merk kecap inggris

Kenikmatan suatu masakan bisa diperoleh dari gabungan bahan utama, bumbu dapur, dan cara memasak yang tepat. Untuk itu, perlu digunakan bumbu dapur berkualitas agar masakan yang kita masak bisa semakin terasa nikmat. Salah satu caranya adalah dengan memilih merk kecap inggris terbaik di pasaran. 

Kecap Inggris merupakan bumbu dapur yang berupa saus fermentasi dari cuka, asam jawa, garam, gula, molase, ikan teri, bawang merah, bawang putih, cengkeh, dan bumbu lainnya. Kecap jenis ini berwarna gelap dan bertekstur encer, dengan rasa yang gurih dan manis serta aroma yang membuat lidah ingin segera mencicipinya. 

BACA JUGA: 12 Merk Mentega atau Butter Terbaik yang Sehat dan Aman

Kecap inggris secara umum digunakan untuk merendam atau memarinasi daging untuk mendapatkan rasa yang lezat. Namun, Sedulur tetap bisa menggunakannya untuk berbagai masakan lainnya, seperti membuat bistik, menumis sayur, ayam mentega, atau masakan seafood lainnya.   

Tak hanya digunakan sebagai pelezat masakan, kecap Inggris rupanya juga memiliki beberapa manfaat lain. Mulai dari dipercaya mendorong pembentukan darah, menjaga kesehatan mata, mendukung kekebalan tubuh, dan menjadi salah satu bahan makanan rendah kalori. Bahkan, kecap ini juga jarang menimbulkan efek samping, kecuali jika memang ada bahan di dalamnya yang membuat Sedulur alergi.

Nah, bila Sedulur tertarik untuk membeli kecap di pasaran, Sedulur bisa menyimak beberapa tips berikut ini sebelum membelinya.

  1. Perhatikan bahan dan komposisi

Telah disebutkan di atas bahwa kecap inggris terbuat dari bahan-bahan nabati yang dicampur dengan cuka, sehingga rasanya sedikit asam. Kecap ini juga mengandung sejumlah mineral maupun vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena kaya akan rempah-rempah, Sedulur akan mendapati rasa dan aroma yang cenderung lebih kuat dari produk kecap lainnya.

Selain itu, beberapa merk kecap inggris juga ditambahkan dengan zat aditif yang berupa pewarna, pengawet, dan pengental. Sehingga, Sedulur perlu memilih dengan teliti mengenai bahan dan komposisi kecap inggris sebelum membelinya. 

  1. Perhatikan bagian label halal

Meskipun secara umum kecap inggris terbuat dari bahan alami yang bersumber dari tumbuhan, namun bagi Sedulur yang muslim, memperhatikan label halal adalah hal yang wajib. Untuk memastikan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh adalah halal, Sedulur bisa memeriksa status kehalalan produk di LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia).

Tak hanya memperhatikan label halal pada produk lokal, Sedulur juga perlu memperjelas status kehalalan suatu produk yang berasal dari negara lain. Hal ini karena tidak semua produk impor sudah memiliki label halal walaupun produk tersebut tidak mengandung bahan hewani. Selain itu, rasa kecap inggris impor juga biasanya berbeda dengan produk lokal, sebab mereka menyesuaikan dengan lidah masyarakat di negara asalnya. 

  1. Pertimbangkan bagian kemasan

Kemasan juga bisa dijadikan salah satu bahan pertimbangan sebelum membeli kecap inggris. Sebab, sebagian besar produk kecap ini dikemas dalam bentuk botol, baik botol kaca atau botol plastik. Sedulur bisa memilih kemasan sesuai selera dan ketahanannya.

Bila dikemas dengan kemasan plastik, harga kecap inggris biasanya lebih murah dan cukup aman saat pengiriman dan pemakaian. Selain itu, bila Sedulur tidak sengaja menjatuhkannya, botol tidak akan langsung pecah. Sedangkan kecap inggris dalam kemasan botol akan cocok untuk Sedulur yang mengutamakan kualitas dan kesehatan.

Hal ini karena botol kaca yang digunakan biasanya sudah melewati pengujian dan mendapatkan izin food grade. Selain itu, kualitas produk juga tetap terjaga dengan kemasan kaca yang tebal. Namun sayangnya, kemasan kaca akan langsung pecah bila Sedulur tidak sengaja menjatuhkannya.  

Selanjutnya, langsung saja melihat beberapa rekomendasi merk kecap inggris terbaik yang bisa Sedulur jadikan referensi.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Merek Beras Terbaik yang Pulen dan Bergizi

1. Sedap Wangi Kecap Inggris

merk kecap inggris
Sayur Home Delivery

Rekomendasi pertama adalah Sedap Wangi Kecap Inggris. Produk ini memiliki tekstur yang encer, dengan warna gelap yang biasanya digunakan sebagai saus siram maupun cocolan makanan ringan. Terbuat dari cuka, cabai, lada hitam, molase, gula jagung, asam jawa, ikan teri, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, dan cengkeh, membuat kecap ini terasa nikmat. 

Produk ini mempertahankan resep turun temurun dengan cita rasa tradisional yang khas. Ditambah lagi, kecap merk ini juga sudah halal, sehingga aman untuk dikonsumsi para Muslim. Dengan kemasan botol kaca berisi 300 ml, Sedulur bisa mendapatkan kecap inggris ini dengan harga mulai dari Rp25.000.

2. Lea & Perrins Worcestershire Sauce

merk kecap inggris
Quality Food Mart

Produk kecap inggris merk Lea & Perrins merupakan merk legendaris yang berdiri sejak 16 Oktober 1897 di Worcester. Kecap ini dinilai lebih sehat, sebab bebas dari lemak, kolesterol, gluten, maupun pengawet. Pelopor kecap inggris ini juga masih menjadi idaman masyarakat dunia karena cita rasanya yang khas dan tidak berubah dari waktu ke waktu.

Sedulur akan merasakan kenikmatan dari perpaduan rasa asam, asin, dan gurih yang pas. Tak hanya dalam hal rasa, penggunaan kecap ini juga akan memberikan warna cokelat yang cantik pada masakan. Hal ini tentu karena komposisi yang berupa teri, bawang putih, cengkih, ekstrak asam jawa, perasa alami, ekstrak cabai, cuka putih sulingan, molase, gula, air, dan garam.

Satu kemasan 284 ml kecap ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp55.000 dalam kemasan botol kaca. Sayangnya, kecap ini tidak memiliki label halal, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Sedulur yang Muslim.   

3. Kecap Inggris Cap Sinar Mentari 

merk kecap inggris
Rokayah Collection

Mencari produk kecap inggris yang halal? Kecap Inggris Cap Sinar Mentari bisa Sedulur pilih. Kecap ini terbuat dari air, garam, cuka, asam, rempah-rempah karamel, dan pengawet natrium benzoat yang akan membuat masakan semakin lezat. Terlebih untuk memasak dengan resep tradisional, hidangan akan semakin nikmat untuk disantap.

Produk ini memiliki tekstur yang encer dan mudah tercampur ke dalam masakan. Dengan kemasan botol plastik, tentunya kecap ini sangat pas dalam genggaman saat memasak. Selain itu, harga untuk isi 150 ml juga sangat murah, yakni mulai dari Rp6.000.

4. Bull-Dog Sauce Worcestershire Sauce

merk kecap inggris
Bintang Grosir

Salah satu produsen berbagai saus yang populer di Jepang adalah Bull-Dog Sauce. Mereka juga memiliki produk kecap inggris, yakni Worcestershire Sauce yang memiliki rasa gurih umami dari sayuran dan buah-buahan. Rasanya yang sedikit rasa asam dan pedas, membuat saus kental berwarna cokelat tua ini sangat cocok untuk memasak aneka daging, seafood, dan cocolan gorengan. 

Produk ini terbuat dari air, gula, fruktosa, sirup jagung, vinegar, apel, garam, tomat, protein sayuran, kanji tepung jagung, buah prem kering, wortel, rempah, karamel, dan bawang. Dikemas dalam botol plastik berisi 1.800 ml, kecap inggris yang tidak memiliki label halal ini dijual dengan harga mulai dari Rp136.500.

BACA JUGA: Cara Membedakan Bumbu Dapur, Dijamin Jadi Paham!

5. Oliver Sauce Worcester

merk kecap inggris
Merhieshope

Produk kecap inggris rekomendasi yang lainnya adalah Oliver Sauce Worcester. Produk ini memiliki cita rasa asin gurih yang khas untuk berbagai olahan hidangan. Selain itu, kecap inggris dari Oliver ini juga tidak mengandung gluten, susu, serta kacang tanah, sehingga aman dikonsumsi oleh anggota keluarga yang memiliki alergi.

Oliver Sauce Worcester berisi 360 ml dengan harga mulai dari Rp44.500. Dengan komposisi berupa cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih, membuat kecap inggris ini sangat melegenda. Sayangnya, produk ini belum memiliki label halal pada kemasannya, sehingga Sedulur yang Muslim lebih berhati-hati.

6. Wan Ja Shan Organic Worcestershire Sauce

merk kecap inggris
Kusnadi Olshop

Rekomendasi kecap inggris berikutnya adalah Wan Ja Shan Organic Worcestershire Sauce. Terbuat dari cuka organik, organic gluten free tamari (air, kacang kedelai organik, garam), organic evaporated cane juice, garam, dan bumbu organik, membuat kecap ini memiliki cita rasa yang lezat dan berbeda dengan kebanyakan kecap di pasaran.

Kecap inggris ini dikemas dalam botol kaca dengan isi 296 ml. Kecap yang cocok untuk masakan Chinese food, sayuran, pasta, dan pizza ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp79.000. Sebagai informasi, kecap inggris ini juga tidak memiliki label halal.

7. Heinz ABC Kecap Inggris

merk kecap inggris
Heinz ABC

Selain kecap manis, ABC juga memiliki kecap inggris berkualitas. Kecap ini terbuat dari air, gula, rempah-rempah, cuka, garam, pengatur keasaman, pewarna karamel, penguat rasa mononatrium glutamat (MSG), dan pengawet natrium benzoat. Diracik oleh kiki ternama, membuat rasa asin kecap ini sangat pas di lidah. 

Kecap ini dikemas dalam botol kaca dengan isi 196 ml dan dijual dengan harga mulai dari Rp9.700 saja. Selain itu, kecap inggris produksi Heinz ini juga sudah mengantongi label halal, lho!

8. Asia Harum Sedap Kecap Inggeris

Tokohju

Asia Harum Sedap Kecap Inggeris terbuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombai, bawang merah, cengkih, dan bawang putih. Kecap ini memiliki tekstur yang encer dengan rasa sedikit asam dan aroma yang harum. 

Sedulur bisa menggunakan kecap ini sebagai bumbu masakan ikan, daging, ayam, dan mie instan. Hanya dengan harga mulai dari Rp11.700 untuk kemasan isi 135 ml, Sedulur sudah bisa menikmati hidangan lezat dari kecap yang telah berlabel halal ini.  

BACA JUGA: 12 Saus Sambal Terbaik, Pedasnya Bikin Ketagihan

9. Asia Basan Food Kecap Inggris

Palugada

Satu lagi kecap inggris berkualitas dengan harga murah yang bisa Sedulur pilih, yaitu Asia Basan Food Kecap Inggris. Dengan kemasan botol plastik berisi 135 ml, produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp6.500 saja. Meski murah, kecap ini juga tetap memberikan kelezatan dan aroma khas pada hidangan yang dimasak, serta telah dibekali label halal dalam kemasannya.

10. Saos 58 Kecap Inggris  

merk kecap inggris
Saos 58

Berikutnya ada Saos 58 Kecap Inggris yang sudah mendapatkan sertifikat halal dan terbuat dari beragam rempah lokal asli Indonesia. Kecap ini sangat cocok untuk olahan ayam, karena memiliki rasa dan aroma yang khas. 

Kecap inggris ini dikemas dalam botol plastik berisi 600ml yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp32.000. Selain itu, produk ini juga terdiri dari beberapa variasi kemasan, yakni 70 ml, 135 ml, 275 ml, dan 5 liter.  

11. Heinz Worcestershire Sauce

Achie

Bila Sedulur seorang yang suka dengan dunia perdagingan, Heinz Worcestershire Sauce bisa menjadi salah satu pilihan merk kecap inggris terbaik. Sedulur akan mendapatkan rasa khas, seperti asin, umami, dan asam saat menggunakan kecap ini sebagai bahan marinasi daging. 

Kecap ini terbuat dari cuka putih sulingan, air, molasses, garam, sirup jagung fruktosa tinggi, saus kedelai (air, kedelai, garam, alkohol), pewarna karamel, ikan teri, sirup jagung, perasa alami, polysorbate 80, dan tepung kedelai. Produk yang dikemas dalam botol kaca ini dijual dengan harga mulai dari Rp69.900 dengan isi 355 ml.

12. French’s Worcestershire Sauce

Rikwan Nanang

Rekomendasi merk kecap inggris terbaik yang terakhir adalah French’s Worcestershire Sauce. Kecap inggris ini sangat cocok untuk memasak daging, sebab akan memberikan sensasi rasa yang gurih, asam, manis, dan sedikit asin. Tak hanya soal rasa, produk ini juga dikemas dalam botol kaca steril sehingga terjamin kehigienisannya. 

French’s Worcestershire Sauce terbuat dari cuka terdestilasi, air, molases, sirup jagung, garam, ikan teri, ekstra asam jawa, gula, bumbu, bawang putih bubuk, pewarna karamel I, pengental (xanthan gum), peningkat volume propylene glycol alginate, dan perisa alami. Terdiri dari kemasan 147 ml dan 295 ml, Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp55.000.

Itu dia 12 rekomendasi merk kecap inggris terbaik yang bisa Sedulur gunakan untuk memasak berbagai masakan, terutama untuk memarinasi daging. Selain kecap inggris, Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan bumbu dapur lainnya, seperti kecap manis, saus sambal, dan saus tomat.

Nah, Sedulur bisa melengkapi kebutuhan bumbu dapur tersebut dengan mudah di Aplikasi Super. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa belanja dan kulakan berbagai macam sembako, mulai dari beras, minyak goreng, gula, hingga aneka tepung dengan harga murah.

Menariknya lagi, Sedulur juga akan mendapatkan promo diskon dan cashback menarik, serta gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Yuk, segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga!