bumbu dapur

Bagi Sedulur yang memiliki hobi memasak, khususnya resep makanan Indonesia. Wajib sekali mengetahui nama bumbu dapur dan rempah beserta dengan manfaatnya. Hal ini karena masakan Indonesia termasuk dalam makanan yang menggunakan banyak bumbu dan rempah untuk penyajiannya.

Tentu banyaknya rempah ini memberikan keunggulan pada rasa masakan khas Indonesia karena menjadi memiliki banyak rasa. Budaya memasak penuh rempah ini juga sangat didukung dengan ketersedian bahan yang melimpah di penjuru negeri. Bahkan, menurut catatan Kompas, Indonesia menjadi negara dengan ketersedian rempah yang melimpah setelah India dan Thailand. Beberapa macam bumbu dapur berasal dari rempah-rempah yang bahkan hanya tumbuh di Indonesia.

Berikut akan dijelaskan beberapa jenis bumbu dapur beserta dengan manfaatnya. Apa saja? Yuk, mari kita simak ulasannya.

BACA JUGA: Mengenal Jintan, Rempah Berkarakter Spicy Dengan Sejuta Manfaat!

-->

Daftar bumbu dapur beserta manfaatnya untuk tubuh

1. Daun salam

bumbu dapur
JawaPos

Daun salam dapat ditemukan di Indonesia biasanya dalam bentuk segar dan kering. Kedua bentuk tersebut, baik segar dan kering bisa menghasilkan aroma sedap dan wangi pada makanan ketika dimasak.

Daun salam biasanya dibutuhkan dalam setiap masakan tradisional, terutama masakan berkuah seperti dalam bumbu sop, dan bumbu kari. Daun salam dapat memberikan manfaat bagi tubuh, terutama untuk beberapa jenis penyakit, daun salam dapat mengurangi gejala diabetes dan jantung.

2. Ketumbar

bumbu dapur
iStock

Rempah dan bumbu dapur selanjutnya yaitu adalah ketumbar, biasanya ketumbar kita jumpai dalam bentuk bubuk atau biji. JIka ingin lebih efisien dan praktis digunakan, memilih ketumbar yang telah dalam bentuk bubuk.

Ketumbar sangat dibutuhkan untuk makanan berkuah dan juga makanan kental yang bersantan. Makanan seperti sop dan rendang biasanya menggunakan ketumbar sebagai bumbu rempahnya. Ketumbar sendiri memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh, terutama jika dimakan dalam keadaan cuaca dingin.

3. Serai

bumbu dapur
Fimela

Bumbu dapur selanjutnya adalah serai, serai berfungsi untuk menambah rasa dan wangi sebuah makanan. Biasanya makanan khas Bali banyak menggunakan serai sebagai bumbu utamanya. Serai terdiri dari dua jenis, yaitu serai merah dan juga serai sayur.

Serai merah memiliki bentuk lebih besar dibanding serai sayur. Serai memiliki manfaat untuk pencegahan kanker, anti inflamasi, antiseptik, mengobati arthritis, dan menurunkan darah tinggi. Penggunaan serai biasanya dengan digeprek lalu dimasukan kedalam masakan.

4. Lengkuas

bumbu dapur
Kompas.com

Lengkuas merupakan salah satu bumbu dapur yang khas Indonesia. Lengkuas banyak digunakan pada setiap makanan Indonesia seperti soto, rendang, kari ayam, dan juga masakan berkuah dan juga bersantan. Karena lengkuas bisa menambah rasa makanan menjadi lebih kuat lagi.

Lengkuas sendiri memiliki manfaat untuk mencegah kanker, menghentikan diare, dan meringankan gejala penyakit asma. Selain itu, jika lengkuas dihaluskan dapat digunakan sebagai obat untuk luka bakar atau luka infeksi pada kulit.

5. Kemiri

bumbu dapur
iStock

Dalam penggunaannya, kemiri biasanya dibakar terlebih dahulu agar dapat mengeluarkan aroma yang kuat. Atau digoreng di atas wajan tanpa menggunakan minyak, atau biasanya proses ini oleh orang sunda disebut dengan nama disangrai.

Ekstrak minyak dalam kemiri dapat memberikan manfaat untuk perawatan rambut agar rambut memiliki warna yang mengkilap, dan juga kemiri dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut bagi yang memiliki masalah kebotakan pada rambut.

Kemiri selain sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk perawatan rambut dan juga kecantikan. Hal ini merupakan kelebihan dari manfaat kemiri yang bisa kita manfaatkan secara maksimal.

BACA JUGA: Mengenal Bouquet Garni, Bumbu Rempah Penambah Cita Rasa

6. Kunyit

bumbu dapur
iStock

Bumbu dapur selanjutnya yang paling sering digunakan dalam masakan Indonesia adalah kunyit. Makanan seperti soto, kari, dan rendang menggunakan kunyit untuk menambah rasa agar lebih kuat dan juga untuk mempercantik warna makanan.

Kunyit dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kanker, penyakit pencernaan, antibiotik dan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain sebagai bumbu dapur, kunyit juga merupakan salah satu rempah penting yang digunakan sebagai minuman jamu.

7. Cengkeh

Bumbu Dapur
Good News From Indonesia

Cengkeh atau dalam bahasa Inggrisnya bernama cloves ini biasanya digunakan dalam resep masakan untuk sop dan masakan berkuah. Cengkeh ini memiliki aroma yang kuat dan khas jika digunakan untuk makanan Indonesia.

Selain sebagai bumbu dapur, karena aromanya yang wangi, cengkeh juga digunakan sebagai bahan untuk rokok yang dicampurkan dengan tembakau. Cengkeh memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru dan menjaga agar sistem pernapasan kita tetap sehat.

8. Jahe

bumbu dapur
Halodoc

Ada beberapa jenis jahe yang tersedia di Indonesia, jahe biasa dan jahe merah. Jahe selain digunakan untuk bumbu dapur juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Penggunaan jahe dalam pengobatan telah dilakukan sejak dulu dalam pengobatan tradisional.

Jahe memiliki peran untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan. Biasanya, makanan yang menggunakan bahan utama daging akan menggunakan jahe untuk mengurangi bau amis dan mengeluarkan rasa yang semakin kuat.

9. Pala

bumbu dapur
Alodokter

Pala merupakan bumbu dapur dan rempah-rempah khas Indonesia. Pala juga yang membuat negara Eropa datang ke Nusantara dan kemudian menjajah Nusantara dan memonopoli perdagangan yang terjadi di Asia.

Pala memiliki manfaat untuk menghangatkan badan, oleh karena itu bangsa Eropa berani mempertaruhkan nyawa pada zaman dulu untuk datang jauh-jauh ke Nusantara agar dapat tetap hangat pada musim dingin di Eropa.

10. Kapulaga

bumbu dapur
Kompas.com

Kapulaga merupakan rempah dan bumbu dapur yang memiliki bentuk seperti kuntum bunga dengan warna putih yang khas. Kapulaga biasanya dijual dalam kemasan berbentuk biji atau telah berbentuk bubuk. Untuk lebih praktis, beli kapulaga yang telah dalam bentuk bubuk.

Kapulaga memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai anti oksidan dan juga untuk memperkuat imunitas tubuh. Makanan yang menggunakan kapulaga biasanya masakan berkuah yang memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh.

BACA JUGA: Khasiat Ketumbar, Rempah-Rempah Paling Istimewa di Indonesia

11. Bunga lawang

Kompas.com

Bunga lawang merupakan jenis bumbu dapur yang biasa digunakan dalam setiap masakan India atau Tiongkok. Karena masakan Indonesia banyak dipengaruhi oleh India dan Tiongkok, hal tersebut menyebabkan bunga lawang juga sering digunakan sebagai bumbu dapur di setiap makanan di Indonesia.

Wangi  bunga lawang yang khas dengan bentuk yang sangat eksotis. Bunga lawang memiliki bentuk seperti bintang, dengan biji kecil di dalamnya. Warna  coklat dari bunga lawang semakin memperindah bentuknya. Bunga lawang biasa dijual dalam bentuk bubuk untuk penggunaan yang lebih praktis.

12. Asam Jawa

iStock

Asam Jawa merupakan bumbu dapur yang umum digunakan dalam setiap makanan yang ada di daerah pulau Jawa. Asam Jawa juga banyak tersedia di pulau Jawa, oleh karena itu terdapat nama Jawa di belakangnya.

Akibat ketersediaannya yang melimpah di pulau Jawa, banyak makanan di pulau Jawa yang menggunakan asam Jawa. Selain sebagai bumbu dapur, Asam Jawa juga sering digunakan sebagai jamu untuk menjaga kesehatan tubuh.

13. Asam kandis

Fimela

Memiliki bentuk seperti buah yang telah melalui proses dikeringkan, dengan warna hitam pekat dan bentuk yang bulat dan agak gepeng. Asam kandis banyak digunakan dalam masakan tradisional yang memiliki cita rasa yang khas.

Asam kandis biasa dijual dalam bentuk kering, dan mudah disimpan sampai kapanpun. Hal ini disebabkan asam kandis memiliki ketahanan yang sangat lama. Makanan yang menggunakan asam kandis juga biasanya dapat bertahan lama dan tidak mudah basi.

14. Kluwak

iStock

Kluwak memiliki bentuk seperti kerikil atau seperti batu. Hal ini disebabkan oleh tekstur kluwak yang sangat keras. Jika dipecahkan, kluwak memilik lapisan daging yang berwarna hitam pekat di dalamnya. Jika dalam keadaan mentah, Kluwak mengandung racun hidrogen sianida yang berbahaya.

Oleh karena itu Kluwak harus diolah dengan baik. Biasanya kluwak sebelum digunakan harus di rebus terlebih dahulu selama satu jam. Lalu simpan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 15 hari setelah itu kluwak baru aman digunakan.

Masakan yang menggunakan kluwak sebagai bumbu dapur adalah masakan rawon yang menjadi masakan khas Surabaya dan daerah di Jawa Timur. Kluwak dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

15. Kencur

Kompas.com

Cara menggunakan kencur sebagai bumbu dapur adalah dengan dipotong, dicincang atau diparut. Kencur memiliki bentuk yang sangat menyegarkan. Namun jika ingin lebih efisien dan praktis, bisa menggunakan kencur yang telah dalam bentuk bubuk.

Selain sebagai bumbu dapur, kencur juga telah digunakan sebagai jamu yang memiliki khasiat antibiotik untuk pengobatan radang tenggorokan. Jika mulai merasakan radang tenggorokan, bisa langsung minum kencur untuk mencegah peradangan semakin parah.

BACA JUGA: 28 Macam Rempah Rempah Indonesia Beserta Manfaatnya

16. Jinten

iStock

Bentuk jinten yang seperti beras dan berukuran kecil, panjang dan juga memiliki berat yang ringan. Jinten mempunyai wangi yang khas dengan rasa pedas yang bisa membuat tubuh hangat, dan memberi rasa sedap pada masakan.

Makanan Indonesia yang memakai jinten yaitu kari, opor ayam, gulai. Jinten selain sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat untuk membantu dalam meredakan sakit perut dan bersifat antiseptik. Biasanya, jinten dijual dalam bentuk kering seperti atau juga dalam bentuk bubuk.

17. Kayu manis

iStock

Kayu Manis yang di dunia terdiri dari 2 macam. Pertama yaitu Cassia Cinnamon dan kedua Ceylon Cinnamon. Kayu manis yang umum kita jumpai di pasaran adalah kayu manis jenis Cassia Cinnamon. Kayu Manis Cassia ini  memiliki bentuk gulungan keras seperti kayu, bisa ditumbuk sampai jadi bubuk.

Atau juga digunakan begitu saja dalam masakan. Cita rasanya yang khas membuat kayu manis ini sering kali digunakan dalam makanan atau pembuatan kue. Kekurangan dari kayu manis cassia adalah mengandung  unsur coumarin yang tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

18. Daun jeruk

Kompas.com

Daun jeruk digunakan pada setiap makanan di Indonesia agar dapat menambah cita rasa harum sekaligus segar dan juga  menghilangkan bau amis pada masakan yang menggunakan bahan seperti ikan dan juga daging

Cara menggunakan daun jeruk sebagai bumbu dapur  sangat sederhana, kita hanya perlu merobek-robek daunnya dan masukkan ke dalam masakan yang sedang dimasak. Biasanya setiap masakan berkuah menggunakan daun jeruk untuk menimbulkan aroma yang lebih segar.

19. Daun kunyit

Fimela

Daun kunyit memiliki bentuk yang panjang dengan tekstur yang sangat lembut. Penggunaan daun kunyit sebagai bumbu dapur sama seperti penggunaan daun jeruk, yaitu dengan cara dirobek terlebih dahulu dan lalu masukan kepada masakan yang sedang diproses.

Daun kunyit dapat menghilangkan bau amis pada bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Menggunakan daun kunyit dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Masakan berkuah biasanya selalu menggunakan daun kunyit untuk membuat citarasa yang lebih kuat.

20. Bawang merah

iStock

Dalam setiap masakan di Indonesia, bawang merah selalu menjadi bumbu andalan. Tidak ada makanan yang tidak menggunakan bawang merah sebagai bumbu. Bawang merah dapat membuat sebuah masakan memiliki aroma yang wangi.

Selain digunakan sebagai bumbu, bawang merah juga bisa diolah dengan hanya digoreng kering dan menjadi pelengkap sebuah makanan. Rasa dari bawang merah yang gurih dapat membuat kita lebih semangat untuk makan.

BACA JUGA: Mengenal Wedang Uwuh Dengan Segudang Manfaat

21. Bawang putih

iStock

Bawang putih dengan bawang merah ibarat sepasang sejoli dalam setiap masakan Indonesia. Tidak dapat terpisahkan dan selalu ada bersamaan dalam setiap makanan. Aroma bawang putih juga melengkapi aroma bawang merah. Bawang putih juga bisa mengurai kepadatan daging dan membuat masakan yang menggunakan olahan daging agar daging menjadi matang dengan sempurna.

22. Daun bawang

iStock

Daun bawang juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Dalam masakan nasi goreng misalkan, bawang daun menjadi bumbu utama yang digoreng paling pertama. Daun bawang dapat mengeluarkan aroma yang wangi dan dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

23. Bawang bombay

iStock

Bumbu dapur yang banyak dijumpai di masakan khas Indonesia berikutnya adalah bawang bombay. Jenis bumbu satu ini memiliki rasa yang kuat dan khas yang dapat melezatkan masakan sekaligus menambah aroma. Tak hanya itu, bawang bombay juga memiliki cita rasa manis terutama saat ditumis sehingga bisa menyeimbangkan rasa gurih pada masakan.

Selain dapat melezatkan masakan, bawang bombay ternyata juga menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan kandungan quercetin, menjaga suasana hati atau mood karena kaya akan folat, menjaga fungsi sistem pencernaan, menguatkan sistem imunitas tubuh, dan menurunkan risiko kanker.

24. Merica

iStock

Merica atau juga kerap disebut lada merupakan jenis bumbu dapur yang juga cukup populer. Rempah-rempah satu ini memiliki cita rasa pedas yang juga dapat memberikan sensasi hangat dalam tubuh saat menyantap makanan yang menggunakan merica.

Selain membantu melezatkan masakan, merica juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan merica memiliki kandungan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan fosfor. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin A, B1, B2, B6, dan K serta senyawa antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi.

adapun berikut beberapa manfaat merica yang perlu Sedulur ketahui.

  • Meredakan hidung tersumbat
  • Menghambat pertumbuhan bakteri
  • Mencegah kerusakan sel
  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan
  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Meredakan nyeri

25. Temu kunci

VIVA

Temu kunci atau juga biasa disebut kunci saja adalah jenis rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan khas Jawa dan Sumatera. Temu kunci memiliki cita rasa sekaligus aroma khas yang menambah kelezatan masakan. Beberapa jenis hidangan yang dibuat dengan bumbu temu kunci adalah sayur bening, urap, dan aneka masakan berbahan ikan.

Selain dikenal sebagai bumbu penyedap untuk masakan, temu kunci juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah meredakan batuk kering, menangkal radikal bebas, meningkatkan kualitas sperma, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan pencernaan. Tak berhenti sampai di situ, temu kunci juga disebut memiliki manfaat untuk membantu proses pengobatan pasien Covid-19 karena memiliki sifat antivirus dan anti radang, seperti dilansir Alodokter.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kaldu Jamur untuk Melezatkan Rasa Masakan

26. Kemukus

Bumbu dapur
Lifestyle Okezone

Kemukus mungkin terbilang tidak sepopuler bumbu masakan lainnya. Sebab, tidak banyak jenis masakan yang menggunakan kemukus sebagai campuran bumbu. Namun dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa kemukus dapat digunakan untuk mengolah daging sapi dan ikan. Selain itu, kemukus juga kerap dimanfaatkan sebagai campuran jamu tradisional.

Kemukus sendiri merupakan rempah asli Indonesia. Rempah satu ini memiliki nama latin Piper cubeba L. dan berbentuk bulat kecil berwarna hitam, seperti lada hitam namun memiliki tangkai kecil seperti ekor. Oleh karenanya, kemukus juga biasa disebut merica berekor.

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kemukus juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Rempah-rempah satu ini dipercaya dapat mengatasi asma atau gangguan pernafasan dan masalah pencernaan.

27. Cabai

iStock

Cabai merupakan buah atau sayuran yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan terutama untuk memberikan cita rasa pedas. Ada beragam jenis cabai yang bisa Sedulur temukan di pasaran, misalnya cabai rawit, cabai keriting, dan cabai gendol yang masing-masing memiliki rasa pedas yang khas.

Cabai biasanya dimanfaatkan dengan cara dihaluskan sehingga selain memberikan rasa pedas juga dapat memberikan warna merah pada masakan. Di samping itu cabai juga bisa diiris misalnya untuk membuat oseng atau malah menjadi pendamping saat menyantap gorengan.

Di samping memberikan cita rasa pedas, cabai rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi cabai untuk kesehatan.

  • Mengatasi hidung tersumbat
  • Melawan radikal bebas
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Meredakan nyeri
  • Menurunkan berat badan

28. Wijen

iStock

Wijen merupakan biji-bijian yang kerap digunakan untuk menambah kelezatan makanan. Wijen biasa dimanfaatkan untuk taburan maupun diolah menjadi minyak wijen yang kemudian dicampur sebagai bumbu masakan.

Terdapat sejumlah manfaat minyak wijen untuk masakan. Di antaranya adalah menambah aroma, menghilangkan bau amis, untuk marinasi daging, hingga sebagai pengganti minyak untuk menumis bumbu sehingga masakan menjadi lebih lezat.

Selain menjadi penyedap makanan, wijen juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan kolesterol dan trigliserida, mengatasi peradangan, menjaga kesehatan tulang, mengobati diabetes, dan kaya akan antioksidan.

29. Adas manis

Bumbu dapur
Kompas.com

Adas manis merupakan jenis rempah yang banyak digunakan dalam masakan Eropa, Mediterania, dan Timur Tengah. Di sisi lain, ada pula masakan Indonesia yang menggunakan rempah satu ini sebagai campurannya, yaitu gulai.

Selain itu, adas manis juga umum digunakan sebagai ramuan herbal untuk bahan obat-obatan tradisional. Beberapa manfaat adas manis bagi kesehatan adalah untuk mengobati asma, sembelit, kudis, batuk, serta nyeri saat menstruasi. Selain itu adas juga disebut dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

30. Kemangi

Sajian Sedap

Kemangi merupakan jenis tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai lalap. Selain itu, daun kemangi juga dapat diolah sebagai bumbu untuk menambah kelezatan masakan. Hal ini dikarenakan kemangi memiliki aroma dan cita rasa khas yang membuat masakan semakin menggugah selera.

Selain menjadi bumbu masakan, kemangi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah menjaga kesehatan pencernaan, antiinflamasi, menyehatkan kulit, dan mengatasi depresi atau masalah kecemasan.

Itu dia 30 jenis bumbu dapur yang kerap digunakan dalam berbagai masakan khas Indonesia. Menariknya, saat ini telah banyak tersedia bumbu dapur dalam bentuk kemasan, seperti lada dan ketumbar bubuk sehingga lebih mudah untuk diolah.

Sedulur bisa menemukan aneka bumbu dapur kemasan di Aplikasi Super. Selain itu juga tersedia beragam kebutuhan memasak lainnya, termasuk beras, tepung, dan mie instan yang bisa diperoleh dengan harga murah tanpa perlu keluar rumah. Melainkan cukup pesan lewat aplikasi dan pesanan akan dikirim sesuai alamat.

Praktis bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan dapurmu!