Di masa seperti saat ini, mencari penghasilan tambahan mungkin pernah terbesit di kepala Sedulur. Namun, untuk memulai sebuah bisnis terkadang membuat Sedulur ragu-ragu. Sebab di bayangan Sedulur, pasti butuh modal banyak untuk memulai sebuah bisnis. Padahal ada juga lho usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa Sedulur coba.

Kira-kira apa saja sih usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa Sedulur lakukan? Tentu usaha-usaha ini akan sangat cocok untuk Sedulur yang saat ini masih minim modal. Jadi tak perlu lama-lama, yuk simak daftarnya dalam artikel ini.

1. Jasa laundry

Reshot

Sedulur mungkin membayangkan bahwa untuk membuka jasa laundry membutuhkan modal yang sangat besar. Namun jangan bayangkan jasa laundry yang memiliki peralatan mesin cuci serba canggih, plus mesin pengering yang mumpuni. Tentu jika membeli  semua peralatan tersebut akan membutuhkan modal yang sangat besar.

Sebagai awalan, Sedulur yang memiliki mesin cuci di rumah bisa memanfaatkan sumber daya yang ada. Gunakan mesin cuci yang ada di rumah untuk mengerjakan pesanan laundry yang masuk. Sehingga modal awal yang dibutuhkan adalah detergen dan pewangi baju saja.

Selain itu, tawarkan usaha laundry rumahan ini kepada para tetangga dulu. Lambat laun, jika keuntungan semakin besar, Sedulur bisa menggunakannya untuk membeli peralatan-peralatan yang lebih mumpuni.

BACA JUGA: 20 Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan dan Paling Menjanjikan

2. Jasa tulis artikel

Reshot

Buat Sedulur yang memiliki bakat dan hobi menulis, bisa lho memanfaatkan kemampuan ini menjadi sebuah bisnis. Dan tentu saja jasa menulis artikel ini bisa menjadi usaha rumahan modal 50 ribu saja. Sedulur hanya membutuhkan modal komputer PC atau laptop yang sudah dimiliki.

Selain bisa makin mengasah kemampuan menulis Sedulur, seorang freelance penulis juga makin banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Antara lain menulis untuk blog perusahaan atau media online yang biasanya merilis artikel-artikel ringan.

3. Preloved barang bekas

Unsplash

Jika Sedulur memiliki terlalu banyak barang bekas tak terpakai dan membuat rumah menjadi tak rapi, ini saatnya bagi Sedulur untuk menguranginya. Cara yang bisa Sedulur lakukan adalah menjual barang-barang bekas tersebut dengan menawarkannya di media sosial atau social commerce. Usaha ini kini populer dengan nama preloved barang bekas.

Tanpa perlu keluar uang banyak untuk memulai berjualan, Sedulur hanya perlu menyiapkan model HP dan kuota untuk menawarkannya di media sosial. Selain itu dibutuhkan pula skill fotografi agar hasil foto barang-barang bekas yang akan diunggah ke media sosial menjadi menarik.

Barang-barang bekas yang bisa dijual kembali ke media sosial pun beragam bentuknya. Bisa yang berhubungan dengan fashion atau bisa juga perabotan rumah. Tapi yang perlu dipastikan adalah kondisi barang bekas yang masih bagus dan layak dipakai kembali.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

4. Jual pulsa dan kuota internet

Reshot

Di masa seperti ini, orang-orang tak akan lepas dari internet. Itulah mengapa kuota internet pasti dibutuhkan banyak orang. Jika Sedulur tinggal di daerah yang masyarakatnya masih belum banyak yang melek digital banking, maka peluang usaha satu ini sangat menarik untuk dicoba.

Sedulur juga tak perlu repot sama sekali saat menjalankan usaha ini, karena hanya membutuhkan modal HP dan kuota internet. Selain itu, risiko berjualan pulsa dan kuota internet juga sangat minim karena barangnya yang tak akan kadaluarsa. Usaha ini bisa menjadi salah satu cara memutar uang 50 ribu.

5. Dropshipper

Reshot

Di masa Pandemi, model usaha dropshipper menjadi usaha rumahan yang lagi trend. Dropshipper adalah model usaha yang memungkinkan Sedulur berjualan barang tertentu tanpa perlu menyetok. Sedulur hanya perlu mengumpulkan pesanan dari customer, lalu Sedulur tinggal pesankan barang orderan tersebut ke supplier yang telah bekerja sama dengan Sedulur.

Nantinya barang orderan milik customer Sedulur, akan langsung dikirimkan dari pihak supplier. Sedulur bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual kepada customer dan harga beli dari pihak supplier.

BACA JUGA: Ini Dia Tips Lengkap Membuka Toko Sembako dan Cara Mengelolanya

6. Jual foto online

Reshot

Kalau Sedulur memiliki keahlian fotografi dan familiar dengan website-website seperti Shutterstock, Unsplash, Pixabay, Pexels, dan semacamnya, maka Sedulur wajib mencoba usaha rumahan modal 50 ribu dengan menjual foto-foto online ke situs tersebut.

Modal yang dibutuhkan juga sangat minim, yakni kamera, serta skill pengambilan foto dan editing. Namun jika Sedulur belum memiliki kamera yang canggih, Sedulur bisa mulai mengambil foto dengan kamera HP lalu diedit agar hasilnya bisa lebih maksimal. Jika foto sudah jadi, Sedulur bisa mencoba menjualnya ke situs-situs fotografi yang telah disebutkan di atas.

7. Kursus online

Unsplash

Memasuki masa pandemi, saat ini semua jenis yang mengharuskan bertemu dengan orang lain digantikan dengan cara online. Salah satunya kegiatan belajar dan mengajar. Namun siapa sangka hal ini bisa juga lho memberi peluang usaha untuk Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang memiliki skill tertentu.

Sedulur yang memiliki skill tertentu bisa mencoba usaha kursus secara online dengan bayaran yang telah ditentukan. Seperti misalnya kursus musik online, kelas olahraga online, kelas menulis online, dan sebagai macamnya. Tak usah khawatir dengan modal, Sedulur hanya butuh device untuk melaksanakan Google Meet atau Zoom dan juga kuota internet.

8. Handicraft

Unsplash

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya yang Sedulur bisa coba adalah produksi kerajinan tangan atau handicraft. Sedulur yang memiliki jiwa kreatif bisa mencoba usaha ini. Ide-idenya pun bisa Sedulur dapatkan dari Pinterest atau YouTube. Sebagai awalan, Sedulur bisa mencari ide handicraft sederhana yang tak perlu banyak modal. Seperti misal hiasan dinding atau pouch dari kain perca. 

9. Jual gorengan

Detik Food

Siapa sih yang tak suka makan gorengan? Meski tak boleh sering-sering mengonsumsinya, gorengan menjadi makanan favorit banyak orang. Sedulur yang pandai memasak, bisa juga lho mencoba menjual gorengan buatan Sedulur. Modal untuk berjualan gorengan pun tak terlalu banyak. Yakni hanya butuh alat masak, minyak, serta bahan-bahan gorengan seperti tahu, tempe, tepung terigu, dan beberapa sayuran.

Meski memiliki harga jual yang murah, keuntungan yang didapat dengan berjualan gorengan cukup menggiurkan lho. Jadi tak ada salahnya Sedulur bisa mencoba usaha rumahan satu ini.

10. Jasa laundry sepatu

Flokq

Selain jasa laundry pakaian, jasa laundry sepatu ternyata juga memiliki banyak peminat. Saat ini mulai marak penjualan sneakers bermerk di kalangan anak muda, sehingga mereka pun membutuhkan perawatan setelah pembelian. Di sinilah peluang membuka jasa laundry sepatu bisa Sedulur manfaatkan.

Sebagai modal awal, Sedulur cukup menyiapkan alat-alat seperti sikat sepatu, detergen khusus, serta alat-alat lain yang sekiranya dibutuhkan. Jasa laundry sepatu juga masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena belum terlalu banyak saingan. 

11. Jasa desain grafis

Unsplash

Kalau Sedulur jago desain, coba saja buka jasa desain grafis. Sedulur bisa mencoba membuka jasa pembuatan logo, poster, atau desain kaos. Tak hanya mendapat orderan dari klien, Sedulur juga bisa menjual desain melalui situs freelance seperti Fiverr, Freelance.com, Fastwork, Creative Market, dan sebagainya.

Modal yang dibutuhkan antara lain laptop dengan spek yang mumpuni untuk desain dan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.

12. Affiliate Marketing

Unsplash

Affiliate Marketing adalah strategi pemasaran yang sedang naik daun di dunia bisnis online. Sedulur akan mendapatkan komisi untuk penjualan produk atau layanan yang laku terjual.

Lalu bagaimana cara bekerja Affiliate Marketing? Sedulur hanya perlu merekomendasikan produk atau layanan dari sebuah perusahaan lewat sosial media, email, atau blog jika memiliki. Sertakan pula link afiliasi yang Sedulur miliki. Nantinya perusahaan akan membayar Sedulur sesuai jumlah berapa banyak konsumen yang datang dengan menggunakan link afiliasi dari Sedulur.

13. Jasa setrika

Kompas.com

Jika Sedulur tak memiliki mesin cuci untuk membuka jasa laundry, Sedulur bisa membuka jasa setrika. Tak seperti jasa laundry yang membutuhkan lebih banyak peralatan seperti mesin cuci, detergen, pewangi, dan lain-lain, jasa setrika pakaian hanya membutuhkan setrika saja.

Jasa ini bisa sangat dibutuhkan karena saat ini banyak orang yang tak memiliki waktu untuk mengurus rumah tangga karena mobilitas yang tinggi. Dengan modal yang minim, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan membuka jasa ini.

14. Jual minuman kekinian

Unsplash

Siapa sih yang tidak tergiur dengan makanan atau minuman yang diberi label kekinian. Bagi Sedulur yang senang berkreasi untuk menciptakan minuman kekinian, kenapa tak coba dibisniskan saja? Seperti kita tahu, minuman Dalgona yang sempat viral dibuat dengan bahan-bahan yang cukup sederhana.

Sedulur perlu memikirkan ide minuman kekinian apa yang akan ditawarkan, lalu mulai promosi di media sosial. Pikirkan juga ide minuman kekinian yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan banyak digemari.

15. Jual tanaman hias

Unsplash

Selama Pandemi, tampaknya banyak yang mulai menekuni hobi mengoleksi tanaman hias. Jika Sedulur salah satu yang menyukai tanaman, bisa lho menjadikan hobi ini sebagai bisnis. Sedulur bisa membeli tanaman-tanaman hias yang harganya terjangkau, lalu dikemas sedemikian rupa hingga cantik, dan coba pasarkan kembali lewat media sosial.

Sedulur bisa mengganti pot tanaman-tanaman hias tersebut dengan yang lebih unik. Sehingga mengundang ketertarikan banyak orang untuk membeli tanaman hias dari Sedulur.

16. Jasa install aplikasi

Unsplash

Tak semua orang paham dengan masalah IT. Salah satunya banyak yang sering kesulitan jika harus menginstall aplikasi di laptop atau komputer PC mereka. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa Sedulur manfaatkan. Sedulur bisa membuka jasa install aplikasi dengan upah tertentu, sesuai dengan level kerumitan saat menginstall aplikasi. Modal yang Sedulur butuhkan tentunya adalah laptop, flashdisk, serta file-file installer aplikasi.

17. Masakan rumahan

Unsplash

Terakhir, ada usaha jasa masakan rumahan yang bisa Sedulur coba. Tips agar modal yang dikeluarkan lebih hemat adalah Sedulur bisa menjual masakan rumahan yang sama dikonsumsi di rumah Sedulur. Misalnya di rumah Sedulur sedang dihidangkan masakan lodeh, maka Sedulur bisa menawarkan masakan yang sama ke konsumen. Selain hemat tenaga karena tak perlu memasak berkali-kali, Sedulur juga bisa menghemat bahan-bahan masakan.

Itu dia sejumlah usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa Sedulur coba. Namun, selain usaha rumahan di atas, Sedulur juga bisa lho mencoba menjadi Super Agen. Kamu bisa membantu warga di sekitar rumahmu untuk mendapatkan sembako dengan harga terjangkau. Komisi yang akan kamu dapatkan per bulannya juga cukup menarik. Kamu hanya cukup bermodalkan Aplikasi Super dengan mengunduh di Play Store!