Bisnis waralaba frozen food belakangan ini sedang ramai dilakukan, yuk simak tips untuk memulainya.

Menjalankan bisnis waralaba frozen food sangat menjanjikan, mengingat saat ini banyaknya masyarakat yang membeli frozen food dan telah mengenal manfaat dari frozen food, membuat frozen food sedang sangat diminati.

Hal tersebut menunjukan bahwa menjalankan waralaba frozen food sangat menjanjikan. Beberapa produsen frozen food juga menawarkan kerjasama, seperti contohnya waralaba frozen food fiesta. Seperti yang Sedulur ketahui, bahwa fiesta salah satu produsen makanan beku terbesar di Indonesia.

Artikel kali ini akan membahas cara memulai waralaba frozen food, mulai dari cara memilih waralaba frozen food, termasuk juga bagaimana langkah awal yang harus dilakukan dalam cara memulai waralaba frozen food. Yuk mari, langsung saja kita simak tips memulai waralaba frozen food yang bisa Sedulur lakukan.

Baca Juga: Kini Bisa Belanja Frozen Food dengan Mudah dan Murah di Aplikasi Super

Daftar Cara Memulai Waralaba Frozen Food Bagi Pemula

1. Pelajari Sistem Kemitraan atau Waralaba Frozen Food

Pelajari Sistem Kemitraan atau Waralaba Frozen Food

Mempelajari sistem kemitraan dari setiap produsen frozen food adalah tips memulai waralaba frozen food yang pertama harus kita pahami. Biasanya setiap perusahaan memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda-beda. Salah satu yang paling penting adalah peraturan yang berkaitan dengan harga jual.

Jangan sampai Sedulur tidak mempelajari sistem kemitraan dan kerjasama berkaitan dengan waralaba frozen food satu ini, karena hal tersebut akan mempengaruhi bisnis makanan beku yang Sedulur geluti ke depannya.

2. Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Dalam tips memulai usaha waralaba frozen food, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan jenis makanan beku yang akan dijual. Karena jenis makanan beku yang Sedulur jual akan turut mempengaruhi citra dan identitas dari waralaba frozen food yang dijalani.

Apalagi jika bisnis frozen food Sedulur sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan karena terbukti memiliki kualitas makanan beku yang baik. Dengan menentukan jenis frozen food yang akan dijual, akan membuat Sedulur dapat fokus dalam memperhatikan kualitas barang dagang.

Jika terlalu banyak jenis frozen food yang dijual, Sedulur dalam masa awal menjalankan bisnis frozen food akan kesulitan untuk mengetahui makanan beku mana yang memiliki kualitas baik. Kualitas dari frozen food yang dijual akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis yang dijalankan.

3. Memperhitungkan Modal Awal

Memperhitungkan Modal Awal

Setiap bisnis harus memiliki perhitungan modal yang tepat. Berapa modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan frozen food awal yang akan dijual. Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis frozen food, dan berapa jumlah modal untuk membelinya? Hal tersebut harus dipikirkan dengan tepat, adar waralaba frozen food yang dijalankan lancar.

Belum lagi modal awal untuk biaya operasional bisnis. Seperti biaya toko, biaya listrik dan segala sesuatunya dalam menjalankan bisnis. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan jika melakukan kerjasama dengan beberapa pihak.

Modal awal dalam menjalankan bisnis, ibarat sebuah pondasi dalam bangunan. Bisnis akan berjalan dengan perhitungan modal yang memadai, termasuk juga dalam menjalankan bisnis frozen food.

4. Siapkan Peralatan Penunjang

Siapkan Peralatan Penunjang

Saat menghitung modal, sekaligus juga harus membuat kategorisasi peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Seperti peralatan primer hingga sekunder. Jangan melupakan juga mempersiapkan peralatan yang memiliki sifat mendesak. Fokuskan sebagian anggaran modal untuk membelanjakan peralatan.

Dalam konteks menjalankan bisnis frozen food, peralatan utama yang dibutuhkan seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku. Seperti yang Sedulur ketahui, mesin pendingin memiliki harga yang mahal, tidak usah ragu untuk membeli peralatan, bisa dibilang berinvestasi pada sebuah barang.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Frozen Food Terbaik dan Sehat Terbaru 2020

5. Metode Pengemasan yang Baik

Metode Pengemasan yang Baik

Tips menjalankan waralaba frozen food selanjutnya adalah harus memiliki motode pengemasan yang baik. Pengemasan yang rapi dan baik sesuai prosedur akan mempengaruhi kualitas frozen food itu sendiri.

Maka dari itu, pilih untuk menggunakan plastik khusus dengan kualitas terbaik yang diperuntukan khusus bagi makanan beku. Plastik pembungkus khusus frozen food biasanya tidak memiliki pori sehingga makanan bisa tahan lebih lama.

Frozen food juga perlu disedot udara saat dikemas untuk mengeliminasi bakteri di dalam ruang penyimpanan makanan beku dalam plastik, agar makanan beku tidak mudah membusuk. Jangan lupa untuk memberi label pada kemasan, serta keterangan kadaluarsa produk.

6. Kantongi Izin Edar Resmi

Kantongi Izin Edar Resmi

Bisnis waralaba frozen food merupakan bisnis yang menjual produk makanan, maka sudah dapat dipastikan Sedulur harus mengantongi izin edar secara resmi. Untuk mendapatkan hal tersebut Sedulur harus mengikuti regulasi yang dapat menjamin bahwa produk yang dijual oleh Sedulur aman.

Maka dari itu, pastikan Sedulur telah memiliki izin edar resmi untuk produk makanan beku yang akan dijual. Dengan begitu, Sedulur akan mendapatkan kepercayaan konsumen perihal produk frozen food yang Sedulur jual.

7. Memiliki Komitmen

Memiliki Komitmen

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis waralaba frozen food, komitmen dalam diri harus dibentuk sedisiplin mungkin. Komitmen perlu ditanam dan memiliki perasaan disiplin yang kuat dalam diri juga sangat wajib untuk ditaati. Karena menjadi distributor dan menjalankan bisnis penuh dengan tekanan

JIka tidak memiliki komitmen yang kuat serta disiplin yang cukup dalam menjalankan bisnis, jangan berharap banyak untuk mendapatkan kesuksesan.Terutama ketika menjadi distributor frozen food, walaupun sedang tinggi peluangnya, namun suatu waktu kondisi bisa berubah.

Jika mental kedisiplinan dan komitmen yang tinggi sudah dirasa cukup kuat dikantongi, apapun badai yang menghadang di tengah proses menjadi seorang pengusaha dan distributor frozen food, akan dihadapi dengan kepala tegak dan dada membusung.

8. Melakukan Riset Bisnis

Melakukan Riset Bisnis

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan riset produk. Hal ini juga dapat memudahkan Sedulur untuk menentukan produk makanan beku apa saja yang akan dijual. Lakukan riset produk frozen food dan tentukan jenis makanan beku apa yang akan dijual.

Menentukan produk frozen food yang akan dijual akan mempengaruhi perkembangan bisnis frozen food yang dijalankan, karena fokus pada jenis frozen food akan menjadi daya jual tersendiri.

Jika terlalu banyak jenis frozen food yang dijual, Sedulur dalam masa awal menjalankan bisnis frozen food akan kesulitan untuk mengetahui makanan beku mana yang memiliki kualitas baik. Kualitas dari frozen food yang dijual akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis yang dijalankan.

Selanjutnya adalah meriset siapa pasar dari usaha distributor frozen food. Jika Sedulur sudah memiliki beberapa toko sembako atau warung yang siap bekerjasama, pertahankan komunikasi dengan dengan pemiliknya. Karena mereka merupakan mitra penting agar tersalurkannya usaha yang kita jalankan.

9. Memahami dan Membaca Peluang Frozen Food sebagai Sebuah Bisnis

Memahami dan Membaca Peluang Frozen Food sebagai Sebuah Bisnis

Makanan beku merupakan makanan yang praktis dan tahan lama. Dua unsur tersebut merupakan unsur penting yang menunjukan sebuah usaha memiliki peluang tinggi. Terutama ditambah kondisi pandemi saat ini yang sangat membatasi pergerakan sosial.

Memiliki stok makanan beku yang tahan lama merupakan hal penting yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Dari penjelasan tersebut menunjukan seberapa menjanjikannya bisnis makanan beku untuk dijalankan.

Sebagaimana yang telah disinggung pada awal penjelasan, bahwa saat ini masyarakat sangat tertarik terhadap makanan beku, selain praktis, harga murah dan rasa yang lezat sangat mendukung frozen food untuk diminati oleh masyarakat.

Hal ini akan semakin kuat jika Sedulur telah memiliki spesialisasi produk dan jenis frozen food yang dijual. Jika Sedulur berhasil fokus dalam menjual salah satu jenis frozen food, Sedulur dapat memiliki spesialisasi khusus dalam produk makanan beku. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi bisnis frozen food yang Sedulur jalankan.

Dengan fokus dalam menjual produk secara bertahap, secara perlahan Sedulur akan mengetahui kualitas yang dijual. Standar kualitas yang tinggi, juga akan memberikan kepercayaan bagi pelanggan Sedulur untuk selalu setia membeli makanan beku di toko Sedulur.

Selain itu juga memahami cara untuk memasarkan makanan beku secara online juga akan sangat membantu Sedulur untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Media sosial juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan perluasan bisnis sehingga produk frozen food Sedulur bisa semakin dikenali oleh pasar.

10. Gunakan Aplikasi Super untuk Menjalankan Bisnis Frozen Food

Gunakan Aplikasi Super untuk Menjalankan Bisnis Frozen Food

Bagi Sedulur yang menjalankan bisnis frozen food di Surabaya, menggunakan Aplikasi Super merupakan pilihan tepat. Karena Aplikasi Super memberikan berbagai keuntungan dan program pembinaan untuk setiap pelaku bisnis sembako, salah satunya bisnis makanan beku.

Ditambah lagi saat ini Aplikasi Super telah menyediakan makanan beku sebagai salah satu produk unggulan yang dijual di Aplikasi Super, dengan harga murah dan kualitas terjamin, Sedulur bisa membeli stok barang dagang di Aplikasi Super.

Aplikasi Super juga memiliki fitur yang sangat memudahkan para Sedulur Super untuk belanja sembako. Aplikasi Super membuat beberapa kategori sembako yang bisa dikulak oleh Sedulur Super. Dari mulai sayuran, buah-buahan, minyak dan makanan beku.

Banyak bonus dan keuntungan yang bisa Sedulur Super dapatkan dan nikmati dengan belanja menggunakan Aplikasi Super. Keuntungan pertama, harga barang dan sembako yang dijamin murah oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super memberikan harga yang murah dibanding belanja sembako di tempat lain. Hal ini memungkinkan Sedulur Super untuk mendapatkan untung super melimpah.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Di era digital seperti saat ini, berdagang secara online dan memanfaatkan media digital adalah pilihan yang tepat. Sedulur dapat memberikan informasi dan mengedukasi konsumen terkait produk-produk dari bisnis frozen food yang Sedulur jalankan.

Jangan sampai Sedulur sebagai pengusaha mengabaikan kesempatan emas untuk mengembangkan usaha yang terdapat di Aplikasi Super. Menjalankan sebuah bisnis merupakan dambaan bagi sebagian orang, dan memiliki bisnis yang sukses dan berkembang adalah dambaan bagi setiap pengusaha. Jangan ragu untuk menggunakan Aplikasi Super demi kebaikan bisnis Sedulur.

Klik di sini untuk mengenal lebih jauh tentang Aplikasi Super. Bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super, segera download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.