sirah kencong blitar

Apa yang Sedulur pikirkan saat mendengar kata Blitar? Jika yang terlintas dalam benak adalah Makam Bung Karno, Candi Penataran dan Kampung Cokelat, kali ini Sedulur akan berkenalan dengan wisata yang tak kalah indah yaitu wisata Kebun Teh Sirah Kencong Blitar.

Terletak di Kabupaten Blitar, pemandangan indah itu akan segera memanjakan mata bagi siapa pun pengunjungnya. Perkebunan teh ini begitu asri dan semakin lengkap dengan kehadiran sebuah air terjun yang menawan.

Jadi tidak heran jika area perkebaunan yang dikelola oleh Persero Perkebunan Bantaran PTPN XII jadi destinasi yang sangat cantik. Bahkan, Sedulur tak hanya bisa menikmati keindahan panoramanya saja, tapi juga belajar mengenal tumbuhan teh lebih jauh.

Bagi Sedulur yang memang menyukai wisata alam, maka Kebun Teh Sirah Kencong Blitar wajib masuk ke dalam tujuan wisatamu. Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke sini, perlu menyimak beberapa informasi penting mengenai Sirah Kencong Blitar. Berikut ulasannya!

BACA JUGA: Bukit Cinta Gunung Bromo, Wisata Melihat Sunrise yang Indah

Sekilas Tentang Kebun Teh Sirah Kencong

sirah kencong blitar
Unsplash/Ian Wagg

Salah satu kebun teh yang ada di Jawa Timur adalah Sirah Kencong. Perkebunan Teh Sirah Kencong membentang luas, tepat berada di kaki Gunung Butak yang ada di Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Perkebunan Teh Sirah Kencong sendiri ada di Kabupaten Blitar.

Perkebunan ini dijalankan oleh PT. Perkebunan Nusantara XII, di bawah unit usaha dari Kebun Bantaran dengan produk unggulannya adalah teh hitam Ken Tea (Sirah KENcong TEA). Memiliki luas 219 hektare, perkebunan teh ini menjadi yang terluas di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Hamparan perkebunan hijau yang sangat indah siap memanjakan mata dan membuatmu betah berlama-lama. Adanya fasilitas tambahan, seperti gazebo dan gardu pandang, juga menambah kenyamanan dan memberi kemudahan pengunjung untuk hasilkan foto menawan.

Selain itu, perkebunan teh ini berada pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika udara pegunungan terasa sangat menyejukkan meski waktu menunjukkan pukul 12 siang.

Lokasi dan Jam Operasional Kebun Teh Sirah Kencong

Lokasi dari kawasan Kebun Teh Sirah Kencong sebenarnya tidaklah jauh dari pusat Kota Blitar. Hanya beberapa kilometer saja yang bisa Sedulur tempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Cukup eksotis dan menarik.

Namun dibutuhkan tenaga cukup ekstra untuk sampai ke sana. Alamatnya berada di Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar, Jawa Timur. Sedangkan jam operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun teh ini berada tepat di bawah kaki Gunung Buthak, sehingga memiliki suasana yang pas untuk berlibur dan menyeduh kopi. Sedulur bisa menikmati kopi ataupun teh di kedai yang tersedia di sekitar area wisata Kebun Teh Sirah Kencong.

Keindahan alamnya yang memukau menarik pasangan muda-mudi untuk mengabadikan momen dengan pasangannya. Tak jarang para calon pengantin melaksanakan foto pre-wedding dengan latar belakang pemandangan alam yang masih asri, hamparan tanaman teh, dan jalur kebun teh yang estetik.

Tidak perlu khawatir soal biaya masuk ke kebun teh Sirah Kencong ini, karena tiket masuk wisata ini cukup membayar Rp10.000 untuk bisa mencapai dan melihat pemandangan alam di Sirah Kencong. Bagi Sedulur yang ingin berwisata ke kebun teh Sirah Kencong ini, bisa dijangkau dengan transportasi roda dua dan roda empat.

Rute Menuju Kebun Teh Sirah Kencong

Kawasan Sirah Kencong ini berjarak kurang lebih 37 kilometer dari pusat Kota Blitar. Terdapat tiga rute yang dapat Sedulur tempuh untuk sampai di kawasan wisata ini. Pertama, dari Alun-alun Blitar, Sedulur bisa menuju ke wilayah Wlingi terlebih dahulu.

Setelah melewati MAN 2 Blitar, selanjutnya belok kiri masuk ke Jln. Dokter Sucipto atau arah RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Lurus saja hingga ketemu perempatan, lalu belok kiri.

Kemudian, lurus lagi hingga ketemu perempatan, belok kiri masuk ke Jln. Semeru. Belok kanan setelah sampai di Jln. Menyeberang Tangkis Lahar Gn. Kelud. Saat sampai Jln. Mastrip, ambil kiri. Ikuti jalan sampai masuk ke Desa Ngadirenggo. Dari sana, Sedulur bisa langsung menuju ke lokasi wisata.

Rute kedua, yakni melalui Desa Wisata Semen. Dari kawasan Blitar Kota, Sedulur dapat bergerak menuju Kecamatan Wlingi hingga melewati Pasar Desa Semen. Kemudian, belok ke kanan ke arah Sirah Kencong. Rute ketiga dengan melewati Kawedanan Wlingi sampai Tegalsari. 

Dari kawasan Blitar Kota, bergeraklah menuju Kawedanan Wlingi, lalu lanjut ke arah Utara hingga sampai Tegalsari. Kemudian, belok kiri di pertigaan Tegalsari, lalu ikuti arahan jalan melewati perkebunan Sengon, pabrik susu, hingga sampai Serah Kencong.

Tak perlu khawatir, akses menuju Sirah Kencong telah diperbaiki dan sangat mudah dilalui dengan kendaraan pribadi.

BACA JUGA: Coban Parang Tejo: Harga Tiket, Fasilitas, Hingga Spot Seru

Daya Tarik Perkebunan Teh Sirah Kencong 

sirah kencong blitar
Unsplash/Bhupes Talwar

Berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas laut membuat suhu udara di lokasi tersebut terasa sangat sejuk, lho. Sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai setelah lelah beraktivitas. Perkebunan Teh Sirah Kencong juga punya pemandangan alam yang ciamik dengan hamparan tanaman teh cukup luas. 

Bahkan jika ada kabut yang turun akan menambah cantik lokasi tersebut. Jalur kayu yang dibuat juga sangat membantu sekali jika ada pengunjung yang ingin melakukan eksplorasi lokasi lebih jauh lagi.

Jalur tersebut dibangun menyerupai jembatan yang cukup unik dan di beberapa titik terdapat spot yang bisa Sedulur gunakan untuk berfoto. Berikut ini beberapa daya tariknya.

1. Hamparan pemandangan hijau

Perkebunan Teh Sirah Kencong memiliki pemandangan berupa hamparan kebun teh berwarna hijau dan berbukit yang membuat pengunjung betah. Perkebunan dapat digunakan untuk rileks setelah sepekan berkutat dengan rutinitas.

Suasana semakin sejuk dengan adanya sungai mengalir di perkebunan dengan air bening dan dingin. Area perkebunan juga memiliki tempat-tempat yang menarik, seperti air terjun, candi, deck gitar, dan pujasera. Ada juga spot foto yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Pemandangan lain berupa gunung dan pemukiman di sekitar Kebun Teh Sirah Kencong. Perkebunan Bantaran PTPN XII juga menawarkan beberapa hasil produk unggulan tehnya dengan merek “Ken Tea” yang dapat dijadikan oleh-oleh.

2. Air terjun kecil yang indah

Tak jauh dari perkebunan, di area ini juga terdapat air terjun. Untuk menuju ke sana, Sedulur perlu melewati jembatan kayu yang berada searah dengan gerbang masuk. Papan penanda terletak beberapa meter setelah jembatan. Suasana di area ini cukup sepi dan waktu yang diperlukan untuk naik adalah 20 menit tanpa istirahat.

Sedulur akan dikenakan tiket masuk Rp6 ribu per orang. Sesampainya di puncak, Sedulur akan menemukan banyak gazebo yang tersedia dan pemandangan air terjun akan ada di depan. Air terjun ini jernih dengan desain bertingkat dan puncak tingkatnya menjadi habitat ikan hias. Tempat ini menyajikan alam hutan yang asri.

3. Mampir ke Candi Sirah Kencong

Ketika menyusuri perkebunan teh yang sangat luas, Sedulur juga akan menemukan candi peninggalan umat Hindu. Dilansir website resmi Direktori Wisata, candi Sirah Kencong ditemukan pada 1967 oleh para pekerja perkebunan. Sayangnya, kondisi candi kala itu telah runtuh dan tidak lagi utuh.

Candi ini terdiri dari tiga bangunan dengan relief tipis yang indah dan berisi cerita sejarah. Relief pertama mengisahkan Bubuksah Ganggang Aking dan relief bangunan kedua menceritakan Samudramanthana. Sedangkan relief ketiga menggambarkan Bima yang mencari Tirta Manthana. Berwisata alam bisa sekaligus belajar sejarah.

4. Camping di Brak Papat 

Spot epik terakhir ini merupakan favorit para pencinta alam. Dengan berjalan kurang lebih satu jam dari perkebunan teh, Sedulur akan sampai di Brak Papat. Brak Papat merupakan titik tertinggi di Perkebunan teh Sirah Kencong. Dari Brak Papat, Sedulur dapat menikmati landscape perkebunan teh dengan lebih jelas dan sangat indah.

Lokasi ini sering kali digunakan untuk camping oleh para wisata yang datang. Selain tempatnya yang luas, pemandangan kota pada malam hari, serta sunrise indah di pagi harinya juga menjadi daya tarik lain untuk berkemah di Brak Papat.

Adanya panorama Gunung Kelud yang nampak sangat jelas dari sini juga menjadi favorit para pecinta fotografi untuk mengambil jepretan-jepretan menawan.

Itulah tadi informasi mengenai Sirah Kencong Blitar. Tempat wisata ini juga sudah memiliki fasilitas cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan. Beberapa di antaranya seperti area parkir, toilet, dan mushola sudah dibangun di sana.

Hal tersebut dimaksudkan agar bisa menunjang kegiatan para pengunjung atau wisatawan saat berada di area Kebun Teh Sirah Kencong. Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke Sirah Kencon.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!