Cara membedakan bumbu dapur

Kita seringkali kesulitan membedakan bumbu dapur, terutama bumbu-bumbu rempah yang memiliki bentuk dan tekstur yang serupa. Meskipun terlihat sepele, jika tidak bisa membedakan dan malah salah menggunakan bumbu, tentu masakan jadi tidak enak.

Maka dari itu, Sedulur perlu tahu bagaimana cara membedakan bumbu dapur agar Sedulur tidak kesulitan dan tidak salah lagi dalam menggunakan bumbu dapur. Di bawah ini akan dijelaskan cara membedakan bumbu dapur itu sendiri. Yuk, kita simak!

BACA JUGA: 14 Bumbu Masak Paling Penting di Dapur, Kunci Lezatnya Makanan!

Cara membedakan bumbu dapur

cara membedakan bumbu dapur
IDN Times

Pada dasarnya, cara membedakan bumbu dapur yang paling mudah adalah dengan mengetahui setiap jenis bumbu dapur, dalam hal ini adalah rempah-rempah yang menjadi bumbu tradisional dan khas Indonesia. Tanpa rempah-rempah sendiri, masakan Indonesia tidak bisa senikmat saat ini.

-->

Diantara bumbu dapur atau rempah tersebut, yang paling sulit dibedakan akan jahe, kunyit, lengkuas dan kencur. Karena keempat bumbu yang disebutkan tersebut memiliki bentuk dan tekstur yang mirip. Sehingga jika tidak mengetahui bentuknya akan sulit untuk dibedakan.

Agar Sedulur bisa membedakan bumbu-bumbu tersebut, mengetahui dengan jelas setiap bumbu merupakan cara yang tepat. Di bawah ini akan dijelaskan setiap bumbu dapur tersebut.

1. Jahe

Kompas

Jahe sendiri merupakan bumbu dapur yang memiliki bentuk seperti jari-jari dengan bentuk yang menggembung dan memiliki warna kulit cokelat keabu-abuan yang merata. Ketika jahe diiris, dagingnya akan terlihat berwarna kuning dengan serat yang lembut.

Jahe sendiri memiliki aroma yang kuat dengan rasa yang penas. Jahe sering digunakan untuk bumbu marinasi ikan dan daging ayam, karena manfaatnya yang ampuh untuk menghilangkan bau amis dan memperkuat rasa.

Selain untuk bumbu marinasi, jahe juga seringkali digunakan untuk campuran minuman herbal, hal ini disebabkan karena jahe bisa memberikan kehangatan bagi tubuh dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

2. Lengkuas

cara membedakan bumbu dapur
Kompas

Banyak yang sering tertukar antara jahe dan lengkuas, karena keduanya memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama. Lengkuas memiliki warna kulit cokelat seperti jahe, namun tidak merata. Ketika diiris pun, daging lengkuas berwarna putih berbeda dengan jahe yang berwarna kuning.

Selain itu, aroma lengkuas juga tidak begitu menyengat seperti aroma jahe. Umumnya lengkuas juga hanya digunakan untuk menambah rasa dan aroma. Saat ini biasanya lengkuas banyak digunakan untuk bahan kremesan masakan yang digoreng.

3. Kunyit

Kompas

Bumbu dapur atau rempah satu ini tentu tidak sulit dibedakan, Sedulur pun pasti sudah tahu dan akrab. Di beberapa daerah, kunyit memiliki nama berbeda. Seperti di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama koneng, ini karena warnanya yang kuning. Di daerah Sumatera juga dikenal dengan nama kuning.

Penamaan tersebut merujuk pada warna dari kunyit itu sendiri. Kunyit sering kali digunakan untuk bumbu-bumbu marinasi dan bumbu ungkepan daging. Manfaat kunyit sangat tinggi untuk tubuh, yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA: Cara Membuat Bumbu Spaghetti Spesial Pedas Lezat!

4. Kencur

cara membedakan bumbu dapur
Batukita

Terakhir adalah kencur, kencur juga seringkali disangka jahe bagi yang belum tahu cara membedakan bumbu dapur. Namun jika dilihat dengan seksama, kencur sendiri tidak sulit dibedakan dengan jahe. Kencur memiliki warna putih dengan aroma yang khas.

Kencur umum digunakan untuk bumbu tumisan sayur dan bumbu lain. Bagi Sedulur yang menyukai seblak khas Bandung, ada aroma khas dari seblak yang dihasilkan oleh kencur. Kencur juga sering digunakan sebagai bahan minuman tradisional yaitu beras kencur.

Nah itulah cara membedakan bumbu dapur dan penjelasan terkait bumbu dapur agar tidak tertukar. Saat ini, telah banyak bumbu bubuk kemasan yang lebih memudahkan Sedulur sehingga tidak perlu sulit membedakan. Memasak pun akan jadi lebih mudah lagi.

Sedulur hanya perlu langsung membeli bumbu dapur bubuk sebagai persediaan bumbu untuk memasak. Untuk memudahkan Sedulur menyediakan bumbu dapur bubuk, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Dijamin proses memasak Sedulur bisa lebih praktis.

Sedulur hanya perlu belanja lewat aplikasi dan tunggu pesanan Sedulur tiba di depan rumah. Tidak perlu repot ke pasar dan keluar rumah. Jangan khawatir, selalu gratis ongkir untuk setiap pengiriman. Makanya, cek Aplikasi Super sekarang juga, mana tahu ada diskon untuk bumbu-bumbu dapur, lho!