kompor listrik

Kompor listrik merupakan rekomendasi peralatan rumah tangga yang bisa Sedulur gunakan jika ingin lebih memanfaatkan energi. Secara penggunaan energi, listrik sebagai energi utama kompor tentu lebih ramah dibanding menggunakan kompor gas. Selain itu, teknologi yang ada juga membuat penggunaan kompor ini lebih aman.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik, dalam kesempatan kali ini akan kita bahas rekomendasi kompor yang menggunakan listrik. Seperti apa rekomendasinya? Yuk, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

1. Oxone Single Ceramic Stove

kompor listrik
Lazada

Pertama rekomendasi kompor listrik low watt yaitu Oxone Single Ceramic Stove, yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 485.000. Merupakan kompor dengan satu tungku yang praktis dan minimalis, sangat dapat membantu Sedulur untuk menyajikan makanan tetap panas dan hangat.

-->

Kompor ini sangat cocok untuk berbagai tujuan, terutama untuk food blogger yang kadang harus membuat video masakan di berbagai tempat. Bentuknya yang kecil dan ringkas, membuatnya praktis untuk dipindah-pindah. Salah satu kelebihannya yang sangat saya sukai adalah kompor Oxone ini cepat panas sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mulai memasak.

Selain itu, kompor ini juga sangat berguna bila tiba-tiba kehabisan gas ketika memasak. Karena desainnya tidak terlalu tinggi, kita bisa meletakkannya langsung di atas meja makan. Ini membantu sekali saat kita menyajikan masakan yang harus tetap panas, seperti steamboat, sop, kuah bakso, atau barbeque.

2. Mini Hot Plate Electric Cooking 500W

Lazada

Rekomendasi kompor listrik terbaik kedua adalah Mini Hot Plate Electric Cooking 500W, Sedulur bisa mendapatkan kompor ini dengan harga di bawah RP 100.000. Bagi Sedulur yang baru menjalin rumah tangga, kompor ini sangat cocok untuk digunakan. Karena sangat sederhana dan murah.

Kompor bisa dipilih dari bermacam ukuran dan kegunaan. Selain kompor ukuran biasa, memiliki kompor portabel seperti ini juga bisa menjadi alternatif bagi pasangan pengantin baru. Penggunaannya lebih fleksibel karena bisa diletakkan di mana saja. Kalian juga tidak perlu kesulitan memasang selang gas.

Kompor yang satu ini menggunakan single plate sehingga lebih cepat transmisi panasnya. Ukurannya yang mini juga menjadikan kompor ini cocok untuk memasak atau memanaskan hidangan dalam porsi kecil. Selain itu, praktis juga untuk dibawa-bawa saat bepergian.

3. Ariston kompor tanam PC 604 X

kompor listrik
Content.ID

Rekomendasi kompor selanjutnya adalah Ariston kompor tanam PC 604 X, kompor ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 10 juta, Harga yang cukup tinggi, Sedulur bisa mendapatkan kompor ini dengan menabung terlebih dahulu. Kelebihannya, kompor ini memiliki banyak tungku listrik.

Empat tungku yang terdapat dalam kompor ini. Sehingga Sedulur bisa memasak banyak. Kompor ini dilengkapi dengan fitur yang intuitif sehingga memasak beragam jenis makanan pun menjadi lebih simpel. Kemudian, desainnya yang simpel dengan kesan elegan akan memperindah tampilan dapur Sedulur. Dibuat menggunakan material stainless steel berkualitas, permukaan kompor ini lebih mudah dibersihkan.

4. Akebonno Inox Hot Plate MSP3201

Bukalapak

Akebonno Inox Hot Plate MSP3201 merupakan rekomendasi kompor listrik selanjutnya. Kompor ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 550.000 saja. Keunggulan utama kompor ini yang itu dapat memiliki panas yang merata. Selain itu, kompor ini juga terbuat dari stainless steel. Sehingga panasnya dapat merata.

Material tersebut juga membuat kompor ini menjadi lebih tahan lama. Kompor ini tepat untuk Sedulur yang mencari kompor yang membuat masakan dapat matang secara merata. Kompor listrik dua tungku ini dilengkapi dengan pengatur temperatur dan lampu indikator di masing-masing tungkunya.

Daya listrik yang dibutuhkan adalah 1000 watt pada tungku sebelah kiri dan 1500 watt pada tungku sebelah kanan. Baik tungku sebelah kiri maupun kanan dapat menghasilkan panas maksimal 190 derajat Celcius.

5. Idealife kompor listrik dua tungku

kompor listrik
Bukalapak

Apakah Sedulur menginginkan kompor dua tungku dengan beragam fitur? Kompor listrik IDEALIFE IL-402 ini bisa Sedulur pilih. Salah satu fiturnya adalah auto thermostat control yang membuat Sedulur dapat mengatur suhu panas kompornya. Dengan demikian, panas yang dihasilkan pun lebih stabil.

Tidak hanya itu, kompor ini juga mempunyai kemampuan untuk steam makanan lebih baik dari kompor listrik pada umumnya. Kompor yang cocok untuk Sedulur gunakan dalam menyajikan makanan.

6. Modena HOB BE 1725

Tokopedia

Modena terkenal sebagai peralatan rumah tangga, salah satu produk yang dikeluarkan adalah kompor listrik. Melalui Modena HOB BE 1725, Sedulur bisa memiliki kompor listrik dengan peralatan dapur canggih. Kompor ini mempunyai fitur residual heat indicator yang memberi peringatan saat kompor masih panas. Saat lampu menyala, berarti kompor masih terasa panas.

Selain itu, tampilan kompor ini pun terlihat tangguh dan elegan. Permukaannya mempunyai warna dominan diamond black dipadukan dengan tempered glass pada pelat atasnya. Dengan demikian, kompor ini akan memberikan kesan mewah pada dapur Sedulur.

7. Maspion Electric Stove SH-31

kompor listrik
Lazada

Maspion Electric Stove SH-31 merupakan rekomendasi kompor listrik yang bisa Sedulur pilih, kompor ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 165.000. Maspion Electric Stove SH-31 ini tepat dijadikan pilihan bila Sedulur sedang mencari kompor yang mudah dibersihkan.

Kompor ini menggunakan permukaan pemanas yang anti lengket. Alhasil, Sedulur tidak akan kesulitan saat membersihkannya setelah memasak. Sedulur juga dapat mengoperasikannya dengan mudah karena kompor ini mempunyai sistem yang sederhana.

8. Oxone Double Ceramic Stove

Tokopedia

Oxone Double Ceramic Stove merupakan rekomendasi kompor listrik yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 1.390.000. Oxone OX-655D merupakan kompor listrik portable dengan permukaan yang terbuat dari material stainless steel dan keramik berkualitas. Oleh karena itu, kompor ini diklaim tahan lama.

Kompor ini adalah pilihan untuk Sedulur yang mencari produk yang dapat dipakai dalam waktu yang lama. Terdapat dua tungku yang membutuhkan daya maksimal 800 watt untuk tungku besar dan 600 watt untuk tungku kecil.

Sedulur dapat memasak dua jenis masakan dalam waktu yang bersamaan. Penggunaan daya listriknya pun cenderung kecil sehingga dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan.

9. Maspion kompor listrik S-302

JD.ID

Maspion kompor listrik S-302 bisa jadi rekomendasi Sedulur, bisa didapatkan dengan harga Rp 300.000 saja. Kompor listrik portable keluaran Maspion ini dilengkapi dengan pegangan yang ada di sisi kiri dan kanannya. Dengan desain unik dan bentuk kecilnya, Sedulur dapat memindahkan kompor ke meja makan atau dapur lebih mudah.

Fitur lainnya dari kompor ini adalah teknologi thermostat dan thermofuse. Fitur tersebut berfungsi untuk memutuskan aliran listrik ketika suhu mencapai batas maksimal tertentu. Dengan demikian, produk ini aman digunakan untuk Sedulur sekeluarga.

10. Idealife kompor listrik satu tungku

JD.ID

Apakah Sedulur membutuhkan kompor kecil dengan konsumsi daya listrik rendah? Kompor listrik dari IDEALIFE ini jawabannya! Kompor ini mengonsumsi daya antara 100 hingga 500 watt ketika digunakan. Dengan demikian, Sedulur dapat mengurangi biaya penggunaan listrik.

Kompor ini sangat pas untuk anak kost-an yang umumnya dibatasi pemakaian listriknya. Sayangnya, Sedulur membutuhkan waktu relatif lebih lama dalam memasak. Setidaknya, untuk memanaskan makanan dan memasak makanan sederhana, sudah cukup. Kompor ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 195.000 saja.

11. HiCook kompor listrik

kompor listrik
JD.ID

Mini Hot Plate Electric Cooking dari Hi-Cook ini cocok untuk Sedulur yang suka piknik atau liburan. Bobotnya ringan dan ukurannya juga kecil sehingga mudah dibawa-bawa.  Sedulur bisa mendapatkan kompor ini dengan harga Rp 210.000 saja.

Daya yang dikeluarkan kompor ini juga tidak terlalu besar. Jadi, sangat pas dibawa untuk piknik atau liburan bersama keluarga. Lalu, bagian kakinya juga terbuat dari karet sehingga lebih stabil dan aman. Dicolok di mana saja, asal ada listrik Sedulur bisa masak kapan pun.

12. Maspion kompor listrik S-300

Tokopedia

Rekomendasi terakhir berasal dari Maspion dengan tipe S-300. Kompor ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga yang murah, yaitu Rp 190.000. Kompor ini merupakan produk dengan desain sederhana dengan daya listrik yang bisa digunakan sesuai kebutuhan Sedulur.

Bagian bawahnya dilengkapi dengan dudukan besi sebagai penyangga alat memasak yang tidak rata. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan peralatan masak dengan permukaan dasar bervariasi. Konsumsi daya kompor ini hanya sekitar 300-600 watt.

BACA JUGA: 18 Peralatan Dapur Paling Penting yang Wajib Kamu Punya

Setelah mengetahui daftar rekomendasi kompor listrik untuk anak kos atau untuk rumah tangga di atas, Sedulur juga tentu harus tahu bagaimana cara merawat kompor listrik itu sendiri. Karena setiap peralatan rumah tangga, butuh untuk dirawat agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Termasuk kompor dengan listrik itu sendiri, karena setiap jenis dan macam kompor listrik memiliki teknologi yang berbeda dan perlu ditangani agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Nah, seperti apa cara untuk merawatnya? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Jangan menggunakan alat pembersih yang kasar

Ruang Mom

Cara merawat kompor dengan tenaga listrik yang pertama adalah jangan membersihkan menggunakan alat yang kasar, jika Sedulur tidak mengindahkan tips pertama ini, rekomendasi kompor dengan listrik portable yang Sedulur dapatkan akan rusak dengan cepat. Hal ini disebabkan karena permukaan kompor terbuat dari kaca atau keramik yang rawan.

Oleh karena itu, jangan membersihkannya dengan sabut logam atau spons cuci piring biasa karena bisa menimbulkan goresan. Sedulur bisa menggunakan kain bersih dan cairan pembersih khusus permukaan kaca atau keramik, sehingga dapat membantu membersihkan kompor dengan listrik induksi.

Sebaiknya Sedulur pun perlu rutin membersihkan kompor beberapa hari sekali. Tujuannya agar minyak dan kotoran bekas masakan tidak menempel dan berkerak karena dibiarkan terlalu lama. Selain itu, Sedulur juga harus menghindari menggunakan peralatan masak yang berbahan kasar.

Mengganti kompor dengan listrik harus juga mengganti peralatan yang digunakan. Ada beberapa jenis bahan alat masak yang kurang cocok untuk kompor induksi. Misalnya saja panci atau penggorengan dari besi tempa berat (cast iron), dikarenakan memiliki permukaan kasar bisa memudahkan kompor terkena goresan.  Selain itu, alat masak dari keramik atau tanah liat yang tidak dipoles halus juga berisiko menggores permukaan kompor.

2. Cuci bersih bagian bawah alat masak

kompor listrik
Head Topics

Agar rekomendasi kompor listrik tanam yang Sedulur beli bertahan lama, Sedulur harus mencuci bersih bagian bawah alat masak yang digunakan. Apalagi jika bagian bawah panci atau penggorengan sudah mulai menghitam. Sebab, bekas lemak, minyak atau arang yang ada di bagian bawah alat masak bisa meninggalkan noda permanen di atas kompor apalagi jika jarang dibersihkan.

Hal yang perlu diperhatikan juga, jangan sekali-kali meletakkan sendok sayur atau spatula di permukaan kompor dengan listrik. Karena peralatan saat memasak bersifat basah. Alat yang masih basah karena kuah masakan atau minyak panas bisa mengotori permukaan kompor dengan listrik.

Pasalnya, kuah masakan atau minyak panas yang menempel bisa meninggalkan noda di permukaan kompor. Noda ini biasanya cepat mengering dan sulit untuk dibersihkan. Sebaiknya Sedulur perlu menyediakan tempat khusus untuk menaruhnya seperti piring kecil.

3. Jangan menyimpan wadah kaca

Dapur Kintamani

Jika Sedulur selesai memanggang makanan dalam wadah kaca di oven, sebaiknya jangan menaruhnya di atas permukaan kompor dengan listrik untuk mendinginkannya. Hal tersebut bisa membuat permukaan kompor dengan listrik yang terbuat dari kaca akan mudah retak atau pecah.

Jika tidak ada tempat untuk menaruh wadah panas, maka letakkan kain atau serbet yang agak tebal di atas kompor sebelum menaruh wadahnya. Sedulur juga perlu menghindari benda berat yang disimpan di atas kompor  dengan listrik. Karena kompor dengan listrik tidak dirancang menampung beban berat.

Karena barang tersebut akan merusak kompor, terutama kompor dengan listrik. Karena, kompor ketika dinyalakan, panas tidak akan maksimal karena permukaannya yang rusak. Hal ini juga bisa menyebabkan permukaan pecah dan tidak bisa digunakan lagi.

4. Selalu bersihkan tetesan gula atau karamel

kompor listrik
Klik Hijau

Ketika Sedulur memasak atau merebus makanan yang menggunakan banyak gula atau karamel. Waspadai agar tetesannya tidak mengotori bagian atas kompor.  Gula dan karamel panas bisa meninggalkan noda kekuningan yang susah dibersihkan dan permanen.

Hal yang dapat Sedulur lakukan yakni dengan memastikan agar isi panci tersebut tidak terlalu penuh. Selain itu, simpan sendok atau spatula yang dipakai mengaduk secara melintang di atas panci agar cairan di dalamnya tidak menetes saat mendidih.

Sedulur juga harus selalu memperhatikan petunjuk penggunaan agar kompor listrik selalu terawat dan tidak mudah rusak. Pasalnya, tidak semua tipe kompor dengan listrik induksi memiliki petunjuk yang sama. Beda dengan kompor gas atau kompor minyak yang cara perawatan dan pengoperasiannya sama.

Pastikan Sedulur sudah membaca buku petunjuk penggunaan yang biasanya terdapat di dalam kemasan kompor tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya malfungsi yang bisa saja membahayakan keselamatan pengguna kompor. Bisa dikatakan bahwa kompor listrik lebih rawan dibanding kompor biasa.

Karena penggunaan teknologi yang canggih dalam kompor ini, membuat perawatan kompor lebih rumit dan lebih hati-hati. Dengan menggunakan kompor ini juga Sedulur bisa lebih berlatih untuk berhati-hati dalam penggunaan peralatan dapur agar bisa bertahan lama.

Nah, itulah rekomendasi kompor listrik yang bisa Sedulur gunakan dan Sedulur pilih untuk dibeli. Dilengkapi dengan tips dan cara merawatnya agar bisa bertahan lama Sedulur gunakan di rumah. Semoga penjelasan dalam artikel ini sangat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.