Rekomendasi ngabuburit Ramadhan

Setiap bulan Ramadan tiba, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satunya menunggu waktu berbuka atau dikenal dengan istilah ngabuburit. Namun, budaya ngabuburit Ramadhan disetiap kota itu berbeda-beda, termasuk di Surabaya.

Di Kota Pahlawan ini, banyak sekali kegiatan yang bisa Sedulur lakukan selama ngabuburit Ramadan yang dijamin seru dan asik. Penasaran apa saja kegiatan ngabuburit Ramadan di Surabaya? Simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Spesial Dengan Resep Ayam Panggang Oven

Istilah Ngabuburit Ramadhan

Ngabuburit Ramadhan
RCK Trip

Sebelum mencari tahu tempat dan aktivitas ngabuburit yang seru di Surabaya, Sedulur juga perlu memahami arti istilah kata tersebut. Apalagi kata ngabuburit memiliki banyak makna di setiap daerah berbeda.

-->

Dilansir dari Detik.com, istilah ngabuburit datang dari Bahasa Sunda. Ketua Lembaga Bahasa Sunda Universitas Pasundan, Hawe Setiawan menjelaskan jika kata ini berasal dari kata dasar burit yang berarti sore. Kata tersebut lalu mendapatkan imbuhan sehingga menjadi kata kerja, ngabuburit.

Istilah ngabuburit sendiri sudah digunakan sejak lama. Namun, kata ini mulai identik dengan suasana bulan Ramadhan ketika Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-13. Ratusan tahun berlalu, istilah ngabuburit semakin menggambarkan tentang kegiatan kreatif dan rohani ketika orang-orang menanti datangnya waktu magrib.

Belakangan ini, ngabuburit bisa menggambarkan aktivitas seperti berjalan-jalan di sore hari hingga waktu berbuka, mencari kuliner atau berburu takjil di jalan, sampai menjalankan ibadah tadarusan di masjid sampai adzan berkumandang.

Rekomendasi Ngabuburit di Surabaya

Setiap daerah pasti memiliki pilihan ngabuburitnya masing-masing, begitu juga ketika Sedulur ngabuburit Ramadhan di Surabaya. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga atau teman dengan seru dan menyenangkan.

Kegiatan-kegiatan ini juga tidak mengesampingkan aktivitas ibadah sehingga ngabuburit Ramadhan Sedulur tetap menambah pahala. Yuk, simak rekomendasi ngabuburitnya di bawah!

BACA JUGA: Resep Es Kelapa Muda Selasih, Lepaskan Dahaga Kala Buka Puasa

1. Tadarus di Masjid

Ide ngabuburit ramadhan
Detik

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci  yang sangat diberkahi oleh Allah SWT, sehingga setiap ibadah yang dilakukan akan diganjar dengan pahala berlipat ganda. Salah satu aktivitas ngabuburit Ramadhan yang bisa dilakukan adalah tadarus di Masjid.

Di Surabaya sendiri, banyak sekali masjid besar yang mengadakan tadarus bersama menjelang berbuka puasa. Sedulur bisa menghabiskan waktu sambil berjalan-jalan atau berkeliling di banyak masjid terkenal di Surabaya.

Misalnya beberapa masjid yang bisa dikunjungi dan melakukan tadarus adalah Masjid Nasional Al Akbar, Masjid Sunan Ampel, sampai Masjid Cheng Ho di kawasan Genteng.

2. Safari takjil

Ide ngabuburit ramadhan
JPNN

Salah satu kegiatan ngabuburit Ramadhan yang tidak bisa Sedulur lewatkan adalah safari takjil. Kegiatan ini merupakan aktivitas berburu takjil atau makanan berbuka puasa di masjid-masjid. Jadi tak hanya bisa mendapatkan banyak menu makanan menarik yang sudah dipersiapkan oleh pengurus masjid, Sedulur juga bisa ikut serta memakmurkan masjid ketika bulan Ramadhan.

Budaya safari takjil ini sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Hal ini juga sangat populer di Surabaya dan bisa jadi aktivitas menarik untuk Sedulur serta keluarga di rumah.

3. Berjualan menu buka puasa

ide ngabuburit ramadhan
Pinterest

Jika Sedulur sedang mencari kegiatan ngabuburit sekaligus menambah pendapatan, mungkin berjualan bisa jadi pilihan menarik. Apalagi momen bulan Ramadhan biasanya juga menjadi ajang masyarakat untuk berburu jajanan di jalanan.

Sedulur bisa membuat berbagai macam menu berbuka puasa atau takjil yang dijual dengan murah meriah menjelang waktu magrib tiba. Beberapa menu buka puasa yang menarik untuk dicoba bisa dari minuman, makanan atau cemilan ringan kekinian.

Agar bisa mendapatkan banyak keuntungan saat jualan, Sedulur bisa lho menggunakan Aplikasi Super sebagai tempat untuk kulakan berbagai macam kebutuhan memasak. Tak hanya harganya terjangkau, barang belanjaan juga akan langsung diantar sampai rumah lho. Menarik sekali bukan?

4. Bakti sosial

ide ngabuburit ramadhan
Greeneration

Kegiatan ngabuburit Ramadhan yang bisa jadi pilihan Sedulur selanjutnya adalah bakti sosial. Apalagi bulan puasa juga tak hanya mengajarkan untuk menahan diri, tapi juga berbagi kepada orang lain.

Momen bakti sosial ini bisa membantu Sedulur untuk menghabiskan waktu selama menunggu berbuka puasa. Kegiatan baksi sosial ini sendiri bisa sangat beragam, seperti membagikan takjil kepada orang tidak mampu, bersedekah kepada orang lain, sampai membuat acara buka bersama dengan orang-orang yang kurang beruntung.

BACA JUGA: Spot Warung Makan Indomie Paling Unik dan Enak di Surabaya

5. Memasak takjil

masak sahur
Motherhood

Untuk Sedulur yang memiliki hobi memasak, maka mencoba berbagai macam resep spesial Ramadan bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Apalagi memasak takjil atau makanan berbuka, bisa menjadi kegiatan bermanfaat selama satu bulan penuh.

Sedulur bisa menghilangkan kejenuhan dengan melakukan aktivitas ngabuburit Ramadhan ini tanpa harus menghabiskan banyak tenaga. Selain itu, masakan yang sudah dibuat akan memiliki rasa yang lebih lezat ketika jam berbuka tiba.

Jadi pastikan Sedulur selalu memiliki persedian bumbu masak dan kebutuhan membuat berbagai macam resep di dapur. Sedulur bisa membeli kebutuhan ini dengan mudah menggunakan Aplikasi Super. Cukup download aplikasinya, semua belanjaan akan langsung diantar sampai rumah.

6. Berolahraga jelang berbuka

Olahraga saat puasa
PureGym

Ibadah puasa bukan berarti Sedulur melupakan olahraga. Banyak ahli kesehatan, menyarankan agar kegiatan mengolah tubuh tetap dilakukan selama bulan Ramadan namun dengan pemilihan waktu yang tepat.

Para ahli menjelaskan, olahraga bisa dilakukan satu jam sebelum berbuka puasa. Sedulur juga tidak perlu melakukan intensitas olahraga yang terlalu berat agar tidak mengalami kelelahan. Beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan selama puasa adalah jogging, push up, sit up, dan gerakan mengolah tubuh lainnya.

Jangan lupa setelah berbuka puasa, dahulukan untuk meminum air putih agar cairan tubuh bisa kembali dan badan menjadi segar.

7. Bersepeda keliling kota

ide ngabuburit ramadhan
Pinterest

Salah satu olahraga yang sedang trend di Surabaya adalah bersepeda. Kegiatan ini juga bisa menjadi rekomendasi untuk Sedulur yang ingin ngabuburit bersama teman atau sodara selama bulan puasa.

Sedulur bisa memilih rute bersepeda yang tidak terlalu ramai sembari menunggu waktu magrib tiba. Selain itu, bersepeda juga bisa memberikan Sedulur akses ke berbagai tempat sehingga bisa mencicipi berbagai macam menu takjil menarik di jalanan.

Bersepeda saat ngabuburit juga tidak menghabiskan banyak tenaga karena matahari senja tidak terlalu terik. Sedulur bisa mencoba beberapa rute seperti Taman Bungkul, Kebun Bibit Wonorejo, atau Kota Tua.

8. Berenang

ide ngabuburit ramadhan
Islamq

Olahraga berenang bisa menjadi salah satu aktivitas ngabuburit Ramadhan yang bisa Sedulur lakukan. Dilansir dari Al Azhar Asy-Syarif Sumater Utara, berenang merupakan salah satu olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah.

Sunnah ini sendiri diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i yang berbunyi seperti berikut:

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang.”

Sunnah ini juga diperkuat dengan anjuran dari Umar bin Khattab yang pernah mengatakan agar umah Muslim selalu mengajarkan anak-anak untuk berenang, memahan dan berkuda. Sehignga olahraga ini baik dan bisa menambah amalan pahala untuk Sedulur.

Selain itu, berenang saat ngabuburit tetap perlu memperhatikan syarat sah puasa dengan tidak meminum air, kentut di dalam air, atau melakukan hal-hal membatalkan puasa lainnya.

Olahraga renang juga sangat baik menjaga stamina tubuh selama menjalani ibadah Ramadan. Khususnya dalam menjaga kesehatan paru-paru dan jantung.

Demikian tadi rekomendasi kegiatan ngabuburit Ramadhan yang bisa Sedulur coba. Tak hanya bisa menambah pahala, aktivitas di atas juga bisa menjaga kebugaran Sedulur selama menjalani ibadah puasa. Jadi selamat mencoba ya Sedulur!