peluang usaha rumahan 2022

Mencari peluang usaha rumahan 2022 memang susah-susah gampang. Hal ini karena perlu melihat karakteristik masyarakat di sekitar rumah dan juga modal yang dimiliki. Dengan melihat dua faktor tersebut, Sedulur bisa mendapatkan peluang usaha yang paling cocok untuk dibuka.

Memiliki usaha rumahan memang sudah menjadi mimpi banyak orang. Apalagi bagi Sedulur yang ingin tetap bisa beraktivitas dan memiliki banyak waktu bersama keluarga tapi tetap menghasilkan banyak pundi-pundi uang.

Nah, ada 20 peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang sangat cocok untuk dijadikan awal mula menjadi seorang wirausaha. Berikut ini ulasannya!

BACA JUGA: 10 Ide Desain Toko Kelontong Modern. Minimalis Tapi Super Menarik!

-->

Buka usaha konter pulsa

Peluang usaha rumahan
Nagoya News

Peluang usaha ini juga sangat cocok untuk dicoba di desa berkembang.Apalagi di kampung sekarang sudah menerapkan gaya hidup di kota. Di desa berkembang, warganya mulai terhubung dengan teknologi komunikasi sehingga akhirnya banyak orang yang butuh membeli pulsa.

Selain itu, lewat usaha konter pulsa Sedulur juga bisa meluaskan lini usaha dengan membuka jasa top up game. Lini usaha satu ini memang sedang sangat menjanjikan karena semakin banyak orang yang menyukai bermain game online lewat handphone.

Jasa top up dan pulsa pun saling berhubungan karena bisa dilakukan secara bersamaan. Dengan saling berhubungan tersebut, Sedulur tentu tidak perlu ribet dan akan bisa lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Usaha jasa laundry kiloan

Peluang usaha rumahan
Pexels

Saat ini sudah banyak orang-orang yang lebih menyukai hal-hal yang praktis. Dengan banyaknya kesibukan, orang lebih memilih untuk membeli waktu orang lain agar bisa mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

Salah satu pekerjaan rumah yang bisa dijadikan peluang usaha rumahan 2022 yang berpotensial adalah mencuci baju. Membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang keuntungan yang melimpah!

Apalagi jika rumah Sedulur berada di lokasi yang strategis, seperti di sekitar kos-kosan. Bisa dipastikan usaha ini akan memberikan keuntungan yang besar.

Cuci motor dan mobil

Peluang usaha rumahan
Unsplash

Jumlah kendaraan pribadi selalu mengalami peningkatan setiap hari, terutama sepeda motor. Hal ini didorong oleh kemudahan pengajuan kredit.

Tahukah Sedulur bahwa semakin banyaknya jumlah sepeda motor bisa menjadi peluang bisnis yang bagus? Ya, Sedulur bisa membuka jasa pencucian sepeda motor di rumah.

Sedulur tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis yang satu ini. Barang yang Sedulur butuhkan antara lain kompresor, selang, sabun, dan kain untuk mencuci. Semuanya dapat dibeli dengan harga sekitar 6 juta rupiah. Kompresor bekas sudah cukup dan tidak perlu membeli yang baru. Asalkan masih berfungsi dengan baik, barang bekas pakai tak menjadi masalah.

Selain itu, usaha cuci motor juga sangat fleksibel. Sedulur juga bisa menjadikan usaha ini untuk cuci karpet yang juga menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan besar.

Toko kelontong

toko kelontong
Super

Toko kelontong adalah peluang usaha rumahan yang sangat wajib Sedulur coba. Hal ini karena warung kelontong selalu dicari oleh masyarakat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok hariannya.

Keberadaan toko kelontong juga tak hanya membantu masyarakat agar bisa berbelanja bulanan atau harian secara mudah, tapi juga membantu pemerintah dalam menjaga siklus ekonomi mikro di tengah masyarakat.

Belum lagi, sekarang ada beberapa platform yang telah berhasil mengembangkan toko kelontong menjadi lebih modern lewat fitur bernama Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan banyak kemudahan berbelanja atau kulakan hanya lewat aplikasi dengan berbagai macam keuntungan. seperti gratis pengantaran sampai potongan harga.

Konsep toko kelontong dari Aplikasi Super yang diberi nama Super Agen juga memberikan banyak kemudahan dalam berbelanja karena bisa dilakukan lewat ponsel. Tentu ini menjadi peluang usaha rumahan 2022 modern yang menark dicoba kan Sedulur.

Jasa jahit pakaian

Peluang usaha rumahan
Cendrawasih Post

Jangan meremehkan kemampuan menjahit pakaian. Dengan kemampuan ini, Sedulur bahkan bisa sampai membuka konveksi besar untuk terus mengembangkan potensi bisnis dan meraup keuntungan yang banyak.

Baju merupakan kebutuhan primer yang tentunya akan terus dibutuhkan selama masih hidup. Jadi, berbisnis pada jasa jahit akan memberikan keuntungan jangka panjang.

Usaha studio foto

Studio foto
Metal Bees

Studio foto merupakan salah satu jenis fotografi yang sering dilakukan didalam ruangan. Sudah sering kita temukan pemilik usaha studio foto yang mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Bagaimana tidak, ada banyak masyarakat yang ingin membuat kenangan spesial bersama teman maupun keluarga dengan cara membuat foto yang menarik. Adapun cara yang mereka gunakan yaitu mengunjungi studio foto yang bisa mengambil gambar dengan baik.

Foto studio sering ramai dikunjungi pada saat acara wisuda, pernikahan, foto keluarga, komunitas dan sebagainya. Jika Sedulur berminat memulai usaha studio foto maka sebaiknya Sedulur harus tahu beberapa hal dalam memulai bisnis supaya kedepannya bisa bersaing dengan kompetitor dan dapat menarik banyak pelanggan.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Film Tentang Bisnis, Sangat Menginspirasi!

Berjualan jajanan ringan

Cimol abang
Masak Apa Hari Ini

Nah, kalau Sedulur mencari peluang usaha yang laku setiap hari maka jawabannya adalah berjualan makanan atau jajanan ringan. Usaha ini sangat potensial dan menguntungkan. Beberapa contoh jajanan ringan yang sangat disukai masyarakat beberapa waktu ini ada seperti tahu gejrot, cilok, cimol, batagor, cireng, sampai kentang goreng potong.

Usaha-usaha seperti itu tergolong sangat mudah dilakukan apalagi kalau Sedulur memang hobi memasak. Usaha jajanan ringat juga tidak membutuhkan modal besar karena bahan-bahan yang dibutuhkan cenderung memiliki harga yang murah dan bisa dicari di pasar.

Selain itu, usaha berjualan jajanan ringan juga bisa dilakukan dengan maksimal dengan memanfaatkan jasa dari platform online.

Usaha minuman kekinian

Selain jajanan makanan ringan, Sedulur juga bisa mencoba usaha minuman kekinian untuk peluang usaha rumahan 2022. Bisnis ini memang tergolong sangat cepat berubah, tapi jika Sedulur memiliki resep minuman yang segar dan disukai masyarakat maka bisa saja usaha ini bertahan lama dan berkembang pesat.

Beberapa minuman kekinian yang bisa dicoba adalah minuman boba, milk tea, sampai es teh dengan berbagai rasa. Usaha ini sangat cocok dibuka ketika rumah Sedulur berada dekat dengan sekolah atau wilayah perkantoran.

Selain itu, usaha minuman kekinian juga tidak memerlukan modal yang besar. Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan minuman berbagai rasa, gelas atau botol plastik, dan akun media sosial untuk memasarkannya.

Streaming game

Streamer
Unsplash

Cara mendatangkan untung berikutnya adalah dengan memilih ide bisnis game online dengan melakukan streaming game di platform-platform tertentu. Contoh platform yang bisa Sedulur ikuti adalah Nimo TV, Game.ly, Streamcraft, dan Cube TV. Soal besaran keuntungan jangan diragukan. Sedulur bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari bergabung dengan platform ini dengan melakukan streaming game.

Selain itu, Sedulur juga bisa sekalian membuat channel Youtube dan menjadi pembuat konten game. Sudah tidak dipungkiri jika menjadi youtuber dapat menghasilkan keuntungan. Salah satu bidang yang bisa dijadikan bahan dalam youtube channel adalah game online.

Jadi Sedulur bisa merekam permainan game atau melakukan live saat game. Untuk dapat menghasilkan untung, Sedulur harus memiliki sejumlah subscriber dan jumlah penonton tertentu.

Usaha streaming game semacam ini memang lebih mengedepankan kreatifitas dalam dunia maya. Sehingga ini menjadi salah satu peluang usaha rumahan online yang cocok untuk Sedulur yang tak begitu suka berinteraksi dengan orang lain.

Warung pecel lele

Pecel lele
Resep Koki

Usaha warung makan pecel lele juga bisa menjadi peluang usaha rumahan modal kecil untung besar. Kenapa? Hal ini lantaran adanya tren malas masak dari masyarakat sekarang ini. Sehingga usaha warung makan menjadi laris manis khususnya warung makan dengan menu pecel lele.

Warung pecel lele juga banyak disukai orang-orang karena menunya yang variatif dan adanya bermacam sambal yang jadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Sedulur bisa membuka usaha warung pecel lele ini di rumah dengan modal kursi dan meja yang tidak perlu banyak.

Selain itu, Sedulur bisa memasarkan usaha warung makan pecel lele lewat ojek online sehingga bisa menyasar banyak orang. Menarik banget bukan?

Toko sembako

Beras Buncit
Super

Kalau peluang usaha rumahan di desa, tentu yang tidak boleh dilewatkan adalah toko sembako. Jadi toko ini wajib menyediakan sembilan bahan pokok bagi masyarakat seperti minyak goreng, telur, beras, gula pasir, mentega, daging sapi, daging ayam susu bawang merah dan bawang putih.

Kebutuhan sembako memang sangat krusial karena menjadi dasar masyarakat bisa melakukan aktivitas makan dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sehingga jika Sedulur membuka usaha ini, maka sudah dipastikan akan mudah laku karena barang yang dijual adalah kebutuhan pokok.

Bila Sedulur tidak memiliki modal yang cukup besar, maka ada satu tips agar usaha toko sembako bisa tetap berhasil dan mendapatkan keuntungan yang melimpah. Sedulur cukup berfokus menjual beras secara kiloan atau menjadi agen beras di sekitar rumah.

Beras sendiri menjadi kebutuhan paling dasar yang mana menjadi makanan utama semua orang di indonesia. Salah satu produk beras yang bisa Sedulur coba karena kualitasnya yang baik dan harganya yang bersaing adalah beras buncit dan beras karya alam.

Bila Sedulur tertarik membeli dua jenis beras ini, bisa langsung mencoba mencarinya di Aplikasi Super ya!

BACA JUGA: 15+ Alamat Distributor Beras Jawa Timur Harga Murah

Warung kopi

Peluang usaha rumahan
addictedtovacation

Tidak diragukan lagi, bahwa semakin banyak bisnis warung kopi atau coffee shop yang berkembang saat ini. Apalagi kelompok generasi milenial dan generasi Z biasanya senang untuk mengerjakan tugas atau kewajiban kuliah di coffee shop yang memang dikenal memiliki suasana nyaman.

Coffee shop juga menjadi pilihan tempat untuk berkumpul dan bercengkerama dengan teman-teman. Sedulur bisa memanfaaatkan kesempatan ini untuk membuahkan pundi-pundi rupiah. Belum lagi, dengan adanya koneksi WiFi yang kencang, biasanya akan banyak orang yang datang dan berkumpul di warung kopimu.

Usaha jualan ikan hias

Usaha ikan hias
Virginian Pilot

Apakah Sedulur gemar merawat ikan hias di rumah? Hobi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Beberapa jenis ikan hias mempunyai harga jual yang tinggi.

Merawat ikan hias pun tidak terlalu rumit. Terlebih jika Sedulur sudah sejak lama menekuni hobi ini. Tentu Sedulur tidak akan merasa kesulitan untuk menjalankan bisnis budidaya ikan hias.

Kunci agar bisnis sukses yaitu tetap fokus pada bisnis dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha ini juga sedang naik daun dan jadi salah satu peluang usaha yang lagi trend lho. Jadi jika Sedulur ingin mencoba usaha satu ini, maka lakukanlah sekarang.

Pom mini

Pom mini
Jatengpom

Usaha ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan. Dengan tampilan yang lebih menarik, tentu saja Pertamini memiliki nilai jual lebih daripada saingannya, tukang bensin eceran.

Inilah perhitungan kasar rincian modal yang diperlukan yaitu mesin Pertamini dengan harga Rp 5 juta, modal isi 100 liter bensin sekitar Rp750 ribu (dengan asumsi harga per liter Rp7.500) dan biaya listrik per bulan kurang lebih Rp60 ribu

Lalu, untuk menunjang usaha ini Sedulur perlu mempersiapkan beberapa keperluan seperti alat pemadam kebakaran portabel seharga Rp 150 ribu dan biaya darurat atau tambahan: Rp 1,5 juta. Sehingga jika ditotalkan, modal untuk membuka usah pom mini hanya sekitar Rp7,5 jutaan aja.

Jasa air minum isi ulang

Peluang usaha rumahan
Klikdokter

Sebagai salah satu bisnis yang membuat kehidupan lebih mudah, usaha ini sangat menjanjikan karena orang suka sekali dengan hal yang praktis.

Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu membuat riset terlebih dahulu agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia. Setelah mengumpulkan modal uang dan pengetahuan, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa keraguan lagi.

Untuk strategi penjualan, kamu bisa mengajak para pembeli untuk berlangganan serta titipkan produk kamu di warung sembako sekitar rumah.

BACA JUGA: Tertarik Buka Bisnis Thrift Shop? Intip Trik Ini, Dijamin Untung!

Barber shop

Barber shop
MDB Education

Jasa potong rambut banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Sedulur dapat memulai bisnis jasa potong rambut khusus wanita.

Alih-alih memotong rambut di salon yang biayanya mahal, masyarakat sekitar dapat menggunakan jasa Sedulur. Ide ini cukup unik karena sebenarnya orang akan lebih memilih jasa yang biayanya lebih murah.

Meskipun biaya jasanya tak semahal di salon, Sedulur tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik.

Kedai jus buah

Jus buah
Unsplash

Modal 500 ribu rupiah sudah bisa menjemput kesuksesan dengan buka jus buah di rumah lho! Ternyata dengan modal usaha yang relatif kecil ini kamu sudah bisa membuka usaha. Salah satunya dengan usaha jus buah di rumah.

Bahan baku usaha minuman jus buah sangat mudah di temukan di pasaran dengan harga relatif sangat murah. Tapi jangan salah, keuntungan yang didapat mencapai 150% sampai 300%.

Alat yang dibutuhkan pun hanya alat pembuat jus atau blender saja, yang harganya tidak sampai jutaan rupiah. Umumnya jus buah cepat laku jika dijual di pagi hari sampai sore hari, apalagi di kawasan tropis seperti Indonesia.

Jasa print & fotokopi

Jasa print fotokopi
Tectonika

Usaha fotocopy pada umumnya memberikan layanan jasa menyalin atau menduplikasi tulisan atau gambar dari sebuah buku, dokumen, maupun sumber lainnya. Jenis usaha satu ini memang terbilang cukup menguntungkan, sebab masih banyak orang yang membutuhkan sebagai syarat pemenuhan berbagai pendaftaran.

Modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha fotocopy memang cukup besar. Namun modal yang besar tersebut juga didukung dengan estimasi keuntungan yang besar juga.

Penjualan alat tulis

Peluang usaha rumahan
Unsplash

Usaha toko buku dan alat tulis bisa kami katakan sebagai salah satu potensi usaha yang sangat berpeluang besar menghasilkan untung besar dan balik modal cepat. Asalkan Sedulur tau bagaimana cara tepat dalam mengelola usaha toko buku dan alat tulis.

Angkringan

Nah, terakhir adalah usah angkringan. Usaha ini merupakan salah satu peluang usaha rumahan 2022 yang cocok untuk pemula. Kenapa? Karena usaha ini bisa dilakukan hanya dengan mencari suplier makanan lain.

Sedulur tidak perlu memasak sendiri makanan seperti sate usus, sate ayam, atau sate telur puyuh. Dimana pasti ada banyak orang yang mau bekerja sama untuk menyetor makanan tersebut dan Sedulur bisa menjualnya kembali.

Selain itu, angkringan berpotensi menjadi tempat berkumpul orang-orang di saat senggang. Dengan potensi tersebut, usaha angkringan bisa bertahan lama karena akan selalu ramai dari buka sampai tutup.

Usah angkringan juga dikenal memiliki harga yang bersahabat, jadi Sedulur tidak perlu takut jika tidak ada pembeli saat membukanya.

BACA JUGA: Begini Cara Menghitung Laba Toko Kelontong yang Harus Sedulur Ketahui

Tips membuka usaha di rumah

Super Agen
Super

Setelah mengetahui banyak inspirasi peluang usaha rumahan 2022 yang bisa dicoba. Sedulur juga sebaiknya menyimak beberapa tips membuka usaha di rumah berikut ini.

  • Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah jangan pernah mencampurkan keuangan bisnis dengan pribadi. Pengelolaan administrasi yang tertib akan mempermudah kelangsungan usaha rumahan yang sedang kamu jalani. Dengan fondasi yang kuat, bisnis pun akan berjalan dengan lancar.
  • Walaupun masih pemula, kamu harus bisa mengatasi rasa takut akan kegagalan. Perasaan ini hanya akan menghantui setiap keputusan yang kamu buat dan bisnis kamu akan berakhir gagal karenanya. Maka dari itu, bangkitkan mental pemenang di dalam diri dan yakinkan bahwa kamu memiliki segala sesuatu yang esensial untuk membuat usaha rumahan ini sukses.
  • Membangun bisnis adalah hal yang sulit, namun bisnis yang sesuai passion akan membuat segala hal terasa mudah karena kamu benar-benar menyukai apa yang kamu lakukan. Jika kamu suka memasak, buka usaha kuliner di rumah. Apabila suka dengan musik, buka usaha studio musik yang bisa kamu sewakan. Intinya, pilihlah usaha yang benar-benar membuat kamu lebih hidup dan bahagia.
  • Menentukan visi dan misi akan membantu kamu menentukan tujuan dan arah dari usaha rumahan. Dengan memiliki target, kamu akan mempunyai tujuan yang ingin kamu capai sehingga bisnis akan terus berkembang. Jika kamu memilih untuk tidak memikirkan hal ini, kecil kemungkinan untuk sukses karena kamu tidak benar-benar tahu apa yang sedang kamu lakukan.
  • Hindari membeli barang-barang yang belum perlu agar kamu bisa mengalokasikannya ke hal yang benar-benar esensial. Jika kamu usaha rumahan yang kamu pilih membutuhkan lapak, kamu bisa memanfaatkan halaman atau garasi di rumah.

Demikian tadi 20 inspirasi peluang usaha rumahan 2022 yang bisa Sedulur coba di rumah. Untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berwirausaha, Sedulur harus memiliki mental yang kuat dan tidak takut gagal. Ingat usaha yang dibangun sendiri itu tidaklah instan, ada momen jatuh bangun yang perlu dirasakan sebelum mencapai kesuksesan.

Jadi selamat mencoba dan membuka usaha di rumahmu sendiri Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.