Macam Bumbu Dapur

Ada banyak sekali macam-maca bumbu dapur yang ada di dunia ini. Bahkan, tiap daerah memiliki ciri khas bumbu dapurnya masing-masing. Misal, di wilayah Aceh bumbu dapur paling dominan adalah pala. Sedangkan di wilayah Jawa banyak menggunakan ketumbar sebagai bahan utamanya.

Bumbu dapur sendiri biasanya terdiri dari berbagai macam rempah baik yang masih kasar atau sudah berbentuk bubuk. Tak sedikit juga bumbu dapur yang sudah memiliki kemasan sachet agar bisa lebih praktik digunakan. Namun, kira-kira bumbu dapur apa saja yang wajib ada di rumah ya?

BACA JUGA: 17 Barang Kelontong Wajib Dijual, Potensi Laku Keras!

1. Bawang Merah

Macam bumbu dapur
Unsplash

Macam bumbu dapur pertama yang wajib ada di rumah adalah bawang merah. Salah satu kebutuhan dalam sembako ini penting berada di dapur karena setiap masakan akan terasa sedap saat dimasak menggunakan bawang merah.

-->

Selain itu, kandungan gizi dari bawang merah yang sangat baik juga membuat seseorang bisa hidup sehat. Bawang merah juga dipercaya memiliki khasiat untuk menstabilkan tekanan darah agar bisa terhindar dari penyakit seperti serangan jantung.

2. Bawang Putih

Macam bumbu dapur
Unsplash

Masih satu kerabat dengan bawang merah, bawang putih menjadi macam bumbu dapur yang harus ada di rumah selanjutnya. Bawang putih merupakan bumbu dapur yang hampir selalu digunakan dalam membuat resep masakan di Indonesia.

Tak hanya memiliki kemampuan membuat makanan menjadi lebih sedap dan gurih, bawang putih memiliki efek untuk kesehatan yang tak kalah baik. Salah satunya adalah membuat seseorang memiliki jantung yang sehat dan kolesterol yang terkontrol.

3. Bawang Bombay

Macam bumbu dapur
Unsplash

Macam-macam bumbu dapur yang tidak boleh terlewatkan untuk distok adalah bawang bombay. Kerabat dekat bawang merah dan bawang putih ini memiliki banyak fungsi dalam masakan. Apalagi jika Sedulur suka membuat masakan asia dan amerika, maka bawang bombay adalah bahan wajib.

Rasa bawang bombay yang sudah masak biasanya sangat lezat. Namun, tak hanya itu saja, bawang bombay bisa membantu untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Hal ini tak lepas dari tingginya kandungan antioksidan dan oorganosulfur pada bawang bombay.

4. Jahe

Jahe
Unsplash

Siapa sih yang tidak tahu jahe. Macam bumbu dapur ini adalah salah satu rempah paling bermanfaat untuk kehidupan manusia. Selain bisa menjadi penyedap rasa masakan, jahe juga sering diolah menjadi minuman yang menghangatkan tubuh.

Mengkonsumsi jahe secara rutin juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Tanaman kunci-kuncian ini juga bisa mengatasi masalah seperti mual, peradangan, nyeri otot, sendi sampai kram akibat haid.

5. Lengkuas

Lengkuas
Fimela

Macam bumbu dapur selanjutnya masih dari jenis kunci-kuncian, kali ini ada lengkuas. Rempah satu ini memiliki bentuk yang mirip jahe, tapi jangan samakan rasa dan aromanya karena jauh berbeda.

Lengkuas biasanya dijadikan bahan utama untuk memasak rendang atau ikan bakar. Selain itu, rempah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Lengkuas juga bisa meredakan kerontokan rambut lho.

6. Kunyit

Kunyit
Agroindustri

Jika Sedulur suka menu makanan nasi kuning, pasti sudah tidak asing dengan macam bumbu dapur satu ini. Yup, dia adalah kunyit. Salah satu jenis kunci-kuncian yang bisa memberikan warna kuning pada masakan.

Bumbu dapur satu ini juga wajib ada di rumah karena bisa menyedapkan masakan. Karena kebutuhannya yang cukup tinggi, banyak perusahaan juga telah membuat kunyit bubuk sachet yang bisa dibeli secara mudah di toko kelontong lho.

Khasian kunyit sendiri tidak kalah hebat dibandingkan kunci-kuncian sebelumnya. Rempah ini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dan menurunkan resiko terkena Alzheimer.

7. Kencur

Kencur
Sahabat Nestle

Kencur adalah salah satu jenis kunci-kuncian yang tidak bermanfaat dalam dunia kuliner. Macam bumbu dapur ini juga sering digunakan untuk membuat jamu khas nusantara seperti beras kencur.

Karakteristik rasa kencur yang istimewa memang membuat bahan makanan ini wajib ada di dapur Sedulour. Selain itu, kencur juga bisa menurunkan gejala batuk, sakit tenggorokan, hingga mengobati diare akibat masuk angin.

8. Cabai

Macam bumbu dapur
Unsplash

Macam bumbu dapur selanjutnya adalah cabai. Salah satu sembako paling utama di masyarakat ini wajib ada di dapur karena karakter kuliner tanah air yang didominasi rasa pedas.

Bagi Sedulur yang membuka usaha atau hanya untuk memasak sehari-hari, cabai bisa memberikan stimulasi agar orang-orang bisa makan dengan lahap. Jika Sedulur tidak mau repot berbelanja cabe mentah, jangan khawatir karena sudah ada banyak sekali cabai bubuk yang dijual.

BACA JUGA: 20 Buah Berantioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

9. Kapulaga

Macam bumbu dapur
Liputan6

Kapulaga adalah jenis rempah-rempah yang termasuk ke dalam bumbu dapur wajib di rumah. Alasannya sederhana, kapulaga sangat penting dalam membuat aroma masakan agar lebih sedap dan menggugah selera.

Ada beberapa jenis kapulaga yang bisa Sedulur coba sediakan di rumah, yaitu kapulaga lokal dan kapulaga india. Dua jenis ini memiliki karakter rasa dan aroma yang berbeda sehingga bisa memberikan variasi pada masakan. Kapulaga juga dipercaya mampu menjaga kesehatan hati dan empedu.

10. Kayu Manis

Kayu manis
Liputan6

Kayu manis atau cinnamons adalah bumbu dapur yang lebih sering digunakan untuk membuat hidangan penutup atau roti. Namun, pada beberapa jenis masakan, macam bumbu dapur ini juga bisa dijadikan bahan untuk membuat rasa masakan lebih berkarakter.

Namun tak hanya bagus untuk menjadi bahan dasar memasak di rumah, kayu manis juga bisa memberikan manfaat lain lho. Macam-macam bumbu masakan ini bisa digunakan untuk menurunkan gula darah bagi para penderita diabetes.

11. Cengkeh

Cengkeh
Detik

Cengkeh termasuk sebagai rempah yang sangat berharga di Indonesia. Macam bumbu dapur ini sering digunakan untuk bumbu masakan sehingga memberikan aroma yang kuat dan khas.

Salah satu masakan yang sering menggunakan cengkeh sendiri adalah makanan timur tengah. Namun, tak hanya berguna untuk membuat makanan menjadi lezat, cengkeh juga berfungsi untuk mengatasi masalah lambung, menjaga sistem pencernaan sampai memperkuat tulang.

12. Ketumbar

Macam bumbu dapur
Unsplash

Macam-macam bumbu dapur yang tidak boleh ketinggalan ada di dapur Sedulur adalah ketumbar. Bentuk rempah satu ini seperti biji dan biasanya perlu ditumbuk sebelum digunakan untuk memasak.

Biasanya penggunaan ketumbar untuk meningkatkan aroma masakan pada masakan. Hal ini bisa dijumpai dalam makanan khas Timur Tengah yang memiliki aroma yang kuat dan sedap. Umumnya, ketumbar dijual dalam bentuk bijian di pasar tradisional.

Namun, agar bisa mempermudah masyarakat, kini ada juga ketumbar sachet yang bisa dibeli di toko kelontong. Sedulur juga bisa membeli bumbu dapur satu ini di Aplikasi Super lho.

13. Pala

Pala
Detik

Jika Sedulur masih ingat dengan materi pelajaran sejarah di zaman dahulu, maka sudah tidak asing dengan bumbu dapur satu ini. Pala adalah salah satu rempah yang menjadi komoditas ekspor di Indonesia.

Bumbu dapur ini memiliki aroma yang sedap dan biasanya digunakan untuk berbagai macam masakan berkuah. Tak hanya membuat rasa masakan menjadi enak, pala juga bisa memberikan sensasi hangat di tenggorokan dan perut.

14. Kemiri

Macam bumbu dapur
Unsplash

Macam macam bumbu dapur selanjutnya adalah kemiri. Bumbu dapur ini wajib banget ada di rumah karena menjadi salah satu bahan utama untuk membuat sambal yang enak.

Kemiri juga memiliki banyak manfaat pada tubuh, salah satunya mencegah masalah pencernaan, penuaan dini sampai meredakan radang sendi.

15. Merica

Macam bumbu dapur
Pikiran Rakyat

Merica juga menjadi bumbu dapur yang tidak boleh terlewat memenuhi rak kebutuhan memasak di rumah. Bahan ini sangat penting hampir sepenting gula dan garam. Hanya dengan sejumput merica, sebuah masakan bisa memiliki rasa yang enak banget.

16. Jeruk nipis

Jeruk nipis
Fimela

Walaupun jeruk nipis termasuk buah, tapi jeruk nipis juga sangat cocok masuk ke dalam daftar macam-macam bumbu dapur. Hal ini karena buah ini bisa memberikan keasaman pada masakan yang Sedulur buat.

17. Serai

Macam bumbu dapur
Genpi

Serai menjadi bumbu dapur yang banyak sekali digunakan dalam masakan nusantara. Dari soto, sate kuning, opor, sampai rendang biasanya menggunakan serai sebagai salah satu bumbunya.

Tak hanya bisa membuat sebuah makanan yang lezat, serai juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Hal ini tidak lepas dari berbagai macam kandungan serai yang bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dari racun.

18. Daun Jeruk

Daun Jeruk
Helo

Terakhir bumbu dapur yang wajib ada di rumah adalah daun jeruk. Ini adalah bahan masakan yang bisa membuat aroma makanan jadi lebih wangi dan menggugah selera.

Jika Sedulur suka membuat sambal matah, maka daun jeruk adalah bahan yang tidak boleh dilewatkan.

Demikian tadi macam-macam bumbu dapur yang wajib ada di rumah. Selain karena penting untuk membuat masakan menjadi lezat, bumbu dapur di atas juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Jadi jangan sampai Sedulur tidak menyetok macam-macam bumbu dapur tersebut ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.