Begini Cara Menghitung Laba Toko Kelontong yang Harus Sedulur Ketahui

Masih bingung cara menghitung laba toko kelontong dengan mudah? Yuk simak ulasan artikel di bawah ini.

Toko kelontong sebuah bisnis yang sangat menggiurkan, karena toko kelontong menyediakan sembako yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Toko kelontong juga merupakan sebuah bisnis yang menyediakan barang-barang keperluan.

Toko kelontong wajib sekali hukumnya memiliki tempat yang terletak di area dekat dengan tempat tinggal dan dan pemukiman. Oleh karena itu sangat wajar dan tidak mengherankan jika bisnis ini tergolong ramai dan memiliki penghasilan yang cukup tinggi.

Hal tersebut yang mempengaruhi kenapa toko kelontong merupakan bisnis yang sangat diminati dan menggiurkan. Meskipun tergolong ke dalam toko kecil, ternyata toko kelontong selalu mengalami kenaikan omset pendapatannya setiap harinya.

Bagi Sedulur yang memiliki usaha toko kelontong, mengetahui cara menghitung laba toko kelontong adalah sebuah keharusan. Penghitungan laba memiliki tujuan untuk memberikan informasi perolehan laba dalam setiap periode transaksi tertentu.

Melalui cara menghitung laba toko kelontong yang benar, Sedulur bisa mengetahui perbedaan penghasilan laba anda. Bagi Sedulur yang belum mengetahui cara menghitung laba toko kelontong yang mudah, berikut akan diulas tips dan cara yang mudah.

Bagaimana langkah dalam cara menghitung laba toko kelontong dengan mudah yang bisa Sedulur lakukan? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Sederhana dan Mudah, Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong

1. Mulai dengan Menghitung Seluruh Laba

Menghitung laba toko kelontong juga akan mempengaruhi  cara pengambilan keputusan dalam toko kelontong. Salah satu komponen penting untuk menghitung laba adalah dengan mengetahui rincian modal toko sembako.

Selain juga mendaftar toko kelontong menjual apa saja, daftar barang umum toko kelontong, dan siapa supplier toko kelontong. Sedulur bisa melakukan penghitungan laba toko kelontong dalam periode tertentu.

Apakah ingin menghitung laba dari keuntungan penjualan sembako selama seminggu, sebulan atau bahkan pertahun. Hitung seluruh laba terlebih dahulu, lalu lakukan penghitungan laba pada periode yang diinginkan. Jangan lupa hitung secara cermat dan hati-hati.

2. Bandingkan dengan Biaya Pengeluaran

Cara menghitung laba toko kelontong selanjutnya adalah dengan membandingkan dengan biaya pengeluaran. Jika semua laba yang Sedulur peroleh sudah terkumpul. Cobalah lihat susunan dana pengeluaran, seperti pengeluaran untuk belanja stok barang toko, gaji karyawan, biaya listrik dan air , sewa tempat dan sejenisnya.

Bandingkan dengan total pendapat, apakah lebih banyak atau lebih sedikit. Jika biaya pengeluaran lebih banyak dari laba yang diperoleh, berarti toko sembako modern Sedulur mengalami kerugian. Namun jika sebaliknya maka toko sembako Sedulur mendapatkan keuntungan.

3. Lihat Stok Barang

Dengan melihat stok barang sembako toko kelontong Sedulur, kita bisa mengetahui jumlah laba toko kelontong. Sedulur bisa membandingkan stok awal dengan stok akhir sembako di toko kelontong yang Sedulur jalani.

Sedulur Super juga bisa menghitung perolehan laba dengan cara mengurangi jumlah stok awal dengan stok akhir. Sehingga akan mengetahui jumlah stok yang terjual. Dengan menghitung dan menjumlah harga persatuan jualnya Sedulur akan mendapatkan angka berapa jumlah laba yang diperoleh.

4. Membuat Pembukuan Laba Sederhana

Pembukuan laba yang sederhana akan memudahkan Sedulur dalam menghitung laba yang diperoleh. Apalagi untuk toko kelontong yang setiap harinya mengalami peningkatan penjualan, pasti akan membingungkan jika Sedulur membuat laporan pembukuan karena akan yang sulit untuk diteliti.

Untuk melakukan perhitungan laba yang diperoleh, tidak akan pernah terlepas dari melihat pembukuan pengeluaran toko. Dengan melihat laporan ini, akan sangat memudahkan Sedulur untuk menentukan jumlah laba toko kelontong.

Oleh sebab itu, Sedulur Super harus menyusun laporan pembukuan pengeluaran toko dengan cermat, teliti dan tentunya mudah di pahami.

5. Gunakan Aplikasi Super dan Fitur Toko Saya

Aplikasi Super merupakan aplikasi kulakan atau aplikasi toko kelontong, yang membuat Sedulur Super semakin mudah kulakan dan juga mendapatkan harga murah. Aplikasi pos ini juga akan memberikan banyak keuntungan bagi Sedulur yang memiliki warung, toko atau usaha sembako lainnya.

Karena Aplikasi Super memiliki beberapa program yang sangat membantu, yaitu Super Agen, Mitra Superenter, dan yang terbaru adalah fitur Toko Saya yang belum lama ini dikeluarkan oleh Aplikasi Super.

Fitur Toko Saya bekerja seperti aplikasi manajemen toko, karena setiap transaksi pelanggan yang membeli sembako di toko Sedulur melalui Aplikasi Super akan tercatat dengan baik dan ditulis secara detail dan rapi.

Sembako super yang disediakan Sedulur juga akan dapat dengan mudah dikelola karena catatan direkam dengan baik oleh fitur Toko Saya. Dengan menggunakan fitur Toko Saya, Sedulur dapat menghitung jumlah laba toko kelontong dengan mudah.

Menggunakan Aplikasi Super sebagai cara menghitung laba toko kelontong merupakan hal yang tepat. Jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super untuk mencari tahu cara daftar Aplikasi Super, dan juga klik di sini untuk download Aplikasi Super.

Agar Sedulur Super tidak perlu repot lagi dalam mengelola toko kelontong dan juga bisa melakukan cara menghitung laba toko kelontong dengan mudah. Selamat mencoba!