khasiat masker beras

Umumnya beras digunakan sebagai makanan pokok bagi masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat. Salah satu barang dalam sembako ini ternyata juga bisa dimanfaatkan dalam dunia kecantikan, yaitu dengan menjadikannya sebagai masker. Manfaat dan khasiat masker beras pun sangat beragam sehingga banyak diadopsi oleh berbagai macam brand kecantikan dunia.

Seperti dilansir dari Healthline, seorang ahli dermatologi di Mount Sinai Medical Center bernama Dr. Suzanne Friedler mengungkapkan pemanfaatan masker beras sudah dilakukan sejak lama oleh banyak negara.

Bahkan, negara-negara yang menggunakan beras sebagai bahan utama untuk kosmetik dan perawatan kulit tak hanya di Asia saja, tapi sudah sampai Amerika. Lalu, apa saja sih manfaat dan khasiat masker beras yang bisa Sedulur rasakan? Dan bagaimana cara membuat sendiri di rumah?

Yuk langsung Sedulur simak bersama-sama di bawah ya!

-->

BACA JUGA: Demi Hasil Maksimal, Urutan Skincare Ini Harus Diikuti dengan Benar

Membuat kulit bersinar

manfaat Masker beras
Foreo

Manfaat masker beras yang pertama adalah membuat kulit bersinar dan cerah. Dilansir dari Healthline, kandungan asam amino dan ferulic acid yang cukup tinggi ternyata ampuh menjaga kulit agar tetap cerah.

Tak hanya membuat kulit bersinar, khasiat masker beras juga bisa menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat. Manfaat ini jelas membuat kulit Sedulur bisa semakin bersih dan bebas noda.

Beberapa negara seperti Korea dan Jepang, yang memang terkenal memiliki keahlian dalam bidang kecantikan, juga masih terus menggunakan masker beras sebagai salah satu cara untuk mencerahkan kulit wajah.

Menghalangi penuaan dini

Masker beras
Earth 911

Dalam studi yang dilakukan oleh Joano Marto dan Lidia Goncalves dari University of Lisbon, menemukan sebuah hasil yang mencengangkan dari penggunaan masker beras. Mereka mendapatkan hasil bahwa masker beras berhasil mengurangi resiko penuaan dini.

Kandungan antioksidan yang ada pada masker beras dipercaya menjadi kunci dari manfaat ini. Dimana antioksidan secara sistematis menghalangi aktivitas elastase pada kulit. Elastase sendiri merupakan enzim yang merusak kelenturan kulit dan memunculkan keriput.

Melembapkan kulit

manfaat masker beras
Unsplash

Kulit kering merupakan salah satu masalah yang banyak menghinggapi orang-orang. Masalah ini bisa datang karena kondisi cuaca atau juga ketidak cocokan pada kosmetik tertentu. Jika sudah memburuk, kulit tak hanya terlihat kering, tapi juga bisa terlihat bersisik dan pecah-pecah.

Kondisi kulit kering pun menjadi hal yang harus segera ditangani agar penampilan bisa tetap prima dan maksimal. Salah satu manfaat masker beras ternyata ampuh untuk mengatasi masalah satu ini.

Berdasarkan sejumlah penelitian, sebagian besar kosmetik yang ada di pasaran menggunakan sodium laurel sulfate atau SLS. Zat tersebut biasanya yang menjadi pemicu utama masalah iritasi kulit.

Namun dengan memanfaatkan masker beras, Sedulur bisa mencegah masalah ini karena masker beras bisa membuat kulit lebih terhidrasi dan terbebas dari SLS yang berlebihan.

BACA JUGA: 8 Manfaat Brown Rice yang Lebih Baik daripada Beras Putih

Halau penyakit kulit

Manfaat masker beras
Martha Stewart

Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang paling mudah terpapar penyakit. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah dermatitis atopik yang membuat kulit mudah terkena eksim, uram dan peradangan.

Masalah ini ternyata bisa diselesaikan dengan memanfaatkan masker beras. Dilansir dari Bespotted.org, penggunaan masker kulit yang rutin bisa menyembuhkan dermatitis atopik. Selain itu, masker beras juga bisa meredakan jerawat membandel yang kerap muncul di kulit. Ini jadi salah satu khasiat masker beras yang paling utama.

Menyembuhkan sunburn

Manfaat masker beras
Allure

Sunburn atau kulit terbakar matahari adalah kondisi dimana kulit mengalami iritasi akibat terkena paparan sinar ultra violet (UV) yang berlebihan. Dampaknya, kulit menjadi lebih merah, terjadi peradangan, dan gatal-gatal.

Dilansir dari Healthline, kandungan protein peptide dan vitamin B10 yang dihasilkan masker beras akan diserap kulit sehingga membantu dalam meregenerasi kulit yang terbakar. Mineral ini juga ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat sunburn.

BACA JUGA: Begini Cara Membuat Jamu Beras Kencur Paling Gampang!

Cara membuat masker beras

manfaat masker beras
HuffPost

Untuk bisa mendapatkan manfaat masker beras yang maksimal, Sedulur harus benar-benar memperhatikan kualitas beras yang digunakan. Sebaiknya pakai beras dengan kualitas premium karena memiliki lebih banyak kandungan zat yang baik untuk kulit.

Ada beberapa beras berkualitas premium yang bisa Sedulur coba, salah satunya adalah Beras Buncit dan Beras Karya Alam Hijau. Dua beras ini bisa ditemukan di toko kelontong Super Agen selaku distributor resmi beras tersebut.

Beras Buncit
Aplikasi Super

Atau jika Sedulur ingin cara yang mudah dan simpel, Beras Buncit dan Beras Karya Alam Hijau juga bisa didapatkan secara online lewat pembelian di Aplikasi Super yang bisa didownload di Google Playstore. Menarik bukan?

Beras Karya Alam Hijau
Aplikasi Super

Nah, jika Sedulur sudah mempersiapkan beras berkualitas bagus maka perlu tahu juga bagaimana cara membuat masker beras yang benar. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Sedulur coba untuk merasakan manfaat masker beras.

1. Teknik fermentasi

Fermentasi beras
Fusion Food

Untuk teknik pembuatan masker beras yang pertama adalah dengan cara fermentasi. Cara ini cukup terkenal di Korea karena masker beras dengan kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk kulit.

Selain itu, proses fermentasi juga meningkatkan sulfonic acid yang baik untuk menangkal paparan sinar UV yang berlebihan. Berikut ini beberapa langkah membuat masker beras dengan teknik fermentasi.

  • Cuci bersih sekitar 100 gram beras berkualitas premium.
  • Beri air sekitar 500 sampai 700 liter ml ke dalam baskom.
  • Lalu rendam beras selama 2 hari agar terjadi proses fermentasi yang maksimal.
  • Cek adonan fermentasi beras dan aduk perlahan. Saring air dan pisahkan dengan beras.
  • Simpan air beras dalam botol dan masukkan ke kulkas. Air ini bisa dijadikan masker dengan penggunaan pada malam hari.
  • Selain itu, beras yang sudah disaring bisa ditumbuk halus untuk dijadikan masker dengan dicampurkan bersama bahan seperti madu.

2. Teknik rebus

Beras premium
Aplikasi Super

Selanjutnya ada teknik merebus beras untuk mendapatkan air yang bisa dimanfaatkan sebagai masker. Hasil rebusan air beras biasanya mengandung banyak kolagen dan baik untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Berikut adalah cara membuat masker beras dengan teknik rebus.

  • Siapkan beras secukupnya dan rebus seperti menanak nasi.
  • Saring rebusan air dan dinginkan dahulu.
  • Masukkan ke dalam botol dan simpan ke dalam kulkas.
  • Setelah dingin, air rebusan akan terlihat mengental dan bisa dijadikan masker wajah yang digunakan pada malam hari sebelum Sedulur tidur.

3. Teknik merendam beras

Merendam beras
Serious Eats

Terakhir ada cara merendam. Cara ini merupakan teknik membuat masker beras paling simpel dan muda. Sedulur cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Siapkan kurang lebih 100 gram beras yang sudah dicuci bersih.
  • Masukan air sekitar setengah liter ke dalam baskom yang sudah terisi beras.
  • Rendam selama 30 menit sambil diaduk-aduk. Pastikan beras dalam keadaan bersih ya Sedulur agar air yang dihasilkan tetap higenis.
  • Selanjutny, saring beras dan pisahkan dengan air yang sudah direndam.
  • Simpan air ke dalam botol dan masukkan ke dalam kulkas.
  • Air ini bisa dipindahkan ke dalam spray untuk dijadikan toner setelah mencuci muka.

Demikian tadi manfaat dan khasiat masker beras dan cara membuatnya Sedulur. Siapa sangka, beras yang biasanya kita makan ternyata memiliki manfaat lain dalam dunia kecantikan. Semoga informasi di atas bisa membantu Sedulur, khususnya dalam merawat wajah secara alami. Selamat mencoba dan merasakan khasiat masker beras ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.