ide jualan takjil

Setelah menahan lapar dan dahaga selama seharian, biasanya masyarakat Indonesia gemar membeli menu buka puasa atau yang sering kita sebut dengan takjil. Tentu saja, ini menjadi kesempatan emas bagi Sedulur yang memiliki ide jualan takjil saat bulan Ramadhan tiba.

Namun perlu untuk diketahui, tidak semua jenis makanan itu cocok disantap saat berbuka puasa, lho. Jadi Sedulur harus pintar-pintar saat akan merealisasikan ide jualan takjil Ramadhan tersebut. Pastikan makanan atau minuman yang akan dijual itu bisa laris manis.

Nah, bagi Sedulur yang masih bingung, berikut ini ada beberapa ide jualan takjil di bulan puasa yang bisa dijadikan sebagai referensi.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Jus Buah Kekinian dengan Modal Minim

-->

1. Jualan gorengan

ide jualan takjil
tirto

Ide takjil untuk jualan yang pertama adalah gorengan. Ya, teksturnya yang renyah dengan rasa yang guring membuat makanan ini banyak diminati orang-orang sebagai hidangan berbuka puasa. Ada banyak varian gorengan yang populer.

Di antaranya seperti tempe mendoan, tahu isi, lumpia goreng, cireng, singkong goreng, dan lain sebagainya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan ini juga tidak mahal dan yang paling penting mudah didapatkan di pasar.

Sedulur hanya perlu mengolah dan menggoreng bahan-bahan yang dibutuhkan, kemudian langsung sajikan kepada para pembeli. Selain itu, Sedulur juga bisa menambah beberapa varian menu kekinian seperti pisang keju, sosis goreng, kentang goreng untuk menarik lebih banyak pembeli.

2. Jualan es buah

ide jualan takjil
kulina

Jualan es yang paling laris di bulan Ramadhan apalagi kalau bukan es buah. Kudapan yang segar ini mampu menghilangkan rasa dahaga setelah ditahan seharian. Sedulur juga tidak membutuhkan terlalu banyak bahan untuk membuatnya.

Cukup dengan beberapa jenis buah segar seperti semangka, mangga, pepaya, sirup, nata de coco, dan lain sebagainya, kemudian ditambah sirup, susu, dan es, maka jadilah es buah yang nikmat. Sedulur bisa jualan minuman paling laris jika menambahkan beberapa buah yang sedang musim, lho.

Dengan membuat varian-varian es buah yang baru, tentu saja akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Bahkan Sedulur bisa juga membuat variasi yang unik, seperti menambahkan air soda maupun es krim di dalamnya.

3. Jualan puding buah

ide jualan takjil
langsungenak

Puding buah merupakan jenis takjil yang banyak disukai oleh anak-anak, karena memiliki warna yang cantik dan juga teksturnya yang kenyal. Walaupun begitu, tidak sedikit orang dewasa yang juga menggemari puding buah ini, lho.

Cara untuk membuat puding buah ini juga tidak susah, kok. Buah-buahan yang digunakan pun dapat disesuaikan dengan budget atau modal yang Sedulur miliki. Namun disarankan jangan menggunakan buah yang terlalu mahal, karena semakin mahal harga yang ditawarkan, semakin kecil pula resiko terjual.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur bisa menggunakan bahan-bahan yang murah namun membuat kreasi baru yang menarik. Misalnya saja seperti puding buah kaca, puding buah sirup, hingga puding buah pelangi. Bahkan Sedulur juga bisa menambah menu berupa salad buah cup.

BACA JUGA: Peluang Usaha Kebab Gerobak, Segini Modal dan Cara Promosinya

4. Jualan kolak pisang

liputan6

Walaupun terlihat sederhana, namun ternyata keuntungan yang didapatkan dari jualan kolak pisang itu bisa lumayan, lho. Rasa manis dan tekstur kental dari kolak pisang ini, menjadi salah satu kunci mengapa ada banyak sekali orang yang meminatinya.

Terlebih lagi, aromanya yang begitu harum dari daun pandan dalam rebusan kolak, membuat siapa saja betah menikmati setiap gigitannya. Untuk membuat kolak yang nikmat, Sedulur bisa menggunakan potongan pisang bertekstur padat.

Tingginya minta masyarakat Indonesia yang menjadikan kolak pisang sebagai takjil, membuat ide usaha takjil ini masih diminati oleh banyak orang. Jadi bagi Sedulur yang merasa mampu membuat kolak pisang yang nikmat, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang tersebut.

5. Jualan es pisang ijo

selerasa

Es pisang ijo termasuk salah satu menu yang dicari di bulan Ramadhan. Tentu saja, es kekinian untuk jualan ini mampu mendatangkan banyak keuntungan. Hidangan khas Makassar ini, menjadi salah satu menu buka puasa yang paling dicari-cari oleh masyarakat.

Tekstur kenyal dari kulitnya dipadukan dengan segarnya es serta manisnya saus vla, membuat buka puasa terasa sangat nikmat. Rasa dahaga dijamin bisa langsung hilang, setelah meneguk es kekenian yang sempat viral beberapa waktu lalu ini.

Jika dilihat-lihat, sepertinya berjualan es pisang ijo cukup rumit. Namun sebenarnya cara pembuatan es unik untuk usaha ini cukup mudah, kok. Bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan di pasar. Jadi Sedulur tidak perlu ragu untuk mulai berjualan es pisang ijo di bulan Ramadhan.

6. Jualan Olahan Kurma

radarcirebon

Seperti yang telah diketahui, buah kurma itu sangat identik dengan bulan Ramadhan. Rasanya akan tidak lengkap jika dalam bulan Ramadhan belum menyantap buah kurma. Oleh sebab itu, takjil berbahan dasar buah kurma menjadi salah satu yang dicari-caro selama bulan puasa.

Namun tidak hanya di bulan Ramadhan saja, hidangan ini juga laris dibeli sebagai buah tangan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Jadi jika Sedulur bisa memutar otak dan mencari ide usaha yang tepat, maka bisa memanfaatkan buah khas Arab Saudi tersebut.

Ya, buah kurma tersebut dapat Sedulur jadikan sebagai berbagai macam olahan yang lezat. Misalnya seperti kue cubit bertopping buah kurma, pie susu kurma, buah kurma lapis coklat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Resep Dessert Box Kekinian, Bisa Jadi Ide Usaha di Rumah

Itulah beberapa ide jualan takjil bulan puasa yang bisa Sedulur coba. Sebelum menjualnya kepada orang-orang, Sedulur harus coba membuat dan menemukan satu resep terbaik. Jika sudah, gunakan resep tersebut sebagai pedoman untuk menarik para pelanggan.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Dan jika Sedulur mencari bahan-bahan berkualitas dengan harga yang terjangkau, maka langsung saja download Aplikasi Super.