyaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat google form ini. Namun, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun google yang dibuat gratis di google account. Yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka google drive, kemudian klik New pada bagian di sebelah kiri atas seperti gambar.
  • Langkah kedua yang wajib kamu lakukan adalah, setelah muncul beberapa pilihan layanan google, kemudian pilik “Google Forms” dan kamu sudah bisa membuat google form seseuai dengan keperluanmu.

BACA JUGA : Mengenal Simbol-Simbol Pada Flowchart, Jangan Asal Pakai

2. Cara membuat google form di hp

Cara Mudah dan Cepat Membuat Google Forms
99co

Mungkin  buat beberapa orang tidak ingin terlalu repot dalam membuat google form. Sehingga tidak ingin menggunakan perangkat seperti PC, laptop, atau sejenisnya. Sebenarnya hal tersebut juga tidak masalah. Perkembangan teknologi yang semakin maju, tentu pembuatan google form ini pun juga akan semakin mudah. Nah, salah satunya adalah menggunakan smartphone.

Dilansir dari laman dewaweb.com, ada setidaknya delapan langkah yang harus kamu lakukan dalam membuat google form menggunakan HP. Lantas apa saja, langkah-langkah tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Buka browser di HP kamu dan kunjungi laman Google Form di docs.google.com/forms
  • Isi judul dan deskripsi form sesuai dengan kebutuhan
  • Langkah ketiga tambahkan pertanyaan formulir dengan tap ikon (+) di bagian bawah layar
  • Pilihlah jenis form pertanyaan yang akan dibuat
  • Langkah kelima adalah opsi Required untuk pertanyaan yang wajib dijawab
  • Keenam kamu juga dapat mengunggah file berupa video dan gambar melalui opsi di bagian bawah layar
  • Setelah form selesai dibuat, kemudian klik tombol kirim di bagian atas layar
  • Bagikan formulir melalui email, salin tautan atau embed code sesuai kebutuhan HP

BACA JUGA : Ovarium Adalah Tempat Terjadinya Pembuahan, Simak Fungsinya

3. Cara membuat soal di google form

Cara Mudah dan Cepat Membuat Google Forms
kumparan

Google form sebenarnya bisa juga digunakan sebagai pembuatan soal-soal yang mendukung skripsi buat Sedulur yang masih kuliah. Atau mungkin buat kamu yang berprofesi sebagai pengajar. Keberadaan google form memang sangat memudahkan buat para guru untuk memberikan soal-soal kepada anak didiknya. Jadi seperti apa langkah-langkah dalam membuat soal di aplikasi yang satu ini? Bagaimana cara membuat soal di google form? Daripada bertanya-tanya,  berikut ulasannya untuk Sedulur

  • Masuk ke akun Google Sedulur
  • Buka docs.google.com/form
  • Di halaman Google Form, pada bagian “Membuat kuis baru” pilih “Kosong”
  • Pada bagian kanan atas, kemudian klik Setelan >Kuis> Jadikan ini sebagian kuis > Simpan
  • Berikan nama kuis
  • Tambahkan deskripsi dan header
  • Klik “Pertanyaan tanpa judul” lalu masukkann pertanyaan yang akan diajukan
  • Tentukan jawaban dengan klik “Kunci Jawaban)
  • Pilih atau ketik jawaban yang benar
  • Di samping pertanyaan, masukkan jumlah nilai untuk jawaban yang benar.
  • Klik “Edit pertanyaan” untuk kembali ke pertanyaan
  • Selesai, setiap perubahaan akan disimpan secara otomatis

4. Cara membuat absen di google form

kumparan

Setelah tadi membahas mengenai cara membuat google form untuk kepentingan pembuatan soal atau hanya sebatas survei kepuasan. Maka selanjutnya adalah cara membuat absen di google form. Absen menggunakan aplikasi google ini sebenarnya jauh lebih praktis tanpa harus menggunakan  cara manual yang terkesan kuno.

Absensi di google form biasanya dipakai beberapa instansi di pemerintahan atau bahkan sampai sekarang di instansi pendidikan. Absensi semacam ini diperlukan apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, banyak perusahaan masih menerapkan sistem Work From Home (WFH) atau bahkan sekolah daring. Nah, absensi dengan aplikasi google ini tentu sangat membantu sekali.

Mengenai cara membuat absensi di aplikasi google ini, tim Aplikasi Super akan memberikan penjelasan lengkapnya buat Sedulur

  • Langkah pertama adalah buka Google Form
  • Buat formulir baru dengan menekan klik pada opsi formulir kosong
  • Beri judul dan deskripsi formulir dengan mengeklik masing-masing kolom
  • Selanjutnya buat kolom nama siswa atau karyawan dengan mengeklik kolom di bawah kolom deskripsi. Isi sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Ubah opsi jawaban untuk menjadi berbentuk “Jawaban singkat” dan aktifkan fitur “Wajib diisi”
  • Buat kolom jadwal dengan menekan klik ikon “+”, kemudian buat sesuai kebutuhan
  • Buat kolom keterangan dengan menekan klik ikon “+”
  • Selanjutnya, tekan tombol klik kirim pada bagian kanan atas formulir untuk membuat link
  • Terakhir, klik pada “ikon link” yang terletak di tengah, kemudian klik “perpendek link” dan “salin link”. Maka selanjutnya link akan tersalin dan siap dibagikan kepada calon pengisi formulir.

BACA JUGA : Mengenal Kucing Kampung & Perbedaanya dengan Kucing Ras

5. Cara membuat google form gratis

liputan6

Keperluan google form memang sangat banyak. Mulai dari untuk keperluan survei, absensi, bahkan aplikasi yang satu ini bisa digunakan sebagai keperluan menjawab soal-soal di tingkat pendidikan dasar lho Sedulur. Dalam proses penerapannya, kamu bisa mengumpulkan beberapa email dari peserta yang sedang mengikuti acara entah itu webinar atau semacam diskusi bareng.

Namun, apabila kamu tidak ingin repot-repot, bisa menggunakan sebuah penilaian yang otomatis.  Nah sebenarnya sangat praktis bukan? Jadi, aplikasi pada google ini dinilai sangat efisien.

Manfaat google form

Setelah tadi membahas mengenai tata cara membuat google form gratis, maka selanjutnya adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan aplikasi google yang satu ini. Manfaat yang pertama tentu saja menjadi lebih efisien dalam mendukung pekerjaan, kedua sangat membantu mengurangi personil. Namun, untuk lebih jelasanya, bisa disimak penjelasan yang berhasil dihimpun Aplikasi Super dari laman Kompasiana.com

Efisiensi waktu

Pertama yang kamu akan rasakan dengan menggunakan aplikasi ini adalah, kamu akan lebih efisien dalam bekerja.  Sebagai contoh dalam pengumpulan formulir data anggota (manual) suatu organisasi atau lembaga tingkat kabupaten atau kota.

Efisiensi tenaga dan personil

Manfaat kedua yang bisa kamu dapatkan adalah, efisiensi tenaga atau profesional. Tentunya pemanfaatan google form akan mengurangi tenaga kerja dari manusia. Kita hanya membutuhkan personil untuk memastikan semua anggota organisasi/lembaga tersebut sudah mengisi formulir online berbasir Google Form.

Efisiensi biaya

Salah satu manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan aplikasi yang satu ini adalah tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Namun hanya membutuhkan paket internet yang mencukupi dan memadahi. Dan yang paling penting tidak dibatasi oleh waktu dan tempat.

Rekap data secara otomatis

Selanjutnya manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan google form ini adalah dapat melakukan rekapan secara otomatis. Bahkan tidak hanya itu, semua data-data akan tersusun secara rapi lho Sedulur. Sehingga tentu sangat memudahkan operator utama dalam merekap dan menyusun data dari para anggota.

Demikian ulasan mengenai cara membuat google form gratis dan keperluan apa saja yang bisa dipakai dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. Semoga membantu Sedulur dalam menyelesaian pekerjaan di kantor atau rumah ya.