Berikut ini adalah cara membuat beras kencur, yang bisa Sedulur minum sebagai jamu agar stamina dan imun kuat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Salah satu resep warisan leluhur kita, warisan nenek moyang yang terbukti ampuh untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur masih tetap diminum oleh sebagian masyarakat di pulau Jawa, terutama yang memegang teguh warisan peninggalan leluhur.

Baik itu membuat beras kencur oles, membuat beras kencur kering bahkan hingga membuat jamu beras kencur untuk dijual, membutuhkan ketelitian dan juga kemampuan khusus. Namun, jika dipelajari, kemampuan membuat beras kencur tidak begitu sulit dan ribet untuk dilakukan.

Jangan dulu berpikir membuat beras kencur untuk dijual, untuk kebutuhan di tengah pandemi ini, beras kencur sangat penting untuk dikonsumsi. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan membahas cara membuat beras kencur tanpa blender, termasuk membuat jamu beras kencur untuk anak dan juga membuat beras kencur untuk bayi. Yuk, mari langsung saja kita perhatikan bagaimana resep beras kencur dengan tepung beras di bawah ini!

Baca Juga: Intip Manfaat dari Kandungan Gizi Jamur Tiram, Kamu Wajib Tahu!

Resep dan Cara Membuat Beras Kencur Sendiri, Super Mudah!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
kompas.com

Dalam cara membuat beras kencur, bahan yang dibutuhkan tidak sulit kita dapatkan. Terdapat beberapa bahan yang bisa dengan mudah kita dapat, baik di pasar atau pun di warung dekat rumah. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1500 ml air
  • 150 gram gula jawa
  • 125 gram kencur
  • 50 gram beras putih
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 ruas jahe

2. Cuci Beras Terlebih Dahulu

2. Cuci Beras Terlebih Dahulu
netralnews.com

Setelah Sedulur menyiapkan bahannya, langkah selanjutnya adalah cara membuat beras kencur. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan beras terlebih dahulu. Cuci bersih beras, jika diperlukan cuci berkali-kali hingga kotoran yang ada pada beras hilang. Lalu rendam beras dengan air bersih selama satu jam. Setelah itu, saring beras, dan simpan air rendaman beras jangan dibuang.

3. Membersihkan Kencur dan Jahe

3. Membersihkan Kencur dan Jahe
sehatq.com

Langkah ketiga dalam cara membuat beras kencur yaitu dengan menyiapkan kencur. Kencur yang telah disiapkan dikupas dan dibersihkan, lalu dipotong-potong hingga berukuran kecil. Begitu pula dengan 5 ruas jahe yang telah disiapkan. Kupas dari kulitnya, cuci bersih jahe dan potong-potong jahe hingga bersih. Sisihkan.

Baca Juga: Mengenal Wedang Uwuh, Minuman ‘Sampah’ yang Kaya Manfaat

4. Rebus Bahan Lainnya

4. Rebus Bahan Lainnya
resepmasakanku.net

Langkah selanjutnya dalam cara membuat beras kencur adalah merebus asam jawa, gula pasir, gula merah, dan jahe menggunakan air mendidih. Rebus hingga bahan mengeluarkan aroma dan mencampur dengan air. Setelah agak lama, matikan kompor dan tunggu hingga dingin. Saring bahan-bahan yang direbus dan diamkan terlebih dahulu.

5. Haluskan Semua Bahan dan Saring

5. Haluskan Semua Bahan dan Saring
idntimes.com

Langkah selanjutnya cara membuat beras kencur  adalah menghaluskan beras yang telah direndam bersama dengan kencur, lebih baik lagi menghaluskan menggunakan blender dengan air rendaman beras dan air sisa merebus bahan-bahan lainnya. Setelah halus, masukan sisa bahan yang telah direbus lalu haluskan bersamaan. Blender hingga benar-benar halus dan lembut.

Langkah terakhir adalah menyaringnya, jika bisa usahakan menggunakan saringan yang benar-benar lembut. Saring dan peras sekuat tenaga hingga ampas benar-benar kering. Air hasil saringan adalah beras kencur yang siap diminum dan dinikmati.

Semoga penjelasan terkait cara membuat beras kencur di atas bisa memandu Sedulur untuk dapat membuat beras kencur dengan baik dan sempurna. Karena, beras kencur merupakan jamu-jamuan yang memiliki segudang manfaat dan juga khasiat untuk tubuh. Terutama untuk meningkatkan stamina tubuh dan juga imunitas tubuh. Sangat penting di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Beli Bahan dalam Cara Membuat Beras Kencur di Aplikasi Super

Beli Bahan dalam Cara Membuat Beras Kencur di Aplikasi Super
superapp.id

Setelah mengetahui cara membuatnya, Sedulur tentu saja harus menyiapkan bahan untuk membuat beras kencur agar bisa membuat sendiri di rumah dan tidak mengandalkan penjual jamu untuk bisa minum beras kencur. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan bahannya adalah dengan membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa mendapatkan bahan kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan dapur untuk memasak atau membuat minuman. Termasuk bahan-bahan untuk membuat beras kencur, bisa Sedulur dapatkan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Membeli bahan kebutuhan rumah tangga di Aplikasi Super sangat menguntungkan Sedulur, karena Sedulur tidak harus keluar rumah untuk bisa mendapatkan barang kebutuhan harian, termasuk kebutuhan dapur. Terutama di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang membahayakan lagi, Sedulur bisa berdiam di rumah dan menunggu bahan kebutuhan dapur tiba di rumah Sedulur.

Karena komitmen Aplikasi Super adalah untuk menyediakan kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari masyarakat secara mudah dengan harga murah namun memiliki kualitas terbaik. Termasuk menyediakan bahan-bahan dalam cara membuat beras kencur, bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasinya, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur. Manfaatkan keberadaan Aplikasi Super, untuk memudahkan Sedulur memenuhi kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan harian. Selamat mencoba!