bukit cinta bromo

Bukit Cinta Bromo menjadi salah satu pilihan wisata paling populer ketika berkunjung ke Gunung Bromo, Jawa Timur. Bukit ini menyajikan pemandangan eksotis yang berpadu dengan udara sejuk khas pegunungan. Jadi tidak heran banyak sekali wisatawan yang datang setiap harinya.

Menjadi salah satu pilihan wisata terbaik di Gunung Bromo, Bukit Cinta tak hanya memberikan pemandangan tapi juga pengalaman menikmati sunrise untuk para wisatawan. Nah, kalau Sedulur penasaran seperti apa keindahan yang ditawarkan Bukit Cinta di Gunung Bromo? Yuk, simak rangkuman informasi lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Keindahan Pantai Bajulmati Malang: Daya Tarik, Lokasi, dan HTM

Mengenal Bukit Cinta Bromo

bukit cinta bromo
Unsplash/Azhar Galih

Bukit Cinta terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sejak beberapa tahun silam, Bukit Cinta telah menjadi salah satu spot yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan Gunung Bromo. Apalagi belakangan, fasilitas di Bukit Cinta juga makin dilengkapi sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Bukit Cinta sendiri terletak di ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hal ini membuatnya menjadi salah satu spot tertinggi untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise di kawasan Bromo. Adapun Bukit Cinta juga sering disebut sebagai Penanjakan 3 lantaran terletak di dekat Penanjakan 1 dan 2 yang juga banyak dikunjungi untuk menikmati matahari terbit.

Legenda Bukit Cinta

Nama Bukit Cinta terutama populer di kalangan wisatawan. Kendati begitu, masyarakat Suku Tengger umumnya mengenal tempat tersebut sebagai Lemah Pasar atau Pasar Agung yang merupakan tempat untuk mencari kebutuhan upacara adat.

Di sisi lain, nama Bukit Cinta ternyata memiliki makna tersendiri. Dihimpun dari berbagai sumber, nama tersebut ternyata tidak lepas dari cerita rakyat tentang Roro Anteng dan Joko Seger.

Masyarakat percaya bahwa Gunung Bromo merupakan tempat di mana Roro Anteng dan Joko Seger pertama kali bertemu dan jatuh cinta. Oleh sebab itu, bukit yang juga masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo itu pun diberi nama Bukit Cinta.

BACA JUGA: 12 Kedai Cwie Mie Malang Paling Worth It, Enak dan Legendaris!

Pesona Bukit Cinta Bromo

wisata gunung bromo
Unsplash/Kevin Zhang

Salah satu daya tarik yang membuat Bukit Cinta populer dan menjadi spot yang banyak dikunjungi wisatawan adalah pemandangan alamnya yang menakjubkan. Bukit Cinta sendiri telah lama dikenal sebagai spot yang cocok untuk melihat matahari terbit alias sunrise.

Selain itu, ada juga kegiatan maupun fasilitas lain yang menjadi pesona tersendiri untuk Bukit Cinta Bromo.

  • Melihat keindahan langit di malam hari. Bukit Cinta rupanya juga banyak dikunjungi wisatawan pada malam hari. Kawasan ini menyajikan keindahan langit malam dengan bintang-bintang yang bersinar terang.
  • Warung makan dan minum. Sedulur yang berencana berkunjung ke Bukit Cinta tak perlu khawatir akan kelaparan. Pasalnya, saat ini sudah banyak tersedia warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman yang tak sekadar mengobati rasa lapar dan haus, tetapi juga dapat menghangatkan tubuh di tengah udara Bromo yang dingin.

Peraturan Dan Harga Tiket

Berikut beberapa hal seputar Bukit Cinta Bromo yang perlu Sedulur ketahui.

  • Lokasi: Area Pegunungan Wonokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan, Jawa Timur 67177
  • Jam operasional: 24 jam, tetapi lokasi ini umumnya ramai dikunjungi menjelang matahari terbit
  • Suhu: 3-5 derajat Celcius

Adapun menurut berbagai sumber, pengunjung tidak dikenai biaya untuk memasuki kawasan ini. Hanya saja, Sedulur perlu menyiapkan biaya untuk keperluan lain seperti parkir kendaraan, sewa jeep, ataupun toilet dengan rincian sebagai berikut.

  • Toilet: Rp 5.000
  • Parkir sepeda motor: Rp 5.000
  • Parkir mobil: Rp 10.000
  • Sewa Jeep: Rp 350.000

Namun, harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu ya. Tetapi Sedulur dapat menggunakannya sebagai acuan biaya yang perlu disiapkan untuk berwisata ke sana.

BACA JUGA: 12 Tempat Wisata Pujon Malang, Alam yang Memesona dan Asri

Rute Menuju ke Sana 

wisata gunung bromo
Unsplash/Levi Ari Pronk

Disampaikan sebelumnya, Bukit Cinta terletak di kawasan Pegunungan Wonokitri, Tosari, Pasuruan yang jaraknya kurang lebih 41 km dari Pasar Tumpang. Sedulur bisa menempuh perjalanan selama 1 jam 40 menit melalui Bromo.

Untuk mencapai lokasi ini, Sedulur bisa menggunakan jasa sewa mobil ataupun jeep untuk merasakan sensasi yang lebih seru. Namun, Sedulur juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Tips Berkunjung ke Bukit Cinta

Berikut ada beberapa tips yang bisa menjadi catatan untuk Sedulur saat akan berkunjung ke Bukit Cinta.

  • Jika ingin melihat matahari terbit, sebaiknya Sedulur datang pada dini hari atau juga bisa berkemah semalaman.
  • Apabila Sedulur kurang mahir mengemudi di medan pasir dan penuh tikungan tajam, ada baiknya menggunakan jasa sewa Jeep lengkap dengan sopirnya.

Itu dia rangkuman informasi seputar Bukit Cinta Bromo. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? Namun, sebelum ke sana, Sedulur sebaiknya persiapkan perbekalan dengan baik ya. Khususnya untuk air minum karena perjalanannya yang cukup melelahkan.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani berwisata ke alam bebas Gunung Bromo. Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp