cara membuat beras kencur

Berikut ini adalah cara membuat beras kencur, yang bisa Sedulur minum sebagai jamu agar stamina dan imun kuat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Salah satu resep warisan leluhur kita, warisan nenek moyang yang terbukti ampuh untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur masih tetap diminum oleh sebagian masyarakat di pulau Jawa, terutama yang memegang teguh warisan peninggalan leluhur.

Baik itu membuat beras kencur oles, membuat beras kencur kering bahkan hingga membuat jamu beras kencur untuk dijual, membutuhkan ketelitian dan juga kemampuan khusus. Namun, jika dipelajari, kemampuan membuat beras kencur tidak begitu sulit dan ribet untuk dilakukan.

Jangan dulu berpikir membuat beras kencur untuk dijual, untuk kebutuhan di tengah pandemi ini, beras kencur sangat penting untuk dikonsumsi. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan membahas cara membuat beras kencur tanpa blender, termasuk membuat jamu beras kencur untuk anak dan juga membuat beras kencur untuk bayi. Yuk, mari langsung saja kita perhatikan bagaimana resep beras kencur dengan tepung beras di bawah ini!

Baca Juga: Intip Manfaat dari Kandungan Gizi Jamur Tiram, Kamu Wajib Tahu!

Resep dan Cara Membuat Beras Kencur Sendiri, Super Mudah!

1. Bahan yang Dibutuhkan

bahan
kompas.com

Dalam cara membuat beras kencur, bahan yang dibutuhkan tidak sulit kita dapatkan. Terdapat beberapa bahan yang bisa dengan mudah kita dapat, baik di pasar atau pun di warung dekat rumah. 

Bahan:

  • 1500 ml air
  • 150 gram gula jawa
  • 125 gram kencur
  • 50 gram Beras Karya Alam Hijau
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 ruas jahe

2. Cuci beras terlebih dahulu

cuci beras
netralnews.com

Setelah menyiapkan bahannya, langkah dan cara membuat beras kencur bisa langsung dieksekusi. Awali dengan mengolah beras putihnya terlebih dahulu. Ikuti langkah di bawah ini.

Cara membuat:

  • Siapkan dan cuci bersih beras terlebih dahulu. Jika diperlukan, cuci berkali-kali hingga kotoran yang ada pada beras hilang
  • Rendam beras dengan air bersih selama kurang lebih 1 jam
  • Saring dan simpan air rendaman beras di wadah terpisah

Untuk mendapatkan rasa beras kencur yang enak sekaligus berkhasiat, Sedulur disarankan untuk memakai beras putih premium berkualitas tinggi. Dengan memilih bahan utama yang baik, faedah utamanya yakni untuk meningkatkan ketahanan dan imun tubuh bisa langsung terasa. 

Kamu yang bekerja seharian dan masih harus melanjutkan aktivitas harian lainnya akan tetap bugar kondisi badannya setelah mengonsumsi setiap teguk minuman jamu ini. Untuk itu, Beras Karya Alam Hijau bisa dipilih untuk menjadi alternatif utama yang bisa diolah menjadi beras kencur.

Beras Karya Alam Hijau
Aplikasi Super

Beras Karya Alam Hijau merupakan beras putih premium yang pulen dan wanginya sudah teruji kualitasnya. Tersedia dalam ukuran 5 kg, 10 kg, dan 25 kg, bisa Sedulur pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Harga yang dipatok terjangkau dan kompetitif dengan brand lain yang setara di kelasnya. Hadir dalam packaging berupa kemasan plastik premium dan tebal, dijamin tak akan mudah bocor.

Apabila berminat untuk membeli Beras Karya Alam Hijau, Sedulur dapat mendapatkannya dengan cara yang sangat mudah. Tinggal download  Aplikasi Super di Google Play Store dan search Beras Karya Alam Hijau di kolom pencarian. Segera dapatkan beras premium ini secara eksklusif hanya di Aplikasi Super!

3. Membersihkan Kencur dan Jahe

bersihkan kencur
sehatq.com

Langkah ketiga dalam cara membuat beras kencur yaitu dengan menyiapkan kencur. Kencur yang telah disiapkan dikupas dan dibersihkan, lalu dipotong-potong hingga berukuran kecil. Begitu pula dengan 5 ruas jahe yang telah disiapkan. Kupas dari kulitnya, cuci bersih jahe dan potong-potong jahe hingga bersih. Sisihkan.

Baca Juga: Mengenal Wedang Uwuh, Minuman ‘Sampah’ yang Kaya Manfaat

4. Rebus Bahan Lainnya

cara merebus kencur
resepmasakanku.net

Langkah selanjutnya dalam cara membuat beras kencur adalah merebus asam jawa, gula pasir, gula merah, dan jahe menggunakan air mendidih. Rebus hingga bahan mengeluarkan aroma dan mencampur dengan air. Setelah agak lama, matikan kompor dan tunggu hingga dingin. Saring bahan-bahan yang direbus dan diamkan terlebih dahulu.

5. Haluskan Semua Bahan dan Saring

saring beras kencur
idntimes.com

Langkah selanjutnya dalam cara membuat beras kencur adalah dengan menghaluskan Beras Karya Alam Hijau yang telah direndam dengan kencur. Akan lebih baik lagi jika menghaluskan menggunakan blender dengan air rendaman beras dan air sisa merebus bahan-bahan lainnya. Setelah halus, masukkan sisa bahan yang telah direbus dan haluskan dalam waktu bersamaan. Pastikan untuk mem-blender hingga benar-benar halus dan lembut.

Langkah terakhir adalah menyaringnya, jika bisa usahakan menggunakan saringan yang benar-benar lembut. Saring dan peras sekuat tenaga hingga ampas benar-benar kering. Air hasil saringan adalah beras kencur yang siap diminum dan dinikmati.

Semoga penjelasan terkait cara membuat beras kencur di atas bisa memandu Sedulur untuk dapat membuat beras kencur dengan baik dan sempurna. Karena, beras kencur merupakan jamu-jamuan yang memiliki segudang manfaat dan juga khasiat untuk tubuh. Terutama untuk meningkatkan stamina tubuh dan juga imunitas tubuh. Sangat penting di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Beli Bahan dalam Cara Membuat Beras Kencur di Aplikasi Super

Beli Bahan dalam Cara Membuat Beras Kencur di Aplikasi Super
superapp.id

Setelah mengetahui cara membuatnya, Sedulur tentu saja harus menyiapkan bahan untuk membuat beras kencur agar bisa membuat sendiri di rumah dan tidak mengandalkan penjual jamu untuk bisa minum beras kencur. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan bahannya adalah dengan membelinya di Aplikasi Super.

Sedulur bisa mendapatkan bahan kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan dapur untuk memasak atau membuat minuman. Termasuk bahan-bahan untuk membuat beras kencur, bisa Sedulur dapatkan dengan membelinya di Aplikasi Super.

Membeli bahan kebutuhan rumah tangga di Aplikasi Super sangat menguntungkan Sedulur, karena Sedulur tidak harus keluar rumah untuk bisa mendapatkan barang kebutuhan harian, termasuk kebutuhan dapur. Terutama di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang membahayakan lagi, Sedulur bisa berdiam di rumah dan menunggu bahan kebutuhan dapur tiba di rumah Sedulur.

Karena komitmen Aplikasi Super adalah untuk menyediakan kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari masyarakat secara mudah dengan harga murah namun memiliki kualitas terbaik. Termasuk menyediakan bahan-bahan dalam cara membuat beras kencur, bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasinya, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur. Manfaatkan keberadaan Aplikasi Super, untuk memudahkan Sedulur memenuhi kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan harian. Selamat mencoba!