peralatan saat membuka bengkel bubut

Bengkel bubut merupakan salah satu bengkel yang cukup penting di Indonesia. Hal ini lantaran tingginya mobilitas kendaraan seperti mobil hingga bus untuk transportasi masyarakat. Jadi tak heran jika bisnis dalam bidang ini cukup laris manis. Namun, agar bisa sukses, tentu persiapan peralatan saat membuka bengkel bubut perlu dilakukan dengan matang.

Jika Sedulur merupakan lulusan jurusan teknik dan ingin membuka usaha bengkel bubut, maka tidak boleh melewatkan artikel kali ini. Kami akan menjelaskan secara rinci apa saja peralatan saat membuka bengkel bubut sehingga Sedulur tidak salah beli.

BACA JUGA: Rincian Lengkap Biaya Modal Buka Bengkel Mobil di 2023

Tips Membuka Bengkel Bubut

Gleen Lucas

Bengkel bubut bisa jadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Bahkan, bisnis ini bisa menjadi usaha sampingan jika Sedulur masih bekerja sebagai seorang karyawan. Berikut ini beberapa tips membuka bengkel bubut agar sukses.

1. Siapkan mental

Apa yang harus Sedulur siapkan pertama kali sebelum memulai usaha bengkel bubut? Mental adalah jawabannya. Usaha bengkel mesin bubut bisa dikatakan merupakan bidang yang spesial dan konsumennya terbatas meskipun banyak dibutuhkan.

Pertanyaannya, apakah Sedulur akan merintis usaha tersebut sambil menjalani pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan orang lain atau sepenuhnya menjadi wirausaha. Jelas kedua pilihan tersebut membutuhkan mental yang berbeda.

Kalau menjalani usaha sambil tetap bekerja di perusahaan lain apakah secara waktu dan tenaga Sedulur sanggup meskipun dari hasil gaji bisa dijadikan modal. 

2. Lengkapi peralatan

Setelah merasa siap secara mental saatnya Sedulur mempertimbangkan dan memperhitungkan modal usaha. Banyak atau sedikitnya modal tergantung dari kebutuhan dan kondisi Sedulur sendiri. Selain modal materi Sedulur juga harus menyiapkan modal peralatan bengkel.

Untuk membuka bengkel bubut minimal Sedulur memiliki beberapa peralatan seperti

  • Gerinda tangan (angle grinder) Rp300 ribu.
  • Gerinda bangku (bench grinder) Rp375 ribu.
  • Gergaji tangan Rp80 ribu.
  • Gergaji mesin Rp400 ribu.
  • Bor tangan Rp780 ribu.
  • Snei dan hand tap Rp180 ribu.
  • Catok Rp1 juta.
  • Inverter las Rp500 ribu.
  • Alat ukur Rp200 ribu.
  • Mesin bubut Rp13 juta.

Dengan berbagai peralatan tersebut, kisaran modal yang Sedulur butuhkan adalah sebesar Rp. 17.065.000.000. Besarnya modal ini bisa lebih besar atau lebih sedikit tergantung harga peralatan yang Sedulur beli.

3. Pilih tempat

Selanjutnya cari dan siapkan tempat yang akan digunakan untuk membuka bengkel bubut tersebut. Kalau modal dana terbatas bisa membuka usaha bengkel di rumah saja dulu sambil melihat-lihat lokasi lain yang lebih strategis dan bagus. Tentunya sambil mengumpulkan dana untuk menyewa tempat tersebut.

4. Cari tahu konsumen

Tidak disarankan membuka usaha bengkel tanpa mempertimbangkan siapa target pasar Sedulur nantinya. Siapa konsumen Sedulur nantinya berhubungan dengan jenis mesin yang harus dipersiapkan.

Sebagai contoh kalau Sedulur memang membidik konsumen pabrik-pabrik yang ada di kota Sedulur maka otomatis harus tahu dulu apa kebutuhan mereka. Selanjutnya siapkan jenis mesin yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut.

5. Kembangkan bisnis dengan proyek

Jangan buru-buru membeli mesin baru karena harganya cukup mahal. Gunakan saja dulu mesin dan peralatan yang sudah Sedulur miliki atau Sedulur bisa membeli yang bekas tapi masih bagus. Setelah itu gunakan untuk mencari proyek pekerjaan untuk mendapatkan uang agar bisa membeli mesin bubut baru.

BACA JUGA: 23 Peluang Ide Bisnis Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Peralatan Wajib Bengkel Bubut

peralatan saat membuka bengkel bubut
Kursus Korter

Setelah mengetahui bagaimana tips membuka bengkel, berikut ini deretan peralatan saat membuka bengkel bubut yang wajib Sedulur miliki.

1. Bor tangan

Bor tangan menjadi alat yang sangat penting dalam bengkel bubu. Apalagi bor sekarang bisa dimodifikasi menggunakan cordless sehingga membuat pekerjaan jadi semakin fleksibel saat menggapai area sulit. Salah satu fungsi bor yang penting dalam proses bubut adalah untuk perbaikan drat atau recoil ketika reaming lubang amplas.

2. Gerinda

Peralatan saat membuka bengkel bubut yang tidak boleh terlewat selanjutnya adalah gerinda atau grinder. Sedulur bisa melakukan pemotongan, penghalusan atau menyikat permukaan benda yang berbahan besi atau baja dengan alat ini.

Apalagi perkembangan teknologi membuat gerinda semakin fungsional. Sedulur bisa menggunakan gerinda dengan menambahkan sabuk amplas atau gergaji sesuai dengan kebutuhan.

3. Ragum anvil vise

Alat wajib yang diperlukan dalam bisnis bengkel bubut selanjutnya adalah ragum anvil vise. Alat ini digunakan untuk mencengkram benda kerja yang Sedulur ingin bubut. Tak hanya itu saja. Alat ini bisa memotong besi, melepas baut yang keras, hingga mengikir.

4. Obeng

Dalam urusan bengkel, tentu obeng jadi alat yang tidak boleh dilewatkan. Sedulur pasti perlu melakukan pengaturan dan penyetelan alat-alat dengan menggunakan obeng. Untuk itu, Sedulur bisa membeli beberapa jenis obeng atau beberapa set yang cocok untuk bisnis bubut.

5. Kunci pas

Sama seperti obeng, peralatan saat membuka bengkel bubut yang tidak boleh dilewatkan adalah kunci pas atau spanner set. Alat ini bisa digunakan untuk membuka berbagai macam jenis mur baut yang ada pada sepeda, motor, ataupun mobil. Umumnya bengkel bubut menggunakan beberapa jenis kunci pas berukuran besar.

6. Kunci sok

Kunci sok jadi alat yang juga tidak boleh dilewatkan. Sedulur bisa menggunakan kunci ini untuk berbagai macam jenis kebutuhan saat melakukan proses bubut. Salah satu kunci sok yang wajib dimiliki adalah kunci socket model T karena harganya yang cukup murah tapi sangat praktis.

7. Kunci L

Selanjutnya ada kunci L yang sangat penting dalam bengkel bubut. Kunci ini menggunakan beberapa jenis ukuran tuas agar bisa disesuaikan dengan baut pada mesin bubut. Beberapa alat ini digunakan untuk eretan, baut pengunci kepala, dan sebagainya.

8. Tang press

Tang pres atau jaw locking plier juga tidak boleh ketinggalan. Alat ini penting agar Sedulur bisa mudah dalam menjalankan setiap proses bubut pada kendaraan atau mesin yang sedang direparasi. Fungsi kunci tang press sendiri cukup krusial, karena Sedulur bisa mencengkram mesin dengan kuat ketika ingin melakukan pengeboran kecil.

9. Kunci Inggris

Jika Sedulur ingin alat yang praktis dalam berbagai kondisi di bengkel bubut, maka kunci Inggris adalah jawabannya. Kunci ini memiliki keunggulan pada mulut yang bisa disetel sesuai ukuran yang diperlukan. Sehingga Sedulur bisa mengganti kunci set dengan kunci ini.

10. Kunci pipa

Selain kunci Inggris, kunci pipa juga menjadi peralatan saat membuka bengkel bubut. Dimana alat ini digunakan untuk mengencangkan dan membuka pipa sok drat pada sebuah mesin. Fungsi lainnya dari alat ini dalam proses bubut adalah melepas mur as, mur baut dan sebagainya.

11. Palu

Sama halnya dengan tang, dalam proses bubut Sedulur tidak boleh melewatkan palu. Alat ini cukup penting, apalagi ketika Sedulur ingin melepas as atau penyangga sebuah alat. Sedulur bisa menggunakan beberapa jenis palu, tapi sebaiknya pilih pali dengan penampang lebar seperti pinball hammer atau claw hammer.

12. Kaleng oli

Alat satu ini juga penting karena berfungsi untuk melumasi mesin bubut setelah digunakan. Jika mesin tidak dilakukan perawatan, maka akan membuat mesin cepat rusak. Tentu ini bisa berbahaya dan merugikan, karena mesin bubut cukup mahal harganya. Penggunaan kaleng oli juga bisa Sedulur gunakan untuk perawatan beberapa mesin lain seperti bor atau gerinda. 

13. Bearing

Bearing atau puller merupakan salah satu alat yang cukup penting dalam bengkel bubut. Fungsi alat ini diperuntukkan untuk melepas peralatan seperti pulley, roda gigi, atau juga bearing.

14. Hand taps

Selanjutnya peralatan saat membuka bengkel bubut yang tidak boleh dilewatkan adalah hand taps snei. BIasanya penggunaan alat ini penting ketika bengkel bubut berfokus pada perbaikan mesin otomotif. Sedulur bisa membeli beberapa set untuk bisa dimaksimalkan saat membuka bengkel.

15. Mata bor

Terakhir ada mata bor. Ini merupakan alat yang cukup mahal karena Sedulur membutuhkan set yang lengkap untuk mengakomodasi setiap kegiatan bubut. Pastikan Sedulur membeli produk dari merek ternama agar mata bor yang dimiliki tajam dan tidak mudah patah.

Demikian tadi deretan tips dan peralatan saat membuka bengkel bubut yang Sedulur perlu perhatikan. Semoga dengan inspirasi serta penjelasan kali ini, bisa membantu Sedulur menyiapkan bisnis yang sesuai kemampuan dan passion ya!