Cara mengusir kutu beras

Kutu beras menjadi salah satu masalah yang meresahkan pedagang sembako. Hama satu ini tak hanya bikin kualitas beras jadi jelek, tapi juga sangat berbahaya untuk kesehatan. Jadi tidak heran banyak orang mencari tahu cara mengusir kutu beras

Ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan agar bisa menghilangkan kutu beras dari tempat persedian sembako. Dan berikut ini beberapa cara dan tips ampuh untuk menghilangkan kutu beras.

BACA JUGA: 8 Manfaat Brown Rice yang Lebih Baik daripada Beras Putih

1. Tutup beras dengan kain basah

Cara mengusir kutu beras
Allrecipes

Cara mengusir kutu beras yang pertama adalah dengan kain basah. Yup, siapa sangka hama satu ini ternyata tidak menyukai tempat yang lembab dan basah. Sehingga Sedulur bisa menggunakan kain basah untuk mengusir kutu beras.

-->

Sedulur cukup menutup tempat penyimpanan beras dengan kain basah selama 30 menit. Kutu-kutu yang bersembunyi di dalam beras akan terpancing ke atas dan menempel di kain. Jika sudah menempel semua, Sedulur bisa mengangkat kain dan membersihkannya dari kutu beras.

2. Beri daun jeruk nipis

Daun jeruk cara mengusir kutu beras
Thailand

Daun jeruk memiliki aroma yang khas. Dalam dunia kuliner, daun ini sering dijadikan bumbu spesial agar masakan memiliki bau yang sedap.

Namun, dibalik aromanya yang membuat perut lapar ternyata daun jeruk juga ampuh untuk mengusir kutu beras lho. Aroma daun jeruk ternyata menjadi salah satu bau yang tidak disukai oleh kutu beras.

Sedulur bisa memasukkan beberapa daun jeruk yang sudah dilipat ke dalam tempat penyimpanan beras. Tunggulah beberapa saat dan kutu akan pergi dengan sendirinya.

3. Masukkan kayu manis

 

Selain menggunakan daun jeruk, cara mengusir kutu beras juga bisa memanfaatkan kayu manis. Rempah yang memiliki nama latin Cinnamomum verum itu memiliki aroma yang tidak disukai kutu beras.

Dilansir dari Singapore Food Agency, kandungan aromatik kayu manis seperti cinnamaldehyde, cinnamy acetate, copane, camphor, dan eugenol ampuh mengusir kutu beras. Dari penelitian itu juga ditemukan bahwa minyak kayu manis bisa membunuh kutu secara langsung.

BACA JUGA: Begini Cara Membuat Jamu Beras Kencur Paling Gampang!

4. Jemur beras di bawah cahaya matahari

Cara mengusir kutu beras
The Spruce

Cara mengusir kutu beras yang paling mudah adalah dengan menjemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terik ternyata tidak disukai oleh kutu beras dan mereka akan pergi keluar dari tempat penyimpanan beras dengan sendirinya.

Sedulur cukup menggelar beras di tempat yang terkena panas matahari langsung dan tunggu sekitar 30-40 menit sampai kutu beras menghilang.

5. Manfaatkan kotak korek api

Cara mengusir kutu beras
Youtube ASMRsurge

Ini mungkin menjadi cara mengusir kutu beras yang tidak umum dilakukan. Namun, kotak korek api ternyata dapat menghilangkan kutu beras dari persedian sembakomu.

Bagian pemantik api yang berada di sisi kotak korek api mengandung zat sulfur belerang yang memiliki bau menyengat. Sedulur cukup meletakkan satu kotak korek api ke dalam lumbung penyimpanan beras dan kutu akan pergi seketika.

6. Cabai merah kering ampuh usir kutu beras

Cabe kering
Saveur

Dilansir dari The Straitstimes, kutu beras ternyata membenci aroma pedas dari cabai merah kering. Hal ini setelah Departemen Agrikultur Penang melakukan penelitian pada persedian pangan milik mereka.

Meletakkan beberapa cabai kering dan menutup rapat tempat penyimpanan beras, terbukti ampuh mengusir kutu beras dalam waktu yang cukup lama. Cara sederhana ini pun bisa banget untuk Sedulur coba di rumah.

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

7. Taruh potongan bawang putih

Potongan bawang putih
a Beautiful Plate

Bumbu dapur yang juga bisa digunakan untuk mengusir kutu beras adalah bawang putih. Aroma yang dikeluarkan bawang putih ternyata ampuh untuk mengusir hama tersebut secara alami. Sedulur juga tidak perlu khawatir kualitas beras jadi rusak karena memasukkan bawang putih ke dalam tempat penyimpanan beras.

Bawang putih tak hanya ampuh mengusir kutu beras tapi juga beberapa serangga lain yang seringa ada di penyimpanan beras seperti laba-laba, kecoa, dan kelabang.

8. Gunakan daun salam

Daun salam
Verywell Fit

Bagi Sedulur yang terbiasa di dapur, pasti sudah familiar dengan bau daun salam yang memiliki aroma kuat dan cocok untuk dimasak.

Namun, selain bisa membuat makanan semakin harum, daun salam ternyata bisa dijadikan senjata untuk mengusir hama.

Cara mengusir kutu beras dengan daun salam pun cukup sederhana, Sedulur cukup memasukkan beberapa helai daun salam kering ke dalam tempat penyimpanan beras dan hama sembako itu akan pergi dengan sendirinya.

9. Jahe bisa hilangkan kutu beras

Cara mengusir kutu beras
Ariastra

Cara mengusir kutu beras terakhir adalah dengan menggunakan jahe. Rempah satu ini memang dikenal memiliki aroma yang kuat. Menurut National Library of Medicine, aroma dari jahe ternyata ampuh mengusir hama yang bersembunyi di dalam beras.

Sedulur cukup memotong jahe dalam beberapa bagian lalu tinggal taruh saja di atas beras yang memiliki banyak kutu. Kutu-kutu tadi nantinya akan pergi dan kabur setelah mencium aroma jahe yang menyengat.

Demikian tadi cara mengusir kutu beras yang ampuh dan efektif. Semoga tips di atas bisa membantu Sedulur mengusir hama yang bisa merusak kualitas beras tersebut. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena tips di atas semuanya menggunakan bahan alami yang murah meriah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.