Ide jualan makanan kekinian

Setiap tahun pasti ada saja makanan kekinian yang muncul dan menjadi idola masyarakat. Makanan semacam ini pun selalu menjadi peluang bisnis bagi banyak orang, khususnya bagi orang yang hobi memasak. Namun bagaimana di tahun ini? Kira-kira apa ide jualan makanan kekinian 2022 yang paling menguntungkan?

Ide jualan terbaik saat ini yang bisa Sedulur coba sebenarnya cukup banyak. Hal ini karena ada beberapa makanan jenis baru yang muncul usai dipengaruhi oleh tren KDrama atau film-film yang tayang di televisi atau bioskop.

Bila Sedulur apa saja ide jualanan makanan di tahun 2022 ini, yuk langsung simak daftar inspirasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 1 Liter Beras Berapa Kg? Ini Cara Hitung Paling Mudah

1. Cimol

Ide jualan makanan kekinian
Fimela

Nah, ide jualan makanan kekinian modal kecil untung besar yang pertama adalah cimol. Jajanan satu ini merupakan salah satu cemilan khas sunda yang terbuat dari aci yang digemol sehingga berbentuk bulat.

Melihat bahan dasar cimol yang hanya terbuat dari tepung kanji yang memang murah meriah, makanan ini memiliki potensi besar untuk menjadi ladang cuan.

Proses memasak cimol pun tidak terlalu ribet sehingga Sedulur yang tidak terlalu jago memasak tetap bisa membuatnya. Selain itu, Sedulur harus pastikan menggunakan berbagai macam bumbu bubuk agar makanan ini bisa semakin nikmat saat dijual kepada pelanggan.

Sebenarnya jajanan ini sudah cukup lama ada dan jadi trend makanan jalanan di Indonesia. Namun, agar cemilan ini bisa makin viral dan kekinian, Sedulur bisa mengkombinasikan dengan memberi isian keju didalamnya. Dijamin nikmat dan makin nyoy!

2. Batagor

Ide jualan makanan kekinian
Fimela

Masih makanan yang berasal dari wilayah Jawa Barat, kali ini ada batagor. Makanan satu ini bisa menjadi ide jualan makanan kekinian modal kecil karena bahan dasar memasaknya yang mudah dan murah.

Batagor sendiri merupakan akronim dari baso tahu goreng, dimana bahan dasar pembuatannya berarti hanya menggunakan tahu yang dilembutkan lalu diisi dengan adonan ikan tenggiri yang telah dicampur tepung kanji.

Dalam proses pembuatannya, jika Sedulur ingin membuat versi yang lebih murah meriah maka bisa mengubah bahan ikan tengiri dengan bakan ikan lain yang lebih murah. Atau Sedulur bisa membuatnya dengan aci saja.

Kunci dari batagor untuk jualan rumahan adalah pembuatan bumbu kacang yang harus lembut dan nikmat. Jadi Sedulur bisa mencoba beberapa variasi bumbu kacang agar bisa menemukan resep yang terbaik sebelum dijual ke pelanggan.

3. Corndog

Ide jualan makanan kekinian
Corndog Doona

Makanan pertama yang dapat menjadi menu pilihan untuk dijual adalah Corndog. Makanan yang berasal dari Korea ini memiliki konsep sederhana. Sedulur cukup menyiapkan bahan sosis, tepung pembalut dan potongan kentang.

Sosis yang ditusuk dengan tusukan sate, digulung dalam larutan tepung pekat. Kemudian dibalurkan pada potongan kentang. Setelah itu, sosis berbalut tepung dan kentang digoreng dalam minyak panas hingga matang kecoklatan. Bahan tepung dan kentang yang menempel pada sosis menjadi pilihan karbohidrat sebagai penunda lapar.

4. Tahu walik

Ide jualan makanan kekinian
Pinterest

Sedulur pasti pernah mencoba makanan bernama tahu walik. Yup, ini merupakan olahan tahu yang saat ini menjadi salah satu ide jualan makanan kekinian modal kecil untung besar.

Bagaimana tidak, Sedulur cukup membalikkan tahu isi yang telah dikeluarkan isinya dengan menambahkan isian daging giling yang dicampur tepung di dalamnya Makanan ini jadi buruan banyak orang karena bisa dicocol dengan saus sambal atau dimakan langsung dengan cabe.

Modal untuk usaha cemilan satu ini pun cukup murah karena olahan tahu walik bisa bertahan lama sebelum digoreng. Jadi cocok untuk dijadikan ide bisnis makanan Sedulur.

5. Dimsum mentai

Dimsum
Unsplash

Cemilan hangat yang mirip dengan siomay ini juga kerap dikreasikan dengan saus mentai. Dimsum, terasa semakin meleleh di lidah bila dipertemukan dengan saus mentai. Bisnis makanan kekinian ini masuk ke lidah banyak masyarakat pecinta chinese food.

Untuk memulai bisnis ini, Sedulur bisa menemukan panduan membuat dimsum dari internet dan mencobanya di rumah. Selain itu, kini juga telah beredar supplier atau pemasok dimsum untuk mempermudah Sedulur memulai bisnis dimsum mentai.

Selain itu, bisnis dimsum juga tergolong mudah karena bahan yang dibuat bisa disimpan dalam bentuk frozen sebelum nanti dikukus kembali. Jadi ide jualan makanan kekinian tahan lama yang wajib Sedulur coba adalah dimsum mentai.

BACA JUGA: Manfaat Toko Kelontong untuk Masyarakat di Sekitarnya

6. Seblak

Seblak
Fimela

Seblak termasuk ide jualan makanan online kekinian dengan modal kecil. Makanan yang satu ini menggunakan bahan dasar kerupuk dan telur yang direbus dengan kuah pedas.

Salah satu kreasi makanan satu ini berasal dari Bandung dan cepat populer, khususnya pada anak muda. Campuran rasa pedas, manis, dan asin tersebut membuat seblak mendapatkan hati tersendiri bagi konsumen.

Kamu bisa menjual seblak dengan tambahan makanan seperti sosis, bakso, ceker ayam, siomay goreng, dan lain-lain. Selain itu, kamu bisa berkreasi dari sisi level kepedasannya. Cobalah buat seblak dengan level pedas berbeda-beda sesuai dengan selera calon konsumen.

7. Roti gembong

Ide jajanan makanan kekinian
Sweet Trip

Pernah mendengar roti gembong? Yup, ini merupakan salah satu cemilan khas dari Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Makanan satu ini sedang naik daun usai muncul di beberapa kota besar di Indonesia.

Roti gembong pun menjadi salah satu ide jualan makanan kekinian yang patut dicoba. Apalagi membuat roti ini sebenarnya tidak begitu sulit karena konsepnya mirip dengan roti sobek. Namun, roti ini memiliki ciri khas pada isiannya yang sangat variatif dan beragam.

Ada beberapa rasa yang wajib Sedulur persiapkan untuk menjual roti gembong, yaitu rasa mayo, mayo pedas, abon, butter cream, sampai ovomaltine yang begitu digemari masyarakat.

Untuk satu porsi roti gembong biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 15 ribu sampai Rp 17 ribu. Melihat harganya yang tidak terlalu mahal, sudah bisa dipastikan ide jualan makanan kekinian satu ini bisa laku keras.

8. Bubur kacang ijo

Ide jajanan makanan kekinian
Pinterest

Cari ide jualan makanan kekinian simple? Kalau begitu Sedulur bisa mencoba membuat bubur kacang ijo. Makanan satu ini memang cukup tradisional, tapi selalu disukai oleh banyak orang. Selain itu, kacang ijo juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk semua kalangan.

Menjual kacang ijo kekinian juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Sedulur bisa membuat inovasi dengan menambahkan sirup, susu coklat, roti, sampai es serut agar kacang ijo lebih segar dan nikmat.

Menjual bubur kacang ijo juga tergolong simpel karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu ribet. Sedulur hanya perlu menyiapkan kacang ijo, ketan hitam, dan kuah santan sebagai bahan utamanya.

9. Tahu gejrot

Ide jajanan makanan kekinian
Liputan6

Tahu gejrot merupakan jajanan khas Cirebon yang disukai banyak orang. Jajanan ini terdiri dari tahu yang disiram dengan kuah yang rasanya manis, asin dan pedas.

Biasanya tahu gejrot ini dijual dengan menggunakan gerobak sederhana untuk menyimpan tahu, bumbu-bumbu dan peralatan mengolah bumbu. Harganya pun murah meriah, mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu aja.

Ciri tahu gejrot yang paling diingat adalah bumbu tahu gejrotnya yang langsung diulek di atas ulekan berbahan tembikar kecil. Belakangan ini, tahu gejrot makin dicari dengan branding tahu gejrot setan. Maksudnya tahu gejrot ini dibuat dengan menggunakan cabai rawit setan yang pedasnya tidak tanggung-tanggung.

Memang ide jualan makanan kekinian 2022 kali ini banyak yang menggunakan rasa pedas yang super agar bisa menarik perhatian pembeli, khususnya mereka yang pecinta pedas.

10. Cumi bakar ala Korea

Korea street food
Gowithguide

Cumi-cumi bakar utuh termasuk camilan yang dapat kamu temukan di kedai street food di Korea Selatan. Ciri khas cumi-cumi bakar ala Korea adalah ukurannya besar dan utuh, memakai bumbu gochujang, serta sayatan silang di kulit cumi-cumi.

Ide jualan makanan kekinian 2022 ini tidak lepas dari berkembangnya Korea-sentris di beberapa kelompok anak muda Indonesia. Namun, di lain sisi, makanan satu ini memang sangat pantas untuk dijadikan street food di Indonesia.

Sedulur hanya perlu mencari cumi yang memiliki ukuran besar dengan saus gochujang yang dioleskan saat proses pembakaran. Melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang mulai tertarik dengan berbagai macam hal yang berbau Korea, makanan satu ini tentu bisa memberikan banyak cuan dan jadi ide makanan kekinian yang potensial.

BACA JUGA: Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

11. Silky pudding

Silky Pudding
Unsplash

Dessert manis yang biasa dinikmati saat dingin ini memang pas untuk dijadikan makanan penutup. Dengan modal mulai dari Rp 100 ribu, Sedulur sudah dapat membuat silky pudding dengan varian rasa yang Sedulur inginkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Sedulur bisa menggunakan beberapa bahan dasar pembuatan puding sutra atau langsung membeli tepung premix khusus pembuatan silky puding yang dapat Sedulur temui di berbagai platform e-commerce.

12. Rice bowl

Ide jualan makanan kekinian
Amartha

Ide jualan makanan kekinian 2022 selanjutnya adalah rice bowl. Makanan satu ini banyak terinspirasi dari teknik penyajian di luar negeri yang menggunakan sebuah wadah yang menyerupai mangkok.

Biasanya makanan ini memiliki beragam jenis lauk tapi tetap mengutamakan kelegitan nasi yang disajikan. Beberapa pilihan lauk yang sering disuguhkan dalam rice bowl ada seperti chicken teriyaki, cumi pedas, oseng daging, dan telur dadar yang dilengkapi dengan sayuran.

Menu rice bowl juga bisa disesuaikan dengan kemampuan masak pemiliknya, sehingga jika Sedulur tidak memiliki kemampuan memasak yang handal, tentu makanan sangat rekomendasi untuk dicoba.

Namun, sebelum memulai usaha ini sebaiknya Sedulur mencoba mempersiapkan bahan utama seperti beras dengan jenis yang terbaik dan berkualitas. Hal ini karena kualitas beras yang baik bisa membantu dalam menyiapkan nasi yang pulen dan enak.

Beras karya alam
Aplikasi Super

Sedulur bisa mencoba variasi beras buncit dan beras karya alam milik Super yang sudah terjamin kualitasnya untuk dibuat sebagai bahan dasar rice bowl. Bila Sedulur tinggal di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, maka bisa mencari stok beras bunci dan beras karya alam lewat Aplikasi Super yang bisa diunduh langsung di ponsel.

Bila persiapan bahan sudah siap, maka ide jualan makanan kekinian 2022 seperti rice bowl ini siap membuat Sedulur mendapatkan banyak keuntungan yang melimpah.

13. Burger

Ide jualan makanan kekinian
Unsplash

Bila sebelumnya Sedulur menikmati burger di restoran cepat saji, kini Sedulur bisa menemukan pilihan burger yang serupa tapi tak sama.

Burger menjadi salah satu ide bisnis makanan kekinian karena bahan dasarnya yang dapat di padu-padankan satu dan lainnya. Bahkan, ada pula yang menyajikan burger dengan cita rasa lokal Indonesia, vegan burger, hingga burger dari bahan dasar mi instan.

Variasi burger bisa juga dilakukan dengan menyesuaikan karakter orang di sekitar rumah Sedulur. Misal jika orang-orang di sekitar Sedulur banyak yang menyukai pedas, maka bisa menciptakan daging petty yang memiliki cita rasa pedas.

14. Bungeoppang

Bungeoppang
SBS

Yang pernah nonton drakor VINCENZO pasti hapal banget dengan kuliner yang satu ini. Masih ingat dong scene saat Vincenzo dan Hong Cha Young jajan bungeoppang yang jadi salah satu momen manis dalam drama tersebut?

Yup, khas Korea berbentuk ikan ini biasanya berisi pasta kacang merah yang manis dan bikin nagih. Bungeoppang jadi salah satu street food yang banyak ditemui di jalanan di Korea Selatan. Nggak heran kalau makanan ini juga sering muncul di drama Korea.

Membuat bungeoppang juga cukup praktis karena adonannya terbilang mudah. Kamu cukup bermodal cetakan kue ikan yang banyak ditemukan di berbagai e-commerce. Jadi tidak heran ini adalah menu yang cocok jadi ide jualan makanan kekinian online.

BACA JUGA: Resep Es Semangka India Segar untuk Pelepas Dahaga

15. Cilok

Cilok
Masak Apa Hari Ini

Dari sisi bentuknya, cilok memiliki kemiripan dengan bakso. Akan tetapi, cilok memakai bahan dasar tepung terigu atau tepung kanji. Makanan ini juga sangat disukai oleh masyarakat. Hal tersebut membuat cilok bisa jadi pilihan jualan makanan ringan yang laku setiap hari.

Sama halnya dengan bakso, cilok juga memiliki variasi rasa seperti bumbu kacang atau taburan balado. Selain itu, isi di dalam cilok pun sangat bermacam-macam. Jika dulu lebih identik dengan polos, kini ada juga diisi daging sapi, sosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

16. Bakso pentol

Bakso pentol goreng
Pinterest

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah bakso atau pentol goreng. Ada banyak variasi bakso goreng mulai dari bakso sapi, ayam, hingga ikan.

Bakso goreng juga bisa digoreng hingga kering maupun tidak dan biasanya dicampurkan dengan bubuk cabai atau bumbu bubuk lainnya sesuai selera.

Sedulur juga bisa membuat versi bakso pentol basah yang disiram dengan kuah kaldu atau dengan kuah kacang. Dijamin ide jualan makanan kekinian 2022 ini laku keras diburu pelanggan.

17. Tteokbokki

Ide jualan makanan kekinian
Asian Food Network

Tteokbokki atau kue beras merupakan makanan khas Korea dengan tampilan yang sangat menarik, jika dilihat dari bentuknya, Tteokbokki menyerupai sosis karena bulat dan panjang. Tteokbokki diberi saus berwarna merah pedas yang khas sehingga bisa membuat siapa saja yang melihat tergoda.

Peluang Usaha jajanan ini sangat menjanjikan karena Tteokbokki digemari banyak orang. Selain dijual dengan membuka kedai atau warung, Sedulur juga bisa menjual jajanan ini secara online. Menarik bukan?

18. Alpukat kocok

Alpukat kocok
Resepkoki

Bisnis alpukat kocok memang jadi menu kuliner yang sangat menguntungan. Apalagi makanan kekinian yang berbahan dasar buah alpukat ini memang digemari banyak orang.

Menu alpukat kocok merupakan salah satu jajanan yang sedang hits  di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk bisa membuat jajanan satu ini, Sedulur perlu menyiapkan bahan dasar buah alpukat yang nantinya di mix dengan berbagai toping seperti susu, parutan keju, atau remukan oreo. Buah alpukat ini juga cocok untuk Sedulur yang sedang melakukan proses diet.

Bisnis minuman alpukat kocok ini tentunya masih sangat worth it untuk dicoba karena masih banyak orang yang suka. Jajanan ini bukan hanya sekedar buah alpukat yang diblender begitu saja tapi terdapat toping tambahannya yang membuat orang-orang ingin mencoba lagi. Manfaat buah alpukat juga baik untuk kesehatan pastinya.

19. Soft cookies

Soft cookies
Live Well Bake Often

Jika dulu cookies identik dengan tekstur yang renyah, belakangan ini trennya cukup berubah. Kini, cookies dengan tekstur gooey rupanya memiliki pangsa pasar tersendiri. Jenis soft-baked cookies yang diolah dengan macam-macam topping, seperti biskuit karamel Lotus, marshmallow, hingga red velvet berseliweran di dunia maya.

Bahkan, tak sedikit juga yang membuatnya ke dalam versi sehat menggunakan biji-bijian dan sereal kaya serat. Soft-baked cookies banyak digemari karena nikmat disantap bersama secangkir teh atau es kopi susu di rumah.

20. Korean garlic bread

korean garlic bread
Keik Cafe

Pandemi mengundang rezeki adalah istilah yang tepat bagi Sedulur yang memasarkan korean garlic cheese bread alias roti keju bawang dari Korea, sehingga menjadi tren bisnis makanan kekinian untuk dijual.

Kunci dari kesuksesan bisnis roti ini adalah memasarkan ke rekan terdekat, lalu mintalah mereka untuk memberikan testimoni. Hal ini bertujuan mengenalkan uniknya inovasi terbaru yang muncul di era pandemi.

Kreasi korean garlic cheese bread juga beragam dengan harga yang cukup variatif mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribu aja per roti. Hadirnya roti pendatang baru ini bisa menjadi teman saat minum teh atau kopi di sore hari.

Nah, itu tadi deretan ide jualan makanan kekinian 2022 yang bisa Sedulur coba. Ide-ide di atas memang memiliki kesulitannya masing-masing, namun Sedulur bisa memilih mana yang paling cocok untuk jualan di rumah dan yang sesuai dengan kemampuan memasak Sedulur. Semoga inspirasi ide di atas bisa membantu Sedulur meraup banyak cuan di bidang kulineran ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!