Bagi sedulur yang berada di Surabaya, penasaran makanan khas surabaya yang enak? Yuk simak ulasan artikel di bawah ini.

Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing, termasuk makanan khas Surabaya Jawa Timur. Makanan khas daerah biasanya menunjukan ciri khas bahan makanan yang ada di daerah masing-masing.

Ada beragam makanan khas di Surabaya, dari mulai makanan khas Surabaya tempo dulu hingga makanan khas Surabaya dan cara membuatnya. Beberapa makanan khas juga memiliki cerita dan sejarahya, termasuk sejarah makanan khas Surabaya.

Makanan khas Surabaya kupang yang akan dibahas dalam artikel ini dikumpulkan dari berbagai sumber dan merupakan makanan yang menjadi kebanggan masyarakat Surabaya khususnya dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya.

Jika ada pertanyaan yang meminta kita untuk sebutkan 5 makanan khas Surabaya yang anda ketahui? Mungkin kita akan kesulitan menjawabnya. Namun tidak usah khawatir, dengan membaca ulasan dalam artikel ini, kita akan mengetahui lebih dari 5 makanan khas Surabaya.

Apa saja makanan khas Surabaya yang dimaksud? Yuk, mari kita langsung simak ulasannya.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

Daftar Makanan Khas Surabaya yang Harus Diketahui dan Wajib Dicoba

1. Kepiting Pedas

Kepiting Pedas

Surabaya merupakan daerah pantai dan pelabuhan yang memiliki banyak olahan hasil laut, maka dari itu olahan lauta adalah makanan yang paling digemari oleh masyarakat Surabaya. Kepiting Pedas khas Surabaya merupakan makanan khas Surabaya yang pertama dibahas kali ini.

Kepiting merupakan makanan laut yang agar ribet memakannya. Namun, ribet dalam memakannya sebanding dengan kelembutan daging kepiting yang sangat halus dikunyah oleh mulut. Ketersediaan bahan baku seafood di Surabaya menjadikan kepiting menjadi makanan khas Surabaya.

Beberapa rumah makan di Surabaya memberikan olahan kepiting sebagai menu andalam. Berbagai maam rasa dan olahan disediakan, mulai dari manis pedas, asam manis, hingga goreng. Akan tetapi, Kepiting khas Surabaya adalah yang bercita rasa super pedas dan olahan bumbu khas yang meresap.

2. Tahu Telur atau Tahu Tek

Tahu Telur Atau Tahu Tek

Tahu Tek merupakan salah satu kuliner legendaris khas Surabaya, dan juga sekaligus makanan khas Surabaya yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Surabaya.  Makanan ini diberinama Tahu Tek atau beberapa ada yang menyebut tahu telur.

Hal ini dikarenakan dulunya penjual berkeliling sambil mengetuk ujung penggorengan yang mengeluarkan bunyi ‘tek’.  Berawal dari itu, makanan khas Surabaya ini diberi nama Tahu Tek. Tahu Tek di Surabaya dapat ditemukan di berbagai tempat dari kampung hingga kota.

Ciri khas dan keunikan dari Tahu Tek ada pada bumbu kacang yang kental dengan campuran petis. Rasanya pun sangat gurih dan nikmat, terlebih biasanya ditambahkan pula irisan kikil atau telur dan juga lontong, dijamin kenyang.

3. Pecel Lele

Pecel Lele

Makanan khas Surabaya satu ini mungkin yang paling umum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena telah banyak penjual pecel lele di setiap kota-kota besar di Indonesia. Walaupun sebenarnya banyak penjual pecel lele yang berasal dari lamongan.

Namun, secara kultural, masyarakat Lamongan dan Surabaya masih satu yang berada di porvinsi Jawa Timur. Pecel Lele sendiri merupakan makanan khas Surabaya dan menjadi kebanggan masyarakat di Jawa Timur.

Olahan seperti lele goreng, ayam goreng, dan tahu tempe yang disajikan oleh sambal ini sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia secara umum. Oleh karena itu banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai pecel lele.

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Pecel Lele Bagi Pemula

4. Bebek Palupi

Bebek Palupi

Bebek Palupi merupakan nama sebuah rumah makan di Surabaya yang telah terkenal dan meledenga. Oleh karena itu, olahan bebek goreng dari rumah makan ini pun dijadikan nama olahan bebek. Bebek Palupi merupakan salah satu makanan khas Surabaya dan menjadi kebanggan masyarakat.

Makanan ini sangat melegenda, sebab sudah berdiri sejak tahun 1996. Sebelum menjadi warung makan awalnya pemilik resep bebek Palupi berjualan menggunakan gerobak dan berkeliling kampung di daerah Surabaya.

Menu Bebek yang menjadi andalan di rumah makan ini adalah bebek goreng. Meskipun disajikan dan terlihat sederhana dan sama dengan bebek goreng pada umumnya. Namun bebek goreng di warung makan ini terasa sangat nikmat dan  renyah dengan sensasi bumbu rempah gurih.

5. Soto Lamongan

Sama seperti pecel lele, soto lamongan merupakan makanan khas Surabaya yang sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena banyak warung makanan yang menjual soto Lamongan. Selain memiliki rasa yang guring, kuah yang kaya akan rempah dan membuat perut menjadi hangat.

Soto Lamongan biasanya dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan juga kerupuk udang yang menambah kelezatan saat menikmati olahan kuliner satu ini. Oleh karena itu, makanan satu ini menjadi makanan kebanggan masyarakat Jawa Timur.

6. Soto Gubeng

Soto Gubeng

Makanan khas Surabaya selanjutnya masih dari olahan soto yang bernama soto gubeng. Surabaya merupakan sebuah kota yang terkenal akan kuliner dengan olahan kuah yang sangat lezat dan nikmat. Soto gubeng merupakan salah satu kuliner olahan kuah kebanggan masyarakat Surabaya.

Soto gubeng telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, yang berjualan di kecamatan Gubeng dekat dengan daerah stasiun paling besar di Surabaya. Karena kelezatan rasanya, soto gubeng masih bertahan hingga saat ini.

Bagi Sedulur yang asli orang Surabaya, pasti sudah tidak asing dengan makanan khas Surabaya satu ini. Namun, bagi Sedulur yang bukan orang Surabaya, Sedulur wajib coba soto gubeng ketika Sedulur Super berkunjung ke Surabaya.

7. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Pecel semanggi merupakan pecel yang menjadi kebanggan masyarakat Surabaya, oleh karena itu kuliner satu ini sangat pantas masuk dalam daftar makanan khas Surabaya. Pecel semanggi merupakan kuliner yang berasal dari daerah Benowo yang ada di Surabaya yang berbatasan dengan Gresik

Ada keunikan dan perbedaan dari pecel semanggi  yang membuatnya beda dengan pecel lainnya. Perbedaan tersebut adalah penggunaan daun semanggi dan kecambah. Kemudian bumbu pecel yang digunakan, karena terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah dan petis.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah dalam cara menikmati hidangan ini yang unik, yaitu dengan menggunakan kerupuk sebagai sendok dan disajikan di atas daun pisang. Sangat tradisional dan sangat nikmat.

8. Sate Lisidu

Sate Lisidu

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah sate lisidu. Sate lisidu juga seringkali dijadikan oleh oleh yang dibawa para wisatawan untuk dibagikan kepada keluarga dan kerabatnya di kampung halaman. Sate ini telah ada sejak tahun 1997.

Ada cerita unik dibalik nama lisidu. Nama lisidu terinspirasi dari plat nomor mobil yaitu L 1551 DU, yang jika dibaca yaitu LISIDU. Mengetahui namanya yang sangat unik dan menarik, akhirnya plat nomor mobil tersebut dijadikan nama makanan khas Surabaya ini.

Sate lisidu memiliki tekstur yang bersih dan tidak terlihat bekas arang yang bagian daging sate, tidak seperti olahan sate lainnya. Selain itu, sate lisidu diambil dari daging ayam kampung betina yang masih berusia muda.

Sate lisidu terdapat di berbagai tempat makan dan harga yang sangat terjangkau untuk dinikmati. Oleh karena itu, Sedulur yang berkunjung ke Surabaya wajib mencicipi sate lisidu.

9. Sate Karak

Sate Karak

Makanan khas Surabaya satu ini konon berasal dari daerah Ampel yang berada di bagian utara kota Surabaya. Sate Karak telah ada sejak tahun 1960. Olahan sate ini berbahan dasar jeroan sapi, terutama diambil dari bagian usus sapi.

Bukan hanya bisa disantap dengan nasi, Sate Karak juga bisa disantap dengan ketan hitam, dan juga lontong. Menikmati Sate Karak dengan ketan hitam adalah sebuah kenikmatan yang wajib Sedulur rasakan ketika berkunjung ke Surabaya.

10. Nasi Cumi

Nasi Cumi

Selain kepiting, olahan seafood yang menjadi makanan khas Surabaya adalah cumi-cumi. Dikenal dengan sebutan nasi cumi, olehan ini terkenal lezat dan gurih. Yang menjadi unik dari kuliner ini adalah nasi cumi yang memiliki kuah berwarna hitam.

Tekstur daging cumi-cumi memang terkenal khas, yang empuk dan kenyal. Apalagi biasanya juga disajikan bersama dengan aneka sayuran dan lauk pauk seperti tahu tempe. Ciri khas makanan Surabaya adalah nasi yang selalu disertai dengan sambal yang menendang.

11. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen

Makanan khas Surabaya selanjutnya masih dengan jenis sate-satean. Namun jangan salah sangka dulu, walaupun namanya Klopo yang berarti kelapa. Bukan berarti sate ini terbuat dari kelapa. Sedulur mungkin bertanya bagaimana kelapa dijadikan sate.

Sate Klopo adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis lalu dibalur oleh parutan kelapa yang kemudian dibakar. Rasanya pun sangat enak, dan sangat gurih yang berasal dari parutan kelapa wajib Sedulur coba jika berkunjung ke Surabaya.

12. Sego Sambel

Sego Sambel

Sego Sambel, atau nasi sambel merupakan makanan khas dari Surabaya yang lainnya. Sego sambel bukan berarti hanya nasi dan sambel saja, namun terdapat juga lauk pauk. Sambel identik dengan pedas, jika Sedulur ada yang menyukai masakan pedas, sangat wajib mencicipi Sego Sambel khas Surabaya satu ini.

Sego Sambel juga merupakan makanan yang banyak dijual saat malam, masyarakat Surabaya sudah pasti akan menyantap sego sambel jika kelaparan saat tengah malam. Ibarat angkringan di Jogja, di Surabaya sego sambel menjadi kuliner andalan malam hari.

13. Rujak Cingur

Salah satu kuliner yang khas dari Surabaya adalah Rujak Cingur. Belum sah ke Surabaya jika tidak mencicipi Rujak Cingur, saking identiknya dengan Surabaya setiap masyarakat yang berkunjung ke Surabaya harus mencicipi Rujak Cingur.

Rasanya sebagaimana rujak yang terdiri dari buah-buahan dengan bumbu khusus dan khas yang hanya dapat Sedulur Super rasakan dalam Rujak Cingur. Oleh karena itu, Rujak Cingur masuk dalam daftar makanan khas Surabaya.

14. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu lontong balap. Makanan yang terkenal dari Kota Pahlawan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Cara menyajikannya pun mudah, lontong diiris-iris dan diatas irisan lontong diberi potongan tahu goreng.

Serta tidak lupa ditambah remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari). Kemudian ditambahkan tauge setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diberi kuah secukupnya, bawang goreng, sambal dan kecap. Sedulur Super wajib mencoba lontong balap.

15. Tahu Campur

Tahu Campur

Makanan khas Surabaya yang satu ini menjadi makanan yang paling diburu para pecinta kuliner ketika berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Sedulur juga wajib memburu makanan khas Surabaya satu ini, karena memang memiliki rasa yang sangat nikmat.

Tahu Campur memiliki rasa yang enak dengan sedikit bumbu petis di dalamnya.  Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mie kuning. Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Semakin menggiurkan dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

16. Rawon

Rawon

Rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya yang berkuah dan paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi alasannya. Selain itu, di daerah lain yang memiliki kuliner serupa dengan rawon menggunakan bahan yang berbeda sehingga rasanya pun otomatis berbeda.

Kuah hitamnya yang khas dengan daging empuk adalah menu andalan yang biasa disantap warga Surabaya maupun wisatawan yang datang ke Surabaya. Sedulur Super jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Rawon sebagai makan khas Surabaya satu ini.

Berkat rasanya yang enak, beragam jenis rawon kini dijual oleh pedagang-pedagang di seluruh penjuru Indonesia dengan varian yang berbeda-beda. Namun, bagi Sedulur Super yang sedang merencanakan untuk datang ke Surabaya tidak ada salahnya jika mencoba rawon ini di tempat asalnya.

17. Pohong Tata

Pohong Tata

Pohong Tata merupakan salah satu jenis kuliner khas Surabaya, bagi yang menyukai cemilan Pohong Tata merupakan cemilan yang tepat untuk dinikmati. Pohong Tata merupakan cemilan yang terbuat dari singkong dan diolah dengan cara modern.

Selain itu juga, Pohong Tata dikemas dengan kotak khusus yang menjadikan Pohong Tata memiliki daya tarik khusus. Banyak varian rasa yang bisa kita cicipi dari Pohong Tata. Harganya pun sangat murah dan sangat terjangkau untuk kita beli, dan kita nikmati saat waktu senggang.

Membuat Kuliner Khas Surabaya Sendiri

Masih banyak lagi kuliner khas Surabaya yang memiliki cita rasa tinggi dan bahan serta olahan yang unik dan menarik. Bagi Sedulur yang sangat penasaran ingin mencicipi makanan khas Surabaya namun belum mampu untuk mengunjungi Surabaya, Sedulur Super bisa membuatnya sendiri.

Jangan khawatir untuk mendapatkan setiap bahan pembuatannya, Sedulur tinggal kulak saja sembako dan bahan pembuatannya di Aplikasi Super. Di Aplikasi Super, setiap barang dan sembako tersedia lengkap.

Tidak hanya lengkap, barang dan sembako yang ada di Aplikasi Super juga sangat murah dibandingkan di tempat lain. Sedulur Super juga bisa belanja sembako dengan sangat mudah karena Aplikasi Super memiliki fitur yang akan memudahkan  Sedulur untuk belanja.

Bagi Sedulur Super yang memiliki usaha di bidang sembako pun, terdapat program yang bisa Sedulur ikuti dan akan membantu kemajuan dan kesuksesan dari usaha sembako yang dijalani. Segala kemudahan dan keuntungan yang ada di Aplikasi Super, jangan sampai disia-siakan.

Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, download sekarang juga. Gunakan Aplikasi Super dari sekarang, untuk melengkapi kebutuhan sembako Sedulur di rumah, tanpa harus keluar rumah. Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini.

Pelajari lebih lanjut mengenai Aplikasi Super, termasuk mempelajari secara teliti bagaimana cara daftar Aplikasi Super agar mendapatkan kesempatan untung super melimpah.