Bila Yogyakarta punya gudeg dan Jakarta ada kerak telor, maka Surabaya terkenal dengan rawonnya. Namun, makanan Surabaya tak hanya itu saja lho. Ada banyak makanan khas Surabaya yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Mindset bahwa belum ke Surabaya jika belum makan rawon, padahal ada banyak jenis kuliner khas kota pahlawan ini yang tak kalah patut untuk dicoba. Penasaran ada apa saja? Yuk langsung simak daftar makanan khas Surabaya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Es Semangka India Segar untuk Pelepas Dahaga

Rawon setan

Makanan surabaya
Lokanesia

Makanan khas Surabaya pertama yang wajib Sedulur coba adalah rawon setan. Sepertinya ini menjadi rekomendasi makanan yang sudah tidak bisa dibantah oleh siapapun.

Rawon setan sendiri menjadi makanan yang cukup unik karena kuahnya berwarna hitam pekat karena menggunakan bumbu dari kluwek. Selain itu, biasanya rawon menggunakan daging sebagai lauknya. Di beberapa warung rawon, Sedulur bisa menambahkan telur asin agar rawon semakin nikmat.

Namun, salah satu jenis rawon yang menjadi trademark masakan Surabaya adalah rawon setan yang terkenal dengan kelezatannya. Sedulur bisa mencoba menu rawon setan yang ada di kawasan Jalan Embong Malang.

Tahu tek

Makanan surabaya
Fimela

Surabaya juga memiliki sajian kuliner yang terbuat dari tahu. Jadi jika Sedulur adalah orang yang tidak suka daging atau seorang vegan, menu ini wajib banget untuk dicoba.

Tahu tek biasanya banyak dijumpai di pinggiran jalan Kota Surabaya. Makanan satu ini menggunakan bahan dasar tahu yang dicampur dengan telor. Dalam penyajiannya, tahu akan disiram dengan bumbu campuran tahu petis, bawang, cabai dan kacang.

Makanan ini juga disajikan bersama beberapa sayuran seperti kentang, tauge dan timun. Karakter makanan Surabaya ini pun cukup unik karena ada rasa manis, gurih, dan juga pedas.

Kupang lontong

makanan khas surabaya
Fimela

Lontong kupang atau juga dikenal dengan nama kupang lontong merupakan makanan khas Jawa Timur khususnya wilayah pesisir seperti Surabaya dan sekitarnya.

Meskipun namanya menggunakan nama Kupang, tapi menu ini bukan berasal dari Nusa Tenggara lho. Melainkan, nama ini diambil karena bahan utama kupang lontong berasal dari kerang pesisir bernama kupang.

Kerang ini berbeda dengan jenis kerang dara atau hijau karena kupang memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, jangan salah karena kandungan protein makanan ini sangat tinggi lho Sedulur.

Jika Sedulur ingin mencicipi kenikmatan kupang lontong, maka bisa datang langsung ke salah satu warung kupang di Jalan Darmo Indah Surabaya. Harganya pun sangat bersahabat karena hanya dibanderol Rp 13 ribu saja per porsi. Tapi Sedulur harus berhat-hati karena makanan ini seperti makanan laut lainnya yang bisa membuat alergi.

Sate klopo

Sate Klopo
Nibble

Makanan Surabaya enak selanjutnya adalah sate klopo. Kalau dari namanya, Sedulur pasti menebak jika menu yang satu ini menggunakan bahan dari kelapa. Namun, jangan salah karena bahan utama menu satu ini tetap berasal daging dan jeroan sapi atau ayam.

Proses pembuatan sate klopo sendiri cukup unik, karena daging sate yang akan dibakar akan dibalur dengan kelapa parut yang mirip dengan serundeng. Alhasil, aroma sate ketika dibakar menjadi lebih wangi dan sedap.

Perpaduan sate beraroma kelapa dengan siraman kuah bumbu kacang menjadi satu kesatuan yang sempurna. Jika Sedulur ingin mencoba masakan Surabaya satu ini, maka bisa datang ke salah satu warung sate klopo di kawasan Jalan Walikota Mustajab Surabaya yang bernama sate klopo Ondomohen.

Sate karak

Sate karak
Jatimnow

Bagi warga Surabaya terutama yang berada di wilayah Ampel, Sate Karak tentu menjadi makanan khas Surabaya  yang sudah tidak asing lagi.

Menu sate ini terbuat dari daging sapi dan juga jeroan yang disajikan bersama karakan atau beras ketan hitam. Perpaduan bahan ini menciptakan sebuah rasa yang tergolong tidak biasa, tapi sangat nikmat. Untuk satu porsi sate karak, biasanya dijual dengan harga Rp 13 ribu saja.

Nasi krawu

Makanan khas surabaya
Sweetrip

Selanjutnya ada nasi krawu. Sebenarnya makanan ini berasal dari Gresik, tapi jarak Surabaya dan Gresik yang sangat dekat membuat masakan ini masuk dalam daftar makanan khas Surabaya.

Tampilan nasi krawu cukup mirip dengan nasi rames. Namun, ada beberapa komponen yang jadi ciri khas makanan Surabaya satu ini. Dimana lauk utamanya adalah suwiran daging sapi, babat, kikil telur, dan serundeng. Tidak lupa penjual biasanya memberikan sambel terasi sebagai pelengkapnya.

Jika Sedulur ingin mencicip nikmatnya nasi krawu, ada satu spot legendaris yang berada di wilayah Jalan Darmo Permai III. Warung milik Mbuk Su itu menyajikan menu nasi krawu yang dibanderol dengan harga Rp 20 ribu saja.

BACA JUGA: 5 Resep Roti Canai Enak untuk Camilan di Rumah

Pecel semanggi

Pecel semanggi
Hops ID

Makanan khas Surabaya yang wajib Sedulur coba selanjutnya adalah pecel semanggi. Pecel ini cukup berbeda dengan pecel lainnya karena menggunakan daun semanggi sebagai komponen sayurnya. Penggunaan daun semanggi ini bikin rasa pecel menjadi unik dan berbeda karena muncul rasa pahit getir tipis diantara gurih pedasnya sambal pecel.

Menu pecel semanggi biasanya juga dilengkapi dengan kerupuk karak yang sangat melegenda di wilayah Surabaya. Salah satu spot makan pecel semanggi terbaik ada di sekitar Surabaya Plaza Hotel.

Rujak cingur

Rujak cingur
TICMPU

Rujak cingur menjadi ikon wisata kuliner Surabaya karena memang rasanya yang unik tapi tetap lezat. Salah satu kunci kelezatan rujak cingur khas Surabaya adalah rasa petisnya yang kuat terasa di lidah. Masyarakat sekitar juga kerap menjuluki rujak cingur sebagai rujak ulek karena proses pembuatannya yang diulek dalam satu cobek besar agar semua bahan menyatu.

Selain itu, keunikan lain dari rujak cingur adalah penggunaan cingur sapi atau potongan bibir sapi ke dalam bumbu rujak. Cingur ini memberikan tekstur rasa yang chewy atau kenyal saat menyantap rujak cingur.

Lontong balap

Makanan surabaya
Masak Apa Hari Ini

Lontong balap jadi salah satu makanan khas Surabaya yang sudah sangat melegenda. Nama lontong balap sendiri muncul karena konon kabarnya para pedagang berlari berebut pelanggan sehingga terlihat seperti sedang balapan.

Lontong balap Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1956 dan pertama kali ada di kawasan Kutisari, Kendangsari, dan Pasar Wonokromo. Sejak tahun itu pula resep lontong balap tidak pernah berubah yakni selalu menggunakan lontong, tauge, lentho, tahu kecap, bawang goreng dan sambal.

Salah satu kunci dari kelezatan lontong balap adalah kuahnya yang memiliki cita rasa gurih pedas. Kuah ini juga hasil perpaduan dengan bumbu petis yang menjadi cita rasa utama makanan Surabaya.

Bebek mercon

Bebek mercon
Detik

Sajian bebek memang menjadi salah satu andalan masyarakat di Surabaya. Namun, satu menu bebek yang tidak boleh dilewatkan ketika datang ke sana adalah bebek mercon Surabaya. Dari namanya, Sedulur pasti sudah terbayang bagaimana rasa yang akan muncul ketika menyantapnya.

Bebek mercon di Surabaya memiliki dua teknik memasak yang cukup berbeda dengan bebek di daerah lain. Bebeknya bisa digoreng dan juga dibakar. Biasanya setelah matang, bebek akan disajikan dengan nasi panas, tahu goreng dan juga lalapan.

Salah satu warung makanan khas Surabaya terenak yang bisa Sedulur coba ada di kawasan Kayun. Warung bebek kayun memiliki rasa bebek yang super gurih dan pedasnya nampol. Namun, untuk harga bebek mercon bisa dibilang cukup mahal dibanding menu kuliner khas Surabaya lainnya seperti lontong balap atau pecel semanggi.

Bubur Madura

Makanan surabaya
Asian Food Network

Nah, kali ini ada lagi menu yang menggunakan nama dari luar kota pahlawan tapi menjadi salah satu makanan khas Surabaya. Makanan ini adalah bubur madura.

Bubur madura merupakan jenis bubur manis yang merupakan perpaduan antara bubur sumsum, candil, mutiara dan ketan hitam. Biasanya penjual akan menyiramkan gula merah dan santan sebagai kuahnya.

Makanan Surabaya ini biasanya menjadi salah satu menu sarapan paling favorit karena memang porsinya tidak terlalu berat. Selain itu, harga makanan ini juga sangat murah meriah.

Bebek sinjay

Makanan Surabaya
Sintia Astarina

Selanjutnya ada bebek sinjay. Ini merupakan salah satu makanan Surabaya yang sudah terkenal dimana-mana. Masakan satu ini menyajikan bebek yang digoreng kering dengan bumbu rempah yang sangat pekat. Jadi, tidak heran rasa bebek menjadi sangat gurih dan nikmat.

Selain itu, ada ciri khas lain yang dimiliki bebek sinjay yaitu sajian bumbu hitam yang tidak ada di daerah lain. Bumbu ini biasanya dituangkan di sebelah bebek dan disajikan bersama sambal korek atau bawang.

BACA JUGA: 5 Resep Kupat Tahu Enak, Lezat, Mudah dan Sederhana

Sate lisidu

Sate Lisidu
Pinterest

Selain sate klopo, sate lisidu yang ada di Surabaya juga jadi salah satu sate legendaris yang wajib Sedulur coba cicipi. Kenapa? Karena sate ini terkenal dengan rasanya yang nikmat dan bentuknya yang berbeda dari sate pada umumnya.

Sate lisidu memiliki karakter sate yang memanjang dan menyatu. Daging yang sering digunakan untuk Sate lisidu adalah daging ayam kampung. Jadi, tidak heran jika rasa yang tersaji sangat gurih dan nikmat.

Namun, untuk satu porsi Sate lisidu harganya cukup mahal lho Sedulur. Tapi, dijamin nggak bakal nyesel karena rasanya super nikmat.

Tahu campur Suroboyo

Tahu campur
Tripzilla

Menu tahu campur menjadi salah satu menu nusantara yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Namun, di Surabaya menu tahu campur memiliki ciri khasnya sendiri.

Makanan Surabaya satu ini memiliki isian yang tidak biasa karena di dalamnya akan tersaji tahu, mi, kubis dan tauge. Sedulur juga bisa meminta ditambahkan perkedel, kikil dan juga telur. Namun keunikannya tidak hanya disitu saja karena kuah tahu campur Suroboyo juga nikmat karena perpaduan antara asam jawa dengan petis.

Jadi jika Sedulur mampir ke Surabaya dan cari makanan khas Jawa Timur banget, maka menu ini harus dicoba!

Sego sambel

sego sambel surabaya
Pergi Kuliner

Tak hanya makanan yang mewah dengan kerumitan bumbunya, Surabaya juga memiliki makanan sederhana dan cocok untuk Sedulur yang memiliki kantong terbatas. Masakan khas Surabaya ini adalah sego sambel.

Memang sangat sederhana, menu ini menyajikan nasi panas dengan sambal yang banyak sekali. Namun, banyak variasi sambel yang akan disajikan untuk Sedulur seperti sambel bawang, sambal tomat, dan juga sambal terasi.

Lauk untuk sego sambel juga beragam lho, Sedulur bisa menyantap menu sederhana seperti tahu, tempe, telur, dan ayam. Tapi karena Surabaya merupakan wilayah pesisir pantai, Sedulur juga bisa merasakan kenikmatan iwak pe atau ikan pari asap.

Mie akhirat

Makanan surabaya
KSM Tour

Ingin makanan khas Surabaya yang tidak biasa, maka mie akhirat bisa jadi solusi untuk Sedulur. Makanan satu ini cukup mirip dengan mie dalam menu chinese food tapi memiliki warna tidak biasa. Mienya berwarna hitam dengan campuran kuah bening.

Jika Sedulur tertarik dan penasaran dengan mie satu ini, warungnya ada di kawasan Citarum Wonokromo, Kota Surabaya. Harganya pun cukup bersahabat dan murah meriah lho.

Lalu untuk urusan rasa Sedulur pasti suka karena warna hitam dari mie tersebut menggunakan bumbu rahasia yang gurih banget.

Sego iwak welut

Nasi welut surabaya
Bukanrastamania

Sego iwak welut atau nasi belut jadi suguhan selanjutnya. Menu ini jadi salah satu makanan Surabaya yang wajib banget dicoba karena memiliki cita rasa yang sangat istimewa.

Tampilan sego welut sendiri sebenarnya cukup sederhana karena belut hanya digoreng kering lalu digeprek bersama dengan sambal yang sudah dihaluskan. Menyantap makanan ini haruslah dengan pelengkap seperti lalapan dan kemangi agar rasanya semakin nikmat.

Nasi goreng jancuk

Makanan surabaya
Carimakanaja

Jika Sedulur adalah pecinta nasi goreng pedas, maka nasi goreng merah Surabaya yang ada di dekat Surabaya Plaza Hotel adalah pilihan yang wajib dicoba. Warung nasi goreng ini memiliki nama yang mencolok yaitu Nasi Goreng Jancuk.

Bukan tanpa alasan, nama ini diambil karena reaksi para pelanggannya yang sering kepedasan usai menyantap menu yang disajikan. Namun tenang, bukan hanya rasa pedas saja yang menonjol, gurih manis ala nasi goreng Surabaya juga berpadu dalam setiap sendokannya.

Jika Sedulur tertarik mengunjungi nasi goreng legendaris satu ini, maka bisa langsung ke Jalan Pemuda Nomor 33 di Surabaya.

Menu nasi goreng juga menjadi salah satu masakan yang paling mudah dibuat di rumah. Bila Sedulur ingin memasak nasi goreng jancuk sendiri di rumah, mudah kok. Pastikan Sedulur menggunakan beras premium yang terkenal pulen dan tidak lembek.

Beras karya alam
Aplikasi Super

Dua merek beras premium yang bisa dicoba ada Beras Buncit dan Beras Karya Alam. Beras ini didistribusikan oleh Super. Sedulur bisa menemukan merek beras ini di toko-toko kelontong terdekat. Bisa juga dengan cara yang lebih praktis yaitu dengan mendownload Aplikasi Super di Play Store.

BACA JUGA: Beras Buncit: Citarasa Nusantara, Kualitas Premium dari Super

Sego empal pengampon

Nasi empal pengampon
Educatrip

Makanan khas Surabaya selanjutnya datang dari Gang Pengampon di Pabean, Kota Surabaya. Di salah satu gang kecil itu, terdapat harta karun kuliner bernama sego empal yang melegenda.

Sego empal Pengampon pun diklaim banyak orang sebagai makanan Surabaya terenak dan tidak ada tandingannya. Tapi bagaimana bisa nasi dan empal ini begitu terkenal? Menurut beberapa orang yang tinggal di daerah Pabean, nasi empal di Pengampon memiliki karakter unik karena empalnya yang disuwir sehingga tidak keras.

Selain itu, Sedulur juga akan mendapatkan lauk seperti kering tempe, tumis kacang panjang, dan sambal yang membuat menu ini semakin lengkap.

Sirup mangrove

Sirup mangrove
iNews

Kalau ini adalah salah satu minuman Surabaya yang biasanya sering dijadikan oleh-oleh, namanya adalah sirup mangrove. Sirup ini merupakan salah satu minuman unik dari Surabaya yang tidak boleh dilewatkan karena rasanya yang unik.

Sirup ini sendiri terbuat dari sari pohon mangrove bogem yang banyak tumbuh di pesisir pantai wilayah Surabaya. Bahkan, karena saking terkenalnya minuman ini, orang-orang juga percaya bahwa sirup mangrove memiliki khasiat untuk kesehatan.

Untuk satu botol sirup ini, biasanya Sedulur perlu merogoh kocek sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu saja.

Almond crispy

Makanan surabaya
Fimela

Terakhir ada makanan Surabaya yang juga menjadi camilan khas dari Jawa Timur. Makanan ini adalah almond crispy. Bentuknya mirip seperti leker, tapi dengan taburan kacang almond yang sudah diiris tipis.

Selain itu, cemilan satu ini juga menjadi salah satu jajanan kekinian yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi makanan ini memiliki cita rasa manis, gurih dan renyah yang sangat lezat. Makanan satu ini pun bisa Sedulur jumpai di Pasar Atom Surabaya.

Demikian tadi daftar makanan Surabaya yang harus dicoba ketika Sedulur datang ke Jawa Timur. Atau jika Sedulur termasuk orang Surabaya dan suka berwisata kuliner, maka wajib hukumnya untuk mencoba makanan di atas. Kira-kira mana nih makanan yang jadi favorit dan punya cita rasa yang Surabaya banget?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.