Ide usaha rumahan

Ada banyak ide usaha rumahan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Apalagi dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, usaha rumahan tak hanya menghasilkan keuntungan kecil tapi kini bisa sangat besar.

Ide usaha rumahan pun sudah tidak hanya untuk ibu-ibu saja, tapi bisa menjadi usaha utama untuk kaum lelaki dan anak muda. Selain itu, bisnis rumahan juga membuat Sedulur bisa lebih banyak waktu bersama keluarga.

Nah, biar Sedulur bisa mendapatkan inspirasi dan langsung memulai bisnis di rumah sendiri. Berikut ini daftar ide usaha rumahan kreatif yang bisa dicoba!

BACA JUGA: 17 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untuk Kamu Coba

-->

Jualan aksesoris

Ide usaha rumahan
PaperCity Magazine

Banyak wanita yang senang menggunakan aksesoris untuk mempercantik penampilan. Karena itu, bisnis aksesoris bisa memberi peluang yang cukup menguntungkan untuk para pelaku bisnis rumahan. Apalagi jika Sedulur merupakan orang yang kreatif dan sabar untuk membuat aksesoris yang cantik.

Bisnis aksesoris memang terlihat sederhana. Namun, jika Sedulur bisa membuat bentuk dan ciri khas yang unik maka satu aksesoris bisa sangat berharga untuk ide usaha rumahan.

Aksesoris juga memiliki pasar yang sangat besar. Terutama kalangan wanita baik muda sampai dewasa. Jadi bisa terbayang bukan keuntungan yang didapatkan dari ide usaha sampingan satu ini. Belum lagi, penjualan yang bisa dilakukan lewat media sosial membuat modal yang kecil dari usaha ini sangat worth it.

Catering

Ide usaha rumahan
Pexels

Ada lagi ide usaha rumahan yang bisa Sedulur jalani jika memiliki keahlian memasak. Sedulur bisa membuka bisnis catering kantoran, catering diet hingga catering sehat.

Apalagi beberapa tahun terakhir, tren hidup sehat dan pola hidup diet terus berkembang pesat. Pasarnya pun merupakan kalangan menengah ke atas yang memiliki kelas ekomoni tinggi.

Jadi membuka bisnis makanan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main. Tentunya usaha catering bisa dijadikan salah satu pilihan untuk kalian yang memiliki tangan ajaib ketika memasak.

Blogger

Cara jadi blogger
Pexels

Mencari ide usaha online? Blogger bisa dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan jika Sedulur memiliki keahlian menulis yang baik. Sedulur hanya memerlukan modal laptop atau PC, internet dan situs blog serta konsisten untuk menulis konten.

Sudah banyak blogger yang sukses dan bisa menghasilkan penghasilan hingga miliaran. Sedulur bisa melakukan kerjasama dengan brand tertentu, memasang iklan hingga menjual produk atau jasa pribadi melalui blog. Jadi, jangan meremehkan usaha rumahan satu ini.

Jika Sedulur hobi menulis, cobalah untuk lebih profesional dengan belajar copywriting dan sebagainya.

Reseller atau Dropshipper

Dropshipper
Oferal

Untuk bisa membuka bisnis, tentu Sedulur harus memiliki modal. Namun, jika terhalang modal, Sedulur bisa melakukan bisnis reseller dan dropshipper produk online. Di sini, Sedulur akan berperan untuk menjualkan atau memasarkan produk orang lain.

Sedulur hanya perlu mencari supplier barang yang bagus dan terpercaya. Sedulur bisa memasarkan produk orang lain dengan menggunakan nama toko sendiri. Pembeli yang membeli barang melalui dropshipper tidak tahu siapa penjual awal atau penjual asli produk tersebut.

Ini menjadi ide usaha modal kecil yang sangat cocok dicoba oleh siapa saja. Apalagi tren reseller dan dropshipper belakangan sedang sangat bagus.

BACA JUGA: 20 Ide Jualan Makanan Kekinian, Enak & Kreatif dari Rumah

Jasa desain grafis

Desain grafis
Unsplash

Jika Sedulur memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis, tentu Sedulur bisa membuka peluang usaha di bidang tersebut. Di zaman serba online seperti saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan banyak sektor untuk melakukan branding hingga rebranding.

Sedulur bisa memanfaatkan kemampuan desain grafis dengan sistem freelance di mana Sedulur bisa bekerjasama dengan pihak atau perusahaan luar untuk membuat iklan atau branding usaha mereka.

Bisnis kue dan roti

Ide usaha rumahan
Unsplash

Jika Sedulur memiliki skill memasak kue, Sedulur bisa memanfaatkan kemampuan untuk memulai bisnis kue. Jenis kue basah maupun kue kering sama-sama banyak disukai oleh masyarakat. Apalagi saat-saat spesial atau hari istimewa.

Banyak aneka usaha kue yang bisa Sedulur lakukan. Mulai dari usaha korean cake, bento cake, soft cookies, kue ulang tahun, kue basah dan masih banyak lagi. Sedulur bisa melakukannya hanya dengan di rumah saja.

Penulis konten SEO

Cara jadi penulis SEO
Pexels

Jika Sedulur suka menulis, tidak ada salahnya untuk mendalami tentang SEO writer. Penulis akan menulis artikel dan konten yang dipadukan dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Saat ini, posisi ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemasaran produk yang disesuaikan dengan SEO.

Perkembangan teknologi membuat banyak orang beralih ke dunia online. Banyak orang-orang mengandalkan Google untuk mencari produk atau sekedar mencari informasi tertentu. Untuk memanfaatkan situasi ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa SEO writer.

Jasa laundry kiloan

Jasa laundry modern
Pexels

Hidup di lingkungan kampus atau perumahan dengan mayoritas penduduk yang sibuk? Wah, bisa jadi peluang untuk buka usaha laundry kiloan! Banyak orang, khususnya para kelompok generasi milenial atau generasi Z memiliki kesibukan dengan intensitas tinggi. Sehingga, terkadang mereka akan memilih untuk melakukan hal simple seperti membayar jasa dan waktu orang lain untuk mencuci pakaian.

Jadi, usaha laundry kiloan ini bisa sangat menguntungkan jika dijalani dan menjadi ide usaha modal kecil yang sangat potensial.

BACA JUGA: 6 Ide Jualan Takjil yang Paling Laris di Bulan Puasa

Usaha menjahit

Ide usaha rumahan
Cendrawasih Post

Pakaian merupakan kebutuhan penting di dalam kehidupan. Dari keahlian menjahit yang Sedulur miliki, Sedulur bisa membuka peluang usaha besar seperti tailor, konveksi hingga butik. Tentunya, kreativitas dan kerapihan menjadi tolak ukur utama untuk mengembangkan bisnis ini.

Jadi, jika Sedulur memiliki skill tersebut, padukan dengan skill bisnis agar usaha jahit menjahit Sedulur bisa terus berkembang. Bukan tidak mungkin ide usaha sampingan semacam ini bisa menjadi sumber pemasukan utama Sedulur.

Bisnis toko kelontong

Super Agen
Super

Bisnis toko kelontong juga menjadi usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Apalagi kalau Sedulur memiliki lingkungan rumah yang berada di pedesaan atau perumahan, tentu toko bisa mendapatkan banyak pelanggan dari tetangga sekitar.

Keberadaan toko kelontong juga sangat penting karena menjadi tempat untuk masyarakat mendapatkan berbagai macam kebutuhan pokok. Misalanya saja seperti beras, minyak goreng, telur, sampai minuman ringan.

Apalagi sekarang ini toko kelontong sudah semakin modern dan bisa dilakukan lewat aplikasi. Hal semacam ini bisa Sedulur rasakan saat mencoba Aplikasi Super. Dengan aplikasi ini, Sedulur bisa menjadi Super Agen dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Super Agen juga memberikan banyak keuntungan melimpah karena barang yang didapatkan bisa murah tapi berkualitas. Sehingga bisa dijual dengan harga yang pantas dan memberikan manfaat untuk Sedulur. Jadi buruan download Aplikasi Super di sini dan raih keuntungan dari membuka toko kelontong sumber belanja bulanan masyarakat terbaik.

Pertamini

Pertamini
Jatengpom

Ternyata bisnis Pertamini bisa memberi keuntungan yang tidak main-main. Apalagi jika rumah Sedulur berada di pinggir jalan atau di kawasan yang cukup jauh dari pom bensin. Usaha rumahan pertamini ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha bensin eceran pada umumnya.

Budidaya ikan hias

Usaha ikan hias
Virginian Pilot

Budidaya ikan hias bisa memberikan keuntungan yang tidak main-main. Pasalnya, beberapa jenis ikan hias bisa dijual hingga jutaan rupiah. Ya, bagi mereka pecinta ikan hias tentu harga tersebut tidak akan menjadi masalah.

Jadi, jika Sedulur gemar untuk merawat ikan hias, jadikan hal tersebut menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Jika usaha diawali dengan hobi, tentu Sedulur mungkin tidak akan merasa sulit ketika menjalani bisnis tersebut.

Penulis novel atau komik

Penulis komik
Pexels

Saat ini, sudah banyak situs online yang membebaskan anggotanya untuk menulis cerita fiksi yang menarik. Jika Sedulur memiliki kreativitas untuk mengembangkan ide fiksi, tentu Sedulur bisa melakukan usaha rumahan satu ini.

Sedulur bisa menuliskan imajinasi melalui buku cerita seperti novel atau komik. Sudah banyak anak muda yang memanfaatkan bakat menulisnya untuk membuat cerita di situs novel online hingga tulisannya diberi kesempatan untuk naik ke layar lebar alias film.

Jasa penitipan peliharaan

Pet store
Step Business

Suka merawat hewan peliharaan? Kenapa tidak memanfaatkannya saja untuk peluang usaha rumahan? Sedulur bisa membuka usaha jasa penitipan hewan bagi orang-orang yang kebingungan ketika harus meninggalkan binatang peliharaannya di rumah.

Selain itu, Sedulur juga bisa berkembang untuk menawarkan jasa lain seperti grooming. Di sisi lain, Sedulur tentu akan senang bertemu hewan-hewan baru dan tetap bisa menghasilkan keuntungan tersendiri.

BACA JUGA: Bisnis Kaos Polos, Solusi Usaha Hasilkan Puluhan Juta

Berjualan pulsa dan token

Ide bisnis modal kecil
Nagoya News

Dengan zaman yang semakin maju, telepon genggam sekarang telah menjelma menjadi komoditas utama yang hampir tidak bisa terpisah dengan kebutuhan manusia.

Melihat situasi ini, berjualan pulsa elektrik tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang tidak bisa kamu lewatkan. Usaha rumahan yang satu ini ternyata tidak memerlukan modal yang besar. Hal yang perlukan hanyalah sebuah telepon genggam untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa kamu cari secara online.

Kedai snack

Usaha rumahan
Grosir Snack

Berjualan makanan atau camilan adalah peluang bisnis yang tidak pernah ada matinya. Dengan potensi yang besar, kamu juga perlu sedikit riset agar usaha di rumah ini berjalan dengan lancar.

Ide usaha rumahan seperti ini sangat cocok dicoba karena modalnya yang kecil tapi potensi keuntungannya begitu besar.

Kedai kopi

Japan Coffe shop
Pinterest

Jika Sedulur memiliki area besar di depan rumah, kenapa tidak dimanfaatkan untuk membuka kedai kopi atau usaha franchise saja. Pasalnya, saat ini semakin banyak anak muda yang suka nongkrong di berbagai tempat seperti kedai kopi.

Sedulur bisa secara kreatif membuat kedai kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas tambahan seperti tempat yang nyaman, wifi gratis dan menu makanan yang nikmat namun mudah untuk dibuat.

Jasa cuci karpet

Jasa cuci karpet
Courtina

Ini adalah usaha rumahan yang sangat menjanjikan untuk dilakukan di rumah. Bagaimana tidak? Coba perhatikan tempat cuci motor mana yang selalu terlihat sepi.

Belum lagi saat musim hujan datang, pelanggan dengan motor kotornya akan semakin bertambah. Dengan modal tidak sampai 8 juta, kamu sudah bisa membuka usaha ini.

Jasa air minum isi ulang

Air refill
Klikdokter

Sebagai salah satu bisnis yang membuat kehidupan lebih mudah, usaha ini sangat menjanjikan karena orang suka sekali dengan hal yang praktis.

Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu membuat riset terlebih dahulu agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia. Setelah mengumpulkan modal uang dan pengetahuan, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa keraguan lagi.

Untuk strategi penjualan, kamu bisa mengajak para pembeli untuk berlangganan serta titipkan produk kamu di warung sembako sekitar rumah. Selain itu, jasa air minum isi ulang menjadi salah satu ide usaha rumahan di desa terbaik dan paling menjanjikan.

Barber shop

Ide usaha rumahan
Unsplash

Meski terkesan sederhan, bisnis kecil-kecilan ini tidak boleh kamu pandang sepela karena omsetnya bisa sangat besar. Pasalnya, modal awal yang kamu keluarkan bisa kamu pakai berkali-kali.

Adapun, usaha ini memiliki tingkat sukses yang lebih tinggi jika kamu buka di lingkungan yang masih jarang tempat potong rambut.

BACA JUGA: 13 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu, Bisa Untung Besar!

Freelance editor

Editor
Pexels

Apabila memiliki hobi menulis dan sudah lama berkecimpung di dunia penulisan, Sedulur mungkin ingin mencoba ide usaha online rumahan seperti menjadi seorang editor freelance. Sedulur bebas memilih proyek yang ingin dikerjakan, menentukan tarif, serta waktu kerja.

Ada beberapa jenis jasa edit yang bisa Sedulur tawarkan, misalnya editing developmental. Di sini, Sedulur nantinya fokus pada “gambaran keseluruhan” tulisan yang diedit. Tugas utama Sedulur adalah memeriksa struktur dan gaya tulisan tersebut.

Jenis lainnya adalah copy editing, atau mengoreksi elemen yang lebih teknis, seperti tata bahasa dan gaya yang digunakan. Sedulur perlu mendalami dan mengoreksi isi tulisan dengan tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai melalui tulisan tersebut.

Bisnis thrifting

Bisnis thrifting
Unsplas

Bisnis thrift atau pakaian pre-loved (pakaian yang sudah dipakai) saat ini memang sedang sangat digemari di kalangan anak muda. Beberapa bahkan sudah sukses dalam memulai ide usaha rumahan ini. Agar berhasil dengan bisnis thrift, Sedulur bisa mencari supplier yang menyediakan paket bundling atau ball untuk usaha, yang biasanya memuat puluhan pakaian dalam satu paket.

Setelah itu, Sedulur bisa memilah-milah pakaian yang masih layak, dan kalau beruntung, Sedulur bahkan bisa mendapatkan pakaian dari brand yang lumayan kece, loh! Jangan lupa untuk mencuci pakaian-pakaian ini sampai bersih dan wangi, lalu ambil foto produk yang bagus.

Kemudian, Sedulur bisa mulai mengupload foto dan menjual pakaian ini di marketplace, tentunya dengan harga yang lebih murah daripada pakaian baru, tapi kualitasnya masih bisa bersaing. Plus, pakaian pre-loved juga bisa membantu sustainabilitas karena tidak ada barang baru yang beredar.

Bisnis satu ini juga tergolong ide usaha rumahan kreatif yang banyak dilakukan anak muda karena potensi fashion yang tiada henti.

Agen frozen food

Frozen food
Tirto

Semua orang sekarang ingin segala hal yang serbapraktis dan mudah. Tak terkecuali urusan makanan, ada kalanya kita pasti merasa malas atau tidak mood untuk memasak makanan yang terbilang ribet. Salah satu solusinya tentu saja frozen food, yang bisa disimpan lama di freezer dan tinggal goreng atau rebus saat Sedulur ingin mengonsumsinya.

Banyak pabrikan saat ini yang menyediakan kemitraan untuk menjadi reseller, misalnya saja produsen nugget Fiesta. Mereka menyediakan kemitraan bagi siapa saja yang ingin menjadi agen produk mereka. Ide usaha sampingan seperti ini sangat cocok dilakukan di rumah lho.

Pengisi voice over

Kerja voice over
Pexels

Memiliki suara yang unik? Jangan sia-siakan bakat Sedulur dan cobalah ide usaha rumahan sebagai penyedia jasa voice-over. Sedulur bisa menyediakannya untuk iklan, buku audio, acara TV, video media sosial, dan banyak lainnya.

Seperti pengisi suara, Sedulur harus bisa menyesuaikan suara untuk berbagai peran. Makin banyak variasi yang dikuasai, makin banyak pekerjaan yang bisa Sedulur ambil. Untuk mengasah keterampilan, ikuti kelas pelatihan akting dan dialek.

Kemudian, Sedulur perlu menyiapkan peralatan rekaman di rumah untuk memulai pekerjaan sebagai pengisi voice over. Jika sudah siap, susun portofolio dan sertakan demo untuk menunjukkan variasi suara yang bisa Sedulur isi. Jangan segan untuk mengambil proyek gratis guna memperbanyak jam terbang.

Untuk menemukan pekerjaan, kunjungi Voices.com yang menyediakan banyak peluang bagi voice actor. Portal freelance seperti Fiverr juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulai.

Menjadi youtuber

Cara jadi Youtuber
Pexels

Suka merekam video atau memiliki hobi menarik yang bisa didokumentasikan? Ubah menjadi peluang usaha rumahan untuk mendapatkan uang melalui YouTube. Raksasa platform berbagi video ini memungkinkan semua orang membangun usaha rumahan yang menjanjikan hanya dengan merekam video.

Untuk membuat channel YouTube, pilih niche yang sesuai dengan minat Sedulur. Jika ingin mewujudkan ide bisnis rumahan melalui channel Sedulur, cobalah genre seperti memasak, gaming, dan ulasan teknologi.

Niche yang difokuskan harus memiliki banyak audiens agar Sedulur bisa mendapatkan penonton dengan cepat. Setelah memiliki ribuan subscriber dan 4000 waktu tonton, Sedulur pun bisa bergabung dalam Program Partner YouTube.

Selanjutnya, Sedulur bisa mendapatkan penghasilan melalui AdSense. Perjalanan Sedulur dari sini juga akan lebih mudah karena perusahaan lebih senang bermitra dengan channel yang memiliki banyak audiens. Atau, Sedulur juga bisa mendapatkan uang dengan menjual merchandise atau penggalangan dana melalui Patreon.

Nah, itu tadi deretan inspirasi ide usaha rumahan yang bisa Sedulur coba. Dengan adanya kemajuan teknologi, memang cara untuk mendapatkan keuntungan bisa lebih mudah sekarang ini. Jadi bagaimana tertarik mencoba ide usaha di atas?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!