Tauco

Bagi para pecinta kuliner tanah air, pasti cukup familiar dengan bumbu masak bernama tauco. Yup, bahan masakan satu ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam menu tradisional seperti Tauto Pekalongan, Taugo Goreng Betawi, sampai Tumis Tauco Udang dari Medan.

Namun, sering mencicipi kelezatan dari olehan tauco, sudah kah Sedulur mengetahui apa saja manfaat tauco dan cara membuatnya? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Alami Menghilangkan Bau Amis Saat Memasak Daging

Mengenal tauco

Tauco
GenPi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring yang dikembangkan oleh Badang Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai jenis Glycine max.

Kedelai tersebut dimasak secara khusus dengan cara direbus lalu diacampur dengan tepung terigu. Proses ini berlanjut pada tahap fermentasi atau menumbuhkan jamur pada adonan kedelai.

Agar bisa menciptakan rasa yang diinginkan dan aman untuk dikonsumsi, fermentasi tauco lantas direndam dengan air garam, lalu dijemur di bawah sinar matahari langsung selema beberapa minggu.

Proses penjemuran ini akan membuat tauco mengeluarkan aroma yang khas dan air rendaman berubah menjadi coklat kemerahan dengan tekstur kental yang lengket. Air tersebut nantinya akan dijadikan kecap sedangkan biji kedelai yang tersisa dijadikan tauco. Di Jepang sendiri, olahan kedelai ini juga sering dikenal dengan nama natto.

BACA JUGA: 30 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Enak dan Bergizi

Kandungan gizi tauco

Manfaat Tauco
Detik Food

Meskipun termasuk dalam bahan masakan yang cukup umum, kandungan gizi tauco ternyata cukup besar dan bagus untuk dikonsumsi.

Misalnya, dalam 100 gram tauco terdapat kandungan gizi seperti:

  • Energi sebesar 166 kKal
  • Protein 10,4 gram
  • Karbohidrat sebesar 24,1 gram
  • Lemak sebanyak 4,9 gram
  • Kalsium 55 mg
  • Fosfor 365 mg
  • Zat besi 1 mg

Tak hanya memiliki kandungan mineral baik seperti di atas, olahan kedelai ini juga bisa membantu tubuh untuk memenuhi asupan vitamin seperti vitamin A, B1, dan C.

BACA JUGA: Mitos dan Fakta Kreasi Masakan Udang Yang Perlu Diketahui!

Manfaatnya untuk kesehatan

Fermentasi kedelai
Resep Koki

Tauco memang memiliki manfaat besar dalam membuat makanan memiliki rasa yang lezat dan umami yang khas. Namun, lebih dari itu, manfaat tauco benar-benar bisa dirasakan oleh tubuh dan bisa menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit.

Dilansir dari Liputan6, ada sekitar 5 manfaat yang bisa dirasakan secara langsung usai mengkonsumsi tauco secara rutin. Berikut ini ulasannya:

1. Mencegah osteoporosis

Tauco memiliki kandungan mineral yang sangat banyak. Salah satunya adalah kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang.

Sehingga mengkonsumsi olahan kedelai ini secara rutin dan dalam porsi yang tepat bisa membantu seseorang agar terhindar dari penyakit osteoporosis. Osteoporosis sendiri adalah penyakit pengeroposan tulang akibatnya kekurangan mineral dalam tubuh.

2. Aman untuk penderita diabetes

Bahan masak satu ini juga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah pada gula darah atau diabetes. Hal ini tidak lepas dari natto mengandung energi dan karbohidrat yang aman karena kandungan gulanya yang rendah.

Sehingga penderita diabetes tetap mendapatkan asupan energi yang cukup tanpa harus khawatir gula darahnya meningkat.

3. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi tauco dalam porsi yang tepat bisa membantu seseorang memiliki jantung yang sehat. Hal ini tidak lepas dari enzim-enzim dari natto bisa mengaktifkan hormone yang melancarkan sistem peredaran darah ke jantung.

4. Menjaga stamina

Bahan masakan yang juga dikenal dengan nama natto ini juga memiliki kandungan mineral protein yang tinggi. Jadi tidak heran jika bumbu masakan ini bisa menjadi sumber energi seseorang, khususnya untuk meningkatkan stamina.

5. Membantu memulihkan anemia

Terakhir, manfaat natto yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah memulihkan kondisi penderita anemia atau pasien darah rendah. Tingginya kandungan zat besi dalam tauco bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang tauco. Bumbu ini merupakan salah satu bahan masakan yang cukup sering digunakan dalam menyedapkan berbagai macam kuliner khas nusantara. Tak hanya karena rasanya yang khas dan enak, natto juga memiliki gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.