Ide jualan makanan kekinian

Setiap kali akan menjual makanan, sering kali kita dihadapkan dengan masalah ide. Ya, ide sangat penting supaya bisnis jualan kamu bisa berjalan lancar dan aman. Selain ide jualan makanan, yang perlu dipikirkan juga adalah tentang modal. Dua hal tersebut yang nantinya akan menjadi penentu keberhasilan dan kelanjutan sebuah bisnis.

Namun membahas soal bisnis makanan, bidang usaha satu ini memang tak pernah sepi peminat. Apalagi kreativitas para pelaku bisnis makanan dalam menciptakan variasi atau tren makanan kekinian membuat para konsumen selalu royal mengeluarkan pundi-pundi rupiahnya.

Makanan kekiniaan pun jadi salah satu menu yang paling banyak dicari orang karena bisa mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya itu, makanan kekinian juga bisa menunjukkan identitas seseorang dalam mengikuti tren sehingga tidak heran banyak menyasar kelompok anak muda. Nah, untuk kamu yang bingung menentukan ide jualan makanan kekinian apa yang menarik untuk sekarang ini, mari simak ulasan di bawah ini ya!  

BACA JUGA: Tips Sukses Memulai Bisnis Thai Tea Agar Cepat Balik Modal

1. Dadar gulung

ide jualan makanan
Kompas

Ide jualan makanan simple yang pertama adalah dadar gulung. dadar gulung adalah olahan makanan simple berbahan dasar tepung terigu, telur, kelapa parut dan gula merah. Semua bahan ini bisa kamu dapatkan di pasar ataupun di  supermarket. Buat kamu yang tertarik dengan bisnis ini, kamu bisa memulai berjualan dengan sistem pre order untuk partai kecil maupun partai besar.

Namun bila tidak ingin membuka sistem pre order, kamu bisa menjualnya langsung ataupun menitipkan barang dagangan kamu ini di warung-warung terdekat. Atau bisa juga kamu titipkan pada pedagang jajanan pasar setiap pagi.

2. Macaroni

ide jualan makanan
Kompas

Selain dadar gulung kamu bisa mencoba ide jualan makanan ringan yaitu Macaroni. Macaroni adalah salah satu cemilan yang sampai sekarang ini masih naik daun. Sebab, makanan yang satu ini bisa dibumbui dengan beragam macam rasa seperti pedas, asin, manis dan gurih.

Tidak heran cemilan makaroni membuat siapapun yang mencoba pasti ketagihan. Selain itu, macaroni adalah makanan ringan yang banyak disukai kelompok pasar anak muda, anak sekolah dan mahasiswa karena bisa dijadikan teman ngemil saat belajar.

Ide jualan makanan kekinian modal kecil ini  tidak memerlukan banyak tempat untuk bisa berhasil. Sebab, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan platform  e-commerece untuk menjual makanan ringan yang satu ini. Adapun keunggulan jika kamu memilih bisnis yang satu ini karena macaroni termasuk makanan yang mempunyai masa kadaluarsa yang panjang, sehingga aman untuk kamu jual ke pelanggan.

3. Pizza mini

ide jualan makanan
Pinterest

Selain makaroni yang bisa kamu jual ke pelanggan, ada lagi ide jualan makanan rumahan yang bisa kamu tekuni yaitu pizza mini. Porsi kecil ini  ideal untuk dinikmati sekali makan dan dapat dihabiskan oleh satu orang. Tidak hanya itu, makanan ini pun sangat digemari oleh masyarakat mulai dari yang dewasa hingga anak-anak. Sehingga sangat pas dijadikan ide jualan makanan online.

Pizza mini bisa menjadi salah satu ide usaha makanan karena resep makanan yang satu ini sangat mudah dibuat. Bahkan bila perlu, kamu bisa menambahkan banyak topping sederhana seperti jamur, jagung dan keju. Supaya bisnis kamu di bidang makanan ini lancar, maka kamu harus pandai dalam melakukan promosi serta membuat makanan dengan rasa yang nikmat. Dengan begitu, usaha pizza mini kamu akan semakin laris dan banyak digemari pelanggan.

4. Martabak varian topping

ide jualan makanan
Tripadvisor

Selanjutnya ide jualan makanan kekinian modal kecil berikutnya adalah membuat martabak varian topping. Martabak kita kenal sebagai makanan yang merakyat karena citarasanya yang gurih dan ada pula yang manis. Karena citarasanya manis dan gurih, membuat lidah orang Indonesia sangat menyukainya. Sehingga sangat pas untuk jadikan ide bisnis rumahan.

Jika kamu memilih usaha yang satu ini, kamu dapat menjual martabak dengan varian berbagai topping seperti cokelat, keju, kacang dan selai buah. Supaya lebih menarik, maka buatlah inovasi pada ukuran seperti membuat martabak mini.

5. Tahu bakso

ide jualan makanan
Kompas

Selain olahan makanan martabak, kamu bisa memilih tahu bakso sebagai ide jualan makanan tahan lama. Tahu bakso adalah makanan berbahan dasar tahu yang diisi dengan adonan daging ayam yang digiling dan kemudian di kukus.

Tahu bakso bisa awet beberapa hari bahkan bisa seminggu jika disimpan di tempat yang benar. Salah satu willayah yang sangat populer dengan olahan makanan ini adalah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.  Untuk kamu yang memilih usaha makanan yang satu ini, kamu bisa menjualnya dalam bentuk beku atau sudah digoreng.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Sayuran Segar, Modal Kecil Untung Belimpah

6. Tahu kremes

ide jualan makanan
GenPI

Berikutnya ada ide jualan makanan simple adalah tahu kremes. Ya, olahan tahu adalah makanan yang sangat banyak digemari orang. Teksturnya yang lembut dan gurih, menjadikan tahu dapat diolah menjadi beragam makanan yang enak dan melezatkan. Salah satu olahan tahu yang bisa kamu buat adalah tahu kremes. Cara membuat olahan makanan yang satu ini sangat mudah dan praktis.

Sebelum digoreng, tahu dibalut dengan tepung bumbu yang biasa dipakai untuk ayam goreng. Baru kemudian untuk menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan bubuk rasa seperti  Balado, BBQ dan bumbu lainnya.

7. Singkong keju

ide jualan makanan
IDN Times

Makanan ringan yang bisa kamu jadikan ide jualan makanan kekinian modal kecil adalah singkong keju. Singkong keju adalah makanan tradisional yang dimodifikasi. Makanan ini mempunyai cita rasa gurih dan enak dimakan selagi masih hangat. Nah, untuk mendapatkan singkong keju  yang lembut, maka kamu harus pandai memilih singkong yang berkualitas. Untuk mendapatkan singkong kualitas kamu bisa bekerja sama dengan petani langsung.

8. Bakso goreng

ide jualan makanan
Mahi

Hampir setiap orang menyukai olahan makanan ini dan bakso adalah makanan enak karena berbahan dasar daging sapi atau ayam. Sebagai makanan yang  banyak digemari orang, bakso ternyata bisa lho dijadikan ide jualan makanan simple yang bisa kamu tekuni. Apalagi bakso bisa diolah menjadi beragam makanan selain dibuat kuah, bisa juga diolah denga cara digoreng. Sehingga terciptalah makanan bakso goreng yang gurih, krispi di luar dan lembut di dalam.

Selanjutnya bagaimana cara memasarkan bakso goreng ini adalah dengan cara diolah dulu menjadi tahu bakso dan beku ataupun sudah digoreng. Target pasar untuk penjualan bakso goreng yaitu mahasiswa, ibu rumah tangga, dan pemilik usaha bakmi.

BACA JUGA: 7 Cara Sukses Memulai Bisnis Obat Herbal di Tahun 2022

9. Ayam goreng krispi

ide jualan makanan
Selerasa

Selain bakso goreng, kamu bisa menjadikan ayam goreng krispi sebagai ide jualan makanan rumahan yang gampang. Ayam goreng krispi adalah salah satu ide bisnis makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat. Hampir di setiap kota atau provinsi pasti akan menemukan makanan yang satu ini. Sebab, makanan ini bisa dijadikan alternatif lauk makan dan tak perlu ribet harus masak-masak.

Bicara ayam krispi harga makanan yang satu ini sangat murah dan terjangkau. Bisa berkisar antara Rp 12.000 sampai dengan Rp 20.000. Jika kamu ingin lebih praktis, maka cobalah untuk bergabung dengan perusahaan franchise makanan. Namun untuk menambah keuntuungan, kamu juga bisa menawarkan pada pemilik usaha katering untuk bekerja sama dengan bisnis ayam goreng krispi kamu.

10. Sosis bakar

ide jualan makanan
Cookpad

Selain ayam goreng krispi kamu bisa memilih sosis bakar sebagai ide jualan makanan di sekolah. Maklum, anak-anak sekolah sangat menyukai sajian yang instan dan siap dimakan seperti nuget, otak-otak dan yang terakhir adalah sosis. Biasanya makanan-makanan instan ini diolah dengan cara digoreng hingga matang. Baru kemudian campurkan dengan lumuran saus, kecap dan sambel, sehingga membuat rasanya lebih nikmat.

Adapun cara pemasarannya, kamu bisa menitipkan makanan sosis goreng ke ibu kantin ataupun bisa kamu jual langsung di depan sekolah bila warungnya berada persis di depan sekolah. Namun, bisa juga kamu jual dengan cara berkeliling memakai motor sehingga kondisi sosis masih segar dan siap digoreng.

11. Roti bakar

Topwisata

Ide jualan makanan kekinian modal kecil berikutnya adalah roti bakar. Roti bakar adalah usaha yang bisa kamu jalankan sebagai seorang pemula yang baru terjun di bidang bisnis kuliner. Roti bakar biasa dijual di sore hingga malam hari karena, di waktu seperti itu, masyarakat sangat banyak mencari jajan. Buat kamu yang berminat menekuni usaha ini, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Seperti roti tawar, berbagai macam topping dan margarin.

Kemudian peralatan yang dibutuhkan antara lain kompor, wajan untuk memanggang, pisau dan alat spatula. Kemudian untuk cara memasarkan bisnis ini, kamu bisa mengguakan gerobak atau bisa berjualan di rumah. Pastikan bila memakai gerobak bahwa tempat untuk kamu jualan tersebut ramai masyarakat berlalu lalang.

12. Nasi goreng

Cookpad

Mungkin usaha ini dapat dijadikan ide jualan makanan rumah karena usaha ini bisa dijual dengan cara pre order ataupun bisa dijual memakai gerobak. Nasi  goreng adalah makanan berbahan dasar nasi yang dimasak dengan campuran toping seperti sosis, potongan daging ayam, hingga bakso. Lalu kemudian nasi yang digoreng tersebut dicampurkan dengan kecap dan bumbu rempah, sehingga menciptakan rasa gurih, manis dan asin.

Nasi goreng biasanya dijual pada malam hari dan makanan ini sangat digemari orang Indonesia. Sebab, selalu menjadi penolong saat seseorang terlalu sibuk dengan pekerjaan. Sehingga sangat pas dijadikan sebagai pengganjal perut kamu Sedulur.

13. Kerupuk jengkol

Resep Masakan Indonesia

Tak hanya nasi goreng yang bisa dijadikan ide jualan makanan rumahan, kamu bisa memilih kerupuk jengkol sebagai ide jualan makanan ringan. Kerupuk adalah makanan yang selalu jadi teman ketka menikmmati berbagai santapan berat. Seperti bakso, mie ayam, nasi goreng dan masih banyak lagi. Salah satu jenis kerupuk yang sangat digemari pastinya adalah kerupuk jengkol.

Ya, jengkol tak hanya diolah menjadi makanan seperti semur atau rendang. Namu bisa juga dijadikan sebagai olahan kerupuk sehingga bila kamu ingin menjual makanan ringan ini, bisa dijual secara online ataupun offline. Supaya memudahkan kamu dalam berjualan online, maka bisa menggunakan platform WhatsApp. Sebab, media sosial ini, masih banyak dipakai orang saat ini, sehingga sangat pas untuk digunakan.

BACA JUGA: Merintis Bisnis Grosir Sembako Modal Kecil dan Menguntungkan

14. Tahu bulat

Grid

Ide jualan makan ringan berikutnya adalah tahu bulat yang sekarang ini mulai tren di kalangan masyarakat. Tahu bulat merupakan jajanan murah meriah yang bisa kamu goreng dadakan. Modal untuk berjualan tahu bulat sangat kecil, sedikit bahan saja sudah dapat menghasilkan tahu bulat dalam jumlah banyak. Kemudian cara memasarkannya adalah dengan berkeliling atau pun mangkal pada beberapa tempat.

15. Piscok

Cookpad

Selain tahu bulat yang sedang tren di kalangan masyarakat, ada jajanan pisang okelat atau piscok sebagai ide jualan makanan simple berikutnya. Ya, piscok adalah makanan yang sangat mudah dibuat karena kamu hanya perlu menyiapkan adonan kulit yang terbuat dari tepung. Kemudian, potongan buah pisang dan terakhir adalah cokelat. Cara penyusunannya sangat mudah, kamu hanya perlu meletakkan pisang di atas kulit, kemudian lumuri cokelat, digulung lalu digoreng.

16. Seblak

Kumparan

Berikutnya ada ide jualan makanan ringan yang bisa kamu tekuni adalah berjualan seblak. Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk dan telur yang direbus menggunakan kuah pedas. Supaya cita rasanya lebih nikmat kamu bisa menambahkan potongan ceker ayam dan sosis. Lalu untuk menjualnya, kamu bisa memanfaatkan platform Facebook ataupun WhatsApps yang mana dua media sosial ini, paling banyak dipakai oleh orang.

17. Jamur krispi

Kompas

Selain seblak kamu bisa memilih jamur krispi sebagai ide jualan makanan ringan. Jamur krispi merupakan olahan makanan berbahan dasar jamur tiram yang dilumuri tepung berbumbu. Baru kemudian, makanan ini bisa kamu kombinasikan dengan lumuran saus pedas manis ataupun kecap. Makanan ini dianggap mirip keawetan yang baik jika kamu melaukan pengemasan dengan baik. Bagaiman, tertarik mencoba ide jualan makanan tahan lama seperti keripik jamur?

18. Corndog

Cookpad

Selain keripik jamur kamu bisa menekuni usaha corndog sebagai ide jualan makanan kekinian modal kecil. Corndog adalah makanan populer yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan dan cara pembuatannnya pun sederhana. Kamu hanya cukup menyiapkan bahan sosis, tepung pembalut dan potongan kentang. Sosis yang ditusuk menggunakan tusukan sate kemudian digulung dalam larutan pekat. Baru kemudian dibalurkan ke potongan kentang dan digoreng.

BACA JUGA: Bisnis Jualan Kurma, Jadi Peluang Usaha dengan Untung Besar

19. Dorokdok

Republika Online

Selain corndog, kamu bisa menekuni usaha makanan dorokdok sebagai ide jualan makanan ringan berikutnya. Dorokdok adalah camilan kering yang banyak menarik perhatian pembeli karena bisa dijadikan makanan camilan saat kerja. Ataupun bisa juga menjadi teman saat nonton film di rumah. Supaya aman dan tahan lama, proses pengemasan makanan dorokdok dikemas secara unik dan rapat menggunakan plastik besar hingga menyerupai guling.

20. Brownies

Epicurious

Ide jualan makanan rumahan yang terakhir adalah usaha brownies. Brownies adalah semacam roti berwarna cokelat dengan varian rasa yang beragam. Tidak hanya itu, makanan ini mempunyai tekstur lembut saat digigit sehingga membuat siapun pasti akan ketagihan. Supaya lebih menarik mata pelanggan, kamu bisa menambahkan kacang almond, keju, hingga pretzel.

Demikian 20 ide jualan makanan yang bisa kamu tekuni dan dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Semoga ulasan di atas membantu kamu yang kesulitan saat menentukan ide bisnis makanan apa yang bisa dijual ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.