resep ayam panggang oven

Resep ayam panggang oven merupakan salah satu resep spesial untuk buka puasa Sedulur dan keluarga. Selain karena rasanya yang nikmat, ayam panggang oven juga tidak begitu sulit dibuat. Wajar jika resep menu satu ini disebuat sebagai menu spesial buka puasa.

Untuk menyambut bulan puasa yang sebentar lagi akan kita laksanakan, pembahasan resep ayam panggang oven kali ini hadir sebagai rekomendasi dan referensi selama bulan puasa nanti. Lantas seperti apa resep dan cara membuatnya? Yuk, mari langsung kita simak di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Tongseng Sapi Tanpa Santan, Tetap Gurih dan Sedap!

Bahan yang dibutuhkan

resep ayam panggang oven
iStock

Untuk membuat resep ayam panggang oven spesial, bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu:

-->
  • 1 ekor (1.2 kg) ayam negeri
  • garam kasar
  • 100 ml minyak sayur
  • 100 ml kecap/shoyu

Bumbu halus

iStock

Agar ayam panggang semakin nikmat dan lezat, tentu perlu menggunakan bumbu-bumbu yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Bahan bumbu halus yang dibutuhkan untuk membuat ayam panggang oven sendiri yaitu:

  • 7 siung bawang putih
  • 20 g bawang bombay
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 cm jahe
  • 1 sdm garam

Bumbu oles

resep ayam panggang oven
iStock

Tak ubahnya seperti dibakar, memasak ayam dengan cara dipanggang pun membutuhkan bumbu oles agar ayam semakin nikmat dan lezat. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai bumbu olesnya, yaitu:

  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm madu

Jika Sedulur menyukai pedas, Sedulur bisa menghaluskan cabai rawit dan campurkan dengan mentega dan madu. Lalu oleskan ke ayam sebelum dimasukkan ke dalam oven.

Langkah membuatnya

iStock

Setelah bahan-bahan lengkap, berikut ini cara dan langkah membuat resep ayam panggang oven, yaitu:

  1. Cuci bersih ayam di bawah air mengalir hingga semua kotoran dan sisa darah larut lalu tiriskan.
  2. Lumuri ayam dengan garam kasar sambil gosok-gosok hingga merata ke seluruh badan ayam.
  3. Bilas dengan air bersih, tiriskan. Lap ayam dengan tisu dapur hingga kering.
  4. Bumbu: Tumbuk atau blender semua bahan Bumbu hingga halus.
  5. Campur bumbu halus dengan shoyu hingga rata.
  6. Oleskan bumbu halus ke seluruh badan ayam hingga bagian perut dan bagian bawah kulitnya. Diamkan selama 30 menit.
  7. Siapkan wadah tahan panas atau loyang oven. Alasi kertas aluminium dan olesi minyak.
  8. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 C, selama 45 menit – 1 jam.
  9. Saat 10menit sebelum waktu memanggang habis, olesi seluruh badan ayam dengan bahan Olesan merata. Nyalakan api atas oven dan panggang hingga seluruh ayam kering.
  10. Angkat dan biarkan beberapa menit kemudia potong-potong dan sajikan selagi hangat.

BACA JUGA: Menu Sahur Spesial, Ayam Kukus Bawang Putih

Tips yang perlu diperhatikan

iStock

Agar semakin nikmat saat mengolah resep ayam panggang oven, ada beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan. Tips pertama berkaitan dengan jenis ayam yang digunakan untuk dipanggang, selanjutnya dengan jenis penggunaan loyang atau wadah untuk memanggang.

Tips terakhir terkait suhu dan lama waktu yang digunakan untuk memanggang. Ketiga tips yang dimaksud dapat membuat ayam panggang semakin nikmat. Berikut ini tips lengkapnya:

  • Ayam yang cocok untuk ayam panggang oven adalah ayam negeri dengan berat lebih dari 1 kg atau 1 kg -1.5 kg. Karena saat dipanggang ayam akan menyusut karena kandungan air dan lemaknya.
  • Selain memakai loyang atau wadah tahan panas, ayam bisa dipanggang dengan alat panggangan yang biasa disertakan dalam oven. Berupa tusukan yang bisa ditusukkan ke badan ayam dan dipanggang menggantung dalam oven. Alat ini akan membuat seluruh bagian ayam kering terutama di bagian bawahnya.
  • Suhu dan lama memanggang tergantung jenis oven. Pada 10 menit sebelum waktu habis ayam perlu diolesi bahan olesan agar bisa kering merata.

Nah itulah pembahasan resep ayam panggang oven, resep yang mudah dibuat dengan rasa yang nikmat membuat waktu buka puasa Sedulur bersama keluarga terasa spesial. Jika masih bersisa, ayam panggang oven juga bisa Sedulur jadikan sebagai menu sahur. Menu yang praktis dan memudahkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit didapatkan, untuk memudahkan Sedulur menyiapkan bahan-bahannya, Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Bukan hanya bahan dan bumbu untuk ayam panggang oven, tapi setiap kebutuhan dapur dan rumah lainnya tersedia lengkap di Aplikasi Super.

Selain itu, belanja menggunakan Aplikasi Super juga memudahkan Sedulur. Belanja hanya menggunakan aplikasi dan tunggu pesanan Sedulur tiba, sehingga Sedulur bisa lebih fokus mengurus rumah. Makanya,  yuk manfaatkan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur.