Usaha online kecil kecilan

Kunci dari keberhasilan dan kesuksesan pada setiap orang selain berdoa adalah berusaha. Seseorang akan mampu untuk mencapai keinginan dan impiannya untuk berpenghasilan besar dengan cara bekerja dan berusaha. Ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan usaha online kecil kecilan.

Di masa sekarang ini, bisnis online adalah salah satu mata pencaharian yang banyak diminati. Selain bisa dikerjakan di rumah, modal yang diperlukan juga bisa seminimal mungkin. Tak main main, target pasar yang diperoleh juga luas dan melebihi jangkauan. Sedulur ingin memulai untuk berbisnis online namun bingung bisnis apa yang cocok? Simak rangkumannya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Usaha Cuci Motor, Modal Kecil tapi Menguntungkan di Tengah Pandemi

1. Jasa desain dan pembuatan web

Usaha online kecil kecilan
pexels

Apakah Sedulur memiliki kemampuan untuk desain? Manfaatkan peluang tersebut karena di era sekarang pasti banyak perusahaan atau pihak yang butuh jasa desain grafis atau pembuatan web. Jika Sedulur masih pemula, latih terus kemampuan dan skill agar bisa dijadikan sebagai portofolio dan bisa juga untuk meningkatkan kualitas yang ada pada diri.

-->

Seorang desainer profesional memiliki gaji yang lumayan banyak dan jangan dianggap sepele, lho. Usaha online kecil-kecilan ini bisa Sedulur dapatkan dengan mencari lowongan freelance untuk jasa desain grafis. Hal ini untuk menambah jam terbang Sedulur, sehingga akan berkembangnya kemampuan serta skill.

Memiliki sebuah web dengan desain bagus sangat penting untuk dipikirkan oleh perusahaan ataupun institusi untuk membuat branding. Jadi, bisnis ini dianggap cukup potensial dan juga bisa dikerjakan saat sedang senggang. Maka dari itu, Sedulur bisa memilih bisnis ini sebagai bisnis sampingan. Ada beberapa situs proyek yang bisa Sedulur manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dan juga jam terbang yang tinggi di antaranya adalah sribu.com, fifer.com, dan masih banyak lagi.

Cobalah untuk membuka website atau situs pribadi setelah mendapatkan cukup portofolio agar terlihat lebih profesional dan bisa berkembang dengan pesat. Untuk pemula, usahakan untuk jangan memilih-milih proyek dahulu, ya. Latih skill kalian dulu dengan cara mengambil proyek kecil untuk bisa mengisi portofolio.

2. Berjualan pulsa serta topup uang elektronik

Usaha online kecil kecilan
pexels

Berjualan pulsa dan top up uang elektronik adalah salah satu ide bisnis online untuk pemula yang patut untuk Sedulur coba. Usaha online kecil kecilan ini selain bisa dilakukan di rumah saja, keuntungan yang didapatkan juga banyak. Selain berjualan pulsa, ada baiknya untuk menambahkan fitur lain seperti bisa top up uang elektronik Shopeepay, OVO, Dana, dan Gopay agar menjadi lebih lengkap dan orang pasti akan lebih banyak berdatangan.

Selain bisa menambahkan topup elektronik, tambahkan pula beberapa layanan lain seperti pembayaran iuran, listrik, dan yang lainnya. Memang, untuk pertama kali membuka bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun, akan mudah untuk balik modal karena bisnis ini sangat laris manis.

BACA JUGA: 20+ Peluang Usaha Rumahan & Online Paling Menjanjikan 2022

3. Membuka kursus online

Usaha online kecil kecilan
pexels

Salah satu bisnis online rumahan yang bisa dilakukan dimana saja selanjutnya adalah dengan membuka kursus daring. Zaman sekarang sudah serba online. Banyak orang yang memiliki waktu terbatas dan membuatnya tidak sempat untuk mengikuti kelas kursus. Internet bisa diandalkan dalam kasus yang seperti ini. Menjadi tutor online bisa menjadi bisnis yang menggiurkan untuk Sedulur yang menyukai pelajaran dan juga memiliki skill dalam mengajar. 

Kursus secara online adalah sebuah solusi bagi seseorang yang ingin belajar tapi tanpa harus bertatap muka. Sedulur dapat memanfaatkan platform media sosial yang mendukung adanya kursus online ini sekaligus menjadi wadah untuk promosi. Metode kursus online dapat dilakukan dengan berbagai cara di antaranya adalah dengan menggunakan video call, chat lewat aplikasi, ataupun bisa melalui Zoom dan ebook. 

4. Menjual foto lewat internet

Usaha online kecil kecilan
pexels

Usaha online kecil kecilan namun memiliki untung yang fantastis selanjutnya adalah berjualan foto lewat platform internet. Jika Sedulur memiliki hobi jeprat jepret dan hasil yang diberikan bagus, cobalah untuk menjual fotonya di internet.

Bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis online modal kecil untuk pelajar maupun dewasa. Usia bukan menjadi masalah. Yang terpenting adalah bagaimana Sedulur bisa paham dengan teknik dalam memotret serta keahlian untuk mengedit foto. 

Foto yang diambil oleh Sedulur sangat bervariatif dan tentunya bisa dilakukan di rumah ataupun lingkungan yang mendukung. Jika hasil fotonya bagus serta cocok, maka harganya pun bisa tinggi. Jangan lupa untuk menyiapkan koneksi internet untuk mengunggahnya di internet. Ada berbagai macam situs yang bisa Sedulur gunakan untuk menjual hasil jepretan tersebut di antaranya adalah pexel.com, pixabay.com, shutterstock.com, dan berbagai situs lainnya.

BACA JUGA: Peluang Bisnis di Balik Belatung, Potensi Hasil Jutaan Rupiah!

5. Translator atau jasa penerjemah

Usaha online kecil kecilan
pexels

Selain menjual foto, menjadi translator atau jasa penerjemah adalah salah satu pilihan usaha online kecil-kecilan yang bisa Sedulur coba. Jika Sedulur menyukai dan memiliki skill di bidang bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Perancis, dan lain sebagainya–manfaatkan peluang tersebut sebagai ladang bisnis.

Di masa sekarang ini, banyak perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan asing. Tentunya, akan ada banyak dokumen dalam bahasa asing yang perlu diterjemahkan. Maka dari itu, manfaatkan peluang tersebut untuk menjadi penerjemah full time karena tidak banyak perusahaan yang memilikinya.

Langkah yang harus dilakukan untuk seorang penerjemah pemula adalah dengan mencari proyek kecil terlebih dahulu melalui internet. Selain itu, Sedulur juga bisa menawarkan jasa kepada orang terdekat untuk menambah portofolio. Semakin banyak portofolio yang terkumpul, maka akan semakin terbuka lebar peluang untuk menjadi seorang penerjemah profesional.

Untuk memulainya, Sedulur bisa mencari lowongannya di beberapa situs seperti fliver.com, sribulancer.com, ataupun onehourtranslation.com. Selain situs tersebut, manfaatkan juga platform media sosial seperti instagram dan twitter untuk mempromosikan jasa dan bergabunglah di beberapa forum online agar bisa mendapatkan banyak customer.

6. Jasa manajemen iklan digital atau digital marketing

Usaha online kecil kecilan
pexels

Usaha online kecil kecilan yang bisa Sedulur coba berikutnya adalah dengan membuka jasa manajemen iklan digital atau digital marketing. Pertumbuhan yang sangat pesat dialami oleh iklan digital online dan disebut mampu mengalahkan iklan di media majalah, koran, sampai televisi.

Perusahaan yang kurang paham tentang strategi manajemen iklan secara digital akan mencari jasa yang bisa mereka dapatkan untuk branding perusahaan. Maka dari itu, untuk Sedulur yang memiliki beberapa keahlian seperti copywriting, budgeting, pengumpulan target market, ataupun jasa desain grafis, cobalah untuk membuka jasa digital marketing. Dapatkan customer dengan mencari lowongan bisnis online melalui media sosial ataupun mesin pencarian. 

BACA JUGA: 12 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Untung Besar, Patut Dicoba!

7. Jasa social media marketing

pexels

Selain membuat manajemen iklan digital marketing, jasa sosial media marketing juga banyak diminati oleh berbagai perusahaan untuk mempercepat brand awareness. Perusahaan akan melakukan promosi secara masif dan pastinya membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk mencapai brand awareness tersebut. Bisnis ini termasuk join usaha tanpa modal karena lebih memfokuskan pada skill atau kemampuan dalam diri seseorang.

Fungsi dari social media marketing adalah untuk mendapatkan target pasar sebanyak mungkin, hampir sama dengan jasa SEO (Search Engine Optimization). Contoh pekerjaan dari jasa ini adalah membuat konten digital, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness dalam suatu perusahaan, menyebarkan konten digital dan juga pengumpulan data target pasaran.

8. Menjadi penulis online

pexels

Usaha online kecil kecilan yang bisa dicoba lainnya adalah dengan menjadi penulis online atau biasa disebut sebagai content writer. Jika diperhatikan, suatu perusahaan yang memiliki media yang besar bisa mengupdate konten mereka sampai puluhan konten dalam satu hari saja. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut memiliki banyak penulis online.

Sedulur yang memiliki kemampuan di bidang penulisan bisa mencoba peluang ini dengan mencari lowongan penulis di berbagai platform. Pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan merupakan usaha online di desa maupun di perkotaan.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya Untuk Bisnis

9. Membuka toko online

pexels

Banyaknya platform sebagai wadah dalam usaha toko online menjadikan salah satu usaha online kecil kecilan ini bisa dikatakan gampang untuk memulainya. Ada banyak platform yang mendukung kemudahan membuat toko online dan juga pekerjaan yang dilakukan cukup gampang tanpa perlu belajar seperti membuat website

Dengan adanya pandemi COVID-19, masyarakat menjadi cenderung untuk memilih belanja online ketimbang dengan belanja offline karena bisa menyebabkan kerumunan. Maka dari itu, bisa dikatakan suatu usaha online shop terlaris karena kecenderungan masyarakat ini.

Selain menggunakan platform media sosial, Sedulur bisa mempromosikannya melalui forum, menggunakan Google Ads, ataupun bisa menggunakan blog. Pasang foto semenarik mungkin dalam produk yang dijual dan dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa rekomendasi usaha online kecil kecilan mulai dari bisnis online shop sampai usaha yang bergerak di bidang jasa dengan modal yang kecil. Selain menjanjikan di masa sekarang, Sedulur juga bisa mengerjakannya di rumah dan tidak perlu ribet. Sekarang kamu semakin percaya diri dong untuk membuka usaha online

Bagi Sedulur yang ingin membuka usaha online kecil kecilan dengan cara membuat online shop, daftar saja menjadi Super Agen di Aplikasi Super. Selain untungnya banyak, kamu juga bisa mengerjakannya di rumah saja. Yuk, di unduh! Sementara itu, buat Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen, sebuah jaringan reseller yang menjual sembako, bisa cek di sini sekarang juga ya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan antara lain untung melimpah dan waktu kerja yang fleksibel!