Cara membuat beras kencur

Jamu beras kencur adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Terbuat dari olahan beras yang banyak dijumpai di Indonesia, minuman ini bisa menyembuhkan berbagam masalah kesehatan dan menjaga stamina. Namun, bagaimana cara membuat jamu beras kencur yang gampang?

Cara pembuatan jamu beras kencur sebenarnya cukup sederhana. Sedulur hanya perlu menyiapkan rempah-rempah seperti kencur, gula jawa sampai beras berkualitas agar bisa membuat minuman berasa gurih nikmat ini.

Ada langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk bisa menciptakan resep jamu beras kencur yang enak dan berkhasiat tinggi. Seperti apa? Langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

BACA JUGA: 8 Manfaat Brown Rice yang Lebih Baik daripada Beras Putih

Resep beras kencur manjur

resep beras kencur
Qoala Indonesia

Pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah menyiapkan resep untuk membuat minuman tradisional ini. Dimana cara membuat jamu beras kencur memerlukan bahan-bahan dan rempah seperti:

  • Beras sekitar 4 sendok makan
  • Kencur sebanyak 100 gram
  • Jahe sekitar 5 cm jahe
  • Asam jawa sebanyak 50 gram
  • Gula aren 100 gram
  • Gula pasir sebanyak 4 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 3 lembar

Dengan menggunakan resep di atas, Sedulur bisa menghasilkan 1 liter beras kencur. Jika ingin membuat porsi yang lebih banyak, Sedulur bisa meningkatkan jumlah bahan sesuai kebutuhan.

Jangan lupa pilihlah bahan yang terbaik agar jamu beras kencur yang dibuat bisa menghasilkan rasa yang nikmat dan khasiat yang maksimal.

Langkah 1: Rendam beras

cara membuat jamu beras kencur
Aplikasi Super

Agar bisa menciptakan rasa beras kencur yang enak, Sedulur harus merendam beras minimal selama 5 jam. Langkah ini sangat penting dalam cara membuat jamu beras kencur karena proses perendaman beras menghilangkan asam fitat yang dapat menghilangkan zat besi saat dimasak.

Menurut ahli gizi lulusan Sathaye College, Mumbai bernama Rujuta Diwekar. Merendam beras juga memberikan dampak positif pada hasil akhir olahan. Dimana beras akan mengalami asimilasi kualitas gizi dan memudahkan sistem pencernaan menyerap vitamin serta mineral dari beras.

Langkah 2: Sangrai beras sampai kecoklatan

cara membuat jamu beras kencur
Pinterest

Setelah merendam beras, cara membuat jamu beras kencur yang enak selanjutnya adalah dengan mensangrai beras. Sedulur harus meniriskan beras tersebut sampai mongering sebelum melakukan pesangraian.

Dilansir dari LiveStrong,com, efek beras yang disangrai membuat kandungan gizi dari beras semakin tinggi. Selain itu, beras juga memiliki zat antioksidan yang lebih banyak sehingga baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh saat dikonsumsi nanti.

Dalam proses sangria ini, Sedulur harus berhat-hati dan teliti karena jangan sampai beras menjadi gosong. Berhenti lalukan sangria ketika beras sudah mulai berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Langkah 3: Siapkan dan bersihkan rempah

cara membuat jamu beras kencur
Home Cook Basic

Setelah beras selesai disangrai, Sedulur bisa menyisihkannya terlebih dulu agar bisa melanjutkan langkah cara membuat jamu beras kencur. Sekarang persiapkan seluruh rempah lain seperti jahe dan kencur.

Dua rempah yang terkenal ini memang dikenal memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan khususnya pada saluran pencernaan. Untuk itu, Sedulur harus memastikan agar jahe dan kencur dicuci bersih sebelum dikupas kulitnya.

Setelah dicuci bersih kembali, Sedulur bisa membakar jahe dan kencur sebentar untuk meningkatkan aroma dua rempah ini dalam proses memasak selanjutnya.

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Langkah 4: Mulai proses perebusan

Air jahe
Utopia

Cara membuat jamu beras kencur selanjutnya adalah merebus seluruh bahan rempah bersama dengan gula aren, gula pasir, garam dan daun pandan. Namun, sebelum memulai proses perebusan ini, pastikan Sedulur sudah menggeprek atau memipihkan jahe dan kencur agar aromanya lebih keluar saat dimasak.

Campur semua bahan tersebut dalam satu panci besar dengan air sebanyak 1 liter. Biarkan ramuan ini mendidih dan gula larut. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali agar gula bisa larut dengan merata.

Setelah semua bahan sudah mencair dan menjadi satu, Sedulur bisa mendingikan air ramuan ini agar mencapai suhu ruangan.

Langkah 5: Blender beras

beras sangrai
Wandercooks

Sembari menunggu air rebusan ramuan dingin, Sedulur bisa menghaluskan beras yang sudah disangrai dengan menggunakan blender.

Cara membuat jamu beras kencur ini menjadi kunci karena Sedulur harus menghaluskan beras dengan sangat lembut agar jamu beras kencur tidak memiliki banyak ampas.

Jika sudah halus, masukkan beras ke dalam ramuan rebusan jahe kencur. Aduk rata sehingga bubuk beras dan ramuan tercampur baik. Jika sudah, Sedulur bisa langsung menyajikan jamu beras kencur hangat maupun dengan es.

Langkah 6: Tambahkan jeruk lemon

Cara membuat jamu beras kencur
Fimela

Dalam beberapa cara membuat jamu beras kencur, ada yang juga menggunakan perasan jeruk lemon sebagai salah satu resepnya. Hal ini sangat boleh dicoba dan disesuaikan dengan selera Sedulur.

Namun, dengan menambahkan perasan jeruk lemon pada ramuan jamu beras kencur maka akan membuat kandungan gizi minuman tradisional ini semakin lengkap. Apalagi kandungan vitamin C dari perasan jeruk lemon juga sangat tinggi sehingga bisa menambah efektifitas meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Selain karena kandungan gizi yang semakin kaya, menambahkan perasan jeruk lemon juga bisa meningkatkan rasa pada jamu beras kencur. Rasa asam dari perasan jeruk lemon akan bercampur dengan lembut dengan gurihnya rasa dari jamu beras kencur.

BACA JUGA: 15 Makanan yang Mengandung Vitamin D yang Baik untuk Anak

Manfaat jamu beras kencur

Jamu tradisional
Dokter Sehat

Jamu beras kencur tak hanya enak saat diminum tapi juga kaya akan manfaat. Berdasarkan pengalaman banyak orang dari zaman dahulu, beras kencur diklaim dan terbukti baik untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh.

Berikut ini deretan manfaat jamu beras kencur yang perlu Sedulur ketahui.

1. Menyeimbangkan kadar gula darah

Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu yang cocok untuk mengatasi masalah gula pada tubuh atau resiko diabetes. Berdasarkan penelitian dari Cleveland Clinic, beras kencur mengandung senyawa gingerol yang mampu mengatur dan menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap stabil.

Selain itu, kandungan senyawa polifenol yang dihasilkan dari proses memasak beras kencur juga baik untuk menurunkan kadar gula darah. Senyawa ini juga menjadi agen imunomodulator yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara signifikan.

2. Mengatasi peradangan

Jamu beras kencur juga dipercaya menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengobati peradangan di dalam tubuh. Hal ini karena tingginya kandungan HMP atau senyawa fitokimia yang memiliki sifat antiinflamasi dalam kencur yang menjadi rempah utama pada jamu.

Dalam studi yang dilakukan oleh R D Altman dan dipublish dalam National Library of Medicine, terjadi kesembuhan dan menurunnya peradangan pada 139 orang yang mengalami osteorahrtitis lutut.

Masalah peradangan ini mereda setelah para pasian diminta meminum ramuan jamu beras kencur secara rutin selama 6 minggu.

3. Meningkatkan nafsu makan

Minuman tradisional ini tak hanya bagus untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Salah satu manfaat jamu beras kencur untuk anak adalah meningkatkan nafsu makan sehingga anak bisa tumbuh sehat dan kuat.

Peningkatan nafsu makan ini tidak lepas dari kandungan minyak atsiri dari hasil olahan beras, kencur dan jahe. Minyak atsiri yang memiliki sifat karminatif ketika masuk dalam tubuh akan mengurangi gas dalam perut dan memicu orang agar ingin makan dengan lahap.

Demikian tadi cara membuat jamu beras kencur lengkap dengan khasiatnya. Untuk bisa membuat jamu beras kencur sebenarnya tidak sulit karena bahan yang digunakan cukup mudah dijumpai di dapur. Jadi selamat mencoba ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.