Bisnis franchise mini semakin diminati masyarakat Indonesia. Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, jangka waktu balik modal juga dinilai cepat dan menguntungkan. Hal ini membuat banyak orang berbondong-bondong membuka bisnis franchise murah dengan modal kecil tersebut.

Ada banyak franchise yang bisa Sedulur coba jika tertarik dengan bisnis semacam ini. Mulai dari makanan dan minuman kekinian, hingga jasa pengiriman atau ekspedisi. Dengan memanfaatkan nama brand yang sudah terkenal, Sedulur tidak perlu lagi membangun kepercayaan konsumen dari awal lagi.

Berikut adalah 10 deretan franchise dibawah Rp5 Juta, cocok untuk pebisnis dengan modal kecil yang bisa Sedulur simak informasinya!

BACA JUGA: 12 Situs Penghasil Uang dari Foto yang Bisa Dijadikan Bisnis

1. Taw Taw Tahu

franchise murah
Taw Taw Tahu

Modal Minimal = 4,3 Juta

Franchise murah dibawah 5 juta yang pertama adalah Taw Taw Tahu. Bisnis makanan ringan berbahan dasar tahu ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan usia. Rasanya yang nikmat dan kulit luar yang krispi, membuat para pembeli ingin makan lagi dan lagi.

Dengan modal awal Rp4,3 juta, Sedulur sudah bisa bergabung dengan bisnis tahu kekinian ini. Dalam satu paket usaha Taw Taw Tahu, Sedulur akan mendapatkan peralatan masak dan bahan baku. Sedulur juga tidak perlu berpikir keras lagi, karena bisnis tahu krispi ini sudah memiliki 9 varian rasa dan 5 level pedas berbeda yang membuat konsumen tidak akan bosan.  

2. Shipper

franchise murah
Cakapinterview

Modal Minimal = Rp5 juta

Tertarik dengan bisnis agen jasa pengiriman? Bergabunglah menjadi Mitra Shipper. Sebagai Mitra Shipper, Sedulur akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini karena sistem Shipper sudah terintegrasi dengan lebih dari 19 perusahaan jasa logistik ternama di Indonesia. 

Cukup dengan sekali daftar, Sedulur akan langsung bisa melayani penerimaan paket dari pelanggan untuk jasa ekspedisi atau logistik apapun. Modal awalnya juga tidak terlalu besar, yakni mulai dari Rp5 juta saja.

Selain itu, pihak Shipper juga tidak menuntut spesifikasi tempat usaha yang rumit. Sedulur cukup menyediakan tempat usaha, kendaraan, komputer, dan satu alat komunikasi. Tak perlu khawatir dengan teknologi yang digunakan, Shipper sudah memiliki dashboard jasa pengiriman yang bisa mengatur pengiriman, update resi, sampai cek status pengiriman dari berbagai jasa logistik.

3. Bakso Benhil

franchise
Bisnis.com

Modal Minimal = Rp4 juta

Tertarik dengan bisnis makanan berkuah yang selalu laris manis di lidah masyarakat Indonesia? Cobalah untuk terlibat dalam franchise Bakso Benhil. Bakso sapi yang sudah ada sejak tahun 2017 ini berasal dari daerah Bendungan Hilir di Jakarta Selatan.

Usaha franchise Bakso Benhil sangatlah menjanjikan. Selain pernah mendapatkan penghargaan berupa Top Kuliner Indonesia pada tahun 2015 dan Franchise Startup Awards pada tahun 2018, Bakso Benhil juga telah memiliki sekitar 72 mitra di seluruh Indonesia.

Produk utama yang dijual di Bakso Benhil adalah bakso sapi dan bakmi ayam. Bakso sapi tersebut meliputi, bakso urat, bakso daging halus, bakso besar dan bakso super jumbo. Dengan modal awal Rp4 juta, Sedulur sudah akan mendapatkan produk bakso sekitar 500-600 porsi.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan dan Pasti Cuan

4. Crispy Crab

franchise murah
IDN Times

Modal Minimal = Rp3 juta

Salah satu franchise kekinian dengan modal dibawah 5 juta yaitu Crispy Crab. Bisnis ini menyajikan olahan kepiting laut dengan bumbu rempah khas Indonesia yang terinspirasi dari jajanan kaki lima di Thailand. 

Dengan pembelian paket usaha Crispy Crab ini, Sedulur akan mendapatkan booth beserta perlengkapan lainnya. Ada roll banner, wajan, saringan, timbangan, pencapit kepiting, wadah kepiting dan minyak, 3 botol saus, 3 toples bumbu, 3 sendok bumbu, dan 2 menu print.

Selain itu, ada juga styrofoam kepiting, wadah kepiting (bersih, kering, basah), sendok sayur, seragam, banner opening promo, menu Crispy Crab, dan neon box. Jika belum memiliki pegawai, pihak Crispy Crab juga akan memberikan konten loker pegawai secara gratis. 

5. Es Teh Poci

franchise murah
GoBiz

Modal minimal = Rp5 juta

Siapa yang tak kenal minuman teh terkenal merek Teh Poci? Teh yang digemari berbagai kalangan ini bisa Sedulur jadikan ladang bisnis dengan modal kecil yang sangat menjanjikan. Dengan membeli Paket Hemat seharga Rp5 juta, Sedulur sudah bisa mendapatkan booth berukuran 105 x 65 x 200 cm.  

Selain booth atau gerobak, paket pembelian juga akan dilengkapi dengan meja counter, termos, kontainer es teh, gelas plastik Teh Poci 12 oz dan 16 oz, teko listrik, mesin seal, saringan, centong kayu, sedotan, cooler box, plastik seal, sendok besar, dan seragam baju Teh Poci. 

Lebih dari itu, pihak Teh Poci juga akan menyediakan beberapa bahan baku yang dibutuhkan, seperti teh melati, teh vanilla, dan beberapa teh varian rasa buah, seperti apel, mangga, jambu, anggur, dan eruk.

Sistem kerjasama franchise ini pun tergolong mudah, yakni hanya dengan pembelian paket di awal dan tidak ada biaya daftar ulang. Royalti fee atau pembagian hasil juga tidak ada, alias 100% keuntungan akan sepenuhnya menjadi milik mitra.  

6. Lion Parcel

franchise murah
SKH Media

Modal Minimal = Rp2,5 juta

Selain franchise makanan dan minuman, menjadi agen atau Point of Sales (POS) merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu yang bisa Sedulur coba adalah POS Lion Parcel, yakni mitra resmi yang bertugas menerima paket dari customer untuk diambil oleh kurir Lion Parcel dan dikirim ke alamat tujuan.

Sedulur bisa memulai bisnis ini dengan modal awal mulai dari Rp2,5 juta. Dengan menekuni bisnis ini, Sedulur bisa mendapatkan beberapa keuntungan, seperti mendapatkan komisi dari biaya pengiriman minimal 20% atau 5% dari penjemputan barang dari tempat customer, mendapat bonus jika memenuhi target pengiriman, dan berpotensi mendapatkan uang hingga ratusan juta per bulan. 

BACA JUGA: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Beserta Tips Menjalankannya

7. Kini Cheesetea

franchise murah
GoFood

Modal minimal = Rp5 juta

Franchise murah berikutnya adalah Kini Cheese Tea. Merek minuman cheese tea populer yang membawa trend cream cheese dari Amerika sebagai toppingnya tersebut membuka peluang usaha franchise dengan harga yang cukup terjangkau. 

Ada dua pilihan paket yang bisa Sedulur pilih, yakni paket usaha portable dan paket usaha eksklusif. Dengan modal mulai dari Rp5 juta hingga Rp8 juta, Sedulur sudah bisa membuka usaha minuman kekinian ini.

Paket usaha portable memiliki ukuran both yang lebih kecil daripada paket eksklusif. Namun, hal ini membuatnya lebih mudah dan praktis untuk dibongkar pasang jika ingin digunakan berjualan di event-event tertentu. 

Keuntungan yang bisa didapatkan dari franchise Kini Cheese Tea antara lain, modalnya kecil, bebas royalti, brand sudah terkenal, minuman kekinian dengan harga terjangkau, dan tentunya cepat balik modal. Sedulur dapat menjual minuman ini mulai dari harga Rp12.000 per cup.

8. REX Express

franchise murah
Facebook

Modal minimal = Rp4 juta

PT Royal Express Indonesia atau REX Express merupakan jasa pengiriman barang, dokumen dan paket yang dapat melalui transportasi darat, laut dan udara dengan tujuan domestik dan internasional. Jasa pengiriman ini juga membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bergabung dengan bisnis mereka.

Ada dua bentuk kerjasama yang ditawarkan, yakni Cash Sales Counter (CSC) dan Agen Mandiri REX. Dari kedua bentuk kerjasama tersebut, Sedulur akan mendapatkan pelatihan, spanduk, banner, alat promosi, diskon, penjemputan pengiriman, dan melakukan cek status pengiriman di website maupun CS.

9. Mister R Jamur Crispy

franchise murah
WaralabaKu

Modal minimal = Rp5 juta

Tertarik dengan franchise makanan ringan berbahan dasar jamur? Bergabunglah dengan Mister R Jamur Crispy. Usaha yang sudah ada sejak tahun 2008 ini telah memiliki mitra mencapai 95 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sedulur bisa memulai dengan memilih paket Rp5 juta yang tersedia. Dalam paket tersebut, Sedulur akan diberikan perlengkapan penjualan lengkap, yakni booth berbentuk meja lipat, pelatihan karyawan, dan bahan baku jamur.

10. Tahu Mafia

franchise murah
Tribunnews

Modal minimal = Rp3,9 juta

Selain Taw Taw Tahu, franchise olahan tahu yang lainnya adalah Tahu Mafia. Bisnis makanan ringan yang sedang populer ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah dan sudah ada sejak tahun 2016 silam. Hingga saat ini, Tahu Mafia sudah tersebar di lebih dari 5 kota di Indonesia.

Paket usaha termurah yang bisa Sedulur pilih adalah paket gangster dengan modal awal mulai dari Rp3,9 juta. Di dalam paket tersebut, Sedulur akan mendapatkan fasilitas peralatan memasak lengkap, seperti wajan, kompor, spatula, tabung gas, toples, sarung tangan, dan beberapa perlengkapan lainnya. 

BACA JUGA: 25 Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan 2022

11. Kim Boba

franchise murah
Detikcom

Modal minimal = Rp3,8 juta

Siapa yang tak kenal dengan minuman kekinian yang diisi dengan bola-bola kenyal bernama boba? Salah satu bisnis minuman boba yang membuka franchise murah adalah Kim Boba. Bisnis yang berdiri pada tahun 2020 ini sudah memiliki jumlah gerai mitra hingga 409 gerai.

Dengan modal awal Rp3,8 juta saja, Sedulur sudah bisa menjalankan bisnis menjanjikan yang satu ini. Selain menawarkan konsep minuman cepat saji dengan bahan berkualitas, Kim Boba juga memiliki cup printing dan outlet minimalis yang unik. 

12. Aku Cendol Kamu

franchise murah
GoFood

Modal minimal = Rp3,9 juta

Franchise murah terakhir yang bisa Sedulur coba adalah Aku Cendol Kamu. Minuman yang berdiri sejak tahun 2018 ini sudah memiliki 100 gerai di seluruh Indonesia dan menawarkan keuntungan bersih tanpa royalti sebesar Rp5 juta per bulan.

Dengan modal Rp3,9 juta, Sedulur akan mendapatkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk berjualan. Mulai dari alat cetak cendol, saringan, sendok, centong, toples, gelas takar, termos es batu, dan gelas stainless. Menarik, bukan?

Demikian informasi mengenai 12 franchise murah dibawah 5 juta yang bisa Sedulur coba untuk memulai berbisnis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur akan usaha-usaha yang memiliki keuntungan menjanjikan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.