Bisnis cuci motor bisa dibilang menjadi usaha yang tak akan pernah ketinggalan zaman. Usaha yang satu ini, memiliki profit yang cukup menjanjikan. Bagi yang baru memulai usaha ini dengan skala kecil, tidak perlu banyak modal yang dikeluarkan.

Paling tidak, Sedulur memiliki tempat strategis, alat untuk mencuci motor, hingga shampo motor. Kira-kira apa saja sih yang harus Sedulur ketahui sebelum membangun bisnis di bidang ini? Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA : Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya Untuk Bisnis

1. Cuci motor

Modal Tak Besar, Peluang Usaha Cuci Motor dan Mobil
wahanamotor

Pandemi Covid-19 tenyata telah berdampak pada segala bidang salah satunya adalah ekonomi. Banyak orang mengalami PHK atau pemutusan hubungan kerja sehingga pengangguran pun merajalela. Alhasil, banyak perusahaan sudah gulung tikar karena tidak sanggup membiayai karyawan.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk menyambung hidup. Selama pandemi, banyak usaha mulai bermunculan salah satunya usaha di bidang pencucian motor. Usaha ini cukup menjanjikan karena berkaitan dengan mobilitas masyarakat yang selalu bepergian menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil.

Terkait tempat cuci motor terdekat biasanya selalu identik dengan mobilitas kendaraan umum seperti motor atau mobil. Sebab, pada lokasi tersebut,  seorang pengusaha cuci motor bisa meraup omzet ratusan ribu hingga puluhan juta.

Mengutip dari laman Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Gaikindo.or.id menuliskan tahun 2019, jumlah kendaraan di Indonesia naik bertambah dengan total 133.617.012 unit atau sama dengan meningkat 5,3 persen. 

Sehingga sangat menguntungkan sekali bagi mereka yang sedang memulai bisnis di bidang cuci kendaraan seperti motor atau mobil. Sebelum benar-benar menggeluti usaha ini, ada baiknya Sedulur wajib mengetahui apa aja yang harus ada dalam usaha ini.

BACA JUGA : Franchise: Bisnis Terlaris 2021, Bagaimana Skema & Cara Kelolanya

2. Persiapan membuka usaha cuci motor

Modal Tak Besar, Peluang Usaha Cuci Motor dan Mobil
kompas

Hal yang paling utama sebelum membuka usaha ini adalah pastikan Sedulur memiliki modal yang cukup. Tidak perlu banyak-banyak untuk memulai usaha ini. Cukup menyiapkan modal awal sebesar  Rp 7,5 juta – Rp 8,5 juta, belum termasuk biaya tempat. Sementara itu jika Sedulur sudah memiliki lahan yang cukup, maka besarnya modal tentu banyak berpengaruh secara signifikan.

Bagi Sedulur yang sudah memiliki tempat, maka cukup dengan modal Rp 3 juta sudah mendapatkan berbagai perelengkapan dalam usaha ini. Rinciannya adalah Rp 1,6 juta untuk membeli kompresor bensin, lalu drum air 60 liter seharga Rp 150 ribu, selang dan nozle seharga Rp 200 ribu. Selanjutnya alat dalam pencucian motor seperti chamois, ember, kuas, sikat masing-masing dua seharga Rp 500 ribu.

BACA JUGA: 20+ Peluang Usaha Rumahan & Online Paling Menjanjikan 2022

Persiapkan juga nama yang bagus untuk usaha cuci motor, supaya bisa menarik para pelanggan dan terkesan dengan cara pelayanan usaha cucian dari Sedulur. Meski terlihat sepele, namun hal ini sangat berpengaruh dalam pemasukan yang didapat Sedulur dalam membuka usaha cucian motor atau mobil.

Selanjutnya, Sedulur wajib membeli atau menyiapkan sabun cuci motor yang bagus. Hal ini perlu, karena pelanggan adalah raja, maka jangan sampai Sedulur menggunakan sabun cuci yang bisa merusak kendaraan pelanggan. Agar usaha Sedulur bisa bertahan dan tidak ditinggal pelanggan. Jadi pastikan siapkan sabun cuci motor yang tidak merusak cat.

Terakhir pastikan usaha Sedulur menjadi salah satu rujukan para pelanggan atau pengguna motor untuk mencuci motor mereka. Yaitu lokasi harus strategis dan menjadi tempat cuci motor terdekat.

Nah, demikian tadi ulasan mengenai usaha cuci motor yang menjanjikan di masa pandemi. Usaha ini sangat cocok buat Sedulur yang tidak terlalu memikirkan modal yang besar lho.

Jika sedang sibuk merintis usaha cuci motor, urusan membeli bahan-bahan kebutuhan pokok serahkan saja pada Aplikasi Super. Sedulur tinggal unduh aplikasinya di sini, lalu pilih kebutuhan pokok apa yang mau dibeli, masukkan keranjang, lakukan pembayaran, lalu tinggal menunggu pesanan diantar ke rumah. Praktis bukan?

Sementara itu, buat Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen, sebuah jaringan reseller yang menjual sembako, bisa cek di sini sekarang juga ya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan antara lain untung melimpah dan waktu kerja yang fleksibel!