bisnis frozen food

Simak rekomendasi frozen food dan beberapa penjelasan yang berkaitan di bawah ini.

Salah satu jenis makanan yang sedang banyak diminati pada tahun 2022 adalah makanan beku atau frozen food. Makanan beku menjadi makanan yang laris dan banyak dibeli oleh masyarakat karena praktis dan bisa tahan lama.

Artikel kali ini akan membahas rekomendasi makanan beku yang enak dan harga terjangkau. Yuk, langsung saja kita simak penjelasan dalam artikel di bawah ini.

Apa itu Frozen Food?

Apa itu Frozen Food?

Frozen food atau makanan beku merupakan salah satu alternatif makanan yang baik bagi ketersediaan protein, baik itu protein hewani maupun protein Nabati yang bisa kita gunakan sebagai makanan sehari-hari.

Seperti contohnya adalah nugget. Banyak produk nugget yang berinvasi dari sayuran dan buah-buahan.  Inovasi nugget sayur dan buah hadir akibat adanya permintaan dan kebutuhan dari masyarakat, maka dari itu para produsen nugget ayam dan sapi harus menyediakannya.

Selain itu, makanan beku juga diartikan sebagai makanan yang telah dibekukan untuk maksud dan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan dan dapat bertahan lama. Sejak dari zaman dahulu, para petani, nelayan, serta pemburu telah mengawetkan hasil usaha mereka dengan berbagai teknologi kuno dan tua.

Biasanya diawetkan di bangunan yang tidak terhangatkan ketika musim dingin. Pembekuan memperlambat dekomposisi dengan dapat mengubah kadar air yang tersisa menjadi es dan menghambat pertumbuhan sebagian besar spesies bakteri sehingga bisa bertahan lama.

BACA JUGA: 9 Peluang Usaha Baru 2020, Tambah Penghasilan dari Rumah

Cara memilih frozen food

Cara Memilih Frozen Food

Agar bisa mendapatkan makanan beku yang baik dan berkualitas tinggi, Sedulur wajib mengikuti penjelasan yang berkaitan dengan tips memilih makanan beku di bawah ini. Terdapat beberapa tips dan trik yang bisa Sedulur ikuti:

  • Pertama, sebelum membeli makanan beku harap diperhatikan dengan teliti merk dan produsen yang memproduksi makanan beku tersebut.
  • Jangan lupa juga untuk mencatat dan melihat tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk, kemudian pastikan juga membeli produk yang masa pakainya masih panjang.
  • Selanjutnya jangan sampai lupa untuk memperhatikan bentuk dan warna dari produk tersebut maupun dari kemasannya, agar kita bisa mengetahui produk makanan beku mana yang masih bagus dan layak makan.
  • Lebih baik membeli produk frozen food disaat sudah akan membayar di kasir, agar ketika sampai dirumah produk tersebut masih dalam keadaan baik / beku.

Mengetahui tips memilih makanan beku harus beserta dengan mengetahui cara menyimpannya. Walaupun merupakan makanan beku yang bertahan lama, namun sangat penting juga memikirkan cara menyimpannya agar dapat bertahan lebih lama lagi.

Tips menyimpan frozen food yang benar

frozen food
KlikDokter

Poin-poin yang akan disampaikan dibawah ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan beku yang baik dan benar agar makanan beku bisa bertahan lebih lama lagi.

  • Ketika penyimpanan berlangsung, jangan lupa untuk memastikan makanan beku dipisahkan proses pembekuannya dari bahan makanan mentah dengan makanan matang yang tersedia.
  • Jangan diisi terlalu penuh kulkas, isi dengan makanan beku secukupnya saja. Karena hal tersebut  akan menyebabkan beban terlalu berat sehingga suhu yang diinginkan tidak segera tercapai dan makanan beku malah akan cepat basi.
  • Pastikan setiap kemasan dari makanan beku yang tidak habis dalam sekali pemakaian, dibungkus dengan rapih dan tertutup, agar makanan beku bisa bertahan sedikit lebih lama lagi.
  • Jangan lupa cek freezer kulkas dan memastikan suhu pendingin tetap terjaga yaitu sekitar (-4ºC) dan suhu pembekuan sekitar (-18ºC).
  • Sediakan wadah untuk menyimpannya, bisa wadah berupa kantong plastik, kotak plastik atau kertas selofan. Dan pastikan wadah tersebut kedap udara, agar tidak terjadi oksidasi selama proses penyimpanan dan tidak menyebabkan cepat basi.
  • Dan jangan lupa bersihkan lemari pendingin / kulkas secara berkala. Karena kebersihan kulkas akan mempengaruhi ketahanan makanan beku.

Tips kemitraan usaha frozen food

Tips Kemitraan Usaha Frozen Food

Waralaba frozen food dan distributor frozen food merupakan salah satu tempat yang pertama kali harus kita datangi ketika ingin memulai usaha kemitraan makanan beku. Karena dengan menghubungi kedua belah pihak tersebut, kita bisa memulai kemitraan usaha makanan beku.

Jangan lupa juga untuk menentukan jenis produk dari makanan beku yang ingin dijual. Karena hal ini bisa menentukan fokus kita menjalankan bisnis makanan beku. Selain itu juga kita bisa memikirkan kemasan frozen food yang menarik, jika telah mengetahui produk dan jenisnya.

Jangan lupa juga untuk menghitung modal secara rinci dan seusai. Karena dalam menjalankan usaha makanan beku, terutama jika bermitra dengan beberapa produsen makanan beku, modal adalah hal penting yang perlu dipikirkan.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial sebagai bagian dari pemasaran produk makanan beku yang ingin dibeli. Karena saat ini banyak bisnis yang berjalan dengan lancar, bahkan hingga mencapai kesuksesan dengan memanfaatkan media sosial dengan baik.

Terakhir, rajin berjejaring dengan beberapa pengusaha kemitraan makanan beku, karena semakin luas jaringan semakin akan mempengaruhi bisnis makanan beku yang dijalani. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan.

Perbandingan produk frozen food

Perbandingan Produk Frozen Food

Faktor yang paling penting untuk dilakukan baik dalam memilih dan membeli makanan beku, ataupun menjalankan usaha makanan beku adalah membandingkan setiap produk dari makanan beku yang ada. Baik secara kualitas, rasa dan harga.

Pilih dan tentukan segala halnya sesuai selera dan keinginan kita. Jangan sampai segala halnya mengecewakan dan mempengaruhi berbagai aspek penting. Terutama dalam menjalankan bisnis makanan beku, jangan sampai produk yang dipilih gagal dan malah tidak memberikan keuntungan, namun sebaliknya, yaitu mengantarkan kita pada kegagalan.

BACA JUGA: Ini Daftar Harga Mie Instan Agustus 2020 yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Cedea steamboat

frozen food
Cedeaseafood

Rekomendasi makanan frozen food kekinian pertama adalah Cedea Steamboat. Salah satu produk dari Cedea ini akan membuat Sedulur menjadi lebih praktis dan mudah untuk memasak tom yam atau menu rebusan lainnya. Dengan harga mulai dari Rp 24.500 saja, Sedulur sudah bisa mendapatkan satu paket berukuran 300 gram.

Dalam satu kemasan Cedea Steamboat terdiri dari dumpling, fish cake, bakso ikan berbentuk binatang, crabstick, chikuwa, bakso ikan, bakso kepiting, scallop, dan isian tom yam lainnya. Tidak hanya itu, Sedulur juga akan mendapatkan bumbu tom yam yang hanya tinggal dipanaskan bersama dengan isiannya. Selain praktis, produk ini juga sudah memiliki sertifikasi halal MUI sehingga aman dikonsumsi. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Keju untuk MPASI Terbaik, Aman & Bergizi

2. Golden Farm Mixed Vegetables

sayuran
Borma Dago

Rekomendasi selanjutnya adalah Golden Farm Mixed Vegetables. Produk ini merupakan sayuran beku yang berisi kacang polong, wortel, dan jagung beku dengan ukuran dadu. Meskipun berbentuk sayuran frozen, namun produk ini tetap memiliki rasa sayur yang sama dengan aslinya. 

Cara mengolahnya juga mudah. Sedulur dapat mengolahnya dengan cara merebus atau mengukusnya. Selain itu, jika Sedulur ingin menumisnya, maka produk ini dapat dicairkan terlebih dulu di dalam air panas, atau diambil seperlunya dan diamkan di suhu ruang selama beberapa saat. Tidak perlu khawatir karena produk ini sudah memiliki izin BPOM sehingga aman dikonsumsi.

3. Siomay Ayam Wei Wang

siomay
WeiWang

Macam macam frozen food selanjutnya adalah Siomay Ayam Wei Wang. Sedulur dapat menikmati siomay dengan lebih praktis tanpa harus membuatnya sendiri dari awal. Tidak perlu diragukan lagi, produk siomay ayam ini sangatlah enak dan bisa diadu dengan dimsum ayam di restoran.

Sedulur dapat memilih beberapa varian rasa, yaitu siomay ayam, ayam jamur, hingga ayam sayur. Cara mengolahnya juga mudah, cukup digoreng atau dikukus saja dan Sedulur sudah bisa menikmatinya. Produk ini juga sudah memiliki izin BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: 20 Ide Jualan Makanan Kekinian Terenak dengan Modal Kecil

4. SunnyGold Chicken Karage 

ayam karage
SunnyGold

Contoh frozen food yang memiliki standar kualitas ekspor adalah SunnyGold Chicken Karage. Hal ini karena brand lokal SunnyGold telah berhasil mengekspor berbagai produk olahan ayamnya hingga ke Jepang. Menggunakan ayam indukan bersertifikat dengan pakan berkualitas dan pabrik yang canggih, tak heran jika produk SunnyGold banyak diminati.

Chicken karage merupakan olahan daging ayam bagian paha yang dibalut tepung. Potongan daging yang digunakan tidak terlalu besar atau kurang lebih seukuran ibu jari. Sedulur dapat menyajikan SunnyGold Chicken Karage dengan cara deepfried untuk membuat semua lapisan daging matang secara merata. Setelah matang, Sedulur dapat menikmatinya dengan tambahan saus tomat, sambal, hingga mayonais. 

5. Fish Roll and Baso Cedea

baso
Cedeaseafood

Selanjutnya adalah Fish Roll and Baso Cedea, dua produk unggulan yang biasa diguanakan dalam aneka frozen food untuk jualan. Merek ini terkenal dengan olahan hasil laut yang dibekukan dengan rasa yang enak dan tentunya berkualitas. 

Fish roll adalah camilan dari ikan yang digulung dengan lapisan kulit tahu. Camilan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Tak hanya itu, olahan ikan ini juga tidak berbau amis dan memiliki cita rasa ikan segar yang lembut ketika dimakan.

Selain fish roll, Cedea juga memiliki produk makanan beku berbentuk bakso dengan rasa yang bermacam-macam. Sedulur dapat memilih bakso ikan sayuran, bakso ikan udang, bakso kepiting, bakso ikan original, bakso cumi, hingga bakso bola udang. Tak perlu khawatir karena semua produk Cedea sudah bersertifikasi halal MUI dan izin BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi.  

6. Ayam Potong SO GOOD

ayam
SO GOOD

Tidak hanya makanan kecil, Sedulur juga dapat menemukan ayam potong dalam jajaran frozen food yang dijual di pasaran. Ayam potong beku ini diinisiasi oleh brand terkenal SO GOOD. Tidak hanya sekadar ayam mentah beku, ayam potong SO GOOD juga memiliki banyak varian rasa.

Variasi rasa menu ayam goreng ini akan semakin memudahkan Sedulur ketika akan memasaknya.Terdapat ayam potong pedas manis, ayam potong bumbu kuning, dan ayam potong original beku. Sedulur juga dapat memilih ukuran yang diinginkan, mulai dari paha dan dada ayam, hingga ayam potong untuk ukuran membuat sup. 

Cara mengolahnya juga mudah. Sedulur dapat menggoreng atau merebusnya untuk dijadikan sup. Terdapat satu potong ayam utuh dalam satu kemasan yang dibagi menjadi 10 bagian berisi paha dan dada. Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 34.800.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Meja Kompor Terbaik untuk Percantik Hunian

7. Belfoods French Fries

KENTANG
Belfoods

Selanjutnya adalah camilan beku kentang goreng yakni Belfoods French Fries. Sedulur dapat mendapatkan produk paling enak dan paling praktis ini dengan harga hanya sekitar Rp 18.000 saja. Dengan adanya sertifikasi halal MUI, produk-produk dari Belfoods tentu aman untuk dinikmati siapapun.

Sedulur dapat memilih kentang goreng original maupun kentang aneka rasa. Kentang-kentang ini memiliki tekstur yang renyah dan tidak alot. Jika menginginkan frozen food selain kentang, Belfoods juga memiliki produk lainnya, seperti chicken nugget, chicken wings, dan bakso ayam. 

8. Kanzler

kanzler
iPrice Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Kanzler? Merek frozen food dengan bahan premium ini tentu sangat terkenal di tahun 2022. Kanzler memiliki cukup banyak varian makanan beku, seperti sosis dan chicken nugget. Sedulur juga dapat memilih varian rasa pada sosis, mulai dari original, beef wiener, keju, blackpepper, hingga beef cocktail.

Tak perlu khawatir, sosis Kanzler juga sudah memiliki izin BPOM sehingga aman dikonsumsi. Sosisnya terkenal dengan sosis ala Jerman yang tebal dan berisi sehingga banyak diminati. Kanzler menjadi salah satu frozen food terbaik karena memiliki kualitas bahan yang premium dan rasa yang lezat. 

9. FIESTA Chicken Nugget

nugget
Tuquh

Selanjutnya adalah FIESTA Chicken Nugget yang menjadi salah satu frozen food chicken nugget terbaik di Indonesia. Produk ini sangat terkenal karena memiliki banyak varian, mulai dari rasa original, rasa keju, rasa pizza, hingga nugget dengan sayuran.

Selain itu, nugget ayam ini juga memiliki bentuk yang sangat unik sehingga mampu menarik minat si kecil untuk menambah nafsu makannya. Tak hanya nugget ayam, FIESTA juga memiliki berbagai jenis makanan beku lainnya, mulai dari chicken wings, dimsum, kentang goreng frozen, bahkan hingga rice box ready to eat.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik, Berkualitas & Termurah

10. Pelangi Donuts Premium 

donat
Productnation

Selain makanan berbau ikan dan ayam, frozen food juga dapat digunakan untuk makanan manis, salah satunya adalah donat. Pelangi Donuts merupakan donat kentang beku yang siap dihidangkan kapanpun dan dimanapun tanpa harus membuatnya dari awal. Donat ini diproduksi oleh salah satu UMKM berkualitas sehingga menjadi rekomendasi frozen food homemade terbaik di Indonesia.

Pelangi Donuts menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik dan diproduksi dengan standar keatinggi. Tak perlu ragu lagi, Pelangi Donuts sudah mengantongi izin P-IRT dari Dinas Kesehatan. Dalam setiap ukuran sedang, Sedulur akan mendapatkan 20+1 donat kentang serta gula tabur yang cukup untuk setiap donatnya. 

Cara mengolahnya juga mudah. Cukup goreng donat dengan api sedang selama beberapa menit lalu angkat dan sajikan. Donat ini memiliki tekstur cukup lembut dan rasa manis dari gula halus yang berpadu sangat pas dengan adonan kentang. 

11. Sunfish Dumpling Cheese Fish Ball 

fish ball
BigGo

Jika Sedulur mencari nama frozen food yang bagus, maka Sunfish Dumpling Cheese Fish Ball mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Olahan bakso ikan dengan nama cheese fish ball ini merupakan produk unggulan dari brand Sunfish.

Sunfish menggunakan bahan surimi atau pasta ikan yang ditambahkan dengan bumbu dan keju sehingga membuat warna dari bakso ikan Sunfish adalah putih dengan kombinasi orange. Selain dicampurkan dalam adonan, keju juga terdapat di isian produk sehingga ketika dimasak keju ini akan menjadi lumer. 

Namun cukup berbeda dengan bakso ikan lainnya, cheese fish ball tidak berbentuk seperti bola. Sunfish Cheese Fish Ball ini memiliki bentuk bulat gepeng dengan sedikit ‘jambul’ di atasnya. Warnanya juga berlapis antara putih dan oranye sehingga membuat orang tertarik untuk segera mencicipinya. Selain digoreng, produk ini biasanya disajikan dalam masakan berkuah seperti tom yam.

BACA JUGA: 15 Makanan yang Mengandung Vitamin D yang Baik untuk Anak

12. Nidia Sosis Sapi Bockwurst 

sosis
Productnation

Rekomendasi terakhir adalah Nidia Sosis Sapi Bockwurst yang merupakan olahan daging dengan banyak penggemar. Memiliki bentuk panjang dengan rasa yang gurih dan warna coklat kemerahan, sosis sapi menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang.

Dalam ukuran 500 gram Nidia Sosis Sapi Bockwurst, Sedulur akan mendapatkan 6 pcs olahan daging sapi berbentuk sosis. Ukuran ini tentunya sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran sosis biasa yang ada di pasaran. Tak heran jika bockwurst menjadi jenis sosis sapi yang banyak daging dan sering digunakan untuk isian hot dog. Tak hanya ukuran, dari segi rasa juga sosis Bockwurst memiliki sedikit tambahan rasa yang berasal dari bahan lada putih dan paprika. 

Meskipun dikenal dengan sosis khas Jerman, Nidia Sosis Sapi Bockwurst sudah memiliki sertifikasi Halal dari MUI sehingga aman untuk dikonsumsi siapapun. Ditambah lagi dengan sistem produksi berteknologi tinggi, Sedulur tidak perlu lagi meragukan kebersihannya. Sedulur dapat menggoreng atau merebus sosis sapi ini dan sajikan dengan saus BBQ atau Blacpapper agar lebih lezat.

Nah, itulah rekomendasi frozen food terbaik yang paling enak di tahun 2022 ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang ingin membeli produk-produk makanan beku untuk stok di rumah. Selamat berbelanja!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.