Makanan Khas Gresik

Jika mendengar kata Gresik pasti Sedulur teringat tentang semen. Namun, salah satu kota tertua di Jawa Timur ini juga memiliki banyak jenis kuliner lho. Bahkan, makanan khas Gresik juga terkenal akan kelezatannya.

Sedulur yang sedang atau ingin berkunjung ke Gresik tentu wajib mengetahui apa saja makanan  khas Gresik. Karena dengan mencicipi kuliner daerah tersebut, Sedulur akan membuat pengalaman traveling yang tak terlupakan. Berikut ini makanan khas Gresik yang wajib dicoba!

BACA JUGA: 21 Menu Khas Makanan Surabaya Super Lezat!

Nasi krawu

Makanan khas Gresik
Kumparan

Salah satu makanan khas Gresik yang terkenal hingga berbagai daerah adalah nasi krawu. Kuliner Gresik satu ini merupakan perpaduan antara nasi putih dengan lauk semur daging sapi, jeroan, sambal petis dan serundeng.

Dengan racikan bumbu yang ‘Jawa Timur’ banget, nasi krawu memang memiliki cita rasa yang pedas. Sehingga sangat memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Welut Bali

Makanan khas Gresik
Resep US

Satu kuliner legendaris yang tidak bisa dilewatkan ketika datang ke Gresik adalah welut Bali. Dari namanya, Sedulur sudah bisa menebak jika lauk utama makanan ini adalah ikan belut yang dimasak dengan bumbu Bali.

Meskipun welut Bali bukan makanan asli dari Gresik, tapi kuliner satu ini sangat populer di wilayah yang dijuluki sebagai Kota Santri tersebut.

Martabak Usus

Makanan khas Gresik
Love Usaha

Martabak umumnya memiliki isian telur atau daging ayam. Namun, martabak yang menjadi makanan khas Gresik mempunyai isian yang berbeda. Kuliner satu ini diisi dengan usus ayam. Jenis martabak asin ini memang menjadi salah satu kuliner yang wajib Sedulur coba.

Sego Karak

Makanan khas Gresik
Liputan6

Salah satu kuliner Gresik yang tak kalah unik adalah sego karak. Makanan ini cukup banyak dijumpai di wilayah Jawa Timur seperti Sidoarjo dan Surabaya. Namun, Gresik adalah kota yang mempopulerkan menu ini pertama kali.

Sego karak sendiri terbuat dari nasi yang dimasak sampai matang lalu dikeringkan. Setelah itu, nasi akan dimasak kembali dengan campuran ketan hitam. Untuk rasa, dijamin Sedulur bakal ketagihan dengan kelezatannya.

BACA JUGA: 7 Resep Ayam Laos Empuk & Enak untuk Variasi Menu Masakan

Sayur Menir

Sayur Menir
Good News From Indonesia

Ingin makanan khas Gresik yang segar dan cocok disantap disaat hujan? Maka sayur menir adalah jawabannya. Kuliner satu ini termasuk ke dalam jenis sayur bening dengan isian sayur bayam.

Biasanya, masyarakat di Gresik menyantap sayur menir dengan lauk seperti empal daging sapi dan nasi hangat.

Ndog Bader

Ndog Bader
Twitter/InfoGresik

Makanan khas Gresik selanjutnya adalah ndog bader. Makanan ini berasal dari dua kata yaitu ndog yang berarti telur dan bader yang merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Masyarakat di Gresik sendiri biasanya mengolah telur ikan bader dengan teknik memasak pepes.

Tak hanya dikenal karena rasanya yang enak, telur ikan bader juga menyimpan berbagai macam khasiat seperti kaya Omega3, mengandung vitamin B12, sumber protein, dan bisa meringankan radang sendi.

Sego Roomo

Sego roomo
Liputan6

Sego roomo atau bisa disebut nasi ruma adalah salah satu makanan khas Gresik yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini menyajikan seporsi lontong dengan toping bubur ruma yang merupakan perpaduan bawang putih, cabe besar, lengkuas dan kunyit.

Meskipun menjadi salah satu makanan khas Gresik, sego roomo ternyata juga menggunakan bumbu asal Lamongan yaitu koya. Dijamin Sedulur akan ketagihan dengan rasa pedas manis dari kuliner khas Gresik satu ini.

BACA JUGA: 10 Wisata Paling Hits & Murah di Sidoarjo, Wajib Ke Sini!

Kella Celok

Kella Celok
Go Travelly

Makanan khas Gresik yang terkenal dengan kelezatannya adalah kella celok. Kuliner satu ini berasal dari daerah Bawean yang berada di bagian utara Gresik. Biasanya makanan ini terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu kuning.

Makanan ini sangat legendaris karena biasanya hanya disajikan dalam perayaan besar masyarakat Bawean. Rasa kella celok sendiri sangat segar karena hasil dari perpaduan kuah asam pedas dengan daging ikan bandeng.

Arang Kambang

Arang kambang
Topi Jelajah

Nah, kalau ini adalah salah satu jajanan tradisional yang ada di Gresik bernama arang kambang. Kuliner satu ini terbuat dari perpaduan ketan putih dan ketan hitam yang lalu diisi dengan tape, pisang, santai dan gula jawa.

Makanan khas Gresik satu ini dikenal memiliki rasa manis yang legit dan biasanya disajikan dalam acara pernikahan.

Pudak

Pudak
Foodnesia

Bila Sedulur mencari cemilan manis yang ringan untuk dimakan, maka makanan khas Gresik satu ini wajib banget dicoba. Berasal dari olahan tepung beras yang dicampur santan kelapa, pudak banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang datang ke Gresik.

BACA JUGA: Makanan Khas Surabaya Yang Enak Banget dan Wajib Coba

Jenang Ayas

Jenang ayas
Restaurant Guru

Selanjutnya ada jenang ayas, makanan khas Gresik ini berasal dari ketan putih yang dilembutkan lalu dibentuk menjadi persegi panjang. Jenang ayas biasanya tampil dengan berbagai macam warna dengan taburan biji wijen di atasnya.

Untuk rasa, jenang ayas terkenal karen rasa manis dan teksturnya yang lembut kenyal. Jika Sedulur mencari kuliner Gresik yang cocok untuk oleh-oleh, maka jenang ayas sangat cocok dicoba.

Bonggolan

Bonggolan khas Gresik
Bonggolan Cak Gendos

Jika Sedulur sedang mengexplore wilayah pesisir Gresik, maka satu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan adalah bonggolan. Cemilan satu ini mirip seperti otak-otak, karena terbuat dari campuran daging ikan dan tepung kanji.

Namun, ada satu rasa yang sangat menonjol dari bonggolan yaitu rasa bawang putih yang ada di dalam adonannya. Bonggolan juga biasanya dicocol dengan sambal tomat sehingga rasanya menjadi sangat nikmat.

Jubung

Makanan khas Gresik
Njajan Jatim Yuk

Makanan khas Gresik yang terakhir adalah jubung. Jajanan tradisional ini merupakan salah satu cemilan paling terkenal di Kota Santri.

Terbuat dari ketan hitam yang ditumbuk lembut lalu dimasak sehingga menjadi jenang. Adonan jenang lantas dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari daun pinang muda. Tak lupa pada bagian atas jubung juga ditaburi dengan biji wijen.

Jubung sendiri memiliki rasa manis yang legit sehingga cocok untuk semua orang. Kalau Sedulur ke Gresik, jangan lupa untuk beli jajanan satu ini ya.

Demikian tadi daftar makanan khas Gresik yang terkenal dengan kelezatan rasanya. Kira-kira mana nih yang paling menarik perhatian Sedulur?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.