usaha rumahan di bulan ramadan

Ketika bulan Ramadan tiba, bukan berarti Sedulur akan kehilangan kesempatan mendapatkan banyak keuntungan. Malah selama bulan suci ini, ada banyak sekali usaha rumahan yang bisa mendatangkan uang tambahan. Ada cukup banyak usaha rumahan di bulan Ramadan yang bisa Sedulur coba.

Jika Sedulur sedang mencari ide untuk usaha rumahan yang menguntungkan selama bulan Ramadan. Langsung aja simak ulasan di bawah ini ya!

BACA JUGA: Jadwal Imsak Puasa Ramadan 1444 H / 2023 Surabaya dan Sekitarnya

1. Jualan menu sahur

Usaha rumahan di bulan Ramadan
Pattaya

Jenis usaha rumahan di bulan Ramadan pertama yang bisa coba adalah berjualan menu sahur. Yup, selama bulan puasa, kebiasaan sarapan orang-orang akan berubah menjadi menjalankan sahur setiap pagi. Hal ini bisa menjadi potensi bisnis yang menarik karena Sedulur bisa menyediakan lauk pauk untuk dihidangkan selama sahur.

2. Berdagang takjil

Usaha rumahan di bulan Ramadan
Bisnis

Jika sebelumnya soal lauk untuk sahur, Sedulur juga bisa menjadikan menu buka puasa sebagai sarana berjualan. Salah satu yang mungkin tidak terlalu sulit adalah membuat takjil.

Takjil sendiri merupakan hidangan pembuka puasa yang masuk dalam kategori makanan ringan. Beberapa hidangan takjil yang banyak jadi favorit masyarakat Indonesia seperti gorengan, roti, es campur, maupun minuman hangat.

3. Dagang sembako

Kulakan kebutuhan pokok
Aplikasi Super

Menurut hasil riset, kebutuhan pokok atau sembako menjadi salah satu komoditi panas saat bulan puasa tiba. Hal ini tidak lepas dari adanya tren meningkatnya konsumsi masyarakat selama Ramadan.

Fakta di atas, tentu menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi Sedulur ketika mencari potensi bisnis selama puasa. Bahkan, dilansir dari Liputan6, ada kenaikan hingga mencapai 290% pada barang-barang seperti beras, gula, tepung terigu, hingga santan.

Jika Sedulur tertarik untuk mencoba bisnis sembako selama puasa. Jangan lupa untuk kulakan kebutuhan pokok di Aplikasi Super. Ada banyak sekali promo menarik yang bisa membantu Sedulur mendapatkan banyak keuntungan selama berjualan.

Tak hanya itu, Aplikasi Super memberikan kemudahan kulakan sehingga Sedulur bisa mendapatkan banyak berkah di bulan Ramadan. Misalnya ada promo cashback, potongan harga, sampai layanan gratis ongkir.

BACA JUGA: 8 Cara Ngabuburit Ramadhan di Surabaya Paling Seru dan Asyik!

4. Kulakan buah

Usaha rumahan di bulan Ramadan
US Today

Berjualan buah menjadi salah satu usaha menarik saat bulan Ramadan tiba. Hal ini tidak lepas dari kepedulian masyarakat terhadap komposisi makanan bergizi yang lebih meningkat di bulan suci. Selain itu, kulakan buah juga begitu diminati banyak orang yang ingin mencoba usaha dadakan seperti berjualan es buah, jus, atau minuman segar lainnya jelang berbuka puasa.

5. Bisnis kue kering

Usaha rumahan di bulan Ramadan
Pinterest

Selain berjualan berbagai macam kebutuhan buka puasa dan takjil, Sedulur juga bisa mulai melirik bisnis kue kering lho. Usaha ini juga salah satu yang potensial ketika bulan Ramadan tiba. Apalagi kue kering menjadi salah satu sajian wajib saat Idul Fitri.

Jika Sedulur tertarik untuk menjalankan bisnis kue kering, jangan lupa untuk mencari tempat kulakan bahan membuat kue yang tepat. Sedulur bisa mencoba Aplikasi Super karena banyak sekali bahan-bahan dapur seperti tepung terigu, gula, hingga mentega yang tersedia.

Kulakan mudah dan hemat di Aplikasi Super juga bikin untung karena ada layanan gratis ongkir untuk setiap transaksi barang kulakan yang kamu beli.

6. Dagang perlengkapan ibadah

Bisnis perlengkapan ibadah
Liputan6

Bulan Ramadan merupakan bulan suci. Jadi tidak heran jika semakin banyak orang yang ingin memperbanyak ibadahnya. Hal ini membuat usaha berjualan perlengkapan ibadah bisa jadi bisnis yang laris manis lho.

Sedulur bisa membuat atau menyediakan perlengkapan ibadah kekinian yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Seperti sajadah polos berbahan lembut atau kopiah kekian yang bisa meningkatkan penampilan saat beribadah di masjid.

BACA JUGA: 20 Resep Jajanan Buka Puasa yang Terpopuler dan Paling Laris!

7. Jasa parsel lebaran

Usaha rumahan di bulan Ramadan
Detik

Jelang datangnya lebaran, tentu salah satu bisnis yang bisa dicoba adalah jualan parsel. Ada cukup banyak jenis parsel yang bisa Sedulur buat dari parsel buah, parsel biscuit, sampai parsel sembako.

Melihat banyaknya kebutuhan pokok di saat Idul Fitri, bisa dipastikan bahwa parsel sembako memiliki peluang keuntungan yang lebih besar. Namun, Sedulur juga harus menyiapkan modal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah, Sedulur bisa kulakan berbagai produk kebutuhan pokok seperti minyak goreng, beras, tepung, kecap, dan yang lainnya di Aplikasi Super. Bagaimana menarik kan? Buruan buruan belanja dan kulakan di Aplikasi Super agar untuk melimpah!

8. Jasa kartu ucapan

Kartu ucapan lebaran
Mamikos

Ada parsel, maka orang-orang juga perlu kartu ucapan untuk melengkapinya. Pembuatan kartu ucapan lebaran ternyata masih bisa menjadi bisnis yang potensial, khususnya untuk keperluan parsel korporasi dan formal.

Sedulur bisa menciptakan ucapan-ucapan menarik sesuai kebutuhan konsumen agar parsel yang diberikan memiliki nilai lebih ketika diterima orang lain.

9. Berjualan ketupat dan lontong

Resep ketupat
Detik

Ketupat dan lontong merupakan makanan yang menjadi simbol Hari Raya Idul Fitri. Apabila tidak ada dua olahan nasi tersebut, rasanya seperti ada yang kurang ketika lebaran tiba. Jadi tidak heran jika dua makanan ini bisa jadi usaha rumahan di bulan Ramadan khususnya saat mendekati hari Raya Idul Fitri.

Usaha ini cocok dimulai ketika memasuki pertengahan bulan puasa Ramadan. Ketupat dan lontong akan menjadi bahan utama untuk disantap bersama opor ayam atau sayur labu siam. Sehingga biasanya banyak orang yang membutuhkan kulit ketupat atau kulit pisang untuk membuat menu ini.

BACA JUGA: Banjir Diskon di Bulan Suci, Badai Promo Super Ramadan Kembali Lagi!

10. Rental mobil

Rental mobil
Nerd Wallet

Ketika hari Lebaran tiba, banyak orang yang merayakannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun, faktanya tidak semua orang memiliki mobil pribadi, tetapi malas juga menggunakan kendaraan umum. Alhasil, usaha rental mobil menjadi solusinya.

Jika Sedulur ingin menjalankan usaha rental mobil, pastikan melakukan beberapa pengamanan dan pencegahan tindak kejahatan seperti membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak, memberlakukan penahanan KTP selama masa penyewaan, meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa, dan memasangkan alat pelacak GPS pada mobil atau motor.

11. Jasa tukar uang receh

Usaha rumahan di bulan Ramadan
Okezone

Biasanya, menjelang lebaran jasa penukaran uang sangat diburu oleh masyarakat. Banyak orang ingin menukar uang nominal besar ke nominal kecil, seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 untuk dibagikan ke sanak saudara di kampung.

12. Jasa menjahit

Usaha rumahan di bulan Ramadan
Perficient

Usaha rumahan di bulan Ramadan terakhir adalah jasa menjahit. Bisnis satu ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan lantaran Mode baju yang banyak dijual sudah sangat beragam. Sedulur bisa memberikan layanan seperti membuat baju dengan kain dan desain yang dibuat sendiri.

Pada bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri aka nada banyak orang yang ingin membuat suasana di bulan suci lebih spesial dengan hal-hal baru. Sehingga kebutuhan jasa tukang jahit juga akan ikut meningkat. Bagi Sedulur yang mempunyai keterampilan jahit, maka tidak ada salahnya untuk menyalurkannya menjadi bisnis seperti beberapa ide lainnya di atas.

Demikian tadi deretan usaha rumahan di bulan Ramadan yang bisa Sedulur coba. Selain bisnis kuliner yang begitu potensial, ada bisnis jualan lainnya yang tak kalah menarik.

Namun, jika Sedulur kulakan kebutuhan pokok yang mudah dan penuh berkah, bisa mencoba belanja di Aplikasi Super. Ada banyak sekali produk kebutuhan pokok yang bisa dibeli dengan harga murah dan mudah. Jadi buruan pakai Aplikasi Super sekarang juga!