situs penghasil uang dari foto

Di era digital saat ini, terdapat beberapa situs penghasil uang dari foto yang bisa Sedulur manfaatkan. Terutama bagi Sedulur yang memiliki skill di dunia fotografi, skill tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sebuah bisnis dengan menghasilkan uang.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar beberapa situs yang bisa digunakan. Lantas apa saja daftar situs penghasil uang dari foto yang bisa dijadikan bisnis? Yuk kita simak, inilah daftar situs jual foto online yang bisa Sedulur manfaatkan sebagai peluang bisnis.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Game Android Penghasil Uang, Wajib Coba!

1. Freedigitalphotos

Freedigitalphotos

Rekomendasi situs atau aplikasi jual foto pertama adalah Freedigitalphotos. Situs ini menawarkan rentang keuntungan 20-62 persen berdasarkan harga jual. Ketika makin banyak orang membeli fotomu, maka harganya makin tinggi. Pembayaran lewat Moneybookers atau PayPal.

Cara paling mudah mengembangkan bakat fotografi adalah memiliki sebuah dorongan atau motivasi, salah satu motivasi yang paling ampuh adalah dengan mendapatkan uang dari setiap karya foto yang dihasilkan. Freedigital photos bisa jadi media yang Sedulur gunakan. Keunggulan dari website ini adalah sebagai berikut:

  • Teknik marketing berbeda dari yang lainnya.
  • Royalti untuk kontributor hingga 70%.
  • Harga foto bervariasi tergantung resolusi, memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan yang lebih besar jika foto beresolusi tinggi dilisensikan.

2. Shutterstock

situs penghasil uang dari foto
Shutterstock

Salah satu situs jual gambar ilustrasi atau karya fotografi adalah Shutterstock. Situs ini pun merupakan situs internasional yang memiliki skala global. Situs yang menghubungkan fotografer sebagai pemilik karya dengan para penikmat foto atau yang membutuhkan karyanya.

Setiap tahunnya terjadi transaksi lebih dari $1M, bahkan di Indonesia sendiri tercatat transaksi jualbeli foto yang dihasilkan mengalami peninggatan setiap tahunnya hingga 49%. Platform ini banyak diminati karena sangat membantu para kontributornya.

Misalnya, dengan fasilitas tips dan support dari komunitas yang besar di seluruh dunia. Selain itu, dashboard dari website ini juga memiliki fitur yang sangat lengkap. Mulai dari upload foto, halaman portofolio sendiri, keywording untuk tiap konten, content status, status tracker, fitur Catalog Manager, hingga melacak berapa pendapatan dari foto-foto yang Sedulur jual.

Adapun keunggulan dari website ini adalah sebagai berikut:

  • Platform dengan aktivitas jual-beli stok foto terbesar di Indonesia.
  • Jangkauan pembeli dari berbagai negara.
  • Dashboard kontributor yang dapat diakses via website maupun aplikasi.
  • Memberikan royalti yang semakin besar seiring banyaknya lisensi.

3. Dreamstime

Dreamstime

Rekomendasi situs atau aplikasi jual foto yang bisa Sedulur gunakan selanjutnya adalah Dreamstime. Dreamstime sendiri telah hadir dan memberikan beragam foto untuk digunakan sejak dari tahun 2000. Penggunanya pun juga sudah tembus angka 34 juta dengan hampir 700.000 kontributor.

Karena itu pula, konten yang diterima Dreamstime juga lebih bervariasi. Mulai dari foto, ilustrasi, vektor, video, hingga klip audio. Besarnya komunitas Dreamstime, membuat Anda harus menaati beberapa peraturan untuk mengunggah konten seperti:

  • Bukan foto plagiat.
  • Bukan konten yang berbahaya.
  • Memiliki deskripsi yang relevan.

Adapun keunggulan dari website ini adalah bisa upload konten yang variatif, kualitas konten bisa dijaga, skema royalti memungkinkan untuk menambah penghasilan.

4. iStockphoto

situs penghasil uang dari foto
iStockphoto

Salah satu aplikasi jual foto online di Indonesia yang sangat ramai digunakan, baik oleh fotografer yang upload karya foto mereka hingga oleh para pengguna yang mencari foto-foto untuk kepentingan website dan konten.

Dalam website ini, kontributor akan mendapatkan 15 persen keuntungan dari harga unduhan. Kalau statusnya eksklusif, bisa mendapatkan sampai 22-45 persen. Dalam seminggu bisa minta dua kali pembayaran lewat PayPal, Moneybookers, atau Payoneer Mastercard.

Namun, syaratnya Sedulur mesti punya saldo minimum sebanyak 100 dolar AS. Selain itu, berikut ini beberapa hal yang menjadi keunggulan dari iStock yaitu:

  • Memberi motivasi Sedulur untuk membuat foto sebagai konten yang berkualitas.
  • Persentase royalti termasuk besar untuk kontributor.
  • Sedulur akan otomatis menjadi kontributor di Getty Image juga.

5. Adobe Stock

Adobe Stock

Kata Adobe mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur. Adobe sendiri akrab bagi para desainer gravfis dan para pelaku industri visual lainnya. Situs jual gambar online ini merupakan transformasi dari situs sebelumnya yang bernama Fotolia.

Situs ini juga merupakan integrasi dengan berbagai tools Adobe. Misalnya, Photoshop, InDesign, Illustrator, Lightroom, dan aplikasi Adobe lainnya. Dengan integrasi tersebut, Sedulur bisa upload langsung dari Adobe Lightroom.

Sedangkan konsumen bisa langsung mengedit foto Sedulur yang telah dilisensikan di aplikasi-aplikasi tersebut. Adapun keunggulan dari website Adobe Stock ini yaitu:

  • Platform yang sudah memiliki nama besar.
  • Integrasi otomatis dengan berbagai tools Adobe lainnya.
  • Upload stok foto praktis via Adobe Lightroom.
  • Dashboard kontributor untuk upload dan setting foto.
  • Adanya fasilitas optimasi foto.
  • Salah satu platform dengan royalti terbesar.

6. Bigstockphoto

situs penghasil uang dari foto
Bigstockphoto

Rekomendasi situs penghasil uang dari foto selanjutnya adalah Bigstock photo. Hanya dengan upload foto atau gambar Sedulur bisa mendapatkan penghasilan. Kurs yang digunakan dalam situs ini sendiri yaitu menggunakan dollar. Tips agar menghasilkan uang dalam situs ini, Sedulur wajib cek foto sebelum upload.

Teruma terkait kualitas foto dan estetikannya. Karena dengan kualitas baik dan estetika foto yang sempurna, membuat banyak orang akan tertarik dengan foto yang diupload. Bigstock menggunakan metode akumulasi dalam pembayaran royaltinya yang dikumpulkan setiap sebulan sekali.

Sedulur dapat terus mengunggah banyak foto di Bigstock untuk mendapatkan lebih banyak cuan. Adapun kelebihan dari website ini adalah:

  • Terdapat tutorial pendaftaran kontributor.
  • Royalti yang cukup besar hingga 30%.
  • Terdapat komunitas sesama kontributor.

7. Demand Media

Demand Media

Bagi Sedulur yang mencari situs upload foto dan menjualnya secara digital yaitu Demand Media. Website ini memberikan fitur yang membuat Sedulur bisa menjual setiap foto yang dimiliki. Jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan peluang dan kesempatan yang diberikan oleh Demand Media.

Syarat yang diberikan oleh Demand Media hanya satu, setiap foto yang diupload harus merupakan foto yang ekslusif dan tidak diupload di tempat lain. Karena dalam dunia fotografi, ekslusifitas merupakan hal penting yang dibutuhkan.

8. EyeEM

situs penghasil uang dari foto
EyeEm

Situs penghasil uang dari foto yang bisa Sedulur gunakan adalah EyeEm. Bagi Sedulur yang mencari situs penjual foto yang lebih profesional, EyeEm merupakan pilihan yang tepat. Website ini menjual beragam jenis stok foto yang akan cocok dengan gaya fotografi yang Sedulur gunakan.

EyeEM bekerja sama dengan Spotify, AirBnB, dan GettyImages, sehingga Sedulur memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjual stok fotomu. Untuk menjadi kontributor EyeEM, Sedulur bisa membuat akun langsung melalui website atau menggunakan akun Facebook. Adapun kelebihan dari website ini adalah:

  • Bisa menjual foto berkali-kali.
  • Mendukung hak cipta kontributor.
  • Bekerja sama dengan GettyImages.
  • Terdapat EyeEM Awards sebagai motivasi.
  • Terdapat Missions yang membantu stok fotomu dilihat banyak orang.

9. Shutterfly

Shutterfly

Rekomendasi selanjutnya adalah Shutterfly, Shutterfly juga bisa Sedulur gunakan sebagai website jual foto untuk pemula. Terutama bagi Sedulur yang tengah belajar fotografi dan ingin semangat mengembangkan skill sambil mendapatkan penghasilan.

Shutterfly juga merupakan galeri digital bagi setiap profesional fotografer. Di situs ini, banyak fotografer yang menghasilkan 99-199 dolar AS per tahun. Komisi untuk tiap penjualan ditetapkan sebesar 15 persen ke atas.

Pembayaran dilakukan langsung tiap bulan ke akun deposit yang Sedulur daftarkan. Kelebihan dari website atau situs penghasil uang dari foto ini adalah:

  • Proses pendaftaran yang mudah.
  • Memiliki beragam pilihan unggah foto.
  • Dapat menjual barang selain foto.

10. Etsy

situs penghasil uang dari foto
Etsy

Daftar situs penghasil uang dari foto yang bisa Sedulur gunakan lainnya adalah Etsy. Etsy sendiri merupakan aplikasi smartphone yang bisa Sedulur gunakan di smartphone Android atau iPhone sekalipun. Namun pastikan Sedulur telah mengikuti setiap peraturan yang berlaku.

Setiap situs memiliki persyaratan seperti eksklusivitas (foto bisa ditemukan di situs lain) atau hak milik (orisinalitas). Atau ada juga situs yang menjual fotomu untuk dicetak langsung, misalnya sebagai gambar aksesoris mug, kaos, atau medium lainnya. Adapun kelebihan dari Etsy itu sendiri adalah:

  • Proses pendaftaran yang mudah.
  • Terdapat fitur pendukung untuk meningkatkan penjualan.
  • Terdapat fitur Seller Handbook dan CS.
  • Dapat menjual barang selain foto.

11. Alamy

Alamy

Alamy merupakan salah satu situs jual foto terbesar dengan konsumen di lebih dari 173 negara. Ada sekitar 100ribu gambar yang diunggah di Alamy setiap harinya. Hal tersebut menjadikan Alamy sebagai salah satu platform dengan kontributor foto yang cukup banyak.

Royalti yang diberikan oleh website ini juga tergolong cukup tinggi, yaitu sebesar 50%. Adapun kelebihan dari aplikasi ini yaitu:

  • Memiliki konsumen global di 173+ negara.
  • Royalti yang besar hingga 50%.
  • Royalti 100% untuk kontributor pelajar selama 2 tahun.
  • Kontributor memiliki kuasa penuh terhadap konten.

BACA JUGA: 10+ Aplikasi Penghasil Uang, Terbukti Bisa Cuan Di Rumah

12. AGORA Images

AGORA Images

Rekomendasi situs penghasil uang dari foto yang bisa Sedulur gunakan adalah AGORA Images. Agora Images memang terkenal sebagai salah satu situs penghasil uang. Sedulur bisa menjadi kontributor Agora dan menjual stok fotomu di sana untuk mendapatkan cuan.

Kontributor di Agora terbagi menjadi tiga tingkatan, mulai dari Junior, Advanced, Pro, dan Master. Sedulur bisa menjadi salah satu kontributor dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store maupun Appstore. Adapun kelebihan dari website ini adalah:

  • Situs jual foto yang cukup terkenal dan terpercaya.
  • Proses upload foto yang mudah melalui aplikasi.
  • Terdapat kompetisi dengan hadiah besar.

Nah Sedulur, itulah daftar situs penghasil uang dari foto yang bisa Sedulur manfaatkan sebaik mungkin. Baik untuk mengembangkan skill fotografi ataupun untuk mendapatkan uang. Mengasah skill sambil mendapatkan uang merupakan sebuah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.