ide bisnis rumahan di desa

Bagi Sedulur yang menjalankan bisnis, tentu melihat kota merupakan sebuah potensi besar untuk menjalankan bisnis. Namun, potensi yang besar bukan hanya milik kota, namun juga potensi besar bisa didapatkan di desa. Terdapat beberapa ide bisnes rumahan di desa yang bisa jadi potensi menarik.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa ide bisnis rumaha di desa yang bisa Sedulur jalankan dan memiliki potensi yang besar. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak pembahasan terkait daftar ide bisnis yang dimaksud!

BACA JUGA: 25 Bisnis Sampingan Karyawan Modal Kecil, Cuan & Menjanjikan

1. Usaha cuci motor

Ide bisnis rumahan di desa yang pertama yaitu menjalankan usaha cuci motor. Saat ini, masyarakat di desa sudah banyak yang memiliki kendaraan. Namun, pasti Sedulur akan jarang menemui tempat cuci motor di desa, karena masyarakat desa masih mencuci motor sendiri.

Hal ini bisa Sedulur baca sebagai peluang usaha yang menjanjikan di desa. Namun, Sedulur tentu saja harus menyesuaikan tarif jasa cuci motor dengan perekonomian di desa. Terutama jika usaha cuci motor yang Sedulur miliki merupakan satu-satunya di desa.

2. Menjadi petani

Jika Sedulur memiliki aset berupa tahan atau lahan di desa, Sedulur bisa memanfaatkannya untuk mengelola usaha di bidang pertanian. Menjadi petani memang sering disepelekan oleh sebagian orang, namun profesi ini bisa membuat Sedulur mendapat penghasilan yang memuaskan.

Terutama jik Sedulur menjalani profesi petani dengan penuh ketekunan dan keteladanan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa Sedulur coba, mulai dari cabe yang sering melonjak harganya, bawang merah dan bawang putih, sayuran, palawija atau jamur.

Sedulur bisa menyesuaikan jenis tanaman yang akan ditanam dengan iklim di lingkungan tempat tinggal atau lahan pertanian.

3. Pupuk dan pestisida organik

Tahukah Sedulur, pupuk dan pestisida organik bisa dibuat dari limbah pertanian dan peternakan? Sedulur bisa banyak mendapatkan bahan bakunya di desa. Peluang usaha rumahan di desa ini bisa bekerja sama dengan petani.

Selain menjadi petani, ide usaha rumahan di desa ini bisa jadi pilihan Sedulur. Atau bahkan Sedulur bisa menjalankan keduanya sekaligus. Jika ingin fokus di usaha ini, Sedulur bisa mencoba untuk mengajak petani dan atau peternak di daerah Sedulur untuk melakukan kerja sama.

Tawarkan diri sebagai penampung limbah pertanian dan peternakan mereka. Mereka dengan senang hati akan memberikannya kepadamu. Produkmu nantinya bisa Sedulur tawarkan lagi kepada petani.

4. Distributor hasil pertanian

Jika merasa tidak cocok menjadi petani atau juga menjual pupuk atau pestisida organik, Sedulur bisa mencoba membuka usaha distributor hasil pertanian. Peluang usaha rumahan di desa ini menjadi salah satu peluang besar yang menghasilkan keuntungan yang besar. Pasalnya, distribusi merupakan jantung perekonomian di bidang pertanian.

Apalagi di Indonesia, salah satu pemasukan penduduk desa terbesar ialah dari hasil pertanian. Sehingga distribusi hasil pertanian sangatlah dibutuhkan. Sedulur hanya perlu menjadi perantara antara petani dengan konsumen yang membutuhkannya.

Sedangkan modal utama pada usaha ini tidak semua terletak pada modal berupa dana, melainkan modal berupa networking yang luas. Sehingga komoditas dapat dikirim ke wilayah yang lebih banyak lagi.

5. Reparasi perkakas petani

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi di berbagai bidang semakin canggih, para petani juga menggunakan peralatan canggih berbasis mesin untuk bekerja. Namun, pasti akan ada saatnya alat-alat yang mereka gunakan akan mengalami kerusakan atau memerlukan reparasi.

Bagi Sedulur yang memiliki keterampilan di bidang mesin, kesempatan ini bisa dibilang kesempatan emas. Karena bisa membuka usaha reparasi perkakas petani di desa tempat tinggal Sedulur. Peluang usaha reparasi akan sangat laris, sebab banyak sekali yang membutuhkannya.

6. Berjualan pulsa

cara mendapatkan kuota gratis Indosat
Liputan6

Jika berada di lingkungan perkotaan untuk membeli pulsa tidak akan kesulitan. Berbeda dengan pedesaan, karena keterbatasan infrastruktur dan didukung oleh kurangnya pengetahuan tentang teknologi membuat pulsa menjadi salah satu hal yang sangat langka.

Dengan berjualan pulsa Sedulur tidak hanya mendapatkan keuntungan besar, namun Sedulur juga membantu penduduk untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga yang berada di kejauhan. Bisnis ini merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, karena gampang dilakukan dan juga sangat menguntungkan.

7. Produk makanan olahan

Kawasan perdesaan identik dengan berbagai produk pertanian. Bahan makanan yang melimpah ini berada sangat dekat dengan Sedulur. Ide usaha rumahan di desa ini bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa dengan membuat produk makanan olahan.

Sedulur bisa menjual makanan olahan semacam keripik, asinan, manisan, dan bermacam olahan lainnya. Selain menawarkannya ke tetanggamu, Sedulur juga bisa menjualnya secara online.

8. Ternak hewan

Selain bertani, Sedulur bisa mendirikan usaha ternak hewan di desa. Bicara soal keuntungan, sudah banyak yang membuktikan bahwa perolehan keuntungannya sangatlah besar. Hewan yang bisa Sedulur ternakan sangat beragam, mulai dari yang kecil hingga ukuran besar.

Contohnya, ternak ayam, Sedulur bisa memilih antara ayam daging atau ayam petelur. Selain itu, ternak kambing juga bisa dicoba karena waktu yang diperlukan hingga kambing bisa dijual kembali sangatlah singkat. Jika ingin hasil yang lebih besar coba saja ternak sapi, dijamin untungkan besar.

9. Produk hasil ternak

Selain pertanian, desa juga identik dengan peternakan. Malah, pertanian dan peternakan kadang menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Sedulur bisa mulai survei peternakan di sekitar rumahmu. Ternak hewan apa saja yang ada, dan produk akhir apa yang bisa Sedulur olah.

Semisal daging, telur, susu, keju, yoghurt, dan sebagainya. Peluang usaha rumahan di desa ini sangat menarik untuk Sedulur coba. Jika ide usaha rumahan di desa ini berkembang, produk hasil ternak yang Sedulur juga bahkan bisa menyebar dan terdistribusi hingga ke kota.

10. Membuka koperasi simpan pinjam

Membuka usaha koperasi simpan pinjang memang memberikan untung yang tidak besar. Meskipun begitu, dengan membuka usaha ini Sedulur bisa membantu penduduk desa yang membutuhkan modal.

Jadi, sebelum memulai membuka koperasi simpan pinjam ada baiknya Sedulur meyakinkan diri terlebih dahulu apabila tujuan utamanya untuk mencari keuntungan besar. Selain itu dengan usaha ini Sedulur juga bisa menciptakan peluang usaha di desa.

BACA JUGA: 25 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan 2022

11. Budidaya tanaman hias

Pinterest

Desa bisa jadi kawasan terbaik ketika Sedulur ingin mengembangkan hobi cocok tanaman Sedulur. Untuk ukuran usaha rumahan, budidaya tanaman hias bisa menjadi peluang bisnis yang pas. Sedulur tinggal memilih jenis tanaman hias apa yang akan jadi fokus usahamu.

Pastikan iklim tempat Sedulur tinggal sesuai untuk membudidayakannya. Sedulur juga bisa menjualnya secara online, lho. Asal Sedulur menguasai teknik pengemasan yang tepat agar tanaman hias bisa tetap utuh sampai ke tangan pembelimu.

12. Warung makan

Walaupun berada di desa, tidak menutup kemungkinan bahwa usaha warung makan tidak laris seperti di kota besar. Pada dasarnya makanan akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang karena merupakan salah satu dari kebutuhan primer.

Sehingga di desa ataupun di kota warung makan akan tetap dicari oleh orang. Bisnis di bidang kuliner ini sangat cocok untuk Sedulur yang mahir memasak dan memiliki ketertarikan pada hal-hal yang berbau kuliner.

Sedulur bisa memulai usaha warung makan dengan menjual beraneka menu makanan khas daerah tempat tinggal. Apabila berada di daerah lain, Sedulur bisa menjual menu makanan yang khas dari daerah sendiri.

13. Jualan sayur

Tidak hanya di area komplek perumahan atau kota saja, jualan sayur juga dapat dilakukan di daerah pedesaan. Jarak desa dengan pasar yang berada di area kota terkadang sangat jauh, sehingga banyak penduduk yang malas berbelanja.

Bukankah hal ini bisa Sedulur jadikan peluang usaha rumahan di desa? Tentu saja iya, karena hanya dengan modal kecil Sedulur bisa meraup keuntungan yang luar biasa. Tidak perlu bingung mau menjajakan sayuran dengan cara apa, jika punya teras Sedulur bisa membuka toko.

Namun, jika tidak memiliki lahan yang cocok untuk berjualan, Sedulur bisa menyiasatinya dengan berkeliling di lingkungan sekitar rumah.

14. Budidaya ikan cupang

Ikan cupang yang dikenal sebagai ikan aduan ini, ternyata diminati juga sebagai ikan hias. Ada banyak keunggulan dari ikan ini yang membuatnya menjadi peluang usaha rumahan di desa yang tergolong mudah untuk dibudidayakan.

Ikan cupang termasuk ikan yang mudah berkembang biak, setiap pasang ikan cupang bisa menghasilkan sekitar 500 ekor ikan baru. Perawatannya pun mudah karena ikan cupang tangguh, sehingga tak butuh tabung oksigen.

Untuk pakannya, ikan cupang bisa diberi cacing dan jentik nyamuk. Lalu bagian yang paling menyenangkan dari ikan cupang yaitu harga jualnya yang tergolong tinggi. Harga paling murah mulai dari Rp200.000,- hingga yang termahal mencapai Rp10 juta jika corak warna ikannya bagus.

15. Pom mini

Berbeda dengan keadaan kota yang sangat mudah menemukan SPBU di berbagai sudut, di desa sangatlah sulit untuk mencarinya. Biasanya penduduk desa harus datang ke SPBU yang berada di kota dengan jarak yang sangat jauh.

Tentu Sedulur menyadari akan adanya potensi usaha di sini yaitu membuka usaha pom mini atau pengisian bahan bakar seperti yang sedang booming. Mobilitas penduduk desa yang tergolong sangat tinggi tentu akan membuat usaha pom mini menjadi usaha yang menjanjikan.

16. Warung kopi

desain warung kopi sederhana di kampung
Yummy PH

Tidak hanya warung makan saja, warung kopi juga merupakan usaha rumahan yang sangat cocok dibuka di desa. Modal yang dibutuhkan untuk merintisnya pun tergolong lebih sedikit dibandingkan warung nasi.

Karena Sedulur tidak perlu belanja bahan-bahan untuk memasak. Cukup sajikan beraneka ragam minuman dari bahan dasar kopi, snack ringan, makanan pendamping seperti gorengan dan menu sederhana lainnya.

17. Warung internet

Jaringan internet cenderung kesulitan untuk masuk ke daerah perdesaan. Tidak banyak provider internet yang dapat menjangkau hingga ke desa. Sekalipun ada, tidak banyak rumah yang mau berlangganan internet.

Namun, dengan adanya industri 4.0, kesadaran akan kebutuhan internet meningkat. Jika Sedulur punya garasi atau ruang kosong tak terpakai di rumah, Sedulur bisa menyulapnya menjadi bilik-bilik komputer dengan jaringan internet. Ini bisa menjadi ide bisnis rumahan di desa yang menarik lho.

18. Woodworking

Sedulur bisa menyulap garasi rumahmu menjadi bengkel untuk kreasi berbahan kayu. Maksimalkan kreativitas Sedulur, mulai dari membuat hiasan berbahan kayu, hingga membuat perabotan. Pastikan Sedulur punya keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan woodworking sebagai peluang usaha rumahan di desa.

19. Bengkel motor

Motor menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan di desa. Kalau Sedulur punya ketertarikan dengan otomotif, terutama motor, ini bisa jadi peluang usaha rumahan Sedulur di desa. Selain membuka bengkel, Sedulur juga bisa mencari variasi lain dengan membuka toko spare part motor, ban, hingga jok motor.

20. Toko souvenir

Ini bisa menjadi peluang menarik jika desa yang Sedulur tinggali merupakan daerah pariwisata. Para pelancong tentu menjadi target pasar untuk produk souvenir Sedulur. Namun, sekali pun daerahmu bukan daerah wisata, Sedulur tetap bisa berjualan souvenir.

Buatlah berbagai kreasi unik dengan kemampuan yang Sedulur miliki untuk dijadikan sebuah souvenir acara, seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, dan sebagainya.

BACA JUGA: 12 Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba Saat Bulan Puasa

21. Agen pengiriman barang

cara menjadi agen sembako tanpa modal
Aplikasi Super

Ide bisnis rumahan di desa yang bisa Sedulur jalani adalah agen pengiriman barang. Hal ini sangat penting untuk mendukung mobilitas barang, baik dari desa menuju kota atau sebaliknya. Apalagi, dengan semakin maraknya tren belanja online di masyarakat, ide bisnis yang satu ini terlihat sangat menjanjikan.

Oleh sebab itu, jasa ekspedisi cukup dibutuhkan oleh masyarakat desa untuk menopang perekonomian setempat.

22. Jualan buah

Berjualan buah-buahan segar keliling di desa juga merupakan ide usaha rumahan di desa yang terakhir dan menarik untuk dijalankan. Sedulur dapat mengunjungi setiap rumah di desa untuk menawarkan berbagai jenis buah segar yang berkualitas.

Buah-buahan merupakan makanan sehat yang dibutuhkan oleh masyarakat desa, dan dengan berjualan keliling, Sedulur dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan buah-buahan yang segar tanpa harus pergi jauh ke pasar.

23. Toko kelontong

Aplikasi Super

Ide bisnis rumahan di desa terakhir adalah warung kelontong. Ide satu ini terutama dapat menjadi peluang yang menjanjikan apabila di sekitar Sedulur belum ada usaha serupa.

Agar bisnis warung kelontong semakin menguntungkan, Sedulur bisa kulakan di  Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Menarik sekali bukan?

Nah itulah daftar ide bisnis rumahan di desa yang bisa Sedulur jalankan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu bahwa potensi bisnis di desa begitu menjanjikan. Agar bisa mendapatkan kesuksesan, tentu Sedulur harus disiplin dan yakin akan perkembangan bisnis Sedulur.