10 Ide Desain Toko Kelontong Modern. Minimalis Tapi Super Menarik!

Jadikan toko kelontong Anda lebih menarik lewat desain toko kelontong minimalis berikut ini!

Memiliki sebuah usaha toko kelontong di rumah merupakan sebuah keuntungan. Kita bisa menjalankan sebuah bisnis, tanpa harus meninggalkan rumah. Namun, kekurangannya adalah kita seringkali tertukar antara pekerjaan rumah dan bisnis kita.

Oleh karena itu, banyak pebisnis yang menjalankan bisnis di rumah melakukan perancangan ulang untuk desain toko sembako di rumah. Baik itu desain interior toko sembako, desain toko sembako grosir hingga desain warung sembako di teras rumah dilakukan perancangan ulang.

Tujuannya selain terlihat lebih modern dan minimalis, agar urusan rumah dan urusan bisnis tidak tercampur aduk dan membuat kita kesulitan mengaturnya.

Berikut ini akan diulas kumpulan contoh toko kelontong yang menata warung sembako sempit di bagian rumah menjadi terlihat lebih modern dan lebih rapi. Selain itu juga akan disampaikan beberapa tips dan resep menata toko sembako agar enak dilihat pengunjung.

Seperti apa saja desain toko minimalis yang dimaksud? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: 11 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha – 2020

Daftar Desain Toko Kelontong Minimalis yang Perlu Sedulur Coba!

1. Desain Toko Kelontong di Bagian Depan Rumah

Desain Toko Kelontong di Bagian Depan Rumah

Desain atau gambar toko sembako depan rumah merupakan contoh rumah dan toko yang paling banyak digunakan. Desain toko minimalis ini sering kali digunakan oleh para pengusaha yang tinggal di pemukiman padat penduduk.

Kelebihan desain toko kelontong minimalis satu ini adalah tidak akan mengganggu bagian dalam rumah dan segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan rumah tangga, seperti dapur dan kamar mandi misalnya.

Karena dengan posisi toko kelontong yang ada di depan rumah, segala urusan bisnis dan toko kelontong akan terletak di depan rumah. Tidak akan mengganggu bagian dalam rumah yang berkaitan dengan kepentingan pribadi setiap pengusaha dan keluarganya.

2. Toko Kelontong di Bagian Teras Depan Rumah

Toko Kelontong di Bagian Teras Depan Rumah

Jika desain toko kelontong minimalis yang pertama mengambil semua halaman dan bagian depan rumah untuk dijadikan toko kelontong, untuk ide desain toko kelontong satu ini hanya mengambil sedikit bagian depan rumah.

Jika tidak mengambil bagian teras dan halaman, bagian yang diambil adalah bagian garasi atau carport depan rumah. Biasanya para pelaku usaha kelontong yang menerapkan desain toko kelontong ini adalah mereka yang menjalankan toko kelontong di area perumahan.

Model rumah yang ada di area perumahan biasanya memiliki desain rumah yang sama dan seragam yang telah diatur, dan biasanya tidak diperbolehkan mengubah bagian depan rumah secara total. Maka oleh karena itu banyak yang mengakali dengan mengubah bagian teras atau carport menjadi sebuah toko atau warung sembako yang sederhana.

3. Desain Ruko (Rumah Toko)

Desain ini merupakan desain toko kelontong minimalis yang paling sering kita temui. Mulai dari toko kelontong sederhana hingga toko kelontong modern serupa minimarket, menggunakan desain rumah toko sebagai desain toko kelontong minimalis.

Seluruh area lantai pertama dijadikan area dagang, dengan menyimpan setiap barang dagangan yang disusun sesuai kebutuhan pelanggan. Seperti kebutuhan makanan, kebutuhan kamar mandi, dan kebutuhan kecantikan.

Sementara itu, bagian lantai dua dijadikan untuk area pemukiman. Urusan rumah tangga sebagai tempat tinggal berada di bagian lantai dua. Namun bagi bisnis toko kelontong yang berupa francais, biasanya menggunakan lantai dua sebagai area sekretariat dan administrasi termasuk juga gudang.

Banyak developer pengembang perumahan yang menyediakan rumah tipe ruko bagi para pengusaha yang ingin berdagang dan berjualan di area perumahan tersebut. Namun kekurangan desain toko kelontong minimalis satu ini biasanya memiliki biaya sewa yang lumayan mahal.

4. Rumah Warung Sederhana

Ide desain toko kelontong minimalis satu ini versi lebih sederhana dan lebih kecil dari ide desain yang ada pada poin nomor dua, yaitu toko kelontong yang ada di bagian teras rumah. Biasanya ide desain toko kelontong minimalis ini tidak memerlukan bagian rumah yang besar.

Luas yang dijadikan warung pun berukuran kecil. Ide desain satu ini biasanya diterapkan oleh seorang pebisnis baru yang menggeluti usaha sembako. Mereka tidak terlalu berani memulai warung atau toko kelontong besar, dan melihat konsumen terlebih dahulu.

Maka dari itu desain toko kelontong minimalis pun dipilih dan bahkan terkadang terlampau minimalis yang lebih cocok disebut warung ketimbang sebuah toko. Karena barang yang ditawarkan pun sangat terbatas, seperti beras, minyak, terigu, mie instan, kopi instan dan barang yang benar-benar akan dibeli saja.

5. Manfaatkan Dinding Bangunan Dengan Baik

Ide desain toko kelontong minimalis bukan hanya seputar desain rumah keseluruhan dan bagian eksterior saja. Penyusunan interior juga menjadi bagian penting dalam desain toko kelontong minimalis. Minimalis berarti sederhana dan memanfaatkan ruang yang ada secara maksimal.

Salah satu cara untuk memanfaatkan ruang dan bangunan secara maksimal adalah dengan menggunakan dinding bangunan dengan baik dan secara optimal. Kita bisa menggunakan rak tempel ataupun rak berdiri di dinding untuk menyimpan barang tambahan.

Dengan menggunakan rak tempel atau rak berdiri, banyak barang yang bisa disimpan dan juga memungkikan kita memperbanyak varian produk dagangan di toko kelontong kita. Walaupun ukurannya kecil dan minimalis, namun banyak varian produk yang bisa didagangkan.

6. Susun Barang Dagangan dengan Rapi

Susun Barang Dagangan dengan Rapi

Menyusun barang dagangan dengan rapi menjadi salah satu langkah untuk memiliki desain toko kelontong minimalis. Selain itu, pelanggan juga akan dengan sangat mudah memilih barang yang mereka butuhkan.

Kemudahan bagi pelanggan adalah hal penting yang perlu dipikirkan, selain kenyamanan tempat dan toko kelontong. Desain toko kelontong minimalis memang penting, namun kenyamanan pelanggan lebih penting lagi.

Karena kenyamanan pelanggan menjadi faktor yang akan menentukan pelanggan tersebut akan datang kembali ke toko kelontong kita atau tidak.

7. Menata Barang Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan

Menata Barang Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan

Poin ini merupakan hal yang sangat dipertimbangkan oleh supermarket dan minimarket. Karena dengan dengan menata barang dagangan dengan baik, pelanggan akan mudah dan nyaman dalam melakukan belanja.

Desain toko kelontong minimalis akan terlihat semakin elegan dan modern ketika barang telah ditata dengan rapi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Permainan cahaya dan warna tembok juga ikut mempengaruhi kesan dalam desain toko kelontong minimalis.

8. Jaga Kebersihan Toko Kelontong

Jaga Kebersihan Toko Kelontong

Akan sangat percuma memiliki desain toko kelontong minimalis dan modern jika tidak menjaga kebersihan toko secara disiplin dan teratur. Karena ketika pelanggan datang dan mendapati toko kelontong kita berantakan, akan membuat mereka tidak respect untuk kembali berkunjung.

Walaupun barang yang kita sediakan lengkap dan sangat murah, namun pelanggan akan berpikir dua kali untuk mengunjungi toko kelontong kita karena kebersihan toko kelontong kita.

9. Cahaya Ruangan Toko Kelontong

Cahaya Ruangan Toko Kelontong

Pencahayaan juga menjadi bagian yang terpisahkan dalam desain toko kelontong minimalis, terutama desain bagian interior. Cahaya yang terang akan mempengaruhi pengunjung untuk belanja.

Hal ini dikarenakan pencahayaan yang terang akan mempengaruhi pelanggan untuk belanja. Selain itu juga dengan cahaya yang terang dapat menyakinkan pelanggan untuk belanja dengan aman. Karena kenyamanan dan keamanan merupakan faktor yang paling pertama dipikirkan oleh pelanggan.

10. Penggunaan Teknologi Digital

Penggunaan Teknologi Digital

Sudah seharusnya saat ini setiap warung dan toko kelontong mulai menggunakan teknologi digital. Salah satunya adalah bisa memulai dengan menggunakan kasir digital agar dapat lebih menunjang pelayanan.

Harga kasir digital memang sangat mahal, namun kita bisa mendapatkannya secara gratis dengan bergabung menjadi Mitra Super Center yang ada di Aplikasi Super. Aplikasi Super akan memberikan kasir digital bagi setiap pengusaha toko kelontong yang bergabung menjadi Mitra Super Center.

Tertarik untuk mencoba? Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super termasuk mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super untuk mendapatkan setiap keuntungan dan kemudahan yang dimiliki oleh Aplikasi Super.