Bisnis makanan ringan

Jika Sedulur ingin memulai usaha kecil mikro menengah atau biasa dikenal dengan UMKM. Ada beberapa jenis usaha yang bisa dicoba, salah satunya adalah ide bisnis makanan ringan.

Bisnis satu ini tergolong mudah dilakukan karena memiliki pasar yang besar. Hampir semua orang, baik itu anak-anak, muda, hingga tua pasti menyukai jenis makanan ringan sebagai cemilan. Bila Sedulur penasaran bisnis makanan ringan kekinian apa saja yang bisa dicoba? Langsung simak ulasannya di bawah!

BACA JUGA: 30+ Ide Bisnis Kreatif Paling Menguntungkan untuk Pemula 2022

Makaroni pedas

bisnis makanan ringan
DetikFood

Bisnis makanan ringan yang menjanjikan pertama adalah makaroni pedas. Ini menjadi ide usaha yang sangat potensial karena banyak orang Indonesia menyukai makanan pedas. Apalagi jika makanan tersebut termasuk dalam kategori keripik.

-->

Untuk bisa memulai usaha satu ini sebenarnya cukup mudah, Sedulur bisa mencari supplier makarano atau membuatnya sendiri di rumah. Setelah itu Sedulur bisa memberikan berbagai macam variasi rasa seperti pedas, asin, balado, sampai kombinasi ketiganya.

Basreng

bisnis makanan ringan
Endeus TV

Basreng atau bakso goreng adalah contoh usaha makanan ringan unik. Makanan ini baru populer pada tahun 2019 lalu. Hal ini lantaran konsep pembuatan basreng kekinian juga mirip dengan makaroni yang memiliki banyak pilihan bumbu bubuk.

Bisnis ini pun cukup mudah dilakukan dan bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Untuk bahan pembuatan basreng juga cukup murah, karena hanya membutuhkan tepung, daging, dan bumbu bubuk yang bisa dibeli di Aplikasi Super.

Keripik pisang

Keripik pisang
Youtube Mama Adeeva

Makanan yang berasal dari buah-buahan juga bisa menjadi ide bisnis makanan ringan untuk Sedulur. Salah satunya adalah berjualan keripik pisang.

Ya, walaupun ide ini terlihat sederhana dan biasa, tapi dalam beberapa waktu terakhir, keripik pisang sedang mengalami tren yang meningkat. Apalagi banyak variasi yang bisa dikombinasikan seperti rasa coklat, keju, green tea, taro dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pilihan rasa dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik dijamin bisnis keripik pisang ini akan menjadi bisnis yang bukan sekedar kekinian, tetapi juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Pisang coklat

Pisang coklat
Resep Koki

Pisang coklat atau Piscok merupakan jajanan jalanan yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran, banyak orang yang mulai mencoba menjadikan piscok sebagai bisnis makanan ringan kemasan.

Apalagi makanan ini sangat mudah untuk dibuat. Sedulur hanya perlu menyiapkan kulit yang terbuat dari tepung, pisang, dan cokelat. Pisang ditaruh di atas kulit, dilumuri cokelat, digulung, lalu digoreng. Sangat mudah, bukan? Modal yang diperlukan juga tak begitu besar.

Telur gulung

bisnis makanan ringan
Liputan6

Siapa yang nggak suka telur gulung? Jajanan favorit anak-anak SD ini selalu laris manis bahkan digemari juga oleh orang dewasa. Rasa telur yang dibumbui dengan gurih apalagi disiram dengan sausnya yang khas membuat telur gulung jadi jajanan yang pasti akan selalu laris manis setiap harinya.

Soal modal, telur gulung hanya memerlukan sedikit bahan dan peralatan. Mulai dari telur ayam, bumbu, saus, tusuk sate, kuali, kompor, dan minyak goreng. Bahkan hanya dengan modal ratusan ribu, Sedulur bisa mulai menjual telur gulung dengan harga 1000-an pertusuk dan menjualnya di tempat-tempat yang strategis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

BACA JUGA: Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia Beserta Bisnisnya

Tahu bakso

Tahu bakso
Fimela

Sedulur bisa memilih tahu bakso sebagai ide jualan makanan ringan yang laku setiap hari. Tahu bakso adalah makanan berbahan dasar kedelai yang diisi dengan adonan daging ayam yang digiling dan kemudian di kukus.

Tahu bakso bisa awet beberapa hari bahkan bisa seminggu jika disimpan di tempat yang benar. Sehingga makanan ini bisa dimakan siapapun dan kapanpun. Selain itu, tahu bakso juga sangat cocok untuk disantap orang-orang yangs sedang menjalani diet.

Potato wedges

Potato wedges
Love and Lemons

Potato wedges merupakan makanan berbahan dasar kentang yang kemudian diiris-iris dengan ukuran tidak teratur. Di Indonesia, Sedulur dapat dengan mudah menjumpai menu tersebut di coffe shop ataupun tempat nongkrong muda-mudi. Jadi tidak heran jika menu makanan ini sangat populer dari tahun ke tahun.

Potato wedges biasanya disajikan di piring dengan semacam saus, entah itu saus tomat, saus cabai, mayonnaise, dan sebagainya. Selain disajikan dengan saus, biasanya makanan tersebut juga diberi taburan bumbu rempah-rempah yang menggugah selera, seperti garam, merica, oregano, dan paprika.

Dengan bahan dasar yang cukup murah seperti kentang, berjualan potato wedges bisa jadi solusi bisnis makanan ringan rumahan dengan banyak cuan.

Corndog

Corndog
Fimela

Makanan pertama yang dapat menjadi menu pilihan untuk dijual adalah Corndog. Makanan yang berasal dari Korea ini memiliki konsep sederhana. Sedulur cukup menyiapkan bahan sosis, tepung pembalut dan potongan kentang.

Sosis yang ditusuk dengan tusukan sate, digulung dalam larutan tepung pekat. Kemudian dibalurkan pada potongan kentang. Setelah itu, sosis berbalut tepung dan kentang digoreng dalam minyak panas hingga matang kecoklatan. Bahan tepung dan kentang yang menempel pada sosis menjadi pilihan karbohidrat sebagai penunda lapar.

Mi Lidi

bisnis makanan ringan
Youtube Pago Berkah

Ide bisnis makanan ringan untuk pemula selanjutnya adalah mi lidi. Mi lidi termasuk jajanan jadul yang rupanya tak pernah sepi peminat. Mi lidi pedas dan mi lidi asin adalah makanan ringan yang cukup legendaris karena sudah ada sejak zaman 90-an.

Sangat sederhana dan tidak mahal, tidak heran makanan ini banyak jadi buruan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.Bila Sedulur ingin mendapatkan cuan dalam bisnis makanan ringan, maka mi lidi termasuk  yang memiliki potensi besar.

Topokki

Topokki
Qraved

Makanan yang berasal dari Korea Selatan ini jadi salah satu ide bisnis potensial. Apalagi pengaruh budaya Korea yang tersebar dari musik sampai film semakin menambah minak masyarakat untuk mencoba makanan ini.

Bahan pembuatan topokki juga cukup sederhana seperti tepung ketan, tepung beras, dan garam. Sedulur bisa membeli bahan-bahan tersebut lewat Aplikasi Super, karena selain banyak promo yang bisa didapatkan. Belanja di Aplikasi Super bisa gratis ongkir lho. Sehingga cocok banget untuk berbisnis.

Selain itu, ciri khas topokki adalah saosnya yang pedas, manis, dan gurih. Ini menjadi salah satu kunci menciptakan topokki yang enak. Jadi Sedulur bisa bereksperimen menemukan bumbu saus rahasia yang paling pas untuk memulai bisnis makanan ringan ini.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Digital yang Paling Menguntungkan

Bungeoppang

bisnis makanan ringan
Kocis

Salah satu jajanan khas Korea yang banyak diminati juga adalah bungeoppang. Makanan ini memiliki bentuk yang unik menyerupai ikan. Namun, didalamnya terdapat isian pasta kacang merah yang manis dan bikin nagih.

Bungeoppang jadi salah satu street food yang banyak ditemui di jalanan di Korea Selatan. Nggak heran kalau makanan ini juga sering muncul di drama Korea Sedulur.

Membuat bungeoppang juga cukup praktis karena adonannya terbilang mudah. Sedulur cukup bermodal cetakan kue ikan yang bisa ditemukan di toko kue atau memasak. Jadi tidak heran jika bungeoppang bisa menjadi ide bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

Cilok

bisnis makanan ringan
Masak Apa Hari Ini

Dari sisi bentuknya, cilok memiliki kemiripan dengan bakso. Akan tetapi, cilok memakai bahan dasar tepung terigu atau tepung kanji. Makanan ini juga sangat disukai oleh masyarakat. Hal tersebut membuat cilok bisa jadi pilihan jualan makanan ringan yang laku setiap hari.

Sama halnya dengan bakso, cilok juga memiliki variasi rasa seperti bumbu kacang atau taburan balado. Selain itu, isi di dalam cilok pun sangat bermacam-macam. Jika dulu lebih identik dengan polos, kini ada juga diisi daging sapi, sosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian tadi deretan ide bisnis makanan ringan yang bisa Sedulur coba. Semoga inspirasi ide di atas bisa menjadikan jalan untuk Sedulur membangun UMKM ya. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.