tips menata rumah

Bagi ibu rumah tangga, mengetahui tips menata dapur merupakan hal yang wajib. Apalagi dapur menjadi tempat para ibu menyiapkan kebutuhan sehari-hari untuk keluarga tercinta.

Selain itu, dapur yang bersih dan rapi biasanya akan meningkatkan mood seseorang saat memasak. Penasaran seperti apa tips menata dapur agar bisa terlihat lebih luas, rapi dan bersih? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Memilih Telur yang Baik dan Berkualitas, Jangan Sampai Salah!

1 Gunakan rak piring gantung

tips menata dapur
DHGate

Tips menata dapur yang pertama untuk Sedulur adalah menggunakan rak piring gantung untuk kesan dapur terlihat luas. Penggunaan rak piring gantung sendiri memang menjadi solusi terbaik jika Sedulur memiliki dapur yang mungil.

-->

Manfaat rak piring gantung tak hanya tentang mempersimpel ruangan saja, tapi juga bisa digunakan agar alat makan yang selesai dicuci bisa kering secara sempurna. Biasanya pemakaian rak piring gantung ditaruh dekat dengan wastafel.

2 Manfaatkan wadah makanan

tips menata kulkas
Smallstuffcounts

Selanjutnya Sedulur juga bisa manfaatkan berbagai wadah makanan untuk menata dapur. Wadah makanan merupakan solusi terbaik bagi para ibu di rumah dalam menyelesaikan urusan dapur.

Selain memiliki fungsi utama untuk menjaga agar makanan awet, penggunaan wadah makanan membuat kondisi dapur lebih rapi dan bersih. Ada beberapa jenis wadah makanan yang bisa dicoba dalam tips ini, seperti wadah berbentuk persegi atau persegi panjang.

3 Tata toples bumbu masak

toples bumbu
Apartment Therapy

Salah satu masalah yang sering membuat dapur terlihat kotor adalah bumbu yang berserakan. Untuk mengatasi problem satu ini, Sedulur bisa menggunakan toples sebagai tempat menyimpan bumbu masak.

Selain itu, Sedulur juga harus segera membersihkan bumbu yang berceceran di dapur dengan menggunakan kain basah agar tidak menyisakan noda.

4 Gunakan tempat beras untuk dapur lebih rapi

Rice barrel
Pinterest

Rice barrel atau tempat penyimpanan beras merupakan alat terbaik supaya dapur terlihat rapi. Tips menata dapur satu ini pun cocok diterapkan dengan budaya masyarakat Indonesia yang biasanya menyimpan beras sebagai makanan pokoknya.

Ada cukup banyak pilihan rice barrel yang bisa Sedulur beli di toko kebutuhan rumah tangga offline maupun online. Namun, pastikan beli tempat penyimpanan beras yang memiliki bentuk kotak agar bisa ditempatkan tepat di sudut ruangan dapur.

Jika Sedulur memiliki ruangan yang luas di bagian dapur. Memberikan tempat beras juga bisa menjadi cara menata dapur yang luas agar bisa terlihat lebih tertata rapi.

BACA JUGA: Mengenal Jenis dan Harga Sabun Cuci Piring Terbaik untuk Keluarga!

5 Jangan biarkan dinding kosong

tips menata dapur
Unsplash

Dinding yang kosong memang bisa memberikan kesan rapi dan bersih. Namun, tips menata dapur selanjutnya adalah manfaatkan ruang kosong di dapurmu.

Kenapa? Karena ketika Sedulur memiliki dapur yang berukuran kecil dan tidak memanfaatkan ruang kosong di dinding, kemungkinan besar akan banyak yang menumpuk di meja dapur.

Jadi ketika ada ruang dinding kosong di sekitar dapurmu bisa taruh rak piring, lemari gantung atau sebagai tempat menggantung peralatan seperti pisau, gunting, dan lainnya.

6 Simpan peralatan makan di laci

tips menata dapur
IKEA

Tips menata dapur selanjutnya yang juga merupakan cara menata dapur sederhana adalah dengan membuat lemari dapur dengan laci. Laci ini berguna untuk menyimpan segala macam peralatan dapur yang Sedulur miliki.

Selain itu, laci juga bisa menjadi tempat untuk menata bumbu-bumbu masakan bubuk atau saus dan kecap sehingga tidak ada barang yang berserakan. Menata peralatan makan di laci juga memudahkan Sedulur untuk menyimpan dan mencari.

7 Rak gelas untuk menghemat tempat

rak gelas dapur
Unsplash

Gelas menjadi salah satu peralatan makan yang sering memakan banyak ruang. Namun, Sedulur bisa menggunakan tips menata dapur satu ini agar gelas bisa tertata rapi, yaitu dengan menggunakan rak gelas.

Rak gelas biasanya memiliki banyak jenis bentuk dan satu rak gelas bisa untuk menyimpan sekitar 10 gelas.

BACA JUGA: Khasiat Ketumbar, Rempah-Rempah Paling Istimewa di Indonesia

8 Terapkan konsep ruang L

tips menata dapur
Pinterest

Masalah ruang dapur yang sempit biasanya bisa diselesaikan dengan memodifikasi bentuk ruangan. Salah satu tips menata dapur yang bisa dicoba adalah mengubah ruangan menjadi berbentuk L.

Ruangan berbentuk L sendiri sudah cukup populer pada bangunan kecil di wilayah Eropa dan Amerika. Sedulur bisa menciptakan ruangan ini dengan membuat rak meja besar dengan bentuk siku L.

Meja ini selain bisa digunakan untuk menghidangkan makanan juga bisa untuk menyimpan berbagai macam peralatan masak. Penggunaan konsep ruang L ini juga menjadi cara menata dapur kecil memanjang yang ada di rumahmu.

9 Beri kesan luas dengan gradasi warna

tips menata dapur
Unsplash

Terakhir ada tips dan cara menata dapur sempit tanpa kitchen set agar tetap bisa terlihat mewah dan elegan. Sedulur bisa menggunakan teknik gradasi warna pada dapurmu.

Selain itu, coba kombinasikan juga dengan warna-warna kayu dan metal. Penggunaan warna kayu selain membuat suasana menjadi lebih hidup juga membuat tampilan dapurmu jadi makin estetik.

Sedulur juga bisa menambahkan komponen metal yang membuat dapur menjadi lebih mudah dibersihkan. Noda-noda atau sisa bumbu masakan yang menempel biasanya tidak mudah membekas saat menempel di metal. Ini juga menjadi tips bagi Sedulur dalam mengatasi masalah cara menata dapur kotor yang sering digunakan untuk memasak.

Demikian tadi tips menata dapur yang bisa Sedulur coba di rumah. Selain bisa membuat ruangan jadi lebih luas, setiap peralatan yang ada di dapur juga akan lebih rapi dan terorganisasi. Semoga tips di atas bisa membantu ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.