Setiap kali akan menjual makanan, sering kali kita dihadapkan dengan masalah ide. Ya, ide sangat penting supaya bisnis jualan kamu bisa berjalan lancar dan aman. Selain ide jualan makanan, yang perlu dipikirkan juga adalah tentang modal. Dua hal tersebut yang nantinya akan menjadi penentu keberhasilan dan kelanjutan sebuah bisnis.

Namun membahas soal bisnis makanan, bidang usaha satu ini memang tak pernah sepi peminat. Apalagi kreativitas para pelaku bisnis makanan dalam menciptakan variasi atau tren makanan kekinian membuat para konsumen selalu royal mengeluarkan pundi-pundi rupiahnya.

Makanan kekinian pun jadi salah satu menu yang paling banyak dicari orang karena bisa mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya itu, makanan kekinian juga bisa menunjukkan identitas seseorang dalam mengikuti tren sehingga tidak heran banyak menyasar kelompok anak muda. Nah, untuk kamu yang bingung menentukan ide jualan makanan kekinian apa yang menarik untuk sekarang ini, mari simak ulasan di bawah ini ya!  

BACA JUGA: 10 Resep Rice Bowl Sederhana, Cocok Jadi Ide Bisnis

-->

Ide jualan makanan kekinian yang patut Sedulur coba

Berikut ini Super telah merangkum lebih dari 20 ide jualan makanan yang bisa Sedulur coba sebagai peluang bisnis. Mulai dari camilan tradisional seperti dadar gulung hingga jajanan kekinian seperti corndog dan pisang nugget.

1. Dadar gulung

ide jualan makanan
Kompas

Ide jualan makanan simple yang pertama adalah dadar gulung. Dadar gulung adalah makanan simple berupa camilan tradisional berbahan dasar tepung terigu, telur, kelapa parut, dan gula merah. Semua bahan ini bisa Sedulur dapatkan di pasar ataupun di  supermarket.

Buat Sedulur yang tertarik dengan bisnis ini, bisa memulai berjualan dengan sistem pre order untuk partai kecil maupun partai besar. Namun bila tidak ingin membuka sistem pre order, kamu bisa menjualnya langsung ataupun menitipkan barang dagangan kamu ini di warung-warung terdekat. Atau bisa juga kamu titipkan pada pedagang jajanan pasar setiap pagi.

2. Aneka frozen food

ide jualan makanan
Tirto

Frozen food atau makanan beku semakin diminati masyarakat setelah era pandemi Covid-19. Bukan tanpa alasan, makanan beku seolah menjawab kebutuhan masyarakat di kala masa pandemi yang erat dengan imbauan untuk tetap di rumah.

Dengan menyediakan makanan beku di rumah, masyarakat dapat mengatasi rasa lapar tanpa perlu pergi ke luar. Tak hanya itu, makanan beku juga memiliki keunggulan berupa daya tahannya yang cukup lama. Ditambah saat ini telah tersedia berbagai macam makanan beku dengan aneka bentuk dan rasa.

3. Minuman boba dan kopi susu kekinian

ide jualan makanan
Kumparan

Boba merupakan salah satu jenis minuman yang sedang tren beberapa waktu belakangan. Pasalnya, boba menawarkan sensasi minuman yang unik di mana terdapat mutiara atau boba yang memiliki tekstur kenyal ketika dikunyah.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Sedulur mencoba peruntungan dengan berbisnis minuman boba. Terlebih saat ini telah banyak beredar resep minuman boba di internet. Nah, untuk membuat bisnis Sedulur berbeda dengan minuman boba lainnya, Sedulur dapat membuat kreasi seperti pilihan rasa minuman maupun kemasan yang berbeda.

Selain boba, minuman lain yang tak kalah populernya adalah kopi susu. Seperti yang diketahui, belakangan tengah menjamur kedai kopi di berbagai sudut kota.

Sebagai bisnis kecil-kecilan, Sedulur bisa merintis bisnis kopi kekinian dengan sistem take away sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk berjualan. Barulah nantinya ketika bisnis tersebut sudah cukup berkembang dan memperoleh keuntungan, Sedulur dapat memperbesar tempat jualan dan menyediakan tempat untuk nongkrong.

4. Martabak dengan topping bervariasi

ide jualan makanan
Tripadvisor

Selain dadar gulung, ide jualan makanan kekinian modal kecil berikutnya adalah membuat martabak varian topping. Martabak kita kenal sebagai makanan yang merakyat karena cita rasanya yang gurih dan ada pula yang manis. Karena cita rasanya yang manis dan gurih, membuat lidah orang Indonesia sangat menyukainya. Sehingga sangat pas untuk jadikan ide bisnis rumahan.

Jika Sedulur memilih usaha yang satu ini, kamu dapat menjual martabak dengan varian berbagai topping seperti cokelat, keju, kacang dan selai buah. Supaya lebih menarik, maka buatlah inovasi pada ukuran seperti membuat martabak mini.

5. Tahu bakso

Kompas

Selain olahan makanan martabak, kamu bisa memilih tahu bakso sebagai ide jualan makanan tahan lama. Tahu bakso adalah makanan berbahan dasar tahu yang diisi dengan adonan daging ayam yang digiling dan kemudian di kukus.

Tahu bakso bisa awet beberapa hari bahkan bisa seminggu jika disimpan di tempat yang benar. Salah satu wilayah yang sangat populer dengan olahan makanan ini adalah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.  Untuk kamu yang memilih usaha makanan yang satu ini, kamu bisa menjualnya dalam bentuk beku atau sudah digoreng.

6. Pisang nugget

iNews

Ide jualan makanan kekinian berikutnya adalah pisang nugget. Jajanan ini sebenarnya sudah cukup lama dikenal masyarakat Indonesia. Hanya saja, makanan ini baru mulai populer beberapa tahun belakangan. Untuk itu tak ada salahnya Sedulur mencoba bisnis satu ini.

Sama seperti ide jualan makanan sebelumnya, bisnis pisang nugget juga tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, Sedulur juga bisa mulai menjualnya dengan sistem pre order sehingga dapat terhindar dari risiko kerugian akibat makanan basi karena tidak terjual. Tak hanya itu, pemasaran melalui jasa layanan pesan antar makanan juga bisa menjadi solusi untuk memperoleh pelanggan dari berbagai lokasi.

BACA JUGA: 8 Ide Bisnis Rice Bowl Rumahan dan Cara Memulainya

7. Sosis kentang

ide jualan makanan
Detik Food

Demam drama Korea turut mempopulerkan jajanan khas negara berjuluk Negeri Ginseng. Satu di antaranya adalah tokebi. Di Indonesia, tokebi lebih populer disebut hottang alias hot dog kentang atau sosis kentang.

Hal ini dikarenakan tokebi dibuat menggunakan sosis yang ditusuk lidi dan kemudian dilapisi adonan tepung. Tak berhenti sampai di situ, sosis yang sudah dilumuri adonan tadi kemudian dilapisi dengan potongan kentang, lalu digoreng hingga kuning keemasan alias golden brown.

Untuk membuat sosis kentang yang lebih menarik, Sedulur bisa mengkombinasikan isian sosis dengan keju mozarella. Dengan begitu, akan tercipta sensasi mulur khas keju mozarella di samping rasanya yang lezat.

8. Corn dog

Fimela

Sama seperti sosis kentang, jajanan satu ini juga populer berkat drama Korea. Meski begitu, corn dog disebut berasal dari Amerika Serikat. Jajanan ini terutama banyak dijual dalam festival.

Bentuk corn dog sendiri mirip dengan sosis kentang. Hanya saja, pada corn dog, sosis yang telah ditusuk dengan lidi hanya dilumuri adonan tepung dan tepung panir kemudian digoreng. Di sisi lain, Sedulur juga bisa menggunakan mozarella sebagai isian corn dog.

9. Makaroni telur

ide jualan makanan
YouTube

Sedulur juga bisa mencoba ide jualan makanan ringan kekinian lainnya yaitu makaroni telur. Makaroni telur adalah salah satu jenis camilan yang sedang naik daun beberapa waktu belakangan. Sebab, makanan yang satu ini bisa dibumbui dengan berbagai macam rasa seperti pedas, asin, manis, dan gurih.

Selain lezat di lidah, makanan ini juga mengandung karbohidrat dari makaroni dan protein dari telur. Oleh karenanya, tak heran banyak orang yang menyukai jajanan satu ini.

Tak hanya itu, bisnis makaroni telur juga tidak membutuhkan modal besar. Sehingga Sedulur dapat mempertimbangkannya sebagai ide bisnis untuk pemasukan tambahan atau bisnis sampingan.

10. Pizza mini

Pinterest

Selain makaroni yang bisa kamu jual ke pelanggan, ada lagi ide jualan makanan rumahan yang bisa kamu tekuni yaitu pizza mini. Porsi kecil ini  ideal untuk dinikmati sekali makan dan dapat dihabiskan oleh satu orang. Tidak hanya itu, makanan ini pun sangat digemari oleh masyarakat mulai dari yang dewasa hingga anak-anak. Sehingga sangat pas dijadikan ide jualan makanan online.

Pizza mini bisa menjadi salah satu ide usaha makanan karena resep makanan yang satu ini sangat mudah dibuat. Bahkan bila perlu, kamu bisa menambahkan banyak topping sederhana seperti jamur, jagung dan keju. Supaya bisnis kamu di bidang makanan ini lancar, maka kamu harus pandai dalam melakukan promosi serta membuat makanan dengan rasa yang nikmat. Dengan begitu, usaha pizza mini kamu akan semakin laris dan banyak digemari pelanggan.

11. Bakso goreng

Fimela

Hampir setiap orang menyukai olahan makanan ini dan bakso adalah makanan enak karena berbahan dasar daging sapi atau ayam. Sebagai makanan yang  banyak digemari orang, bakso ternyata bisa lho dijadikan ide jualan makanan simple yang bisa kamu tekuni. Apalagi bakso bisa diolah menjadi berbagai makanan selain dibuat kuah, bisa juga diolah dengan cara digoreng. Sehingga terciptalah makanan bakso goreng yang gurih, krispi di luar dan lembut di dalam.

Sama halnya dengan tahu bakso, Sedulur bisa menjual bakso goreng dalam bentuk makanan beku (frozen food) maupun sudah matang alias siap disantap. Dengan demikian, Sedulur bisa menjangkau pasar yang lebih luas, misalnya anak-anak dan mahasiswa untuk bakso goreng yang sudah matang, serta ibu-ibu untuk bakso goreng dalam kondisi beku.

12. Singkong keju

Kumparan

Makanan ringan yang bisa kamu jadikan ide jualan makanan kekinian modal kecil adalah singkong keju. Singkong keju adalah makanan tradisional yang dimodifikasi. Makanan ini mempunyai cita rasa gurih dan enak dimakan selagi masih hangat.

Nah, untuk mendapatkan singkong keju  yang lembut, maka kamu harus pandai memilih singkong yang berkualitas. Sedulur bisa mendapatkan singkong kualitas dengan cara bekerja sama dengan petani singkong.

BACA JUGA: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Beserta Tips Menjalankannya

13. Ayam goreng krispi

Selerasa

Selain bakso goreng, kamu bisa menjadikan ayam goreng krispi sebagai ide jualan makanan rumahan yang gampang. Ayam goreng krispi adalah salah satu ide bisnis makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat. Hampir di setiap kota atau provinsi pasti akan menemukan makanan yang satu ini. Sebab, makanan ini bisa dijadikan alternatif lauk makan dan tak perlu ribet harus masak-masak.

Bicara soal ayam krispi, harga makanan yang satu ini sangat murah dan terjangkau. Sedulur bisa menentukan harga berdasarkan bagian ayam, seperti sayap, paha bawah, paha atas, dan dada. Jika kamu ingin lebih praktis, maka cobalah untuk bergabung dengan perusahaan franchise makanan. Namun untuk menambah keuntungan, kamu juga bisa menawarkan pada pemilik usaha katering untuk bekerja sama dengan bisnis ayam goreng krispi.

14. Sosis bakar

Detik Food

Selain ayam goreng krispi kamu bisa memilih sosis bakar sebagai ide jualan makanan di sekolah. Maklum, anak-anak sekolah sangat menyukai sajian yang instan dan siap dimakan seperti nugget, otak-otak dan yang terakhir adalah sosis. Biasanya makanan-makanan instan ini diolah dengan cara digoreng hingga matang. Baru kemudian campurkan dengan lumuran saus, kecap dan sambal, sehingga membuat rasanya lebih nikmat.

Adapun cara pemasarannya, kamu bisa menitipkan makanan sosis goreng ke ibu kantin ataupun bisa kamu jual langsung di depan sekolah bila warungnya berada persis di depan sekolah. Namun, bisa juga kamu jual dengan cara berkeliling memakai motor sehingga kondisi sosis masih segar dan siap digoreng.

15. Seblak

Kompas

Makanan yang berasal dari Sunda ini semakin hari semakin digandrungi masyarakat secara umum. Seblak sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk dan telur yang direbus menggunakan kuah pedas. Supaya cita rasanya lebih nikmat kamu bisa menambahkan potongan ceker ayam dan sosis.

Lalu untuk menjualnya, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial maupun aplikasi layanan pesan antar makanan. Selain itu, Sedulur juga bisa membuka warung seblak di depan rumah ataupun menyewa ruko di kawasan pusat jajanan.

16. Jamur krispi

Fimela

Selain seblak kamu bisa memilih jamur krispi sebagai ide jualan makanan ringan. Jamur krispi merupakan olahan makanan berbahan dasar jamur tiram yang dilumuri tepung berbumbu. Baru kemudian, makanan ini bisa kamu kombinasikan dengan lumuran saus pedas manis ataupun kecap. Makanan ini dapat memiliki keawetan yang baik jika kamu melakukan pengemasan dengan baik. Bagaimana, tertarik mencoba ide jualan makanan tahan lama seperti keripik jamur?

17. Tahu bulat

Fimela

Ide jualan makan ringan berikutnya adalah tahu bulat yang sekarang ini mulai tren di kalangan masyarakat. Tahu bulat merupakan jajanan murah meriah yang bisa kamu goreng dadakan. Modal untuk berjualan tahu bulat sangat kecil, sedikit bahan saja sudah dapat menghasilkan tahu bulat dalam jumlah banyak. Kemudian cara memasarkannya adalah dengan berkeliling atau pun mangkal pada beberapa tempat.

18. Pisang cokelat atau piscok

Kompas

Selain tahu bulat yang sedang tren di kalangan masyarakat, ada jajanan pisang okelat atau piscok sebagai ide jualan makanan simple berikutnya. Ya, piscok adalah makanan yang sangat mudah dibuat karena kamu hanya perlu menyiapkan adonan kulit yang terbuat dari tepung. Kemudian, potongan buah pisang dan terakhir adalah cokelat. Cara penyusunannya sangat mudah, kamu hanya perlu meletakkan pisang di atas kulit, kemudian lumuri cokelat, digulung lalu digoreng.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan dan Pasti Cuan

19. Nasi goreng

Liputan 6

Mungkin usaha ini dapat dijadikan ide jualan makanan rumah karena usaha ini bisa dijual dengan cara pre order ataupun bisa dijual memakai gerobak. Nasi  goreng adalah makanan berbahan dasar nasi yang dimasak dengan campuran topping seperti sosis, potongan daging ayam, hingga bakso. Lalu kemudian nasi yang digoreng tersebut dicampurkan dengan kecap dan bumbu rempah, sehingga menciptakan rasa gurih, manis dan asin.

Nasi goreng biasanya dijual pada malam hari dan makanan ini sangat digemari orang Indonesia. Sebab, selalu menjadi penolong saat seseorang terlalu sibuk dengan pekerjaan. Sehingga sangat pas dijadikan sebagai pengganjal perut kamu Sedulur.

20. Roti bakar

Beautynesia

Ide jualan makanan kekinian modal kecil berikutnya adalah roti bakar. Roti bakar adalah usaha yang bisa kamu jalankan sebagai seorang pemula yang baru terjun di bidang bisnis kuliner. Roti bakar biasa dijual di sore hingga malam hari karena, di waktu seperti itu, masyarakat sangat banyak mencari jajan. Buat kamu yang berminat menekuni usaha ini, ada beberapa bahan yang dibutuhkan. Seperti roti tawar, berbagai macam topping dan margarin.

Kemudian peralatan yang dibutuhkan antara lain kompor, wajan untuk memanggang, pisau dan alat spatula. Kemudian untuk cara memasarkan bisnis ini, kamu bisa mengguakan gerobak atau bisa berjualan di rumah. Pastikan bila memakai gerobak bahwa tempat untuk kamu jualan tersebut ramai masyarakat berlalu lalang.

21. Tahu krispi

Fimela

Berikutnya ada ide jualan makanan simple adalah tahu kremes. Ya, olahan tahu adalah makanan yang sangat banyak digemari orang. Teksturnya yang lembut dan gurih, menjadikan tahu dapat diolah menjadi beragam makanan yang enak dan melezatkan. Salah satu olahan tahu yang bisa kamu buat adalah tahu kremes. Cara membuat olahan makanan yang satu ini sangat mudah dan praktis.

Sebelum digoreng, tahu dibalut dengan tepung bumbu yang biasa dipakai untuk ayam goreng. Baru kemudian untuk menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan bubuk rasa seperti balado, BBQ, dan bumbu lainnya.

22. Dorokdok

ide jualan makanan
Republika

Dorokdok merupakan jajanan khas Garut, Jawa Barat yang memiliki banyak penggemar. Pasalnya, camilan satu ini memiliki tekstur renyah dengan rasa dominan gurih yang banyak disukai masyarakat. Tak heran, camilan kering ini kerap dijadikan makanan camilan untuk menemani saat bekerja maupun menonton film di rumah.

Namun untuk menjual dorokdok, Sedulur perlu memperhatikan masalah pengemasan agar kerenyahan dorokdok dapat terjaga hingga sampai ke tangan pembeli. Adapun Sedulur bisa mengemasnya dalam ukuran kecil ataupun menjualnya secara kiloan.

23. Salad buah

Fimela

Ide jualan makanan kekinian berikutnya adalah salad buah. Seperti diketahui, makanan satu ini tengah populer seiring dengan maraknya kampanye soal hidup sehat, khususnya kampanye untuk makan buah.

Adapun kunci dalam bisnis satu ini adalah Sedulur perlu menjaga kualitas buah-buahan yang dijual. Sehingga buah yang disajikan terjamin kesegarannya. Selain itu, Sedulur juga dapat membuat kreasi salad dressing yang lezat dan sekaligus bisa menjadi ciri khas bisnis salad buah Sedulur.

24. Brownies

ide jualan makanan
Fimela

Ide jualan makanan rumahan yang terakhir adalah usaha brownies. Brownies adalah semacam roti berwarna cokelat dengan varian rasa yang beragam. Tidak hanya itu, makanan ini mempunyai tekstur lembut saat digigit sehingga membuat siapun pasti akan ketagihan. Supaya lebih menarik mata pelanggan, kamu bisa menambahkan kacang almond, keju, hingga pretzel.

Demikian tadi berbagai ide jualan makanan yang bisa kamu tekuni dan dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Semoga ulasan di atas membantu kamu yang kesulitan saat menentukan ide bisnis makanan apa yang bisa dijual, ya, Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.