Punya banyak baju bekas tapi masih bagus dan layak pakai? Sedulur jual saja, dan jalankan bisnis thrift shop. Simak tips dan trik bisnis thrift shop di bawah ini.

Secara harfiah, thrift shop adalah toko penghematan. Hal tersebut bukan tanpa sebab diberi nama seperti itu. Karena barang yang dijual di thrift shop merupakan barang bekas yang masih bagus dan layak pakai. Kata penghematan merujuk pada pengeluaran biaya yang hemat ketika thrifting baju.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara memulai bisnis thrift shop beserta dengan mencari supplier thrift shop, supplier thrift shop branded dan paket usaha thrift shop. Salah satu model bisnis baju ini sangat menarik untuk diikuti karena beberapa waktu ke belakang baju thrifting sedang ramai lagi.

Bagaimana cara jualan baju dengan modal kecil, berapa total modal usaha baju, seperti thrift shop online indonesia dan bisnis jual pakaian, semua akan dibahas dalam artikel di bawah ini. Yuk, mari mending kita langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10+ Bisnis Untuk Pemula – Mudah Dijalankan & Tanpa Modal

Tips dan Trik Bisnis Thrift Shop, Dijamin Untung Super Melimpah!

1. Tentukan Modal

1. Tentukan Modal
kabarsumbar.com

Untuk menjalankan usaha ini, sebenarnya Sedulur tidak membutuhkan modal besar. Karena biasanya baju bekas yang masih layak pakai dan berkualitas tidak terlalu mahal untuk dibeli. Dengan modal Rp. 500.000, Sedulur sudah bisa menjalankan usaha satu ini.

Namun salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah waktu dan energi dalam membeli barang bekas yang akan dijual. Banyak pasar loak yang menjual baju, pakaian, hingga sepatu yang masih layak pakai. Sedulur hanya perlu dengan sabar mencari barang yang masih bagus dan teliti memilih barang.

2. Tentukan Barang yang Akan Dijual

2. Tentukan Barang yang Akan Dijual
readworks.com

Tips dan trik bisnis thrift shop yang kedua adalah memilih barang yang akan dijual. Dalam usaha menjual barang bekas layak pakai, barang yang umum dijual adalah jaket, baju, celana, tas dan sepatu. Beberapa ada yang menjual aksesoris, seperti topi, dompet dan lainnya. Bagi Sedulur yang akan memulai usaha ini, tentukan fokus barang yang akan dijual.

Sebagai pemula, Sedulur bisa menjual baju dan celana terlebih dahulu. Atau Sedulur juga bisa fokus menjual berbagai jenis jaket. Karena, ketika Sedulur mencoba segala jenis barang bekas untuk dijual, Sedulur akan kesulitan menemukan identitas bisnis thifting Sedulur. Hal ini juga akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap toko Sedulur.

3. Analisis Pasar

3. Analisis Pasar
hipwee.com

Melakukan bisnis apapun, analisis pasar wajib dilakukan. Setelah Sedulur memutuskan barang bekas apa yang akan dijual, Sedulur bisa menentukan analisis pasar. Analisis pasar ini akan mempengaruhi langkah selanjutnya. Dengan melakukan analisis pasar, Sedulur bisa mengetahui siapa target pasar dan berapa harga standar yang harus dijual.

Selain itu, hal penting dalam melakukan analisis pasar adalah memperkecil peluang gagal dan juga dapat membantu bisnis yang Sedulur jalani untuk dapat lebih berkembang lagi. Sehingga Sedulur juga bisa melakukan berbagai inovasi berdasarkan tren dan keinginan dari konsumen yang ingin Sedulur jaring.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

4. Cari Supplier Barang

4. Cari Supplier Barang
sanora.id

Tanda memiliki supplier barang bekas pun sebenarnya Sedulur bisa menjalankan usaha satu ini, namun kekurangannya Sedulur akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk mencari barang secara langsung. Keuntungan memiliki supplier barang bekas adalah efisiensi waktu dan menekan biaya modal.

Membeli barang kepada supplier lebih murah daripada memilih langsung barang bekasnya. Sedulur juga bisa lebih leluasa menentukan keuntungan yang akan didapat. Namun, balik lagi kepada kenyamanan Sedulur, jika Sedulur lebih nyaman memilih dan mencari barang bekas secara langsung, lakukan hal tersebut. Namun, pertimbangkan juga efisiensi waktu dalam menjalankan bisnis.

5. Tentukan Target Pasar

5. Tentukan Target Pasar
wowkeren.com

Menentukan target pasar secara spesifik dapat mempermudah Sedulur menentukan barang dan produk thrift shop. Jika target pasar Sedulur adalah remaja perempuan misalkan, barang yang perlu Sedulur sediakan adalah jaket warna warni yang lucu dan pakaian-pakaian yang imut. Hal ini tentu saja akan lebih membuat bisnis jual baju dan pakaian bekas yang Sedulur jalankan menjadi lebih mudah dan efisien. Sedulur juga tidak perlu menyiapkan banyak barang.

6. Gunakan Marketplace

6. Gunakan Marketplace
freepik.com

Saat ini telah banyak marketplace yang menawarkan tempat berjualan secara online. Hal ini merupakan sebuah kemudahan yang bisa Sedulur manfaatkan dengan sebaik mungkin. Tidak usah repot berdagang di pasar atau di kegiatan-kegiatan tertentu. Sedulur hanya perlu melakukan promosi di media sosial dengan rutin dan rajin.

7. Promosi Media Sosial

7. Promosi Media Sosial
superapp.id

Melalui media sosial saat ini, banyak bisnis yang mendapatkan perkembangan dan pertumbuhan pesat. Salah satunya bisnis thrift shop. Dengan menggunakan marketplace dan juga memanfaatkan media sosial sebagai promosi, bisnis Sedulur bisa mendapatkan untung dan akan cepat laku. Semakin barang diketahui, semakin cepat juga barang akan habis.

8. Gunakan Kurir yang Tepat

8. Gunakan Kurir yang Tepat
suara.com

Banyak kurir atau jasa antar barang yang saat ini bisa Sedulur gunakan. Sedulur juga bisa melakukan kerjasama dengan jara antar barang tersebut dan melakukan beberapa kontrak. Hal ini juga bisa menekan biaya operasional bagi bisnis thrift shop yang Sedulur jalankan. Terutama, terdapat beberapa harga promo yang bisa dibicarakan dengan kurir, hal ini akan semakin menarik perhatian pelanggan.

Satu hal penting dalam berbisnis adalah tekad, tekun dan disiplin. Menjalankan tips dan trik thrift shop di atas secara konsisten, dan menghadapi segala permasalahan yang dihadapi akan membuat bisnis Sedulur semakin maju dan berkembang.

Walaupun fokus mengembangkan bisnis, jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Agar Sedulur bisa fokus menjalankan bisnis, Sedulur bisa menyerahkan urusan kebutuhan sehari-hari kepada Aplikasi Super. Melalui Super Eats, banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa Sedulur rasakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!

Sedulur bisa langsung cek daftar ketersediaan barang di Super Eats dengan klik di sini, Sedulur juga bisa langsung cek harga dan membandingkan langsung dengan harga pasaran. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar bisa melakukan pembelian hanya melalui smartphone saja. Selamat mencoba!