cara menghilangkan bau kulkas

Masalah bau kulkas merupakan salah satu hal yang suka bikin pusing. Padahal alat pendingin ini merupakan barang penting dalam rumah tangga.Untuk itu, Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan bau kulkas secara efektif dan tepat.

Ada banyak hal yang bisa memicu bau kulkas, mulai dari penyimpanan bahan makanan berbau tajam dan terlalu lama. Bau kulkas sendiri juga menjadi tanda bahwa kondisi kulkas menjadi tidak higenis dan steril. Hal ini tentu berpengaruh besar pada tingkat kebersihan bahan makanan yang nanti akan dimasak dan dikonsumsi.

Supaya Sedulur bisa menyelesaikan masalah bau kulkas ini dengan cepat. Mari simak ulasan lengkap cara menghilangkan bau kulkas berikut ini!

BACA JUGA: 7 Cara Agar Nasi Tidak Menempel di Magicom

Penyebab Bau Kulkas

Go Get Yourself

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan bau kulkas. Sedulur harus mengetahui dahulu penyebab kulkas memiliki bau tidak sedap. Hal ini penting agar bisa melakukan tindakan antisipasi yang tepat ketika kulkas mulai memunculkan bau.

1. Bau dari bakteri

Bau kulkas berasal dari bakteri atau jamur, seringkali dari pembusukan makanan atau penumpukan kelembapan. Bagian dalam kulkas sebagian besar terbuat dari plastik, dan plastik menyerap bau. Jika kulkas tidak dibersihkan secara teratur, kemungkinan besar penyebabnya adalah baunya.

2. Jamur dalam pipa kondensat

Banyak orang melupakan wadah tetes saat harus membersihkan lemari es. Wadah diletakkan di bawah kulkas, menangkap uap air dari pipa kondensat yang dapat menyebabkan jamur dan bau tidak sedap dalam jangka panjang.

3. Filter udara yang kotor

Beberapa kulkas memiliki filter udara yang memurnikan sirkulasi udara dan filter air untuk dispenser air atau pembuat es. Keduanya perlu dibersihkan setiap enam bulan sekali.

BACA JUGA: 10 Cara Membersihkan Tumbler yang Benar, Hilangkan Bau!

Cara Menghilangkan Bau Kulkas

The Economic

Untuk mengatasi masalah-masalah bau kulkas, Sedulur bisa melakukan setidaknya empat tindakan preventif pada kulkas di rumah. Hal ini bisa mengurangi resiko munculnya bau yang bisa membuat bahan makanan menjadi tidak segar.

1. Jangan simpan bahan makanan terlalu lama

Untuk menjaga kebersihan kulkas Anda, simpanlah makanan yang mudah rusak atau mudah busuk di depan dan dalam jangkauan, sementara menyimpan makanan yang akan bertahan lebih lama di lokasi lain. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk menggunakan makanan sebelum kedaluwarsa.

2. Atur kelembapan

Buah-buahan dan sayuran biasanya disimpan di lingkungan yang lembab agar tetap segar dan harum. Namun perlu diperhatikan untuk menjaga kelembapan, karena jika terlalu lembap produk organik bisa mudah membusuk, tapi jika terlalu kering, produk bisa layu.

3. Pastikan suhu pada kondisi yang tepat

Secara umum, jaga suhu pada atau di bawah 4°C untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Namun demikian, barang lainnya mungkin memerlukan suhu yang berbeda untuk mempertahankan kesegaran dan rasa, seperti daging pada suhu -2°C atau beberapa buah pada suhu 7°C.

4. Cek kebersihan kulkas berkala

Direkomendasikan untuk membersihkan kulkas Anda setiap tiga hingga empat bulan. Buang bumbu-bumbu yang sudah kedaluwarsa, sayuran layu, atau sisa makanan yang sudah tidak layak, juga bersihkan wadah dengan sisa makanan lama.

BACA JUGA: Perbedaan Teknik Shallow Frying dan Deep Frying

Usir Bau Kulkas dengan Bahan Alami

Pexels

Jika kulkas sudah terlanjut berbau tidak sedap, maka Sedulur perlu melakukan treatment atau tindakan khusus agar baunya mereda. Sedulur tidak perlu khawatir karena aroma tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami yang disimpan secara berkala di dalam kulkas.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa mengusir bau kulkas dengan jitu.

1. Lemon

Tempatkan beberapa irisan lemon dan biarkan di dalam kulkas. Ini akan membantu menyerap bau tidak sedap dari kulkas.

2. Arang

Tempatkan arang dalam mangkuk dan masukkan ke dalam kulkas. Atur suhu kulkas ke suhu minimum dan tutup pintu kulkas selama tiga hari.

3 Biji atau bubuk kopi

Biji kopi dikenal sebagai salah satu penyerap bau kulkas yang paling populer. Tak hanya efektif menghilangkan bau kulkas secara umum. Ikuti instruksi sederhana tentang cara menghilangkan bau busuk di kulkas dengan kopi bubuk:

  • Taruh kopi yang baru digiling secara merata di atas piring dan simpan di kulkas Anda selama 24 jam.
  • Setelah 1 hari disimpan di kulkas, dapat didaur ulang menjadi pupuk bagi tanaman di rumah Anda. Cukup campurkan dengan tanah dan Anda siap untuk menanam.

Jika memungkinkan, bersihkan kulkas Sedulur secara menyeluruh untuk menghilangkan bau dan kuman yang mungkin menumpuk..

4. Ekstrak vanili

Vanili memiliki aroma yang manis dan menyegarkan. Ternyata aroma ini bisa menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas lho. Cukup rendam satu bola kapas yang sudah diberikan tetesan ekstrak vanili. Letakkan ke atas piring dan masukkan ke dalam kulkas.

5. Kantong teh bekas

Aroma teh memang jadi salah satu yang nyaman untuk dicium. Jadi Sedulur bisa melakukan cara menghilangkan bau kulkas dengan memanfaatkan rempah daun ini. Cukup tempatkan beberapa kantong teh celup bekas di dalam wadah terbuka. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan kantong teh tersebut menyerap aroma tidak sedap.

6. Baking soda

Soda kue atau baking soda memiliki sifat penghilang bau. Ambil semangkuk penuh soda kue, letakkan di dalam kulkas dan tutup pintunya. Biarkan dalam beberapa jam agar baking soda bisa menetralkan bau tidak sedap.

7. Cuka

Cuka membantu menetralkan bau tidak sedap yang keluar dari kulkas. Masukkan cangkir atau mangkuk berisi cuka putih ke dalam kulkas untuk menyingkirkan bau.

Demikian tadi rincian cara menghilangkan bau kulkas yang bisa Sedulur lakukan di rumah. Semoga informasi, tips, dan trik di atas bisa membantu Sedulur untuk menyelesaikan berbagai macam masalah dapur yang muncul. Jadi selamat mencoba ya!